tirto.id - Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) Kementerian Agama (Kemenag) merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru yang mengikuti program sertifikasi ini, termasuk guru kelas Madrasah Ibtidaiyah (MI).
Salah satu komponen penting dalam program ini adalah Tes Akhir Modul (TAM), yang berfungsi sebagai perangkat evaluasi pemahaman peserta terhadap materi yang telah dipelajari dalam setiap modul pembelajaran.
Modul-modul dalam program PPG tersebut mencakup beberapa topik, seperti Modul Profesional, Modul Pedagogik, dan Modul Pengembangan Perangkat Pembelajaran (PPP), yang masing-masing memiliki peran dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan peserta.
Untuk membantu persiapan menghadapi Tes Akhir Modul, tersedia berbagai contoh soal latihan yang dapat digunakan oleh peserta PPG, khususnya guru kelas MI.
Kumpulan Soal Tes Modul Akhir TAM Guru Kelas MI PPG Kemenag
Berikut ini beberapa contoh soal Tes Akhir Modul PPG Guru Kelas MI Kemenag & Jawabannya:
1. Salah satu fungsi keluarga adalah mengembangkan proses interaksi dalam keluarga. Hal tersebut merupakan fungsi sosial keluarga yaitu...
- A. Fungsi Reproduksi
- B. Fungsi Sosial*
- C. Fungsi Perawatan Kesehatan
- D. Fungsi Ekonomi
- E. Fungsi Afektif
- A. Penyampaian nilai-nilai karakter melalui ceramah guru
- B. Pemberian sanksi tegas bagi siswa yang tidak menunjukkan karakter baik
- C. Pemisahan siswa berdasarkan nilai karakter mereka
- D. Perilaku dan sikap yang ditunjukkan oleh pendidik dan orang dewasa di lingkungan sekolah*
- E. Ujian tertulis yang mengukur pemahaman siswa tentang nilai karakter
- A. Menugaskan hanya beberapa siswa untuk hanya menonton tanpa diskusi setelahnya
- B. Mengarahkan siswa untuk hanya menonton tanpa diskusi setelahnya
- C. Memberikan tugas individu tanpa interaksi dengan teman
- D. Memberikan video debat tanpa instruksi tugas tambahan
- E. Membuat siswa dalam kelompok kecil dan meminta untuk mendiskusikan sudut pandang yang berbeda*
- A. Pankreas dan hati*
- B. Lambung dan usus halus
- C. Usus halus dan hati
- D. Pankreas dan usus halus
- E. Lambung dan hati
- A. Struktur cerita
- B. Teks cerita pendek
- C. Penjelasan teori menulis cerita pendek
- D. Contoh cerita pendek dan latihan membuat cerita sendiri*
- E. Unsur cerita pendek
- A. Kesesuaian konten infografis dengan tujuan pembelajaran dan tingkat pemahaman siswa*
- B. Keterampilan siswa dalam menggunakan teknologi digital untuk membuat infografis
- C. Kecepatan penyelesaian proyek tanpa memperhatikan kualitas infografis yang dibuat
- D. Ketepatan data dan informasi yang ditampilkan dalam infografis terkait peran indonesia di ASEAN
- E. Pemilihan platform atau aplikasi digital yang sesuai untuk membuat infografis
- A. Menolak keberadaan agama Islam
- B. Menganggap semua ajaran agama sebagai sesuatu yang sama persis
- C. Menganggap agama sebagai sesuatu yang tidak relevan dalam kehidupan modern
- D. Menghindari pembicaraan mengenai agama dalam kehidupan sosial
- E. Berpegang teguh pada ajaran agamanya sambil tetap menghormati keyakinan orang lain*
- A. Menggunakan buku teks yang berisi gambar macam-macam bangun datar
- B. Menggunakan aplikasi interaktif berbasis Augmented Reality (AR) yang memungkinkan siswa memvisualisasikan bangun datar secara konkret*
- C. Menggunakan benda konkret seperti buku dan kertas origami
- D. Menggunakan poster berisi gambar macam-macam bangun datar
- E. Menggunakan media gambar bangun datar yag ditempel di papan tulis
- A. Menilai kebijakan presiden dan memutuskan apakah presiden harus mundur atau tidak
- B. Menggantikan tugas Mahkamah Agung dalam memutuskan perkara hukum
- C. Memimpin sidang kabinet untuk membahas kebijakan nasional
- D. Menyusun program pengembangan daerah tanpa melibatkan pemerintah daerah
- E. Mengawasi pelaksanaan undang-undang yang telah dibuat dan disahkan*
