tirto.id - Soal Tes Akhir Modul (TAM) mata pelajaran fikih Program Pendidikan Profesi (PPG) Kementerian Agama (Kemenag) dapat dipelajari peserta. Kumpulan soal sudah dilengkapi jawabannya.
Tes Akhir Modul (TAM) merupakan salah satu bentuk evaluasi dalam rangkaian program PPG Kemenag. Tujuannya untuk mengukur tingkat pemahaman peserta terhadap materi pembelajaran yang telah dipelajari.
PPG TAM Fikih Kemenag menjadi tolak ukur kesiapan peserta sebelum terjun langsung ke dunia pendidikan sebagai pendidik profesional.
Peserta PPG perlu mempersiapkan diri dengan baik agar dapat mencapai kelulusan dan memperoleh sertifikasi pendidik.
Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah berlatih mengerjakan soal-soal TAM secara rutin, sehingga dapat terbiasa menghadapi berbagai tipe pertanyaan yang mungkin saja muncul selama ujian.
Kumpulan Soal Tes Modul Akhir TAM Guru Fiqih PPG Kemenag
Berikut ini adalah kumpulan soal Tes Modul Akhir (TAM) materi Fiqih PPG Kemenag dan jawabannya:
1. Pihak yang berkewajiban untuk mengeluarkan zakat hasil tanah yang disewakan adalah pihak pemilik tanah. Hal ini berdasarkan pendapat....
A. Zahiriyah
B. Syiah Nizamiyah
C. Jumhur ulama
D. Ahmad bin Hanbal
E. Abu Hanifah
Jawaban: E
2. “Tanpa tanah tak akan dapat dihasilkan apa-apa!” Redaksi tersebut adalah argumen logis yang dikemukakan oleh pihak yang menyatakan bahwa si pemilik tanahlah yang wajib mengeluarkan zakat. Pendapat tersebut dikemukakan oleh imam …
A. Jafar Shodiq
B. Syafii
C. Hanafi
D. Hambali
E. Malik
Jawaban: C
3. Jawaban berikut ini yang merupakan pengertian zakat secara bahasa adalah …
A. Bersih, tumbuh berkembang dan berkah
B. Cahaya, tumbuh berkembang dan berkah
C. Suci, tumbuh berkembang dan berkah
D. Suci, tumbuh berkembang dan untung
E. Suci, saling menguntungkan dan berkah
Jawaban: C
4. Dalam sebuah komunitas, banyak pekerjaan profesional yang tidak menyadari kewajiban zakat profesi. Apa strategi paling efektif bagi lembaga zakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang zakat profesi?
A. Mengadakan pelatihan dan seminar tentang pentingnya zakat profesi secara berkala
B. Membuat iklan tentang zakat profesi di media sosial dan televisi
C. Memberikan pengingat tahunan melalui pesan singkat atau email kepada pekerja profesional
D. Menyediakan brosur yang menjelaskan tata cara penghitungan zakat profesi
E. Mengandalkan pengumuman di masjid setiap hari jumat
Jawaban: A
5. Seorang penulis memiliki penghasilan bulanan sebesar Rp25.000.000. Jika harga emas adalah Rp900.000/gram, bagaimana cara menghitung kewajiban zakat profesinya, dan berapa besar zakat yang harus dikeluarkan dalam setahun?
A. Menghitung penghasilan total dalam setahun, lalu membayar zakat jika mencapai nisab emas
B. Menghitung zakat hanya jika ada sisa penghasilan yang tidak terpakai selama setahun
C. Tidak wajib zakat, karena penghasilannya belum mencapai nisab
D. Menghitung zakat dari penghasilan per bulan sebesar 2,5% tanpa melihat nisab
E. Menghitung penghasilan dikurangi pengeluaran bulanan, kemudian membayar 2,5% dari hasilnya
Jawaban: A
6. Bagaimana penggunaan zakat untuk pembangunan masjid dapat dikategorikan sesuai syariat islam …
A. Masuk dalam kategori bantuan fakir miskin karena masjid dibutuhkan umat
B. Masuk dalam kategori fi sabilillah jika tidak ada sumber dana lain
C. Boleh digunakan kapan saja tidak ada sumber dana lain
D. Tidak boleh digunakan sama sekali untuk pembangunan masjid
E. Hanya boleh digunakan jika masjid merupakan fasilitas umum utama
Jawaban: B
7. Dalam akad mudharabah, salah satu prinsip penting yang diterapkan adalah pembagian keuntungan berdasarkan nisbah yang disepakati bersama. Bagaimana kerugian ditangani dalam akad ini?
