Menuju konten utama

35 Soal SJT Situational Judgment Test UTBK UKPPPG & Jawabannya

Kumpulan contoh soal SJT UTBK UKPPPG ini bisa dijadikan bahan latihan dan persiapan menghadapi tes UTBK UKPPPG 2024. Berikut selengkapnya.

35 Soal SJT Situational Judgment Test UTBK UKPPPG & Jawabannya
Ilustrasi Belajar di Rumah. foto/Freepik

tirto.id - Kumpulan contoh soal SJT UTBK UKPPPG ini bisa dijadikan bahan latihan dan persiapan menghadapi tes UTBK UKPPPG 2024.

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) UKPPPG akan dilaksanakan pada akhir September, pertengahan Oktober dan pertengahan November 2024.

Salah satu materi ujian UTBK UKPPPG bagi Guru Tertentu adalah tentang tes objektif berupa tes pengetahuan Situational Judgment Test (SJT).

Lantas, apakah yang dimaksud dengan tes SJT dalam UTBK UKPPPG ini?

Apa Itu Situational Judgement Test dalam Ujian UTBK UKPPPG?

Situational Judgement Test (SJT) adalah salah satu ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) untuk peserta PPG yang masuk dalam jenis tes objektif.

Tes ini dilaksanakan dalam rangka menilai pengetahuan peserta PPG dalam mengelola pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Dirujuk dari Panduan Penulisan SJT, tes SJT ini menyajikan soal-soal berbasis kasus yang disertai serangkaian tindakan alternatif yang menjadi opsi jawaban.

Peserta tes akan diberi pertanyaan mengenai apa yang akan mereka lakukan jika menemui situasi tertentu. Opsi jawaban yang mendapatkan skor tertinggi adalah tindakan yang tepat dengan apa yang diukur.

Tes SJT atau tes penilaian situasi kerja ini dirancang untuk menilai kemampuan peserta dalam menghadapi situasi tertentu dalam dunia kerja. Dalam hal ini terkait dengan tugas guru dan situasi saat proses belajar mengajar di sekolah.

Kumpulan Soal Situational Judgement Test UTBK UKPPPG Beserta Jawabannya

Sebagai bahan persiapan tes UTBK SJT UKPPPG, berikut ini sejumlah contoh soal SJT yang bisa dijadikan bahan latihan bagi para peserta UKPPPG 2024:

1. Anda sedang mengajar kelas 8 dan ada siswa yang selalu terlambat masuk kelas. Siswa ini juga sering mengganggu konsentrasi siswa lain. Bagaimana anda akan menangani situasi ini?

A. Anda akan mengabaikan dan melanjutkan pelajaran seperti biasa

B. Anda akan memberikan pengingatan secara personal kepada dia mengenai betapa pentingnya hadir tepat waktu dan menjauhi gangguan saat di dalam kelas

C. Anda akan segera mencari kepala sekolah untuk memberitahu tentang perilaku siswa tersebut

D. Anda akan menjatuhkan hukuman kepada siswa tersebut sebagai peringatan

E. Anda akan memberikan sanksi sesuai tata tertib

Jawaban: B

2. Anda adalah anggota tim pengajar di sekolah anda. Salah satu rekan anda sering terlambat dalam pertemuan tim dan tidak aktif berkontribusi. Bagaimana anda akan menangani kasus ini?

A. Anda akan mengabaikannya dan membiarkan kepala sekolah menanganinya

B. Anda akan berbicara secara pribadi dengan rekan tersebut dan mengajaknya berbicara dengan kepala sekolah

C. Anda akan mencemoohnya di depan tim agar dia merasa malu

D. Anda akan mengirim email kepada semua rekan tim tentang perilaku rekan tersebut

E. Anda akan mengirim pesan WA kepada semua rekan tim tentang perilaku rekan

Jawaban: B

3. Seorang orang tua murid menghubungi anda karena anaknya mendapat nilai rendah dalam ujian terakhir. Bagaimana anda akan menangani panggilan ini?

