Menuju konten utama

40 Contoh Soal PJOK UP UKMPPG Kemenag dan Kunci Jawabannya

Kumpulan soal PJOK dapat dijadikan latihan untuk UP UKMPPG Kemenag. Simak contoh soal lengkap dan jawabannya.

40 Contoh Soal PJOK UP UKMPPG Kemenag dan Kunci Jawabannya
Ilustrasi Belajar di Rumah. foto/Freepik

tirto.id - Kumpulan contoh soal Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) bisa jadi bahan pembelajaran sebelum mengikuti Uji Pengetahuan (UP) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Kementerian Agama (Kemenag). UP menjadi tahapan penting dalam Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) Kemenag.

UKMPPG biasanya terdiri dari Uji Kinerja (Ukin) dan UP. Adapun UP merupakan tes tulis berbasis komputer yang bertujuan untuk mengevaluasi pengetahuan peserta guna memenuhi capaian belajar. Termasuk di antaranya pelajaran umum seperti PJOK yang diperuntukan bagi guru madrasah.

UKMPPG yang didalamnya mencakup UP, menjadi tahapan krusial. Sebab, UKMPPG merupakan tahapan terakhir dalam PPG. Peserta PPG PJOK perlu mengasah kemampuan dengan latihan soal.

Kumpulan Latihan Soal Uji Pengetahuan Guru PJOK PPG Kemenag dan Jawabannya

Berikut beberapa contoh soal UP PJOK yang bisa digunakan sebagai bahan latihan baik untuk seleksi UKMPPG Kemenag...

1. Berikut salah satu rumusan standar kompetensi “mempraktikan teknik dasar bola kecil dengan menekankan gerak dasar fundamental”. Manakah rumusan indikator pencapaian kompetensi yang sesuai...

  • A. Setelah mempelajari materi ini anda dapat menjelaskan dan mengidentifikasi lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar
  • B. Setelah mempelajari materi ini anda dapat memahami dan menjelaskan lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar
  • C. Setelah mempelajari materi ini anda dapat mempraktikan lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar
  • D. Setelah mempelajari materi ini, anda dapat mengevaluasi gerak lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda secara benar
Jawabannya C

2. Berikut merupakan berbagai jenis narkoba, manakah jenis narkoba yang bahan dasarnya diambil dari daun...

  • A. Putaw
  • B. Heroin
  • C. Ekstasi
  • D. Kokain...
Jawabannya D

3. Pemilihan gaya mengajar pada proses belajar mengajar salah satunya adalah disesuaikan dengan karakteristik materi ajar. Gaya komando merupakan salah satu gaya yang kurang merangsang kreaktifitas tetapi tetap saja dapat dilakukan. Dibawah ini materi yang paling sesuai dengan pemanfaatan gaya komando adalah...

  • A. Senam ritmik (senam irama)
  • B. Tolak peluru
  • C. Atletik
  • D. Permainan bola voli
Jawabannya A

4. Guru PJOK dalam mengatasi kesulitan belajar anak yang diakibatkan oleh media pembelajaran terutama alat-alat pembelajaran yang tidak sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak maka...

  • A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
  • B. Memodifikasi pembelajaran dan ala-alat pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan fisik dan psikis anak
  • C. Memodifikasi instrument penilaian ke level yang lebih mudah
  • D. Menurunkan tingkat kesulitan indikator pencapaian kompetensi
Jawabannya B

5. Guru menjadi fasilitator dan mediator bagi peserta didik untuk mengembangkan potensinya. Salah satu cara guru PJOK adalah memfasilitasi siswa untuk menggali dan mencari informasi secara mandiri dengan berkreasi mengekspesikan apa yang diinginkannya. Hal tersebut di atas merupakan pendekatan teori...

  • A. Psikologi kognitif
  • B. Konstruktivisme
  • C. Naturalisme
  • D. Behaviorisme
Jawabannya B

6. Guru PJOK sedang melakukan pengumpulan, menganalisis dan memberikan makna tentang data dan informasi. Data tersebut dijadikan dasar penetapan sejauh mana siswa mencapai tujuan pembelajaran. Dalam hal ini guru sedang melakukan kegiatan...

  • A. Tes
  • B. Penilaian
  • C. Pengukuran
  • D. Evaluasi
Jawabannya D

7.Teknik merumuskan tujuan pembelajaran minimal mengandung unsur audience, behavior, condition, degre (ABCD). Contoh bunyi rumusan tujuan pembelajaran” melalui pengamatan siswa dapat menjelaskan rangkaian teknik lempar cakram gaya menyamping dengan benar”. Manakah pilihan rumusan tujuan pembelajaran dibawah ini yang sesuai dengan pernyataan rumusan tujuan pembelajaran di atas...

