Menuju konten utama

20 Contoh Soal UP PPG PAI Kemenag dan Kunci Jawabannya

Uji Pengetahuan menjadi tahapan penting dalam PPG PAI Kemenag. Para guru bisa mempejalari soal untuk bisa lulus PPG Kemenag.

20 Contoh Soal UP PPG PAI Kemenag dan Kunci Jawabannya
Ilustrasi membaca materi soal. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Soal Uji Pengetahuan (UP) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam (PAI) Kementerian Agama (Kemenag), bisa dipelajari bagi calon guru. UP menjadi salah satu komponen penting untuk kelulusan PPG PAI Kemenag.

PPG PAI Kemenag merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru, baik di lingkungan madrasah maupun sekolah umum.

Salah satu tahapan penting dalam proses PPG adalah pelaksanaan UP, yang bertujuan untuk mengukur penguasaan kompetensi peserta terhadap materi ajar dan kemampuan pedagogik sebagai calon pendidik profesional.

Kisi-Kisi Uji Pengetahuan PPG PAI Kemenag

Kisi-kisi uji pengetahuan (UP) PPG PAI Kemenag secara umum mencakup tiga hal utama, yaitu kompetensi profesional, pedagogik, dan profesionalisme keguruan yang berlandaskan nilai-nilai keislaman.

UP menguji penguasaan materi PAI seperti Al-Quran, hadis, akidah akhlak, fiqih, sejarah kebudayaan Islam, bahasa Arab, serta kemampuan pedagogis dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran.

Kumpulan Latihan Soal Uji Pengetahuan PPG PAI Kemenag dan Jawabannya

Berikut ini kumpulan latihan soal Uji Pengetahuan (UP) PPG PAI Kemenag dan jawabannya:

1. Proses pengumpulan dan pengolahan Informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Adalah definisi dari …

  • A. Pengukuran
  • B. Penilaian
  • C. Evaluasi
  • D. Penskoran
Jawaban: A

2. Salah satu bentuk bahwa kita telah mengimplementasikan sikap toleransi terhadap teman yang berbeda agama. Hal ini tampak pada pernyataan berikut ini …

  • A. Menerimanya dan saling ikut melaksanakan ajaran agamanya
  • B. Mendebat setiap akan melaksanakan ibadah sehari-hari
  • C. Membantu teman tersebut saat kesulitan dalam belajar
  • D. Saling menolong dalam menyebarkan ajaran agamanya
  • E. Membiarkan keberadaan teman tersebut, karena berbeda keyakinan
Jawaban: C

3. Berikut ini adalah merupakan prinsip-prinsip penilaian, kecuali…

  • A. Sahih
  • B. Objektif
  • C. Terukur
  • D. Terbuka
Jawaban: C

4. Sebagai seorang guru, pilihan terbaik dalam mewujudkan rasa cinta tanah air adalah

  • A. Membayar pajak
  • B. Memilih membeli produk dalam negeri daripada produk asing
  • C. Menghormati bendera nasional, lambang nasional dan simbol nasional lainnya
  • D. Memprakarsai gerakan keberhasilan di lingkungan sekolah bersama dengan peserta didik
  • E. Mengajak peserta didik untuk jujur dan bertanggung jawab dalam menghadapi ujian sekolah
Jawaban: C

5. Apa perbedaan utama antara tafsir dan takwil

  • A. Tafsir mengalihkan lafaz, sementara takwil mengalihkan makna
  • B. Tafsir hanya berlaku untuk ayat-ayat mutasyabihat, sedangkan takwil untuk ayat-ayat muhkamat
  • C. Tafsir lebih luas dalam kata-kata, sedangkan takwil lebih luas dalam makna
  • D. Tafsir menjelaskan makna zahir. Sementara takwil mengungkapkan makna batin
  • E. Tafsir lebih mendalam daripada takwil
Jawaban: A