A. Anda akan menghindari panggilan tersebut dan tidak merespon pesan orang tua tersebut

B. Anda akan merespon panggilan tersebut dengan sabar dan menjelaskan proses penilaian ujian sera memberikan saran untuk perbaikan

C. Anda akan menyalahkan siswa tersebut atas nilai rendahnya dan berbicara buruk tentangnya

D. Anda akan mengadakan pertemuan dengan orang tua tersebut dan mengkritik cara mereka mendidik anak mereka

E. Anda akan mengabaikan pesan orang tua tersebut karena yang anda lakukan sudah benar sesuai ketentuan

Jawaban: B

4. Salah satu indikator pembelajaran di kelas 2 adalah menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Motivasi yang dapat disampaikan di awal pembelajaran adalah…

A. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk menceritakan pengalaman mematuhi aturan agama di sekolah

B. Guru meminta siswa untuk mematuhi aturan agama yang dianutnya di sekolah

C. Guru menunjukkan agama di Indonesia beserta aturan-aturannya

D. Guru mendiskusikan apa yang terjadi jika kita patuh pada aturan agama ketika di sekolah

E. Guru memberikan contoh sikap patuh pada aturan agama di sekolah

Jawaban: A

5. Guru mengembangkan instrumen evaluasi untuk menilai apakah siswa dapat mencapai kompetensi yang ditetapkan. Pencapaian kompetensi yang ditetapkan menjadi indikator ketercapaian penguasaan kemampuan siswa berdasar ketercapaian kompetensi, maka perlakuan guru terhadap siswa yang belum mencapai nilai standar dapat memberi kesempatan pada siswa melalui ujian ulang dengan ketentuan…

A. Menggunakan soal yang sama untuk mengukur konsistensi

B. Menyiapkan soal yang berbeda dengan soal sebelumnya

C. Memberikan tugas sebagai pengganti ujian ulang

D. Menggunakan soal yang berbeda untuk item soal yang dijawab salah

E. Merancang dan memberikan pengajaran remedial

Jawaban: E

6. Anda memiliki seorang murid yang sedang mengalami sakit, yang memerlukan perawatan inap selama 20 hari. Akibatnya, ketika ia pulih dan kembali ke sekolah, ia telah melewatkan sejumlah pelajaran. Sebagai wali kelas, tindakan yang dapat Anda ambil adalah...

A. Memberikan materi pelajaran dan tugas tambahan untuk mengerjakan ketertinggalannya

B. Meminta teman-temannya yang berprestasi bagus untuk membantu belajar

C. Menyarankan untuk belajar kelompok bersama teman-teman yang berprestasi

D. Menyarankan anak untuk mengikuti les pelajaran (privat) tamahan di luar jam sekolah

E. Memaklumi siswa tersebut dan memberikan nilai dengan alasan siswa tersebut baru sembuh dari sakit

Jawaban: A

7. Masyarakat adalah bagian dari pendidikan. Keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah menurut anda ...

A. Masyarakat memiliki potensi-potensi yang dapat dikolaborasikan dengan kegiatan sekolah sesuai prosedur dan aturan yang berlaku

B. Masyarakat merupakan partner sekolah dalam memajukan pendidikan peserta didik, sehingga perlu diikutkan dalam perencanaan sekolah

C. Masyarakat dan sekolah perlu bekerja sama dengan membuat kontrak kesepakatan yang nyata dalam dokumen yang dapat dipertanggungjawabkan

D. Masyarakat perlu dilibatkan dalam menopang pendanaan pembangunan sekolah, sehingga sekolah secara cepat mencapai kemajuan-kemajuan yang luar biasa

E. Sekolah yang baik harus memiliki kemandirian mutlak, masyarakat merupakan pihak yang dilayani

Jawaban: B

8. Dalam suatu kelas, terdapat tiga anak yang berasal dari luar suku bangsa. Mereka memiliki ciri fisik dan logat bicara yang berbeda dengan teman-temannya. Pada saat anda sedang memberikan tugas kelompok di kelas tersebut, semua peserta menolak untuk satu tim dengan ketiga anak tersebut. Sebagai pendidik, langkah apa yang akan anda lakukan?