A. Kerugian ditanggung oleh pihak ketiga
B. Kerugian ditanggung bersama dan nasabah
C. Tidak ada kerugian karena keuntungan selalu dijamin
D. Kerugian hanya ditanggung oleh bank sebagai pemodal
E. Kerugian menjadi tanggung jawab penuh nasabah sebagai pengelola
Jawaban: D
8. Pernyataan berikut ini yang bukan alasan untuk kebolehan seseorang laki-laki melakukan poligami adalah …
A. Suami menginginkan keturunan tapi istrinya terbukti tidak dapat melahirkan (mandul)
B. Kondisi seorang istri yang cacat karena terdapat penyakit di dalam kemaluannya
C. Suami yang kaya tapi merasa tidak puas dengan istrinya yang kondisinya baik dan normal
D. Suami yang overseks dan tidak mampu menghadapi istrinya yang memiliki lemah seks
E. Jumlah wanita lebih banyak dibanding laki-laki, khususnya setelah terjadi peperangan
Jawaban: C
9. Mengapa larangan riba menjadi salah satu landasan utama dalam sistem perbankan islam …
A. Karena riba hanya merugikan bank, bukan nasabah
B. Karena riba mempercepat pertumbuhan ekonomi
C. Karena riba membantu nasabah mendapatkan keuntungan lebih
D. Karena riba adalah xara tradisional dalam transaksi keuangan
E. Karena riba menciptakan ketimpangan ekonomi dan ketidakadilan
Jawaban: E
10. Seorang laki-laki yang sudah dianggap pantas dan mampu memberikan nafkah tapi ia masih mampu menahan dirinya sendiri dari perbuatan zina. Dalam kondisi tersebut maka hukum bagi laki-laki tersebut untuk menikah adalah …
A. Mubah
B. Wajib
C. Makruh
D. Sunnah
E. Haram
Jawaban: D
A. Merupakan bentuk pernikahan sementara yang bisa disalahgunakan
B. Memiliki lebih banyak keuntungan dibandingkan nikah monogami
C. Mengutamakan keberlangsungan keluarga dalam jangka panjang
D. Mendapat dukungan luas di seluruh dunia islam
E. Membatasi hak perempuan dalam memilih pasangan hidup
Jawaban: A
12. Implikasi sosial yang bisa terjadi jika sebuah negara memberlakukan kebijakan yang memperbolehkan nikah poligami tanpa batasan atau regulasi ketat adalah …
A. Meningkatnya kesejahteraan sosial di kalangan masyarakat
B. Peningkatan tingkat perceraian karena ketidakadilan
C. Potensi ketidaksetaraan antara pria dan wanita dalam masyarakat
D. Menurunnya angka kelahiran dalam keluarga poligami
Jawaban: C
13. Apa yang dimaksud dengan gharar dalam transaksi perbankan islam, dan bagaimana pengaruhnya terhadap keabsahan transaksi?
A. Gharar adalah ketidakpastian yang menyebabkan transaksi menjadi tidak sah
B. Gharar adalah bentuk spekulasi yang diperbolehkan jika menguntungkan nasabah
C. Gharar adalah proses negosiasi antara bank dan nasabah
D. Gharar adalah kesepakatan tambahan dalam kontrak
E. Gharar adalah keuntungan besar yang diperoleh dalam waktu singkat
Jawaban : A
14. Pendidikan nilai bertujuan untuk menanamkan nilai moral, etika, dan budaya dalam kehidupan individu. Menurut John Dewey, pendidikan adalah proses rekonstruksi pengalaman yang membantu individu dalam beradaptasi dengan lingkungannya.
Dalam konteks pendidikan nilai, banyak siswa sering kali menghadapi dilema moral, seperti menyontek saat ujian atau membantu teman yang sedang kesulitan memahami materi.
Bagaimana cara paling efektif bagi seorang guru untuk membantu siswa menginternalisasi nilai-nilai moral agar mereka mampu mengambil keputusan yang baik dalam situasi seperti ini?
A. Memberikan ceramah panjang mengenai pentingnya nilai moral dalam kehidupan
B. Mengintegrasikan nilai-nilai moral dalam kegiatan pembelajaran yang melibatkan pengalaman nyata siswa melalui diskusi dan refleksi
C. Mengandalkan keluarga sebagai satu-satunya pihak yang bertanggung jawab dalam pendidikan nilai
D. Menegaskan siswa membaca buku tentang pendidikan moral tanpa adanya diskusi lebih lanjut
E. Memberikan tugas tambahan
Jawaban: B
15. Di sebuah kelas, terdapat seorang siswa yang sering terlambat mengumpulkan tugas meskipun ia selalu meminta maaf kepada guru dan berjanji untuk berubah.
