tirto.id - Contoh soal Tes Akhir Modul bagi peserta PPG Kemenag materi Akidah Akhlak dan jawabannya dapat menjadi bahan latihan sebelum peserta menjalani tes.
Pendidikan Profesi Guru (PPG) Kementerian Agama adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan mewujudkan guru yang profesional. PPG Kemenag diperuntukan bagi guru madrasah maupun umum, termasuk guru Akidah Akhlak.
Salah satu tahapan penting dalam proses PPG adalah pelaksanaan Tes Akhir Modul. Materi TAM Akidah Akhlak mencakup beberapa ruang lingkup.
Di antaranya konsep dan ruang lingkup akidah, sifat-sifat Allah, nilai-nilai akhlak, serta strategi dan pendekatan pembelajaran Akidah Akhlak.
Kumpulan Soal Tes Modul Akhir TAM Akidah Akhlak PPG Kemenag
Berikut ini kumpulan soal-soal Tes Modul Akhir Akidah Akhlak PPG Kemenag Akidah Akhlak yang dapat dijadikan bahan referensi peserta:
1. Sikap moderasi dalam beragama dapat membantu mengurangi ketegangan sosial dengan cara …
A. Mengisolasi diri dan tidak berinteraksi dengan orang yang berbeda agama
B. Menjauhi semua orang yang berbeda agama
C. Menyerang pemeluk agama lain dengan argumen yang sangat keras
D. Menyebarkan ajaran agama dengan damai dan penuh kasih tanpa memaksakan orang lain untuk mengikuti
E. Menyebutkan ajaran yang penuh kekerasan untuk mendominasi agama lain
Jawaban: D
2. Bagaimana seharusnya seorang pemimpin agama dalam mempromosikan moderasi beragama …
A. Menekankan pentingnya toleransi dan kerukunan antar umat beragama
B. Mengajarkan untuk mengabaikan perbedaan dalam beragama
C. Mengarahkan umatnya untuk menghindari interaksi dengan umat agama lain
D. Memaksa umat beragama lain untuk mengikuti ajaran agamanya
E. Menyebarkan ajaran yang mengarah pada kekerasan terhadap umat yang berbeda agama
Jawaban: A
3. Jika seseorang terpapar ajaran radikal, langkah moderasi beragama yang tepat adalah ..
A. Menyebarkan ajaran radikal yang sama agar lebih banyak orang terpengaruh
B. Mengabaikan radikalisasi tersebut dan berharap itu akan hilang dengan sendirinya
C. Meninggalkan orang tersebut dan tidak peduli
D. Mengajak orang tersebut untuk berdialog dan memahami perbedaan dengan penuh toleransi.
E. Menggunakan kekerasan untuk menghentikan penyebaran radikalisme
Jawaban: D
4. Moderasi beragama berhubungan dengan penghormatan terhadap hak asasi manusia. apa tindakan yang menunjukkan penghargaan terhadap hak asasi manusia dalam konteks beragama …
A. Mencegah orang untuk beribadah jika mereka berbeda agama
B. Menuntut orang lain mengikuti agama kita
C. Mengabaikan hak-hak orang yang berbeda agama
D. Menyerang hak beribadah orang lain jika mereka tidak sepaham dengan kita
E. Menghargai hak setiap orang untuk memilih agama dan keyakinan masing-masing
Jawaban: E
5. Seorang siswa mendengar komentar negatif tentang agamanya dari teman sekelas yang beragama berbeda. Apa yang seharusnya dia lakukan sesuai dengan prinsip moderasi beragama …
A. Membalas komentar tersebut dengan cara yang lebih keras
B. Mengadukan kepada orang tua untuk meminta bantuan
C. Meninggalkan kelas dan menghindari teman tersebut
D. Mengabaikan teman tersebut tanpa memberikan tanggapan
E. Menjelaskan kepada teman tersebut tentang agamanya dengan cara yang sopan dan penuh kasih
Jawaban: E
6. Seorang karyawan diberikan tugas menyelesaikan laporan penting dalam waktu singkat, tetapi kurang memahami beberapa bagian. Sikap profesional apa yang harus diambil …
A. Menerima laporan tidak sempurna untuk menghadiri rasa malu