6. Pak Umar adalah guru kelas II di SD Mekar Jaya. Pak Umar hanya memberikan tugas kepada siswanya, setelah itu kelas ditinggal begitu saja. Bahkan, suatu ketika pak Umar memberikan siswanya pekerjaan yang sangat banyak namun tidak diperiksa, sehingga membuat banyak orang tua siswa yang protes akan sikap pak Umar. Kasis di atas menunjukkan bahwa pak Umar tidak profesional dan harus diberikan sanksi oleh kepala sekolah. Sanksi yang tepat yang seharusnya diberikan kepada pak Umar adalah …

  • A. Dilaporkan kepada dinas pendidikan sehingga profesi gurunya dapat dicabut
  • B. Dipecat secara tidak terhormat dan tidak diberikan pesangon
  • C. Dipindah tugaskan ke daerah yang terluar dan terpencil
  • D. Diberikan peringatan dan pembinaan untuk dapat merubah sikap dan lebih profesional dalam menjadi seorang guru
  • E. Membiarkannya saja sebagai wujud pengucilan terhadap guru yang bersangkutan
Jawaban: D

7. Komponen apa yang harus ada dalam rubrik penilaian yang efektif …

  • A. Nilai akhir yang diperoleh siswa
  • B. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas
  • C. Jumlah pertanyaan yang diberikan
  • D. Deskripsi kriteria penilaian yang jelas
Jawaban: D

8. Apa tujuan utama dari asesmen formatif dalam proses pembelajaran …

  • A. Mengukur capaian akhir siswa setelah periode pembelajaran selesai
  • B. Memberikan umpan balik kepada siswa dan guru untuk memperbaiki proses
  • C. Menilai hasil belajar siswa untuk tujuan administrasi
  • D. Menentukan peringkat siswa dalam kelas
Jawaban: B

9. Manakah di antara berikut ini yang merupakan contoh penilaian autentik …

  • A. Tes essay tertulis
  • B. Observasi saat siswa bekerja dalam proyek
  • C. Tes pilihan ganda
  • D. Ujian tengah semester
Jawaban: B

10. Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan. Gaya belajar para siswa tersebut adalah …

  • A. Gaya berpikir bebas
  • B. Gaya berpikir terikat
  • C. Reflektif
  • D. Impulsive
Jawaban: D

11. Saat ini Anda bekerja sebagai guru. Pada suatu hari Anda mendapatkan tawaran pekerjaan yang lebih baik dengan gaji yang lebih besar dibandingkan profesi Anda saat ini, maka yang akan Anda lakukan adalah …

  • A. Tetap memilih pekerjaan sebagai guru meskipun dengan kesejahteraan yang lebih kecil dibandingkan dengan pekerjaan lain karena menjadi guru sudah menjadi cita-citanya
  • B. Tetap memilih pekerjaan sebagai guru meskipun suatu saat nanti saya ingin pindah ke sekolah lain yang lebih tinggi tingkat kesejahteraannya.
  • C. Menolak tawaran pekerjaan tersebut saat ini, namun saya mau membuka diri untuk menerimanya di kemudian hari
  • D. Menerima tawaran tersebut tanpa berpikir panjang dan segera mengundurkan diri secara baik-baik di sekolah tempat saya mengajar
  • E. Mempertimbangkan tawaran pekerjaan tersebut demi masa depan yang lebih baik
Jawaban: A

12. Sikap Tasamuh sangat diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat untuk menciptakan kehidupan yang harmonis. Sikap Tasamuh Perlu dipupuk dan ditanamkan pada seluruh individu. Berikut di bawah ini manakah yang dipandang tepat sebagai tujuan dari Tasamuh …

  • A. Mencegah pertumpahan darah, menjaga keharmonisan masyarakat, menyatukan kesamaan dan mengingatkan persaudaraan
  • B. Mencegah perpecahan, menjaga keharmonisan masyarakat, menyatukan perbedaan dan meningkatkan perdamaian
  • C. Mencegah pertumpahan darah, menjaga keharmonisan masyarakat, menyatukan kesamaan dan meningkatkan perdamaian
  • D. Mencegah pertumpahan darah, menjaga keharmonisan masyarakat, menyatukan perbedaan dan mengingatkan persaudaraan
  • E. perpecahan, menjaga keharmonisan masyarakat, menyatukan perbedaan dan meningkatkan persaudaraan
jawaban: B

