tirto.id - Contoh soal uji pengetahuan UP PPG Kemenag dan jawabannya dapat menjadi bahan belajar sebelum peserta menjalani tes.
Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan salah satu program sertifikasi yang dapat meningkatkan kualifikasi dan peluang kerja guru.
Tidak hanya dalam lingkup Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen), Kementerian Agama (Kemenag) juga turut mengadakan PPG Kemenag.
PPG Kemenag diperuntukan bagi guru madrasah serta guru pendidikan agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu yang telah memenuhi persyaratan.
Persyaratan yang diperlukan di antaranya adalah sebagai berikut:
- Terdaftar aktif sebagai guru dalam satminkal yang terdata dalam sistem pendataan Kementerian Agama.
- Guru yang diangkat paling lambat tanggal 30 Juni 2023 dan terdata aktif Tahun Ajaran 2023/2024.
- Memiliki kualifikasi akademik minimal S-1/D-IV yang sesuai dengan mapel PPG Dalam Jabatan.
- Belum mencapai batas usia pensiun guru berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.
- Belum memiliki sertifikat pendidik.
- Sehat jasmani yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat jasmani dari rumah sakit pemerintah/puskesmas/pusat layanan kesehatan lainnya.
Kumpulan Latihan Soal Uji Pengetahuan PPG Kemenag dan Jawabannya
Uji pengetahuan termasuk salah satu uji tulis berbasis komputer. Pertanyaan digunakan untuk mengukur penguasaan pengetahuan guna memenuhi capaian pembelajaran program PPG.
Beriku adalah kumpulan latihan soal uji pengetahuan PPG Kemenag dan jawabannya:
1. Seorang guru PAI yang memulai pembelajaran dengan menyanyikan lagu nasional dan mengaitkannya dengan nilai-nilai Islam menunjukan sikap...
A. Berwibawa
B. Tegas
C. Cinta tanah air
D. Disiplin
Jawabannya C
2. Ketika seorang siswa melakukan pelanggaran tata tertib sekolah, guru PAI memberikan sanksi yang sesuai dengan aturan yang berlaku tanpa pandang bulu. Tindakan guru tersebut mencerminkan sikap...
A. Penuh panggilan jiwa
B. Tegas.
C. Samapta
D. Murah hati
Jawabannya: B
3. Guru PAI selalu hadir di kelas tepat waktu dan memulai pelajaran sesuai jadwal. Hal ini merupakan wujud dari sikap...
A. Disiplin.
B. Berwibawa
C. Penuh panggilan jiwa
D. Cinta tanah air
Jawabannya: A
4. Guru PAI sangat antusias dan bersemangat dalam menyampaikan materi pelajaran, sehingga siswa termotivasi untuk belajar. Sikap ini menunjukan bahwa guru memiliki...
A. Jiwa kesepenuhatian
B. Samapta
C. Penuh panggilan jiwa.
D. Kemurahatiian
Jawabannya: C
5. Dalam menghadapi berbagai karakter siswa, guru PAI mampu bersikap tenan dan mengendalikan emosi. Hal ini menunjukan bahwa gguru memiliki...
A. Ketegasan
B. Kewibawaan.
C. Kedisiplinan
D. Kesamaptaan
Jawabannya: B
6. Guru PAI secara sukarela membantu siswa yang kesulitan memahami materi pelajaran di luar jam sekolah. Tindakan ini merupakan cerminan dari sikap...
A. Cinta tanah air
B. Berwibawa
C. Kemurahatian.
D. Disiplin
Jawabannya: C
7. Seorang guru PAI menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekolah serta memiliki fisik yang sehat agar dapat melaksanakan tugas dengan baik. Hal ini menunjukan aspek...
A. Penuh panggilan jiwa
B. Samapta.
C. Jiwa kesepenuhatian
D. Ketegasan
Jawabannya: B
8. Guru PAI memberikan perhatian yang tulus dan mendalam terhadap perkembangan spiritual dan ahlak setiap siswanya. Hal ini merupakan wujud dari...
A. Kewibawaan
B. Jiwa Kesepenuhatian.
C. Kedisiplinan
D. Cinta tanah air
Jawabannya: B
9. Dalam proses pembelajaran, guru PAI tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan kecintaan terhadapa budaya Indonesia. Hal ini menunjukan perwujudan dari sikap...