B. Menunda pekerjaan dan berharap laporan selesai sendiri
C. Mengubah bagian laporan agar terlihat lebih mudah tanpa memperhatikan akurasi
D. Mencari bantuan dari rekan kerja atau atasan untuk memahami bagian yang sulit dan menyelesaikan laporan dengan baik
E. Mengabaikan bagian yang tidak dipahami dan menyelesaikan laporan dengan cepat
Jawaban: D
7. Seorang siswa menghadapi ujian sulit dan merasa ragu dengan kemampuannya. Dia teringat ajaran tawakal kepada Allah, sikap apa yang paling tepat sesuai akhlak kepada Allah …
A. Berusaha maksimal tapi tidak percaya hasil adalah takdir Allah
B. Menerima hasil tanpa usaha karena semua sudah takdir
C. Berusaha semaksimal mungkin, berdoa, dan menyerahkan hasil kepada Allah dengan tawakal
D. Tidak berusaha sama sekali dan menyerahkan sepenuhnya pada Allah
E. Berdoa untuk nilai terbaik tapi tidak berusaha belajar
Jawaban: C
8. Seorang siswa melihat banyak sampah yang berserakan di taman sekolahnya. Apa tindakan yang paling tepat untuk menunjukkan penerapan nilai lingkungan dalam situasi ini …
A. Menyalahkan petugas kebersihan karena seharusnya mereka yang membersihkan taman
B. Mengambil sampah dan membuangnya pada tempatnya, serta mengajak teman-teman untuk menjaga kebersihan bersama
C. Mengabaikan sampah tersebut dan melanjutkan aktivitas, karena itu bukan tanggung jawabnya
D. Membiarkan sampah tersebut karena tidak ada yang melihatnya
E. Membuang sampah yang ditemukan tanpa memberitahukan orang lain
Jawaban: B
9. Seorang siswa dan temannya sedang melakukan kegiatan outbond di alam terbuka. Mereka melihat sekelompok orang membuang sampah sembarangan di hutan. Apa sikap yang paling tepat untuk menunjukkan akhlak kepada alam semesta …
A. Meninggalkan tempat tersebut tanpa memberitahukan orang lain karena merasa itu bukan masalah besar
B. Membiarkan orang tersebut membuang sampah sembarangan dan berharap mereka akan sadar dengan sendirinya
C. Meninggalkan tempat tersebut dan melapor kepada pihak berwajib
D. Menghentikan kegiatan sejenak, mengingatkan orang tersebut tentang pentingnya menjaga kebersihan dan mengajak mereka untuk membuang sampah pada tempatnya
E. Tidak peduli dengan tindakan tersebut dan melanjutkan kegiatan tanpa mengubah apapun
Jawaban: D
10. Seorang siswa muslim mengetahui bahwa menolong sesama adalah ajaran agama yang dianjurkan. Ketika melihat teman kesulitan membawa barang berat, tindakan apa yang paling sesuai dengan nilai agamanya …
A. Menolong temannya dengan tulus tanpa mengharapkan imbalan, karena menolong sesama adalah ajaran agama yang dianjurkan
B. Membantu temannya hanya jika diminta bantuan secara langsung
C. Menertawakan teman yang kesulitan, karena itu bisa jadi pelajaran bagi teman tersebut
D. Mengabaikan temannya dan melanjutkan aktivitas karena merasa tidak ada kewajiban untuk membantu
E. Membiarkan teman tersebut, namun memberi tahu teman lain untuk membantunya
Jawaban: A
A. Mengabaikan orang lain yang membutuhkan pertolongan karena sibuk dengan diri sendiri
B. Menunjukkan kasih sayang hanya kepada orang yang sependapat dengan kita
C. Menunjukkan kasih sayang hanya kepada keluarga dekat dan teman-teman
D. Membantu orang lain tanpa mengharapkan balasan apapun, baik kepada teman maupun orang yang belum dikenal
E. Mengasihi orang hanya ketika mereka bisa memberikan keuntungan
Jawaban: D
12. Sifat Al-‘Alim menunjukkan bahwa Allah maha Mengetahui segala sesuatu. Bagaimana keyakinan ini dapat memengaruhi cara seorang muslim dalam menjalani hidup…
