Menuju konten utama

Pedagogik: Tujuan, Manfaat, dan Contoh Soalnya

Apa yang dimaksud dengan pedagogik? Simak ulasan tentang pengertian, tujuan, manfaat, hingga kompetensi pedagogik berikut ini!

Pedagogik: Tujuan, Manfaat, dan Contoh Soalnya
Seorang guru menyampaikan materi kepada siswa saat kegiatan belajar mengajar di SDN Percobaan Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (5/2/2024). ANTARA FOTO/Auliya Rahman/rwa.

tirto.id - Pedagogik memainkan fungsi penting dalam pendidikan. Memahami tujuan, manfaat, dan contoh pedagogik dapat membantu guru dalam mengaplikasikan teori ini dengan efektif.

Dengan pendekatan yang tepat, metode pedagogik bisa membuat proses pendidikan lebih bermakna. Penerapan metode pedagogik juga membantu pengembangan kepribadian dan kemampuan peserta didik.

Meskipun pedagogik adalah ilmu dalam mendidik, mempelajarinya perlu pemahaman atas teori sekaligus praktik dalam waktu tak sebentar. Untuk lebih mengenal pedagogik, simak terus ulasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Pedagogik

Secara bahasa, arti kata pedagogik adalah membimbing anak-anak. Kata pedagogik atau pedagogis berakar dari bahasa Yunani. Ia gabungan dua kata, yaitu paedos yang artinya anak dan agogos bermakna membimbing, mengantar, atau memimpin.

Dari dua kata dari bahasa Yunani tadi, terbentuklah sejumlah istilah dengan makna saling beririsan, yakni paedagogos, pedagogos, pedagoog atau pedagogue, pedagogia, pedagogi (pedagogie), dan paedagogik (pedagogik).

Secara istilah, pengertian pedagogik adalah ilmu yang mempelajari prinsip dan metode di pendidikan. Sederhananya, pedagogik merupakan ilmu untuk mendidik dan membimbing anak-anak agar tumbuh berkembang dengan baik.

Di buku Pedagogik Ilmu Mendidik (2015) Uyoh Sadulloh, dkk. mengutip penjelasan pakar pendidikan asal Belanda, Prof. Dr. J. Hoogveld yang menerangkan pengertian pedagogik secara lebih luas.

Menurut Hoogveld, pedagogik adalah ilmu yang mempelajari perkara membimbing anak ke arah tujuan tertentu agar pada masa depan mampu menjadi individu yang mandiri.

Pemahaman terhadap ilmu pedagogik amat diperlukan setiap guru, khususnya pendidik di jenjang taman kanak-kanak serta sekolah dasar. Dalam perspektif pedagogik, tugas guru tak hanya menyampaikan pengetahuan, tapi juga mengembangkan kepribadian siswanya.

Kompetensi Pedagogik

Salah satu tema kunci dalam pembahasan ilmu pedagogik adalah kompetensi pedagogik.

Menukil dari buku Pedagogik Ilmu Mendidik (2015), kompetensi pedagogik adalah teori yang mengembangkan konsep tentang hakikat manusia, tujuan pendidikan, serta hakikat proses pendidikan.

Singkatnya, apa yang dimaksud dengan kompetensi pedagogik adalah sejumlah skill atau kemampuan yang perlu dikuasai guru agar dapat mengelola pembelajaran untuk peserta didik dengan tepat. Artinya, kompetensi pedagogik merupakan bekal guru saat mendidik siswa.

Di Indonesia, kompetensi pedagogik diatur dalam PP Nomor 74 Tahun 2008, yang telah diperbarui melalui PP Nomor 19 Tahun 2017, Pasal 2 Ayat 4.

Berbagai aspek kompetensi pedagogik berdasarkan regulasi tersebut adalah:

  • pemahaman terhadap wawasan atau landasan kependidikan;
  • pemahaman tentang peserta didik;
  • pengembangan kurikulum atau silabus;
  • perancangan pembelajaran;
  • pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis;
  • pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran;
  • evaluasi hasil belajar; dan
  • pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya.