A. Memberikan wawasan kepada siswa untuk saling menghormati sesama dalam perbedaan dan menempatkan ketiga anak tersebut dalam kelompok

B. Memfasilitasi terjadinya diskusi berdasarkan penghargaan dan penghormatan satu dengan yang lain

C. Menempatkan peserta didik pada kelompok dan meminta semua menghargainya

D. Membaurkan mereka dalam kelompok dan mengancam yang menolak akan kena sanksi

E. Meminta ketiga peserta didik tersebut menerima penolakan dari teman-temannya

Jawaban: A

9. Seorang guru merencanakan studi lapangan ke sungai guna memperdalam materi yang bertemakan lingkungan. Namun, di pagi harinya hujan amat deras dan sungai tersebut kemungkinan besar banjir. Berdasarkan situasi tersebut tindakan yang akan dilakukan guru tersebut adalah…

A. Memindahkan studi lapangan ke lingkungan alam di tempat lain

B. Melakukan revisi rencana pembelajaran pada pembelajaran berikutnya

C. Pemodelan yang disiapkan sebagai pendamping kegiatan lapangan

D. Tetap melakukan kegiatan sebab sudah direncanakan dengan baik

E. Melaksanakan kegiatan dengan menambah protokol keamanan

Jawaban: A

10. Peserta didik Sekolah Dasar saat ini menghendaki kebebasan belajar, menyukai hal baru yang praktis serta rentang perhatian pendek. Untuk membantu peserta didik supaya dapat belajar sesuai dengan karakteristik tersebut maka hal yang tepat dilakukan guru adalah …

A. Proses pembelajaran guru dilakukan dengan mengemas materi pembelajaran ke dalam topik-topik kecil

B. Guru berupaya untuk mengganti buku cetak dengan buku elektronik

C. Menambah materi pembelajaran berupa bacaan agar peserta didik dapat membaca materi

D. Guru mengurangi jam pelajaran dan tatap muka agar peserta didik dapat belajar di rumah

E. Model pembelajaran yang satu-satunya dilakukan oleh guru ketika peserta didik belajar adalah belajar penemuan

Jawaban: A

11. Bu Nina seorang guru kelas 3 SD menghadapi permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk aspek keterampilan menyimak. Hasil analisis masalah menunjukkan bahwa siswa tidak bisa konsentrasi menyimak ketika guru bercerita. Ketika diminta menceritakan kembali cerita yang sudah disimak, siswa mengalami kesulitan dan kata-kata yang digunakan terbatas. Selain itu, siswa tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan isi cerita dan kesulitan menyimpulkan isi cerita yang sudah disimak. Rumusan masalah di bawah ini yang tidak berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi Bu Nina adalah …

A. Strategi apa sebaiknya yang digunakan guru agar siswa mampu menjawab pertanyaan berkaitan dengan cerita yang disimak?

B. Apakah topik cerita mempengaruhi kemampuan menyimak siswa?

C. Metode apa sebaiknya yang digunakan guru agar siswa bisa konsentrasi menyimak?

D. Bagaimana cara memotivasi siswa agar mau bertanya dan bercerita di depan kelas

E. Media apa sebaiknya yang digunakan guru agar siswa memahami cerita yang disimak?

Jawaban: B

12. Sekolah wajib menyediakan lingkungan yang ramah bagi peserta didik agar perbedaan yang melekat pada pribadi peserta didik tidak menjadi penghalang dalam pelayanannya. Untuk membangun kondisi yang demikian maka tugas guru adalah …