Namun, pada kenyataannya, perilaku tersebut terus berulang tanpa ada usaha nyata untuk memperbaiki diri. Guru menyadari bahwa jika masalah ini terus dibiarkan, siswa tersebut tidak akan memahami pentingnya tanggung jawab dan dampaknya terhadap hasil belajar.
Apa langkah yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk membantu siswa ini belajar dan menerapkan nilai tanggung jawab ?
A. Membiarkan siswa tersebut belajar sendiri dari kesalahannya tanpa intervensi lebih lanjut
B. Memberikan tugas tambahan dengan batas waktu yang lebih ketat untuk menguji kesungguhan dalam berubah
C. Memberikan hukuman berat agar siswa tersebut merasa jera dan tidak mengulangi perbuatannya
D. Meminta siswa lalin untuk membantu mengingatkan siswa tersebut tentang batas tanggung jawab akan tugas
E. Membiarkan seadanya
Jawaban: B
16. Apa hikmah utama dari pembahasan pemerintah dalam islam bagi umat Muslim di era modern …
A. Membatasi penerapan nilai-nilai islam hanya pada masyarakat Muslim
B. Menciptakan sistem pemerintahan yang sejalan dengan nilai-nilai islam dan relevan dengan tantangan global
C. Menjadikan umat muslim superior dalam struktur pemerintah
D. Menolak sistem pemerintahan modern yang tidak berlandaskan syariat
E. Menghapuskan keberagaman politik dalam suatu negara
Jawaban: B
17. Dalam pemerintahan islam, pemimpin adalah seorang yang memegang amanah. Apa yang menjadi konsekuensi dari prinsip ini …
A. Pemimpin tidak perlu mematuhi syariat selama kebijakan menguntungkan rakyat
B. Pemimpin harus mempertanggungjawabkan semua kebijakan di akhirat dan kepada rakyat
C. Pemimpin memiliki kekuasaan mutlak tanpa pengawasan
D. Pemimpin dapat membuat keputusan tanpa perlu musyawarah
E. Pemimpin hanya bertanggung jawab kepada kaum muslimin
Jawaban: B
18. Konsep pemerintahan dalam Islam didasarkan pada kedaulatan Allah Swt. Bagaimana prinsip ini mempengaruhi peran seorang pemimpin dalam menjalankan pemerintahannya …
A. Pemimpin hanya berfokus pada urusan ekonomi negara
B. Pemimpin hanya bertanggung jawab kepada rakyat
C. Pemimpin bebas membuat aturan sesuai kepentingan politiknya
D. Pemimpin harus mengikuti tradisi yang berlaku tanpa memperhatikan syariat
E. Pemimpin bertanggung jawab kepada Allah Swt. dan Rakyat
Jawaban: E
19. Salah satu tantangan dalam penerapan pemerintahan Islam adalah keberagaman masyarakat. Bagaimana prinsip islam mengakomodasi keberagaman tersebut …
A. Dengan mengutamakan kepentingan umat Islam di atas segalanya
B. Dengan menjunjung tinggi hak-hak setiap individu sesuai prinsip keadilan
C. Dengan memberikan kebebasan mutlak tanpa kendali pemerintah
D. Dengan memaksa semua warga untuk mengikuti aturan syariat islam secara ketat
E. Dengan membiarkan masyarakat mengatur diri mereka sendiri
Jawaban: B
20. Sejarah Khulafaur Rasyidin memberikan banyak pelajaran tentang pemerintahan Islam. Apa yang dapat dipelajari dari pemerintah Khalifah Umar bin Khattab dalam konteks keadilan sosial …
A. Khalifah Umar menghapuskan hak kepemilikan pribadi
B. Khalifah Umar memprioritaskan pembangunan masjid daripada infrastruktur
C. Khalifah Umar memastikan kesejahteraan semua warga, termasuk non-Muslim
D. Khalifah Umar hanya fokus pada kepentingan kaum Muslimin
E. Khalifah Umar memberlakukan pajak tinggi non-Muslim
Jawaban: C
21. Suatu hari, terjadi perbedaan pendapat di masyarakat mengenai penyelenggaraan acara keagamaan yang melibatkan fasilitas umum.
Sebagian masyarakat mendukung, sementara sebagian lainnya merasa keberatan karena alasan tertentu.
Sebagai seorang pelajar yang memahami nilai-nilai moderasi beragama, apa langkah yang bisa diusulkan untuk menyelesaikan perbedaan tersebut?
