Menuju konten utama

75 Soal PAT PKN Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka dan Jawaban

Berikut ini 75 soal PAT PKN kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka pilihan ganda dan essay beserta jawabannya.

75 Soal PAT PKN Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka dan Jawaban
Ilustrasi. Garuda Pancasila. foto/shutterstock.

tirto.id - Sejumlah soal PAT PKN kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka berikut ini disusun untuk menjadi bahan belajar siswa. Selain bisa menambah pemahaman, para siswa pun dapat mempelajari contoh-contoh soal PKN kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka itu sebagai persiapan jelang Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau Ujian Akhir Sekolah (UAS).

PAT (Penilaian Akhir Tahun) adalah ujian sekolah yang diselenggarakan untuk mengukur capaian belajar pada akhir semester genap. Maka dari itu, penting mempelajari berbagai contoh soal PAT PKN kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka pilihan ganda dan essay.

Tahun ini, ujian PAT berlangsung pada periode Mei-Juni. Di bawah ini, tersedia beberapa contoh soal PAT, termasuk soal PKN tentang NKRI kelas 4 Kurikulum Merdeka.

Kisi-Kisi Materi Ujian PKN Kelas 4 Semester 2

Merujuk pada buku Pendidikan Pancasila terbitan Kemdikbudristek RI edisi 2023, materi PKN kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka meliputi dua topik utama, yakni "Kerja Sama di Lingkunganku" dan "Pancasila dalam Diriku." Materi terkait kedua bab ini kemungkinan masuk dalam soal UAS PKN kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka.

Namun, soal PKN Negaraku Indonesia kelas 4 kemungkinan juga masih muncul dalam PAT. Di buku PPKN Kelas 4 terbitan Kemdikbud edisi 2021, materi semester 2 meliputi tema Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan; Konstitusi dan Norma di Masyarakat; Negaraku Indonesia; Membangun Jati Diri Dalam Kebinekaan; dan Pola Hidup Bergotong Royong.

Sementara itu, apabila mengacu pada buku edisi 2023, kisi-kisi materi ujian PKN kelas 4 Kurikulum Merdeka diperkirakan sebagai berikut:

  • Keberagaman sosial
  • Gotong royong
  • Kompak Bersatu
  • Bahasa Indonesia sebagai Bahasa persatuan
  • Makna sila-sila Pancasila di masyarakat
  • Sejarah perumusan Pancasila
  • Karakter para perumus Pancasila
  • Sikap dan perilaku yang mencerminkan pengamalan Pancasila.

Contoh Soal PAT PKN Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Beberapa soal PAT PKN kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka pilihan ganda dan essay di bawah ini mencakup berbagai topik di atas. Selain pertanyaan tentang Pancasila, masih ada juga soal NKRI kelas 4.

Berikut ini 75 soal PKN Kelas 4 semester 2 dan kunci jawaban Kurikulum Merdeka dalam bentuk pilihan ganda serta essay:

A. Soal Pilihan Ganda PKN kelas 4 SD semester 2

1. Makna salah satu sila Pancasila yang dilambangkan dengan simbol padi dan kapas adalah ….

A. Bangsa Indonesia bermusyawarah dalam membuat kesepakatan

B. Bangsa Indonesia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

C. Bangsa Indonesia memiliki kehidupan yang adil, sejahtera, dan makmur

D. Bangsa Indonesia memiliki cinta terhadaptanah air

Jawaban: C

2. Tindakan mengenakan beragam jenis pakaian daerah dalam kegiatan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI menjadi bentuk pengamalan sila Pancasila yang berbunyi ….

A. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

B. Persatuan Indonesia

C. Kemanusiaan yang adil dan beradab

D. Ketuhanan Yang Maha Esa

Jawaban: B

3. Berikut ini sejumlah aktivitas yang sesuai dengan makna sila kedua Pancasila, kecuali....

A. Menjenguk orang yang sakit

B. Mengikuti pemilihan kepala desa

C. Memberikan santunan pada anak yatim dan fakir miskin

D. Membuang sampah pada tempatnya

Jawaban: B

4. Berikut ini sejumlah contoh pengamalan sila keempat Pancasila, kecuali....

A. Berani menyampaikan pendapat

B. Menghargai pendapat orang lain

C. Meminjamkan buku kepada teman sekelas

D. Mematuhi peraturan RT di lingkungan sekitar rumah

Jawaban: C

5. Membesuk teman yang sedang sakit dan mendoakannya supaya lekas sehat kembali adalah bentuk tindakan yang sesuai dengan makna sila ... Pancasila.

A. 1 dan 2

B. 3 dan 4

C. 5 dan 4

D. 1 dan 4

Jawaban: A

6. Dari daftar karakter para bapak bangsa perumus Pancasila di bawah ini yang benar ditunjukkan oleh nomor.....

(1) Bangga Diri

(2) Berani

(3) Berjiwa Besar

(4) Nasionalis

(5) Rendah Diri

A. 1, 2, 3

B. 1, 3, 5

C. 2, 3, 4

D. 3, 4, 5

Jawaban: C

7. Berikut ini merupakan sejumlah peristiwa yang terjadi selama perumusan Pancasila hingga jelang disahkan menjadi dasar negara RI, kecuali....

A. Sidang BPUPK pada 29 Mei sampai 1 Juni 1945

B. BPUPK membentuk Panitia Sembilan pada 22 Juni 1945

C. Bandung Lautan Api

D. Proklamai kemerdekaan Bangsa Indonesia

Jawaban: C

8. Berikut ini contoh tindakan yang mencerminkan karakter para bapak bangsa perumus Pancasila, kecuali.....

A. Berani berkata jujur

B. Berani menyampaikan pendapat dan menghargai pendapat orang lain yang berbeda

C. Bersedia meminjamkan sepeda kepada teman bermain

D. Menjalankan kesepakatan kelas dengan bertanggung jawab

Jawaban: C

9. Di antara pernyataan-pernyataan di bawah ini yang tidak benar adalah.....

A. Sidang pertama BPUPK digelar pada 29 Mei - 1 Juni 1945

B. Soekarno mengusulkan Pancasila pada 1 Juni 1945

C. Soekarno menjadi ketua BPUPK

D. karakter para perumus Pancasila adalah berani, berjiwa besar, cinta tanah air, jujur, nasionalis, dan memiliki semangat berjuang

Jawaban: C

10. Cermati pernyataan-pernyataan di bawah ini!

(1) Panitia Sembilan merumuskan sila-sila Pancasila

(2) Soekarno mengusulkan Pancasila

(3) Sidang BPUPK diselenggarakan

(4) Pancasila disahkan sebagai dasar negara

Kronologis alur peristiwa perumusan Pancasila yang benar ditunjukkan oleh nomor.....

A. 3-2-1-4

B. 4-2-1-3

C. 2-3-4-1

D. 1-2-3-4

Jawaban: A

11. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berarti....

A. Perbedaan mengganggu persatuan

B. Keberagaman harus disamakan

C. Walaupun berbeda-beda, tetap satu jua

D. Perbedaan menimbulkan perpecahan

Jawaban: C

12. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa ....

A. Melayu

B. Jawa

C. Sansekerta

D. Bali

Jawaban: C

13. Salah satu alasan kalimat Bhinneka Tunggal Ika menjadi semboyan negara RI adalah kondisi bangsa Indonesia mirip dengan masyarakat di masa Kerajaan ....