A. Datang di sekolah sebelum pembelajaran

B. Mengajar mata pelajaran dengan baik

C. Membangun semangat kekeluargaan

D. Melengkapi sarana dalam pembelajaran

E. Peserta didik diistimewakan perlakuannya

Jawaban: C

13. Pak Yahya sedang merencanakan pembelajaran matematika di kelas dengan KD menentukan luas dalam satuan baku dengan menggunakan benda konkret, maka aktivitas penggunaan media berikut yang sesuai untuk KD ini adalah…

A. Buku tulis diletakkan di atas meja untuk menutupi permukaan meja

B. Penggaris untuk alat bantu menggambar suatu bangun datar

C. Biji-bijian dijajar di sekeliling buku tulis

D. Stik es krim yang dibuat ditempelkan di bermacam bangun datar

E. Tali rafia untuk menentukan panjang dan lebar meja

Jawaban: A

14. Penilaian merupakan hal penting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penilaian harus menggunakan proses dan instrumen yang benar. Salah satu KD pada muatan Bahasa Indonesia kelas 4 SD adalah "melaporkan hasil wawancara memakai kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis". Instrumen penilaian yang tepat untuk mengukur ketercapaian KD tersebut adalah…

A. Observasi

B. Produk

C. Soal lisan

D. Afektif

E. Soal tertulis

Jawaban: B

15. Seorang guru kelas 6 pada semester genap sedang menyusun rencana mengajar Tema 6: Menuju Masyarakat Sejahtera untuk muatan PPKn 3.2, tertulis KD: Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari. Alat evaluasi yang sesuai untuk mengukur kaki tersebut adalah…

A. Skala penilaian (rating scale) dengan skala Likert

B. Lembar jurnal perilaku

C. Pedoman observasi

D. Lembar Penilaian antar teman

E. Tes tulis pilihan ganda

Jawaban: E

16. Salah satu cara mendidik adalah dengan pendisiplinan yang menunjukkan sikap berwibawa seorang guru sebagai pembela keadilan. Contoh perilaku dalam pembelajaran yang mendukung hal tersebut adalah …

A. Membuat tata tertib kelas bersama peserta didik demi kebaikan bersama

B. Mengusir peserta didik yang selalu ramai di kelas agar tidak mengganggu

C. Menyerahkan ke guru BK untuk peserta didik yang membolos sekolah

D. Pemberian sanksi fisik yang penting tidak mencederai peserta didik

E. Tidak ada toleransi keterlambatan peserta didik meskipun sedikit waktu

Jawaban: E

17. Salah satu cara membuat lingkungan belajar yang kondusif adalah membiarkan siswa berkreasi sesuai imajinasinya. Untuk membuat siswa senang dan semangat berkreasi, yang dilakukan guru...

A. Hadir fasilitator, mediator, motivator dan katalisator yang mendukung pembelajaran siswa

B. Guru harus berani memberikan kesempatan kedua untuk siswa terus berkreasi dan tidak bersikap otoriter dalam pembelajaran

C. Memberikan apresiasi kepada siswa yang telah berkreasi

D. Guru memberikan penilaian secara terbuka

E. Guru memberikan penilaian secara menyeluruh

Jawaban: A

18. Hal yang dilakukan guru agar siswa tidak takut merasa salah ketika menjawab pertanyaan atau bertanya kepada guru ...

A. Guru harus bersikap demokratis

B. Pembelajaran tidak selalu dinilai dari peroleh angka yang tinggi

C. Pembelajaran terasa menyenangkan dan lebih bermakna ketika guru menciptakan suasana belajar dan mengajar yang menyenangkan membuat

D. Memberi kesempatan anak yang pandai dan pemberani

E. Memberi kesempatan anak yang tidak pandai dan pemalu

Jawaban: C

19. Guru harus bisa memberikan aturan yang disepakati oleh siswa agar tercipta kelas kondusif. Sehingga siswa tidak bisa membuat keributan di kelas yang membuat suasana belajar tidak kondusif karena mereka telah membuat aturan yang disepakati. Hukuman yang bisa diterapkan bagi siswa yang melanggar kesepakatan bersama