  • A. Audience, condition, behavior, degre
  • B. Condition, behavior, audience, degree
  • C. Condition, audience, behavior, degree
  • D. Behavior, audience, condition, degree
Jawabannya C

8. Seorang guru PJOK ingin menilai kemampuan siswa dalam merangkai gerak senam ritmik yang terpadu. Guru menyiapkan kriteria pemberian skor dan melakukan penilaian berdasarkan kriteria tersebut. Hal ini bahwa guru telah melakukan bentuk penilaian...

  • A. Projek
  • B. Unjuk kerja
  • C. Produk
  • D. Langsung
Jawabannya B

9. Gerak dasar merupakan pola gerak inheren yang membentuk dasar-dasar untuk keterampilan gerak secara komplek, kecuali...

  • A. gerak manipulatif
  • B. gerak lokomotor
  • C. gerak nonlokomotor
  • D. Gerak Kombinasi
Jawabannya D

10. Pada materi permainan kecil dan tradisional yang diajarkan dalam proses pembelajaran PJOK, diharapkan memiliki dampak langsung pada...

  • A. Berkembangnya pola permainan
  • B. Berkembangnya pola prilaku afektif
  • C. Berkembangnya pola pikir secara kognitif
  • D. Berkembangnya pola gerak dasar
Jawabannya D

11. Dalam mengakomodir perbedaan potensi psikomotorik peserta didik, seorang guru PJOK memilih strategi pembelajaran yang sesuai kebutuhan. Strategi apa yang dilakukan guru untuk mengajarkan keterampilan gerak...

  • A. Memilih satu orang peserta didik menjadi model
  • B. Menunjuk teman sebaya sebagai tutor
  • C. Mengelompokan peserta didik sesuai kemampuan psikomotoriknya
  • D. Memodifikasi permainan sesuai pertumbuhan dan perkembangan anak
Jawabannya D

12. Siswa diberi tugas guru untuk merangkai gerak senam artistik dengan minimal 3 bentuk gerakan. Adapun 3 gerakan yang mungkin dilakukan siswa SLTP adalah...

  • A. Guling depan, meroda dan guling belakang
  • B. Meroda, salto belakang, dan guling belakang
  • C. Guling depan, handspring, salto depan
  • D. Meroda, guling belakang dan salto belakang
Jawabannya B

13. Beberapa pandangan filsafat pragmatisme terhadap pendidikan jasmani yang harus dipahami guru PJOK, Kecuali

  • A. Meningkatkan individu organik, perseptual, emosional, neurumuskuler
  • B. Program penjas ditentukan oleh kebutuhan dan minat siswa, guru sebagai motivator
  • C. Aktivitas penjas bertujuan tidak untuk meningkatkan kemampuan sosial
  • D. Aktivitas penjas bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial
Jawabannya C

14. Servis pada permainan bola voli pada prinsipnya memiliki makna...

  • A. Hasil upaya pertahanan
  • B. Dimulainya serangan kepada tim lawan
  • C. Layanan pertama bagi tim lawan
  • D. Hasil upaya penyerangan
Jawabannya B

15. Guru PJOK harus memahami bahwa belajar gerak lokomotor bagi peserta didik dapat menggunakan materi gerak dengan ciri....

  • A. Gerak menekuk, meluruskan, memutar, dan mengayun
  • B. Penggunaan objek lain diluar tubuh
  • C. Stabilitas dari posisi tubu
  • D. Gerakan berpindah dari satu tempat ke tempat lain
Jawabannya D

16. Pada lompat jauh, guru PJOK mengukur hasil lompatannya dengan meteran, hal tersebut menunjukan bahwa indikator penilaian memenuhi prasyarat...

  • A. Objektif
  • B. Valid
  • C. Relevan
  • D. reliabel
Jawabannya B

17. Guru PJOK, harus memahami pengertian pendidikan kesehatan terhadap peserta didik...

  • A. Profesi membantu tercapainya program rehabilitasi
  • B. Profesi membantu tercapainya program pengobatan
  • C. Profesi yang mendidik tentang kesehatan
  • D. Profesi membantu perawat peserta didik
Jawabannya C

18. Dalam proses penilaian pelaksanaan tugas tambahan, informasi dapat diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan stakeholders, sebagai bukti yang bukan teramati (tangible avidences) guru PJOK dapat mempersiapkan...

  • A. Dokumen-dokumen tertulis, produk-produk peserta didik
  • B. Kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor
  • C. Foto, gambar, slide, video
  • D. Kondisi sarana/prasarana (hardware dan/atau software) dan lingkungan sekolah
Jawabannya B

19. Modifikasi merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh para guru PJOK agar proses pembelajaran dapat dilakukan lebih menarik dan mudah. Untuk itu guru PJOK sebaiknya memahami aspek analisa yang tidak terlepas dari pengetahuan tentang...