- A. Guru menegaskan kembali manfaat hidup rukun, saling tolong-menolong baik di rumah maupun di sekolah*
- B. Peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi teks
- C. guru memberi pujian jika ada jawaban peserta didik benar dan memberikan semangat atau nasihat jika peserta didik menjawab salah
- D. Peserta didik dengan bimbingan guru menuliskan unsur intrinsik suatu cerita pendek dengan kalimat sendiri
- E. Peserta didik bersama guru membahas tentang pengertian hidup rukun dan manfaat tolong-menolong dalam keluarga dan antar teman di sekolah
- A. 1, 2, dan 5*
- B. 2, 3, 4, dan 5
- C. 2, 4, dan 5
- D. 1, 3, dan 4
- A. Kontekstual, memperhatikan lingkungan terdekat peserta didik
- B. Dari sulit ke mudah, abstrak ke konkret, kompleks ke sederhana*
- C. Memperhatikan usia, tahapan perkembangan, kemampuan, kebutuhan, dan minat peserta didik
- D. Mempertimbangkan peristiwa-peristiwa otentik yang terjadi dalam rentang waktu belajar
- E. Menarik minat dan mendorong proses berpikir peserta didik
13. Pada saat pembelajaran IPA, seorang guru memperhatikan setrika listrik yang menyala dan menjadi panas setelah dihubungkan ke sumber listrik. Berdasarkan ilustrasi tersebut, perubahan energi yang terjadi adalah...
- A. Energi gerak menjadi energi listrik
- B. Energi listrik menjadi energi panas*
- C. Energi kimia menjadi engergi gerak
- D. Energi listrik menjadi energi gerak
- E. Energi kimia menjadi energi panas
- A. Sistem sosial*
- B. Segi kelompok
- C. Tingkatan
- D. Ruang lingkup hubungan
- E. Lingkup interaksi
- A. Mengubah seluruh kurikulum agar hanya berfokus pada pendidikan karakter
- B. Memberikan pelatihan bagi siswa tentang pentingnya karakter
- C. Menciptakan peraturan ketat bagi siswa yang melanggar aturan karakter
- D. Mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang ingin dikembangkan*
- E. Mewajibkan semua guru untuk mengikuti pelatihan karakter
- A. Supaya siswa lebih mudah memahami aturan agama yang ketat
- B. Supaya siswa lebih cepat memahami teks keagamaan secara harfiah
- C. Agar siswa memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang satu agama tertentu
- D. Untuk menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif dan damai*
- E. Agar sekolah dapat mengontrol keyakinan siswa
- A. Obervasi sikap siswa selama menonton video
- B. Kuis berbasis game interaktif dengan pertanyaan reflektif setelah menonton video*
- C. Lembar kerja siswa yang menguji pemahaman melalui ringkasan teks
- D. Tes tertulis berbentuk pilhan ganda untuk mengukur daya ingat siswa
- E. Tes uraian dengan pertanyaan langsung mengenai isi video
- A. Meminta siswa membaca puisi tanpa refleksi atau analisis
- B. Menggunakan aplikasi interaktif untuk menghubungkan unsur intrinsik pusisi lama dengan puisi modern di media sosial*
- C. Meminta siswa menulis puisi dengan tema bebas tanpa membahas kembali unsur intrinsik
- D. Memberikan tugas mencatat dan menghafal pengertian unsur intrinsik puisi tanpa diskusi
- E. Mengganti tema puisi tanpa mempertimbangkan unsur intrinsik
- A. Bersikap netral dalam semua aspek kehidupan beragama
- B. Mengadopsi semua ajaran agama tanpa terkecuali
- C. Mengurangi peran agama dalam kehidupan sosial
- D. Menjauhi ekstrimisme dan menyeimbangkan antara ajaran agama dengan realitas sosial*
- E. Menolak semua bentuk ajaran agama yang tidak sesuai dengan keyakinan pribadi
- A. memberikan hukuman berat kepada siswa yang tidak menunjukkan sikap karakter baik
- B. hanya mengajarkan pendidikan karakter di dalam kelas
- C. Mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kurikulum, kegiatan esktrakuikuler, dan budaya sekolah*
- D. Mewajibkan siswa untuk menghafal definisi pendidikan karakter
- E. Menyerahkan sepenuhnya pembentukan karakter kepada keluarga siswa
Penulis: Auvry Abeyasa
Editor: Dicky Setyawan