13. dalam kurikulum 2013, kompetensi Inti (KI) terdiri dari beberapa aspek. Manakah dibawah ini yang tidak termasuk dalam kompetensi Inti …

  • A. Sikap spiritual
  • B. Pengetahuan
  • C. Keterampilan fisik
  • D. Keterampilan sosial
Jawaban: C

14. Setelah Rasulullah SAW wafat, Abu Bakar dinobatkan sebagai pelanjut kepemimpinan. Selepas dibai’at Abu Bakar berpidato dengan berkata: “ Amma ba’du, hai sekalian manusia sesungguhnya aku telah dipilih sebagai pimpinan atas kalian dan aku bukanlah yang terbaik, maka jika aku berbuat kebaikan, bantulah aku, dan jika aku bertindak keliru, maka luruskanlah aku. Metode dakwah yang dilakukan Abu Bakar tersebut yaitu …

  • A. Bi Tadwin
  • B. Bi Hal
  • C. Bi Lisan
  • D. Uswatun Hasanah
  • E. Bi Yad
Jawaban: C

15. Seorang pegawai BUMN memiliki penghasilan bersih 9000.000 setiap bulannya. Berapa jumlah zakat profesi yang harus dibayarkan menurut pendapat jumhur ulama dalam setahun …

  • A. 270.000
  • B. 2.225.000
  • C. 2.700.000
  • D. 225.000
  • E. 2.250.000
Jawaban: A

16. Alasan yang tepat orang non muslim juga diperbolehkan menjadi anggota majelis syuro pada masa kepemimpinan Usman bin Affan ….

  • A. Untuk melindungi hak-hak orang non muslim
  • B. Untuk menjaga toleransi
  • C. Untuk menyampaikan pengaduan tentang kedzaliman para penguasa atau penyimpangan dalam pelaksanaan hukum Islam.
  • D. Untuk keadilan Negara demokratis
Jawaban: C

17. Pada masa kepemimpinan Usman bin Affan kondisi masyarakatnya yaitu ….

  • A. Telah memberi kebebasan kepada umatnya untuk keluar daerah
  • B. Kaum muslimin dapat memilih hidup yang serba mudah
  • C. Jawaban a dan b benar
  • D. Kondisi sosial kemasyarakatan pada kaum muslimin masih menggali dan mengamalkan ajaran agama secara murni dengan mempelajari secara terus menerus ajaran al-Qur'an
Jawaban: C

18. Apa yang menjadi fokus utama dalam teori belajar kognitivisme …

  • A. Proses pengelolaan informasi dalam pikiran
  • B. Pengulangan dan pembiasaan dalam perilaku siswa
  • C. Pengembangan motivasi intrinsik siswa
  • D. Penggunaan alat bantu visual dalam pembelajaran
Jawaban: A

19. Hasan yakin bahwa kematian merupakan bagian dari takdir mubram yang tidak dapat terelakan. Namun kesembuhan ayahnya dari penyakitnya merupakan …

  • A. Mubram
  • B. Takdir mubram
  • C. Takdir muallaq
  • D. Qadha
Jawaban: D

20. Ada 3 kelembagaan dibuat pada masa khalifah Abu bakar, sebagai metode dakwah bil hal, kecuali …

  • A. Lembaga peradilan
  • B. Baitul Mal
  • C. Pertahanan dan keamanan
  • D. Lembaga dakwah
Jawaban: D

Baca juga artikel terkait SUPPLEMENT CONTENT atau tulisan lainnya dari Mar'atus Sholikhah

tirto.id - Edusains
Kontributor: Mar'atus Sholikhah
Penulis: Mar'atus Sholikhah
Editor: Dicky Setyawan