A. Melakukan amal baik hanya jika dilihat orang lain
B. Tidak peduli terhadap perbuatan buruk karena merasa tidak ada melihat
C. Mengabaikan pentingnya pengetahuan dan hanya mengandalkan takdir
D. Berusaha menjalani hidup dengan jujur dan bertanggung jawab karena menyadari Allah selalu mengetahui setiap perbuatan
E. Membatasi belajar hanya pada hal-hal yang diminati saja
Jawaban: D
13. Seorang muslim diharapkan memiliki akhlak mahmudah dalam interaksinya dengan sesama manusia. salah satu akhlak yang baik adalah sikap sabar dan muda marah ketika menghadapi perbedaan pendapat. Bagaimana seorang muslim seharusnya bersikap ketika terlibat dalam konflik atau perbedaan pendapat dengan orang lain …
A. Menjaga sikap sabar, mendengarkan pendapat dengan baik, dan berusaha menyelesaikan perbedaan secara bijaksana dengan penuh penghormatan
B. Menyalahkan orang lain dan membela diri tanpa mempertimbangkan perasaan mereka
C. Menggunakan kata-kata kasar untuk melawan pendapat yang berbeda dan mempertahankan posisi sendiri
D. Menyelesaikan konflik dengan cara mengalah sepenuhnya agar tidak terjadi keributan tanpa mempertimbangkan keadilan
E. Menghindari orang yang memiliki pendapat berbeda untuk menghadiri konflik lebih lanjut
Jawaban: A
14. Akhlak mazmumah terhadap Allah bisa mencoreng hubungan seorang hamba dengan Sang Pencipta. Salah satu bentuk akhlak mazmumah adalah meremehkan ibadah atau tidak melaksanakan kewajiban dengan sepenuh hati. Bagaimana seorang muslim seharusnya bersikap ketika merasa malas atau enggan dalam melaksanakan ibadah wajib …
A. Mengabaikan kewajiban ibadah karena merasa ibadah itu tidak penting
B. Melaksanakan ibadah dengan penuh keikhlasan dan penghayatan, walaupun terkadang merasa malas, serta berusaha untuk tetap istiqomah
C. Menunda-nunda ibadah dengan alasan kesibukan duniawi dan tidak ada niat untuk memperbaiki diri
D. Tidak melakukan ibadah wajib dengan alasan merasa tidak mampu dan tidak nyaman
E. Melaksanakan ibadah dengan terburu-buru tanpa niat yang ikhlas
Jawaban: B
15. Seorang siswa menghadapi dilema untuk mengikuti perintah gurunya yang bertentangan dengan nilai-nilai islam. Apa langkah terbaik yang seharusnya diambil siswa tersebut …
A. Mengikuti perintah guru demi menghormatinya
B. Membiarkan saja dan tidak melakukan apapun
C. Menolak perintah dengan sopan dan menjelaskan alasannya
D. Melaporkan guru kepada pihak berwenang tanpa memberi penjelasan
E. Mencari dukungan dari teman untuk melawan guru tersebut
Jawaban: C
16. Aliran Maturidiyah memiliki pandangan tertentu tentang Tuhan dan sifat-sifat-Nya. Apa pandangan utama aliran Maturidiyah tentang cara memahami sifat-sifat Allah …
A. Sifat-sifat Allah hanya dapat dipahami oleh kalangan tertentu yang telah mencapai tingkat spiritual tinggi
B. Sifat-sifat Allah harus dipahami dengan menggunakan akal dan wahyu yang secara seimbang, tanpa menafikan salah satunya
C. Sifat-sifat Allah harus disesuaikan dengan sifat-sifat makhluk-Nya agar tidak dipahami dengan mudah
D. Sifat-sifat Allah harus dipahami secara liberal, tanpa interpretasi lebih lanjut
E. Sifat-sifat Allah bersifat mutlak dan hanya bisa diterima secara iman, tanpa perlu penjelasan rasional
Jawaban: B
17. Aliran Asy'ariyah memiliki pandangan tertentu mengenai kehidupan setelah mati dan Hari Akhir. Bagaimana pandangan aliran Asy'ariyah terkait kehidupan setelah mati dan Hari Akhir …
