tirto.id - Ada banyak contoh soal PPG Guru Kelas MI Kemenag. Contoh soal ini akan membantu peserta mempersiapkan diri sebaiknya mungkin dalam menghadapi UP UKMPPG.
Lantas, apakah ada kisi-kisi soal Pretest PPG Guru Kelas MI Kemenag? Apa saja contoh soal Uji Pengetahuan PPG Guru Kelas MI?
Setelah menyelesaikan seluruh proses pembelajaran, peserta Program PPG diwajibkan untuk mengikuti Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG). Uji ini diselenggarakan Kemendikbud melalui platform UKMPPG Kemendikbud.
UKMPPG terdiri atas dua komponen meliputi Uji Kinerja (UKin) dan Uji Pengetahuan (UP). Di akhir, peserta yang lulus dalam UKMPPG akan mendapatkan sertifikat pendidik dan gelar tambahan.
Kisi-Kisi Soal Uji Pengetahuan UKMPPG Guru Kelas MI Kemenag
Sebagaimana telah disebutkan, salah satu jenis ujian yang harus ditempuh peserta PPG adalah Uji Pengetahuan.
UP UKMPPG diselenggarakan dalam bentuk tes komputerisasi. Tujuan uji ini adalah menilai penguasaan materi teoretis peserta berdasarkan standar kompetensi yang ditetapkan dalam Program PPG.
Untuk peserta PPG Madrasah Guru Kelas MI, ada kisi-kisi khusus yang harus dipelajari guna menghadapi UP UKMPPG.
Kisi-kisi PPG Madrasah Guru Kelas MI mencakup pemahaman terhadap kurikulum MI, metode pengajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik MI, pembelajaran agama Islam, serta kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesionalisme dalam konteks pendidikan di madrasah.
Berikut ini beberapa kisi-kisi UP UKMPPG Guru Kelas MI:
- Membiasakan sikap cinta tanah air sebagai pendidik yang memesona dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
- Membiasakan sikap berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta sebagai pendidik yang memesona dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
- Membiasakan sikap kesepenuhhatian dan kemurahhatian sebagai pendidik yang memesona dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
- Menganalisis hakikat, fungsi, kedudukan dan ragam bahasa Indonesia.
- Menganalisis pemerolehan bahasa anak.
- Menganalisis konsep-konsep gramatikal (tata bahasa) bahasa Indonesia dalam pemanfaatannya di kehidupan sehari-hari.
- Menganalisis konsep-konsep gramatikal (tata bahasa) bahasa Indonesia dalam pemanfaatannya di kehidupan sehari-hari.
- Menganalisis pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI.
- Menganalisis konsep dan pembelajaran sastra anak secara reseptif dan produktif.
- Menganalisis konsep integrasi nasional dalam konteks keutuhan NKRI dan tantangannya.
LINK KISI-KISI UP UKMPPG GURU KELAS MI PPG KEMENAG
Catatan: Untuk kisi-kisi PPG Guru Kelas MI Kemenag terbaru, silakan pantau laman https://ppg.kemenag.go.id/ukm_ppg secara berkala.
Kumpulan Soal Uji Pengetahuan UP Guru Kelas MI PPG Kemenag dan Jawabannya
Setelah mempelajari kisi-kisi, peserta dapat mulai mempelajari contoh-contoh soal terkait. Berikut ini contoh soal ujian PPG Guru Kelas MI:
1. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B. Membantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu
Jawaban: C
2. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan atau gangguan belajar dalam hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial
Jawaban: B
3. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humanistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
Jawaban: D
4. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
Jawaban: A
5. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernetik
Jawaban: C
6. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
Jawaban: B
7. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan…
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. Moral
Jawaban: C
8. Kemampuan berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 – 2 tahun
B. 2 – 7 tahun
C. 7 – 11/12 tahun
D. 11/12 – 14/15 tahun
Jawaban: C
9. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan…
A. Sosial-emosional
B. Kognitif
C. Moral
D. Spiritual
Jawaban: A
10. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan…
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensorimotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan objek yang bersifat konkrit (operasional formal)
Jawaban: A
11. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Konstruktivisme
Jawaban: A
12. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi. Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spiritual pada tahapan…
A. penalaran pascakonvensional
B. penalaran konvensional
C. penalaran prakonvensional
D. penalaran interkonvensional
Jawaban: A
13. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal…
A. Kesulitan akademis
B. Gangguan simbolik
C. Gangguan nonsimbolik
Jawaban: B
14. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humanistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
Jawaban: D
15. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar…
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
Jawaban: A
16. Rudi lebih senang menggunakan produk-produk dalam negeri hampir semua barang yang berada di rumahnya adalah produk buatan dalam negeri, sikap Rudi merupakan perwujudan dari...
A. Bela Negara
B. Nasionalisme
C. Patriotisme
D. Kapitalisme
Jawaban: B
17. Perwujudan rasa cinta tanah air dan bangsa adalah ...
A. Menolak produk luar negeri
B. Menolak barang produk dalam negeri
C. Menggunakan produk dalam negeri atau
D. Membeli produk impor
Jawaban: C
18. Anak yang mengalami gangguan emosional sering menunjukkan gejala sebagai berikut kecuali ...
A. Mencari teman berkelompok
B. Membutuhkan bantuan orang lain
C. Perilakunya menunjukkan antisosial
D. Kadang membutuhkan bantuan psychiater
Jawaban: A
19. Upaya yang dilakukan guru dalam pembelajaran untuk menghadapi tingkat kecerdasan siswa yang berbeda diantaranya, adalah ...
A. Memperhatikan kondisi sosial anak
B. Memanfaatkan berbagai macam media pendidikan
C. Mengelompokkan anak yang berintelegensi tinggi
D. Mengelompokkan anak yang berintelegensi rendah
Jawaban: B
20. Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal-hal yang dipelajari
dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori ...