A. Membersihkan ruangan kelas, menghafalkan materi pelajaran dan mengerjakan tugas yang belum diselesaikan

B. Membersihkan kamar mandi, berdiri di depan kelas, lari mengelilingi lapangan

C. Disuruh pulang, disuruh keluar kelas, membayar denda,

D. Tidak perlu ada hukuman fisik

E. Membaca buku motivasi atau membaca kitab suci

Jawaban: A

20. Penataan ruang kelas merupakan lingkungan utama untuk menciptakan kegiatan belajar dan mengajar yang menyenangkan. Mengatur ruangan belajar dengan bersih, nyaman, dan teratur adalah kunci untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tugas untuk merapikan ruang kelas merupakan tanggung jawab bersama antara siswa dan wali kelas masing-masing. Selain itu, sekolah juga memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah dalam rangka penataan ruang kelas.

A. Mengadakan lomba kebersihan kelas secara berkala

B. Melengkapi sarana prasarana di kelas

C. Anak-anak selalu diberi motivasi untuk menciptakan ruangan kelas yang bersih, rapi dan nyaman

D. Kerja Bakti diadakan setiap hari Jumat di lingkungan sekolah

E. Mengadakan kerja bakti setiap bulan di lingkungan sekolah

Jawaban: A

21. Anda adalah seorang guru yang mendapat tempat penugasan jauh di luar kota. Kondisi sekolah anda sangat kekurangan sarana prasarana sehingga

proses belajar dan pembelajaran menjadi tidak maksimal. Sebagai guru tindakan yang anda lakukan adalah ...

A. Mengelola jam mengajar sehingga kedatangan di sekolah tersebut seminggu cukup dua kali saja

B. Melaksanakan tugas mengajar dengan memaksimalkan keadaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar

C. Mengajukan usulan ke instansi terkait untuk penambahan sarana dan prasarana pembelajaran

D. Mengkoordinir donasi dari orang tua siswa untuk peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran

E. Meminta siswa untuk tetap bersemangat belajar dengan keterbatasan yang ada dan tidak mengeluh

Jawaban: B

22. Kewibawaan guru akan terpancar dari ketaatannya terhadap aturan yang berlaku, kesepakatan yang telah dibangun bersama. Perwujudan dari

ketaatan tersebut dalam tugas kesehariannya adalah ...

A. Menambah waktu pelajaran karena terlambat masuk kelas

B. Memberi sanksi kepada peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah

C. Mengurangi nilai peserta didik karena sering terlambat masuk sekolah

D. Melarang peserta didik yang terlambat untuk mengikuti pelajaran

E. Memulai dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu

Jawaban: E

23. Ada peserta didik yang pasif dalam kegiatan pembelajaran tetapi prestasinya tidak kalah dibanding dengan peserta didik yang lain. Hal yang

perlu disampaikan kepada siswa tersebut adalah ...

A. Tindakan yang gaduh dalam kelas akan dapat mengganggu peserta didik lain yang sungguh-sungguh belajar

B. Satu Peserta didik dengan lainnya perlu saling menghargai dalam mengikuti pembelajaran di kelas

C. Setiap peserta didik tanpa terkecuali harus sungguh-sungguh memperhatikan pelajaran yang disajikan guru

D. Prestasi akan lebih baik lagi jika mau sungguh-sungguh memperhatikan pembelajaran yang disampaikan guru

E. Peserta yang kemampuannya kurang perlu memperhatikan pelajaran tanpa ada gangguan dari yang lain

Jawaban: D

24. Sebagai sebuah sekolah swasta yang sudah besar, SMA Maju Berkembang mempunyai peralatan yang memadai. Laboratoriumnya sudah dilengkapi dengan alat dan bahan yang lengkap, bahkan juga didukung oleh jaringan internet yang baik di semua lokasi di sekolah. Atas dasar kebijakan yayasan dengan alasan mengikuti revolusi industri 4.0 sekolah juga sudah menyediakan laboratorium virtual sehingga praktikum juga dapat dilakukan tanpa harus menggunakan laboratorium sebenarnya. Berdasarkan kondisi ini pembelajaran yang dilakukan guru sebaiknya ...