Contoh Soal Kompetensi Pedagogik

Dalam perkuliahan Pendidikan Profesi Guru (PPG) biasa ada materi tentang pedagogik. Ia bertujuan meningkatkan kompetensi dan kualifikasi guru agar profesional dan berkualitas. Materi ujian PPG sering kali juga memuat soal-soal tentang kompetensi pedagogik.

Adapun contoh soal kompetensi pedagogik biasanya mencakup teori dan juga praktiknya dalam pengelolaan pembelajaran.

Berikut beberapa contoh soal kompetensi pedagogik dan jawabannya yang ditulis dengan huruf tebal (italic):

1. Dalam pembelajaran di kelas, ada beberapa siswa yang dapat menentukan banyaknya titik sudut pada bangun ruang berbentuk kubus dengan cara membayangkannya. Potensi siswa itu, jika dilihat dari aspek kecerdasannya, tergolong dalam kecerdasan...

A. Kinestetik

B. Spasial-visual

C. Matematika-logis

D. Intrapersonal

2. Seorang peserta didik diminta mengidentifikasi masalahnya lalu mendiskusikan hal itu dengan kelompok untuk mencari solusi. Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan...

A. Kemampuan kognitif

B. Kemampuan interaksional

C. Kemampuan integrasi diri

D. Kemampuan komunikatif

3. Langkah pertama guru sebelum membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ataupun modul ajar adalah...

A. Merumuskan indikator capaian kompetensi dasar

B. Melakukan analisis materi pembelajaran

C. Merumuskan tujuan pembelajaran

D. Melakukan analisis kompetensi dasar

4. Menurut Piaget, tahap perkembangan intelektual murid sekolah menengah termasuk ke dalam tahap...

A. Sensorik motorik

B. Pra-operasional

C. Operasional konkret

D. Operasional formal

Tujuan Pedagogik

Mengutip Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru (2017) karya Kurniasih, tujuan pedagogik adalah memanusiakan manusia.

Maksud dari memanusiakan manusia dalam mendidik ialah menjadikan seorang peserta didik tumbuh dewasa untuk kebahagiaannya pada masa mendatang.

Selaras dengan hal itu, pedagogik bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru serta memberikan pemahaman yang lebih baik tentang tugas dan tanggung jawab guru.

Dengan meningkatnya profesionalisme guru diharapkan hasil belajar siswa juga menjadi lebih baik sehingga meningkatkan kemampuannya mencapai tujuan pendidikan.

Selain itu, tujuan pedagogik yang lainnya ialah untuk meningkatkan keterampilan berpikir peserta didik, seperti analisis sintesis, evaluasi, serta penyelesaian masalah.

Manfaat Pedagogik

Manfaat pedagogik secara keseluruhan adalah membantu anak menjadi dewasa, hidup mandiri, dan menjalani hidup yang bermakna dengan bahagia. Selaras dengan hal itu, berikut ini beberapa manfaat pedagogik:

  1. Pedagogik membantu memanusiakan manusia, menjadikan seseorang dewasa untuk mencapai kebahagiaan dalam hidup.
  2. Pedagogik mempersiapkan anak agar mampu memahami dan menjalani kehidupan, sehingga mereka dapat hidup mandiri, bermakna, dan turut memuliakan kehidupan.
  3. Pedagogik membantu murid mempertanyakan dan menantang dominasi serta keyakinan dan praktik yang dominan.
  4. Pedagogik mengembangkan kepribadian siswa yang sehat.

Baca juga artikel terkait TEORI PENDIDIKAN atau tulisan lainnya dari Umi Zuhriyah

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Umi Zuhriyah
Penulis: Umi Zuhriyah
Editor: Addi M Idhom