A. Setelah mati, manusia akan melalui kehidupan yang sama seperti di dunia, dan akan ada perbedaan antara dunia dan akhirat
B. Kehidupan setelah mati tidak memiliki peranan penting dalam agama, karena yang lebih penting adalah kehidupan di dunia
C. Kehidupan setelah mati hanya bergantung pada takdir Tuhan dan tidak ada proses pertanggung jawaban bagi setiap amal perbuatan
D. Kehidupan setelah mati hanya berlaku bagi mereka yang memegang keyakinan tertentu, sementara yang lain tidak akan mengalami kehidupan setelah mati
E. Hari akhir dan kehidupan setelah mati adalah kenyataan yang pasti, di mana setiap individu akan mati
Jawaban: E
18. Seorang siswa membaca sebuah buku yang menjelaskan tentang kehidupan Rasulullah SAW dan sifat-sifat mulia beliau. Dalam hatinya, siswa tersebut merasa terinspirasi dan ingin mengikuti jejak Rasulullah. Apa sikap yang paling tepat yang dapat diambil oleh siswa tersebut untuk menunjukkan akhlak kepada Rasulullah …
A. Mengagumi Rasulullah hanya dalam hati tanpa menunjukkan penghormatan melalui perbuatan
B. Mengikuti ajaran dan sunnah Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam perkataan maupun perbuatan, serta meneladani sifat-sifat beliau
C. Menghormati dan mencintai Rasulullah dengan hanya mempelajari sejarah beliau, tanpa berusaha mengikuti sunnah beliau
D. Menceritakan semua sifat Rasulullah kepada teman-temannya tanpa mencoba untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
E. Menceritakan ajaran Rasulullah kepada orang lain, namun tidak meyakini kebenaran tersebut
Jawaban: B
19. Ibn Arabi, seorang tokoh besar dalam Tasawuf, memiliki pandangan khusus mengenai amalan spiritual (Tariqi). Bagaimana pandangan Ibn Arabi tentang amalan spiritual dalam Tariqat …
A. Ibn Arabi mengajarkan bahwa amalan Tariqat hanya relevan untuk mereka yang terlibat dalam politik, karena Tariqat dapat digunakan untuk mencapai kekuasaan duniawi
B. Ibn Arabi berpendapat bahwa Tariqat hanya berkaitan dengan ritual-ritual luar seperti shalat dan puasa, tanpa melibatkan pengalaman batin atau kesadaran akan Tuhan
C. Menurut Ibn Arabi, Tariqat adalah jalan yang penting, tetapi hanya berlaku untuk orang-orang yang sudah mencapai tingkat tertinggi dalam spiritual dan tidak relevan untuk umat muslim pada umumnya
D. Ibn Arabi mengajarkan bahwa amalan spiritual dalam Tariqat melibatkan kesadaran dan pemahaman tentang tuhan yang ada di dalam diri, serta melaksanakan dzikir dan mediasi untuk mencapai pencerahan batin
E. Ibn Arabi berpendapat bahwa amalan spiritual dalam Tariqat diperlukan, karena seorang sufi dapat mencapai ketenangan duniawi
Jawaban: D
20. Aliran Jabariyah memiliki pandangan tertentu tentang takdir dan kehendak bebas. Apa pandangan utama aliran Jabariyah mengenai hubungan antara takdir Allah a kehendak bebas manusia …
A. Manusia memiliki kehendak bebas, namun takdir Allah lebih dominan dalam menentukan segala sesuatu
B. Takdir Allah dan kehendak bebas manusia berinteraksi secara seimbang dalam menentukan tindakan seseorang
C. Manusia memiliki kehendak bebas yang mutlak dalam memilih perbuatannya, tanpa campur tangan takdir Allah
D. Kehendak bebas manusia ada dalam batas-batas yang telah ditentukan oleh takdir Allah, tetapi manusia masih memiliki kebebasan dalam memilih
E. Semua perbuatan manusia sudah ditentukan oleh Allah dan manusia tidak memiliki kehendak bebas sama sekali
Jawaban: E
Penulis: Mar'atus Sholikhah
Editor: Beni Jo