A. Merancang pembelajaran yang menyenangkan dengan menyelipkan permainan atau game yang sekaligus berfungsi sebagai alat evaluasi

B. Memperbanyak pembelajaran dengan metode diskusi khususnya jika menemukan hal-hal yang baru pada mata pelajaran

C. Mengajak siswa melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan fasilitas yang ada di laboratorium untuk menunjang pengalaman belajar

siswa secara real

D. Memanfaatkan fasilitas TIKnya dengan membuat presentasi yang menarik pada setiap materi yang disampaikan

E. Memanfaatkan laboratorium virtual sehingga siswa mempunyai keterampilan dan literasi TIK serta sesuai dengan tuntutan revolusi industri 4.0

Jawaban: E

25. Anda melihat rekan guru memberikan hukuman menggunakan pukulan dan tindak kekerasan lainnya.

A. saya tidak ikut campur sebab tidak tahu alasannya

B. saya menanyakan alasannya melakukan hal tersebut

C. saya menegurnya dan mengingatkannya cara menghukum yang benar

D. saya mengingatkannya melalui Kepala Sekolah agar ia tidak melawanE. saya diam saja

Jawaban: C

26. Anda mendengar salah satu siswa mencemooh bahasa daerah temannya, tindakan Anda?

A. mereka hanya bergurau sehingga tidak perlu ditindaklanjuti

B. seharusnya setiap siswa mampu saling menghargai

C. saya mengingatkannya agar tidak mengulangi hal tersebut

D. saya memberikan hukuman serius agar menjadi contoh untuk yang lainE. diam saja

Jawaban: C

27. Saat Anda mendengar tetangga anda sedang bertengkar, maka anda?

A. melindungi diri di dalam rumah

B. membela tetangga yang lebih dekat

C. melapor ke RT setempat

D. berusaha meleraiE. ikut berteriak

Jawaban: D

28. Saat anda melihat tetangga anda bertengkar hingga saling pukul, maka anda?

A. melindungi diri di dalam rumah

B. membela tetangga yang lebih dekat

C. melapor ke RT setempat

D. berusaha meleraiE. cuek saja

Jawaban: C

29. Pak Karim menggunakan e learning dan laboratorium virtual untuk mengajarkan konsep faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pertumbuhan tanaman. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan Pak Karim meliputi:

1) evaluasi pengetahuan dengan mengukur penguasaan konsep siswa tentang faktor eksternal yang memengaruhi tumbuhan.

2) evaluasi sikap dengan mengukur keterbukaan siswa dalam menerima kritik dan pendapat saat mempresentasikan laporan praktikum.

3) Evaluasi keterampilan dengan mengukur keterampilan siswa dalam menggunakan alat selama percobaan.

Tingkat kualitas kesesuaian evaluasi pembelajaran Pak Karim adalah ...

A. Kurang baik, karena evaluasi tidak tepat mengukur produk dan keterampilan

B. Baik, karena evaluasi dapat mengukur produk, proses dan sikap dengan tepat

C. Baik, karena evaluasi menggunakan alat ukur yang valid, reliabel dan objektivitas

D. Kurang baik, karena evaluasi tidak tepat mengukur keterampilan dan sikap

E. Baik, karena evaluasi telah mengukur pengetahuan, keterampilan dan sikap

Jawaban: D

30. Bu Lulu merupakan seorang guru di daerah pesisir, siswanya secara umum memiliki kemampuan kognitif yang cukup rendah karena sarana prasarana atau fasilitas sekolah yang kurang memadai dibandingkan dengan sekolah yang ada di kota. Sebagai guru profesional dan dengan memperhatikan keterbatasan yang ada, tindakan yang sebaiknya dilakukan guru untuk membuat suasana kelas menjadi lebih menarik untuk siswa belajar adalah ...