A. Konstruktivistik
B. Siberik
C. Humanistik
D. Behavioristik
Jawaban: A
21. Andi yang berusia delapan tahun memperlihatkan gejala tidak dapat konsentrasi, kurang tidur, selera makannya kurang, berbuat yang tidak baik disekolah, dan selalu merasa bersalah. Kondisi Andi dikategorikan menderita ...
A. Masalah emosional
B. Gangguan kecemasan
C. Fobia sekolah
D. Depresi masa anak-anak
Jawaban: D
22. Dari pernyataan dibawah ini, pernyataan manakah yang menunjukkan satu dari sembilan tahap pengolahan (proses) kognitif atau disebut dengan 'fase-fase belajar'?
A. Sebelum proses pembelajaran berlangsung, diperdengarkan rekaman satu drama sosial kepada siswa
B. Pada waktu mengajar, pak Wardi mengharuskan siswanya mengajukan satu pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang dibahas
C. Pak Anto mengutamakan kualitas penetapan dan kegunaan belajar dalam proses pembelajaran
D. Bu Siska mengharapkan adanya perubahan tingkah laku yang berlainan dari siswanya setelah proses pembelajaran berakhir dan
Jawaban: A
23. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
A. kemampuan kognitif
B. kemampuan interaksional
C. kemampuan integrasi diri
D. kemampuan komunikatif
Jawaban: A
24. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
Jawaban: B
25. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satuan pendidikan.
Jawaban: A
26. Dalam menyusun tujuan pembelajaran, minimal harus mencakup empat unsur, yaitu audience (peserta didik), behavior (perilaku yang diharapkan), condition (kondisi atau alat bantu), dan degree (tingkat pencapaian). Contoh pernyataan tujuan pembelajaran adalah: "Melalui pengamatan, siswa dapat menjelaskan rangkaian teknik lempar cakram gaya menyamping dengan benar." Berdasarkan contoh tersebut, manakah urutan unsur tujuan pembelajaran yang paling tepat?
A. Audience, behavior, condition, degree
B. Condition, behavior, audience, degree
C. Condition, audience, behavior, degree
D. Behavior, audience, condition, degree
Jawaban: C
27. Dalam layanan konseling, upaya membantu klien untuk mengenali potensi diri secara optimal termasuk dalam tujuan...
A. Pengembangan karir
B. Pengembangan pribadi
C. Penyelesaian konflik sosial
D. Peningkatan akademik
Jawaban: B
28. Seorang siswa mampu membaca teks dengan lancar tetapi tidak memahami isinya. Gangguan ini termasuk kategori...
A. Disleksia
B. Gangguan pemahaman
C. Hiperaktif
D. Disgrafia
Jawaban: B
29. Pembelajaran yang menekankan pada pemberian reward/punishment untuk membentuk kebiasaan belajar didasarkan pada teori...
A. Konstruktivisme
B. Behaviorisme
C. Humanistik
D. Kognitivisme
Jawaban: B
30. Guru yang mengajar dengan pendekatan "student-centered" dan memprioritaskan pengalaman subjektif siswa menganut aliran...
A. Nativisme
B. Humanistik
C. Behaviorisme
D. Konektivisme
Jawaban: B
31. Kemampuan menganalisis hubungan antara konsep termasuk ranah kognitif tingkat...
A. Mengingat (C1)
B. Memahami (C2)
C. Menerapkan (C3)
D. Mengevaluasi (C5)
Jawaban: C
32. Kompetensi inti dan kompetensi dasar tercantum secara resmi dalam dokumen...
A. Silabus
B. Jurnal mengajar
C. Lembar penilaian
D. Buku teks
Jawaban: A
33. Kemampuan siswa dalam mengapresiasi musik dan irama termasuk kecerdasan...
A. Kinestetik
B. Musikal
C. Spasial
D. Naturalis
Jawaban: B
34. Anak yang mulai mampu berpikir hipotetis dan abstrak menunjukkan karakteristik tahap...
A. Sensorimotor
B. Praoperasional
C. Operasional formal
D. Konkret operasional
Jawaban: C
35. Siswa yang sering membolos karena merasa tidak diterima teman sekelas mengalami gangguan perkembangan...
A. Sosial
B. Intelektual
C. Bahasa
D. Motorik
Jawaban: A
36. Penggunaan boneka tangan untuk mendemonstrasikan percakapan bahasa Inggris sesuai untuk siswa SD karena...
A. Kongkrit dan interaktif
B. Bersifat abstrak
C. Memerlukan daya imajinasi tinggi
D. Hanya cocok untuk remaja
Jawaban: A
37. Seorang siswa sering terbalik menulis huruf "b" dan "d", serta kesulitan mengurutkan abjad. Gangguan ini dikenal sebagai...
A. Disgrafia
B. Diskalkulia
C. Disleksia
D. ADHD
Jawaban: C
38. Metode penilaian yang paling tepat untuk mengukur kemampuan presentasi siswa adalah...
A. Tes pilihan ganda
B. Portofolio
C. Observasi langsung
D. Tes tertulis esai
Jawaban: C
39. Pendidikan yang menekankan pada pengembangan akal budi dan logika berpikir bersumber dari aliran...
A. Naturalisme
B. Pragmatisme
C. Idealisme
D. Esensialisme
Jawaban: D
40. Kemampuan untuk berkolaborasi lintas budaya dan memahami perspektif global termasuk dalam kompetensi...
A. Literasi digital
B. Kreativitas
C. Kewarganegaraan global
D. Pemecahan masalah
Jawaban: C.
Penulis: Umi Zuhriyah
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Syamsul Dwi Maarif