A. Tegas
B. Disiplin
C. Cinta tanah air.
D. Penuh panggilan jiwa
Jawabannya: C
10. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak
berusia…
A. 0 - 2 tahun
B. 2 - 7 tahun
C. 7 - 11/12 tahun
D. 11/12/ - 14/15 tahun
Jawabannya: C
11. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
A. kemampuan kognitif
B. kemampuan interaksional
C. kemampuan integrasi diri
D. kemampuan komunikatif
Jawabannya: A
12. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah....
A. kemampuan berkomunikasi
B. kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
Jawabannya: B
13. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan....
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. moral
Jawabannya: C
14. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam. Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....
A. intelegensi dan kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat
D. emosional dan kepribadian
Jawabannya: C
15. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan…
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spiritual
Jawabannya: A
16. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi. Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...
A. penalaran pascakonvensional
B. penalaran konvensional
C. penalaran prakonvensional
D. penalaran interkonvensional
Jawabannya: A
17. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan…
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
Jawabannya: A
18. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ....
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D. menformulasikan tindakan
Jawabannya: C
19. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral…
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional
Jawabannya: C
20. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan....
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
Jawabannya: C
21. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencobacoba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
Jawabannya: A
22. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkahlangkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkahlangkah pembelajaran
Jawabannya: A
23. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan
tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B. Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu
Jawabannya: C
24. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
Jawabannya: A
25. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
Jawabannya: A
26. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut…
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan
Jawabannya: A
27. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial
Jawabannya: B
28. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
Jawabannya: A
29. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam…
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
Jawabannya: B
30. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut…
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis
Jawabannya: B
31. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah…
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
Jawabannya: B
32. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya....
A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
B. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
Jawabannya: C
33. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL (Contectual Teaching Learning) adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu sumber
Jawabannya: D
34. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan?
A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
Jawabannya: A
35. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah…
A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
Jawabannya: B
36. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
Jawabannya: C
37. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:
1) Kompetensi dasar : Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan komponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan
Jawabannya: D
38. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam pencapaian...
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
Jawabannya: D
39. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut…
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, evaluasi, dan, mencipta.
Jawabannya: D
40. Berikut yang bukan termasuk karakteristik siswa abad 21 adalah…
A. Keterampilan belajar dan inovatif
B. Berfikir kritis
C. Keahlian literasi digital
D. Kemampuan berinteraksi
Jawabannya: D
41. Berikut merupakan pergeseran atau penyesuaian peran guru dalam memfasilitasi pembelajaran abad 21, kecuali…
A. Memiliki kebiasaan melakukan refleksi atau reflective practitioner
B. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri secara berkelanjutan
C. Mengubah paradigma dari professional teaching menjadi professional learning
D. Mengutamakan penilaian hasil belajar atau assessment for learning
Jawabannya: D
42. Belajar mandiri berkelanjutan memiliki dimensi psikologis, pedagogis, dan dimensi sosial.
Berikut ini secara berturut-turut merupakan indikator adanya ketiga dimensi tersebut dalam belajar mandiri adalah…
A. Memiliki kebebasan belajar, menghadiri forum ilmiah, dan tergantung kepada fasilitator
B. Mengisolasi diri secara fisik, melanjutkan sekolah, dan menentukan tujuan belajar sendiri
C. Memiliki kebebasan dalam belajar, aktif mengikuti diskusi ilmiah, dan menilai kemajuan belajarnya sendiri
D. Belajar berdasarkan tujuan yang ditetapkan, mengikuti kegiatan pembelajaran, dan meminta umpan balik dari fasilitator
Jawabannya: C
43. Seorang guru dapat mendefinisikan istilah dan pertimbangan definisi dalam tiga dimensi serta mengidentifikasi asumsi, hal tersebut tergolong kemampuan berfikir kritis dalam hal…
A. Membangun keterampilan dasar
B. Menyimpulkan
C. Memberikan penjelasan secara sederhana
D. Memberikan penjelasan lanjut
Jawabannya: A
44. Salah satu tujuan dari rancangan pembelajaran di abad 21, yang diharapkan dapat disusun oleh seorang guru adalah…
A. Mengembangkan potensi siswa melalui pemanfaatan teknologi berbasis komputer dan media online
B. Optimalisasi media berbasis online
C. Mengembangkan kreativitas dan inovasi siswa
D. Mencapai hasil pembelajaran yang optimal
Jawabannya: A
45. Karakteristik siswa abad 21 harus memiliki keterampilan 4C, yaitu…
A. Communication, creativity, creation, critical thinking
B. Communication, collection, critical thinking, creativity
C. Collaboration, communication, creation, critical thinking
D. Communication, collaboration, critical thinking and problem solving, creativity and innovation
Jawabannya: D
46. Alasan utama mengapa pembelajaran abad 21 sebaiknya lebih berorientasi kepada pengembangan keterampilan belajar daripada mengajarkan pengetahuan adalah…
A. Pengetahuan faktual sudah usang dan tidak relevan dengan era abad 21
B. Perkembangan teknologi memungkinkan seluruh pengetahuan dipelajari
C. Tuntutan SDM masa depan yang memiliki kemampuan belajar mandiri
D. Abad 21 adalah era disrupsi dimana peran guru akan segera hilang
Jawabannya: C
47. Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara....
A. Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
B. Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
Jawabannya: B
48. Berikut ini merupakan keterampilan global guru abad 21 kecuali…
A. Ahli menyusun perangkat pembelajaran
B. Keterampilan berfikir kritis dan kemampuan menyelesaikan masalah
C. Komunikasi dan kolaborasi, literasi media informasi, komunikasi, dan teknologi
D. Kreativitas dan inovasi
Jawabannya: A
49. Pernyataan yang tepat tentang RPP adalah ....
A. RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih
B. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD)
C. Penyusunan RPP dilakukan oleh setiap pendidik pada satuan pendidikan setiap pergantian kurikulum
D. pernyataan A dan B benar
Jawabannya: D
50. Komponen utama dalam pembelajaran adalah ...
A. Guru
B. Siswa
C. Kurikulum.
D. Metode pembelajaran
Jawabannya: C
51. Pendidikan di Indonesia saat ini mengacu pada sistem ...
A. Sistem Pendidikan Nasional (SPN).
B. Sistem Pendidikan Negara (SPN)
C. Sistem Pendidikan Global (SPG)
D. Sistem Pendidikan Internasional (SPI)
Jawabannya: A
52. Di bawah ini yang tidak termasuk aspek pembelajaran yang penting adalah ...
A. Tujuan pembelajaran
B. Strategi pembelajaran
C. Media pembelajaran.
D. Penilaian hasil belajar
Jawabannya: C
53. Sebuah metode pembelajaran yang mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan dan berpikir kritis adalah ...
a. Problem-based learning.
b. Experiential learning
c. Collaborative learning
d. Mastery learning
Jawabannya: A
54. Kurikulum merupakan rencana ...
A. Pembelajaran di sekolah.
B. Pembelajaran di luar sekolah
C. Pendidikan karakter di sekolah
D. Pendidikan karakter di luar sekolah
Jawabannya: A
55. Sebuah strategi pembelajaran yang melibatkan berbagai macam teknik dan metode adalah ...
A. Cooperative learning
B. Direct instruction
C. Differentiated instruction.
D. Problem-based learning
Jawabannya: C
56. Tujuan dari penilaian pembelajaran adalah untuk ...
A. Memberikan nilai pada siswa
B. Mengukur kemampuan siswa
C. Memberikan umpan balik pada siswa.
D. Memberikan penilaian pada guru
Jawabannya: C
57. Pendidikan karakter merupakan upaya untuk ...
A. Meningkatkan prestasi akademik siswa
B. Mengembangkan sikap dan nilai positif pada siswa.
C. Menanamkan pengetahuan pada siswa
D. Meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa
Jawabannya: B
58. Dalam metode pembelajaran Experiential Learning, siswa diajak untuk ...
A. Membaca materi pelajaran dengan cermat
B. Mengerjakan tugas kelompok
C. Melakukan pengalaman langsung dalam belajar.
D. Menyimak penjelasan dari guru
Jawabannya: C
59. Sebuah metode pembelajaran yang mengajarkan siswa untuk saling bekerja sama
dan belajar dari pengalaman adalah ...
A. Problem-based learning
B. Direct instructionC. Cooperative learning.
D. Differentiated instruction
Jawabannya: C
60. Manfaat dari penggunaan media pembelajaran adalah ...
A. Meningkatkan motivasi belajar siswa
B. Meningkatkan konsentrasi siswa
C. Meningkatkan kreativitas siswa
D. Semua jawaban di atas benar.
Jawabannya: D
Penulis: Rachma Dania
Editor: Beni Jo