A. Memilih model pembelajaran yang tepat

B. Memilih pendekatan pembelajaran yang tepat

C. Memilih strategi yang tepat

D. Memilih media pembelajaran yang tepat

E. Memilih teknik pembelajaran yang tepat

Jawaban: A

31. Perhatikan KD berikut! KD.4.11 Merumuskan gagasan pemecahan masalah perubahan lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar. Rumusan

indikator pencapaian kompetensi untuk keterampilan proses sains terintegrasi yang sesuai dengan KD tersebut adalah ...

A. Mendeteksi operasionalkan variabel dalam percobaan pengaruh limbah terhadap lingkungan

B. Mengamati proses perubahan lingkungan akibat limbah

C. Mengklasifikasi jenis-jenis pencemaran berdasarkan tingkat pencemarannya

D. Memahami proses degradasi lingkungan akibat limbah

E. Mengkomunikasikan data hasil pengamatan pengaruh limbah terhadap lingkungan

Jawaban: E

32. Perhatikan tujuan pembelajaran pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam pembelajaran Biologi berikut ini. 'Siswa mampu membedakan respirasi aerob dan respirasi anaerob dengan melakukan percobaan dan mampu mengkomunikasikan hasil pengamatannya'. Rubrik penilaian yang tepat untuk mengukur tujuan tersebut adalah ...

A. Mengidentifikasi hasil respirasi

B. Mengamati proses respirasi

C. Menyimpulkan perbedaan respirasi aerob dan anaerob

D. Membandingkan tahap-tahap respirasi aerob dan anaerob

E. Mendeskripsikan mekanisme respirasi

Jawaban: C

33. Selama diskusi kelas, Anda memberikan pertanyaan kompleks yang memerlukan pemikiran mendalam. Salah satu siswa Anda, yang biasanya aktif, memberikan jawaban yang jauh dari ekspektasi. Anda dapat melihat dari ekspresinya bahwa dia merasa tidak yakin dengan jawabannya. Bagaimana Anda akan menanggapi situasi ini untuk memastikan dia tetap percaya diri dan berpartisipasi aktif di kelas?

A. Anda memberikan pujian atas usahanya untuk menjawab dan kemudian meminta pendapat siswa lain untuk memberikan perspektif tambahan.

B. Anda membiarkan jawabannya tanpa komentar dan beralih ke pertanyaan selanjutnya.

C. Anda memberikan koreksi langsung tentang jawabannya di depan kelas.

D. Anda mengajukan pertanyaan tambahan yang berhubungan dengan jawabannya untuk membimbingnya ke arah yang benar.E. Anda tidak merespon.

Jawaban: D

34. Sebagai seorang guru, Anda mendengar bahwa beberapa siswa Anda berbagi jawaban tugas lewat media sosial. Bagaimana Anda akan menangani situasi ini?

A. Anda membiarkan situasi ini dan tidak mengambil tindakan apapun, berharap siswa akan berhenti dengan sendirinya.

B. Anda memberikan hukuman kepada seluruh kelas dengan memberi tugas tambahan.

C. Anda mendiskusikan masalah ini di kelas, menjelaskan pentingnya kejujuran akademik dan mendorong siswa untuk tidak berbagi jawaban.

D. Anda memodifikasi cara pemberian tugas sehingga setiap siswa mendapatkan pertanyaan atau soal yang sedikit berbeda.E. Anda memviralkan hal itu.

Jawaban: C

35. Salah satu siswa anda berbeda agama dari mayoritas siswa di kelas setiap hari Sabtu ia akan meminta izin untuk melakukan ibadah selama 1 jam dan meninggalkan sekolah, tindakan Anda?

A. memberi izin

B. memintanya menunda ibadah hingga jam istirahat

C. menyarankannya untuk ibadah di hari libur

D. memberikan izin Jika ia bukan siswa bermasalahE. melarang untuk beribadah

Jawaban: A

Baca juga artikel terkait PPG 2024 atau tulisan lainnya dari Lucia Dianawuri

tirto.id - Edusains
Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani