Menuju konten utama

20 Soal Tes Modul Akhir PPG Guru Kelas MI Kemenag & Jawabannya

Tes Modul Akhir menjadi salah satu komponen PPG Daljab Kemenag. Simak contoh soal serta jawabannya.

20 Soal Tes Modul Akhir PPG Guru Kelas MI Kemenag & Jawabannya
Ilustrasi Belajar di Rumah. foto/Freepik

tirto.id - Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) Kementerian Agama (Kemenag) merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru yang mengikuti program sertifikasi ini, termasuk guru kelas Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Salah satu komponen penting dalam program ini adalah Tes Akhir Modul (TAM), yang berfungsi sebagai perangkat evaluasi pemahaman peserta terhadap materi yang telah dipelajari dalam setiap modul pembelajaran.

Modul-modul dalam program PPG tersebut mencakup beberapa topik, seperti Modul Profesional, Modul Pedagogik, dan Modul Pengembangan Perangkat Pembelajaran (PPP), yang masing-masing memiliki peran dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan peserta.

Untuk membantu persiapan menghadapi Tes Akhir Modul, tersedia berbagai contoh soal latihan yang dapat digunakan oleh peserta PPG, khususnya guru kelas MI.

Kumpulan Soal Tes Modul Akhir TAM Guru Kelas MI PPG Kemenag

Berikut ini beberapa contoh soal Tes Akhir Modul PPG Guru Kelas MI Kemenag & Jawabannya:

1. Salah satu fungsi keluarga adalah mengembangkan proses interaksi dalam keluarga. Hal tersebut merupakan fungsi sosial keluarga yaitu...

  • A. Fungsi Reproduksi
  • B. Fungsi Sosial*
  • C. Fungsi Perawatan Kesehatan
  • D. Fungsi Ekonomi
  • E. Fungsi Afektif
2. Pernyataan berikut yang sesuai dengan pendekatan pendidikan karakter yang berbasis keteladanan adalah...

  • A. Penyampaian nilai-nilai karakter melalui ceramah guru
  • B. Pemberian sanksi tegas bagi siswa yang tidak menunjukkan karakter baik
  • C. Pemisahan siswa berdasarkan nilai karakter mereka
  • D. Perilaku dan sikap yang ditunjukkan oleh pendidik dan orang dewasa di lingkungan sekolah*
  • E. Ujian tertulis yang mengukur pemahaman siswa tentang nilai karakter
3. Bu Ratih mengajar Bahasa Indonesia di madrasah ibtidaiyah. Bu Aisyah mengajar dengan pembelajaran berbasis video debat. Cara yang dilakukan Bu Aisyah untuk memastikan semua siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran adalah...

  • A. Menugaskan hanya beberapa siswa untuk hanya menonton tanpa diskusi setelahnya
  • B. Mengarahkan siswa untuk hanya menonton tanpa diskusi setelahnya
  • C. Memberikan tugas individu tanpa interaksi dengan teman
  • D. Memberikan video debat tanpa instruksi tugas tambahan
  • E. Membuat siswa dalam kelompok kecil dan meminta untuk mendiskusikan sudut pandang yang berbeda*
4. Organ-organ pada sistem pencernaan manusia dapat dibedakan menjadi saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Berikut ini, organ-organ yang merupakan sistem pencernaan dan sekaligus kelenjar pencernaan adalah...

  • A. Pankreas dan hati*
  • B. Lambung dan usus halus
  • C. Usus halus dan hati
  • D. Pankreas dan usus halus
  • E. Lambung dan hati
5. Jika tujuan pembelajaran adalah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menulis cerita pendek, materi yang palig sesuai adalah...

  • A. Struktur cerita
  • B. Teks cerita pendek
  • C. Penjelasan teori menulis cerita pendek
  • D. Contoh cerita pendek dan latihan membuat cerita sendiri*
  • E. Unsur cerita pendek
6. Seorang guru madrasah ibtidaiyah akan mengajarkan materi peran Indonesia di ASEAN berbasis teknologi digital. Dalam mengintegrasikan teknologi digital ke dalam pembelajaran berbasis proyek melalui infografis digital, aspek-aspek berikut perlu diperhatikan, kecuali...