A. Menghindari pembicaran tentang permasalahan ini agar tidak terjadi konflik lebih besar
B. Memberikan perbedaan pendapat berjalan terus agar masing-masing pihak belajar dari konflik
C. Mencari jalan tengah melalui dialog terbuka dan saling menghormati pandangan kedua belah pihak
D. Meminta masyarakat mayoritas untuk mengambil keputusan tanpa melibatkan kelompok minoritas
E. Menyerahkan penyelesaian sepenuhnya kepada tokoh agama tanpa melibatkan pihak lain
Jawaban: C
22. Dalam lingkungan sekolah, pendidikan karakter dapat diterapkan melalui berbagai metode. Salah satu metode yang efektif adalah dengan menjadikan guru dan tenaga pendidik sebagai contoh nyata bagi siswa.
Mengapa metode ini sangat penting dalam pendidikan karakter?
A. Karena siswa lebih mudah memahami teori dibandingkan dengan contoh nyata
B. Karena metode ini lebih murah dibandingkan dengan metode lainnya
C. Karena teladan yang diberikan guru membantu siswa memahami dan menginternalisasikan nilai dengan lebih baik melalui pengalaman langsung
D. Karena pendidikan karakter hanya bisa diterapkan melalui otoritas guru yang ketat
E. Karena guru merupakan satu-satunya faktor yang berperan dalam pendidikan karakter
Jawaban: C
23. Seorang kepala sekolah ingin membangun budaya sekolah yang positif dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari siswa.
Salah satu tantangan yang dihadapi adalah kurangnya kesadaran siswa dalam menghormati perbedaan pendapat dan budaya di lingkungan sekolah.
Apa langkah strategis yang dapat diterapkan oleh kepala sekolah untuk menumbuhkan sikap toleransi dan rasa saling menghargai antar siswa?
A. Membiarkan siswa menyelesaikan perbedaan mereka sendiri tanpa intervensi sekolah
B. Menetapkan peraturan ketat yang melarang siswa mendiskusikan perbedaan agar tidak terjadi konflik
C. Mengadakan program sekolah yang mendorong interaksi antar siswa dengan latar belakang berbeda melalui diskusi dan kerja sama dalam kelompok
D. Mengurangi kesempatan siswa untuk berdiskusi agar menghindari perdebatan tentang perbedaan budaya dan pendapat.
E. Mewajibkan semua siswa untuk mengikuti tradisi mayoritas agar tidak terjadi perbedaan pendapat
Jawaban: C
24. Dalam moderasi beragama dijelaskan bahwa toleransi adalah salah satu ciri moderasi beragama, yang bermakna menghormati perbedaan keyakinan dan memberikan ruang kepada setiap orang untuk menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.
Namun, seringkali terjadi keterangan di masyarakat akibat kurangnya sikap saling menghormati. Sebagai pelajar, bagaimana cara Anda menunjukkan sikap toleransi dalam lingkungan yang majemuk?
A. Menyatakan bahwa keyakinan teman tidak relevan dengan ajaran agama Anda
B. Menyampaikan kritik terbuka kepada teman yang menjalankan ibadah dengan cara berbeda
C. Memilih untuk tdak terlibat dalam kegiatan bersama teman yang berbeda agama
D. Menghindari interaksi dengan teman yang berbeda keyakinan untuk menjaga keharmonisan
E. Mendukung pelaksanaan kegiatan ibadah teman sesuai dengan agama masing-masing tanpa mengganggu keyakinan sendiri
Jawaban: E
25. Sikap moderasi beragama menurut umat beragama untuk selalu berusaha menempatkan agama pada tempat yang seimbang dan tidak ekstrim.
Moderasi beragama dapat diwujudkan melalui sikap saling menghargai antar umat beragama, serta memahami bahwa agama bukan untuk memecah belah, tetapi untuk menciptakan kedamaian.
Apa sikap yang paling tepat yang dapat mencerminkan moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari?
A. Mengkritik keyakinan agama lain secara terbuka untuk membuktikan kebenaran agama sendiri
B. Menghindari segala bentuk interaksi dengan orang yang berbeda agama demi menjaga keharmonisan ajaran agama
C. Mengisolasi diri dari kelompok yang berbeda agama untuk menghindari perbedaan pendapat
D. Memaksakan keyakinan agama kepada orang lain demi kebenaran bersama
E. Menghargai perbedaan agama dan menjalani kehidupan dengan toleransi serta menjaga kerukunan antar umat
Jawaban: E
Penulis: Mar'atus Sholikhah
Editor: Beni Jo