  • A. Skill guru, kompetensi, analisis dan kreativitas
  • B. Kompetensi, materi pembelajaran, sarana dan prasarana
  • C. Tujuan, karakteristik materi, kondisi lingkungan dan evaluasinya
  • D. Prosedur, kemauan, modikasi pembelajaran dan jumlah siswa
Jawabannya C

20. Berlari dengan jarak 100- 400 meter dengan kecepatan sprint dalam jarak menengah merupakan bentuk latihan

  • A. Keseimbangan
  • B. daya tahan
  • C. kecepatan
  • D. kekuatan
Jawabannya C

21. Pada dasarnya sistem penilaian kinerja guru (PKG) bertujuan, kecuali...

  • A. Menentukan tingkat kompetensi seorang guru
  • B. Meningkatkan efesiensi dan afektivitas kinerja guru dan sekolah
  • C. Menyediakan landasan untuk program pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru
  • D. Menerapkan semua kompetensi yang diperlukan pada proses pembelajaran
Jawabannya D

22. Pada perangkat lunak komputer, jenis aplikasi yang dipergunakan untuk membuat surat, membuat tugas-tugas belajar, laporan hasil pembelajaran adalah...

  • A. Micosoft Word
  • B. Microsoft Exel
  • C. Microsoft Powerpoint
  • D. Microsoft Acces
Jawabannya A

23. Pada materi aktivitas kebugaran, sekolah tidak memiliki sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran tersebut karena bentuk bangunan sekolah yang sempit dan berlantai 3. Mengingat kondisi tersebut, tindakan apakah yang tepat harus dilakukan guru PJOK;

  • A. Mengganti materi yang sesuai dengan ketersediaan sarana yang ada
  • B. Mengalihkan pembelajaran ke sekolah lain yang terdekat
  • C. Mengganti dengan materi teori
  • D. Proses pembelajaran dilakukan di dalam kelas dengan memodifikasi jenis aktifitas kebugaran
Jawabannya D

24. Penjelasan dari elevattion pada metode RICE dalam pertolongan pertama, ketika terjadinya kegawat darurratan pada peserta didik saat melakukan pembelajaran PJOK. Hal yang tepat, sebaiknya guru PJOK cepat melakukan tindakan...

  • A. Memberikan kompress dengan es bagian tubuh yang terjadi cedera
  • B. Meninggikan bagian tubuh yang terjadi cedera
  • C. Melonggarkan semua benda yang menghalangi perjalanan darah dalam tubuh
  • D. Menekan bagian tubuh yang terjadi cedera
Jawabannya B

25. Tinggi rendahnya kualitas perilaku sosial masyarakat terlihat pada....

  • A. Konsistensi ucapan dengan perilaku
  • B. Komunikasi kepada orang lain
  • C. Pranata sosial
  • D. Tindakan sehari-hari
  • E. Tidak ada jawaban
Jawabannya E

26. Guru PJOK sering terbentur dalam mencari referensi buku untuk menulis pada artikel ilmiah sebagai sumber referensi maka dapat dicari melalui pemanfaatan TIK, kecuali...

  • A. E-jurnal
  • B. E-book
  • C. Perpustakaan
  • D. proceeding online
Jawabannya C

27. Komponen rancangan pembelajaran terdiri dari KI, KD dan IPK. Berikut merupakan contoh rumusan kompetensi dasar pada kompetensi inti (K4) dalam PJOK yang benar

  • A. Mempraktikan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana
  • B. Menunjukkan prilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran
  • C. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri
  • D. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan mencerminkan anak sehat
Jawabannya A

28. Pada proses belajar mengajar, guru PJOK menggunakan peralatan pita, gada dan simpai. Dilihat dari peralatan yang digunakan guru, maka guru sedang mengajarkan materi senam...

  • A. Aktivitas senam artistik
  • B. Aktivitas senam alat’
  • C. Aktivitas senam perkakas
  • D. Aktivitas senam ritmik
Jawabannya D

29. Kegiatan yang pertama harus dilakukan oleh guru PJOK sebelum melaksanakan suatu keputusan dalam aktivitas pembelajaran sepak bola pada indikator...

  • A. Lamanya waktu pembelajaran
  • B. Pokok/bahasan pelajaran
  • C. Gaya mengajar
  • D. Tujuan/sasaran pembelajaran
Jawabannya D

30. Di bawah ini yang bukan unsur serangan dalam aktivitas bela diri, yaitu...

  • A. Sikap tubuh
  • B. Sikap persiapan
  • C. Sikap tangan atau kaki sebagai alat serangan
  • D. Sikap kuda-kuda
Jawabannya B

31. Pada sesi akhir pembelajaran, guru PJOK meminta peserta didik secara bergantian menyampaikan hasil dari proses pembelajaran dihasapan guru dan siswa lainnya. Pada pendekatan scientifik, aktivitas pembelajaran tersebut di atas merupakan tahap....

  • A. Menilai
  • B. Mengkomunikasikan
  • C. Menggali informasi
  • D. Mengevaluasi
Jawabannya B

32. Dari kompetensi dasar” mempraktikkan aktivitas permainan sederhana untuk melatih daya tahan dan kekuatan otot serta nilai kerja keras dan disiplin”. Terkait hal di atas maka guru PJOK dapat menggunakan materi

  • A. Permainan kucing dan tikus dan petak gendong
  • B. Passing dengan kaki bagian dalam permainan sepakbola dan permainan kucing dan tikus
  • C. Passing bawah pada permainan bola voli dan permainan kucing dan tikus
  • D. Lari jarak pendek pada atletik dan permainan grobak sodor dan galasin
Jawabannya A

33. Pada pembelajaran PJOK tingkat SMP, seorang guru perlu melakukan modifikasi untuk menyesuaikan tingkat pertumbuhan dan perkembangan siswa. Berikut yang bukan merupakan unsur modifikasi pada permainan sepakbola....

  • A. Jumlah pemain 7 orang tiap regu
  • B. Ukuran gawang diperkecil
  • C. Waktu permainan menjadi 1x15 menit
  • D. Ukuran lapangan dipersempit
Jawabannya C

34. Kegiatan refleksi pembelajaran yang dilakukan guru dirasa sangat penting untuk mengetahui beberapa informasi, kecuali....

  • A. Minat peserta didik mengikuti pembelajaran
  • B. Keberhasilan metode yang dipergunakan
  • C. Keinginan peserta didik
  • D. Hasil belajar siswa
Jawabannya C

35. Dalam pembelajaran PJOK di sekolah hendaknya lebih menekankan pada kemampuan gerak dasar anak, adapun kemampuan gerak dasar yang dimaksud adalah....

  • A. Lokomotor, non lokomotor dan manipulatif
  • B. Jalan, lari, lompat dan lempar
  • C. Lempar tangkap, jalan lari, lompat loncat
  • D. Kognitif, asosiatif dan otomatis
Jawabannya B

36. Seorang guru PJOK ingin meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penelitian tindakan kelas. Manakah rumusan masalah yang paling tepat untuk penelitian tersebut...

  • A. Bagaimana cara meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajara PJOK...
  • B. Bagaimana cara meningkatkan keterampilan gerak dasar siswa dalam mata pelajaran PJOK...
  • C. Bagaimana cara meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran PJOK...
  • D. Bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PJOK melalui penerapat strategi pembelajaran yang inovatif...
  • E. Bagaimana cara meningkatkan disiplin siswa dalam mata pelajaran PJOK...
Jawabannya D

37. Seorang guru ingin mengembangkan karakter siswa melalui pembelajaran di kelas. Guru tersebut menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk...

  • A. Mengerjakan soal latihan sebanyak mungkin
  • B. Menghafal materi pelajaran dengan tekun
  • C. Mengikuti ceramah guru dengan saksama
  • D. Berdiskusi dan menyelesaikan masalah bersama
  • E. Membaca buku teks secara mandiri
Jawabannya D

38. Guru PJOK ingin mengetahui dampak penerapan strategi pembelejaran baru terhadap motivasi belajar siswa. Manakah instrumen penelitian yang paling tepat untuk digunakan...

  • A. Observasi terhadap perilaku siswa di kelas
  • B. Aangket motivasi belajar siswa
  • C. Tes tertulis tentang materi PJOK
  • D. Jurnal harian siswa
  • E. Wawancara dengan orang tua siswa
Jawabannya B

39. Guru ingin mengembangkan karakter siswa yang bertanggung jawab. Strategi yang paling tepat adalah...

  • A. Memberikan ceramah tentang pentingnya tanggung jawab
  • B. Memberikan hukuman yang berat ketika siswa melakukan kesalahan
  • C. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah
  • D. Membiasakan siswa untuk selalu meminta bantuan guru
  • E. Menilai siswa hanya berdasarkan hasil tes tertulis
Jawabannya C

40. Guru PJOK ingin merefleksikan proses dan hasil penelitian tindakan kelasnya untuuk meningkatkan kualitas pembelajarannya. Pertanyaan refleksi manakah yang paling tepat untuk diajukan...

  • A. Apakah strategi pembelajaran yang saya terapkan sudah efektif...
  • B. Aapakah semua siswa sudah memahami materi PJOK...
  • C. Apa yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK di masa depan...
  • D. Aapakah siswa merasa senang dengan pembelajaran PJOK...
  • E. Apakah semua siswa sudah mencapai nilai KKM...
Jawabannya C

Baca juga artikel terkait PPG KEMENAG atau tulisan lainnya dari Rachma Dania

tirto.id - Edusains
Kontributor: Rachma Dania
Penulis: Rachma Dania
Editor: Dicky Setyawan