  • A. Kesesuaian konten infografis dengan tujuan pembelajaran dan tingkat pemahaman siswa*
  • B. Keterampilan siswa dalam menggunakan teknologi digital untuk membuat infografis
  • C. Kecepatan penyelesaian proyek tanpa memperhatikan kualitas infografis yang dibuat
  • D. Ketepatan data dan informasi yang ditampilkan dalam infografis terkait peran indonesia di ASEAN
  • E. Pemilihan platform atau aplikasi digital yang sesuai untuk membuat infografis
7. Salah sat ciri utama individu yang memiliki sikap moderat dalam beragama adalah...

  • A. Menolak keberadaan agama Islam
  • B. Menganggap semua ajaran agama sebagai sesuatu yang sama persis
  • C. Menganggap agama sebagai sesuatu yang tidak relevan dalam kehidupan modern
  • D. Menghindari pembicaraan mengenai agama dalam kehidupan sosial
  • E. Berpegang teguh pada ajaran agamanya sambil tetap menghormati keyakinan orang lain*
8. Seorang guru ingin mengajarkan ciri-ciri bangun datar kepada siswa kelas 4 SD dengan menggunakan sumber belajar berbasis teknologi. Sumber belajar yang paling sesuai dengan perkembangan IPTEKS adalah...

  • A. Menggunakan buku teks yang berisi gambar macam-macam bangun datar
  • B. Menggunakan aplikasi interaktif berbasis Augmented Reality (AR) yang memungkinkan siswa memvisualisasikan bangun datar secara konkret*
  • C. Menggunakan benda konkret seperti buku dan kertas origami
  • D. Menggunakan poster berisi gambar macam-macam bangun datar
  • E. Menggunakan media gambar bangun datar yag ditempel di papan tulis
9. Salah satu tugas DPR dalam fungsi pengawasan adalah...

  • A. Menilai kebijakan presiden dan memutuskan apakah presiden harus mundur atau tidak
  • B. Menggantikan tugas Mahkamah Agung dalam memutuskan perkara hukum
  • C. Memimpin sidang kabinet untuk membahas kebijakan nasional
  • D. Menyusun program pengembangan daerah tanpa melibatkan pemerintah daerah
  • E. Mengawasi pelaksanaan undang-undang yang telah dibuat dan disahkan*
10. Kegiatan pada pembelajaran tematik dikelompokkan menjadi pembukaan, inti, dan penutup. Berikut ini yang termasuk ilustrasi pada kegiatan penutup pembelajaran tematik adalah...

  • A. Guru menegaskan kembali manfaat hidup rukun, saling tolong-menolong baik di rumah maupun di sekolah*
  • B. Peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi teks
  • C. guru memberi pujian jika ada jawaban peserta didik benar dan memberikan semangat atau nasihat jika peserta didik menjawab salah
  • D. Peserta didik dengan bimbingan guru menuliskan unsur intrinsik suatu cerita pendek dengan kalimat sendiri
  • E. Peserta didik bersama guru membahas tentang pengertian hidup rukun dan manfaat tolong-menolong dalam keluarga dan antar teman di sekolah
11. Perhatikan pernyataan berikut!(1) Semua sisinya memiliki panjang yang sama(2) memiliki dua pasang sudut yang berhadapan sama besar(3) Semua sudutnya merupakan sudut siku-siku(4) Salah satu diagonalnya lebih panjang dari sisi lainnya(5) Kedua diagonalnya saling tegak lurus dan membagi sudut menjadi dua bagian yang samaPernyataan yang benar mengenai belah ketupat adalah...

  • A. 1, 2, dan 5*
  • B. 2, 3, 4, dan 5
  • C. 2, 4, dan 5
  • D. 1, 3, dan 4
12. Berikut ini yang bukan merupakan kriteria pemilihan tema adalah...

  • A. Kontekstual, memperhatikan lingkungan terdekat peserta didik
  • B. Dari sulit ke mudah, abstrak ke konkret, kompleks ke sederhana*
  • C. Memperhatikan usia, tahapan perkembangan, kemampuan, kebutuhan, dan minat peserta didik
  • D. Mempertimbangkan peristiwa-peristiwa otentik yang terjadi dalam rentang waktu belajar
  • E. Menarik minat dan mendorong proses berpikir peserta didik

13. Pada saat pembelajaran IPA, seorang guru memperhatikan setrika listrik yang menyala dan menjadi panas setelah dihubungkan ke sumber listrik. Berdasarkan ilustrasi tersebut, perubahan energi yang terjadi adalah...

  • A. Energi gerak menjadi energi listrik
  • B. Energi listrik menjadi energi panas*
  • C. Energi kimia menjadi engergi gerak
  • D. Energi listrik menjadi energi gerak
  • E. Energi kimia menjadi energi panas
14. Ruang lingkup dalam pembelajaran dapat dijadikan sebagai pembatas dalam menyampaikan materi pembelajaran. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mempelajari, menelaah, dan mengkaji sistem kehidupan manusia di permukaan bumi ini dalam konteks sosialnya atau manusia sebagai angota masyarakat. Kebudayaan, politik, dan ekonomi merupakan ruang lingkup IPS ditinjau berdasarkan...

  • A. Sistem sosial*
  • B. Segi kelompok
  • C. Tingkatan
  • D. Ruang lingkup hubungan
  • E. Lingkup interaksi
15. Berikut ini yang merupakan langkah pertama dalam menerapkan pendidikan karakter di sekolah adalah...

  • A. Mengubah seluruh kurikulum agar hanya berfokus pada pendidikan karakter
  • B. Memberikan pelatihan bagi siswa tentang pentingnya karakter
  • C. Menciptakan peraturan ketat bagi siswa yang melanggar aturan karakter
  • D. Mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang ingin dikembangkan*
  • E. Mewajibkan semua guru untuk mengikuti pelatihan karakter
16. Salah satu alasan pentingnya sekolah/madrasah untuk mengintegrasikan nilai moderasi bergama dalam kurikulum adalah...

  • A. Supaya siswa lebih mudah memahami aturan agama yang ketat
  • B. Supaya siswa lebih cepat memahami teks keagamaan secara harfiah
  • C. Agar siswa memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang satu agama tertentu
  • D. Untuk menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif dan damai*
  • E. Agar sekolah dapat mengontrol keyakinan siswa
17. Seorag guru saat mengajar Bahasa Indonesia di madrasah ibtidaiyah menggunakan video interaktif dalam menyimak informasi. Model evaluasi yang paling sesuai untuk mengukur pemahaman siswa terhadap informasi video dengan tetap memperhatikan interaktivitas pembelajaran adalah...

  • A. Obervasi sikap siswa selama menonton video
  • B. Kuis berbasis game interaktif dengan pertanyaan reflektif setelah menonton video*
  • C. Lembar kerja siswa yang menguji pemahaman melalui ringkasan teks
  • D. Tes tertulis berbentuk pilhan ganda untuk mengukur daya ingat siswa
  • E. Tes uraian dengan pertanyaan langsung mengenai isi video
18. Seorang guru ingin mengajarkan unsur intrinsik puisi dengan metode yang inovatif. Ia menampilkan penggalan puisi di layar proyektor dan meminta siswa menganalisis maknanya. Agar pembelajaran berkesinambungan, langkah terbaik yang bisa dilakukan guru setelahnya adalah...

  • A. Meminta siswa membaca puisi tanpa refleksi atau analisis
  • B. Menggunakan aplikasi interaktif untuk menghubungkan unsur intrinsik pusisi lama dengan puisi modern di media sosial*
  • C. Meminta siswa menulis puisi dengan tema bebas tanpa membahas kembali unsur intrinsik
  • D. Memberikan tugas mencatat dan menghafal pengertian unsur intrinsik puisi tanpa diskusi
  • E. Mengganti tema puisi tanpa mempertimbangkan unsur intrinsik
19. Pernyataan berikut yang sesuai dengan definisi utama moderasi bergama adalah...

  • A. Bersikap netral dalam semua aspek kehidupan beragama
  • B. Mengadopsi semua ajaran agama tanpa terkecuali
  • C. Mengurangi peran agama dalam kehidupan sosial
  • D. Menjauhi ekstrimisme dan menyeimbangkan antara ajaran agama dengan realitas sosial*
  • E. Menolak semua bentuk ajaran agama yang tidak sesuai dengan keyakinan pribadi
20. Berikut ini yang merupakan cara sekolah dapat mengembangkan budaya pendidikan karakter secara efektif adalah...

  • A. memberikan hukuman berat kepada siswa yang tidak menunjukkan sikap karakter baik
  • B. hanya mengajarkan pendidikan karakter di dalam kelas
  • C. Mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kurikulum, kegiatan esktrakuikuler, dan budaya sekolah*
  • D. Mewajibkan siswa untuk menghafal definisi pendidikan karakter
  • E. Menyerahkan sepenuhnya pembentukan karakter kepada keluarga siswa

Baca juga artikel terkait PPG KEMENAG atau tulisan lainnya dari Auvry Abeyasa

tirto.id - Edusains
Kontributor: Auvry Abeyasa
Penulis: Auvry Abeyasa
Editor: Dicky Setyawan