A. Singosari

B. Mataram Islam

C. Sriwijaya

D. Majapahit

awaban: D

14. Salah satu contoh bentuk keanekaragaman bangsa Indonesia terlihat dalam hal ....

A. Undang-undang

b. Sistem pemerintahan

C. Agama dan kepercayaan

D. Bahasa nasional

Jawaban: C

15. Salah satu cara menghargai budaya suku lain yang tepat adalah dengan.....

A. Membanggakan budaya suku sendiri

B. Berteman dengan orang dari suku yang sama

C. Menikmati pertunjukan kesenian dari daerah sendiri

D. Menghormati dan menikmati pertunjukan seni suku lain

Jawaban: D

16. Lembaga negara yang berwenang membuat peraturan perundang-undangan disebut…

A. Eksekutif

B. Legislatif

C. Hukum

D. Pemilu

Jawaban: B

17. Di bawah ini yang merupakan lembaga eksekutif adalah ….

A. DPR

B. MPR

C. DPD

D. Presiden

Jawaban: D

18. Undang-Undang Dasar ditetapkan oleh….

A. Presiden

B. MPR

C. DPR

D. Menteri

Jawaban: B

19. Presiden dan Wakil Presiden dilantik oleh ….

A. DPR

B. MPR

C. MA

D. Jaksa agung

Jawaban: B

20. Anggota MPR terdiri atas anggota ….

A. DPR dan utusan daerah

B. DPR dan Menteri-menteri

C. DPR dan DPD

D. DPR dan golongan

Jawaban: C

21. Tugas dan wewenang DPR adalah sebagai berikut, kecuali ….

A. Membentuk Undang-Undang yang dibahas bersama Presiden

B. Menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)

C. Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Undang-Undang

D. Melantik Presiden dan Wakil Presiden

Jawaban: D

22. Hak DPR untuk melakukan penyelidikan terhadap jalannya pemerintahan negara disebut….

A. Hak Angket

B. Hak Interpelasi

C. Hak Anggaran

D. Hak Budget

Jawaban: A

23. Anggota DPD wakil dari setiap provinsi ditetapkan sebanyak ….

A. 3 orang

B. 10 orang

C. 7 orang

D. 4 orang

Jawaban: D

24. Presiden keempat Republik Indonesia adalah ….

A. Soekarno

B. Soeharto

C. B.J. Habibie

D. Abdurrahman Wahid

Jawaban: D

25. Pengampunan atau penghapusan hukuman yang diberikan oleh Presiden kepada orang yang telah melakukan tindak pidana tertentu dinamakan dengan istilah ….

A. Amnesti

B. Abolisi

C. Grasi

D. Rehabilitasi

Jawaban: A

26. Lembaga yang berwenang mengajukan calon Hakim Agung kepada DPR adalah ….

A. Komisi Pemberantasan Korupsi

B. Komisi Yudisial

C. Komisi Pemerintahan

D. Komisi Pemilihan Umum

Jawaban: B

27. Lembaga tinggi negara yang bertugas memeriksa pengelolaan keuangan negara adalah ….

A. DPR

B. Mahkamah Agung

C. BPK

D. KPK

Jawaban: C

28. Berikut yang termasuk bagian dari pemerintah pusat adalah ….

A. Gubernur

B. DPRD

C. Presiden

D. Bupati

Jawaban: C

29. Pengaruh Globalisasi yang masuk ke negara harus disikapi dengan cara ….

A. Selektif

B. Sombong

C. Materialistis

D. Egois

Jawaban: A

30. Dasar negara Indonesia untuk menghadapi pengaruh negatif globalisasi adalah ….

A. Komik

B. KUHP

C. Garuda

D. Pancasila

Jawaban: D

31. Di bawah ini merupakan dampak negatif globalisasi, kecuali ….

A. Nasionalisme

B. Individualisme

C. Materialisme

D. Pergaulan bebas

Jawaban: A

32. Berbagai peristiwa di seluruh penjuru dunia kini dapat diketahui dengan cepat karena adanya perkembangan ….

A. Sarana Transportasi

B. Teknologi Informasi dan komunikasi

C. Pendidikan

D. Radio

Jawaban: B

33. Di era internet dan kemajuan teknologi komunikasi saat ini, sikap yang tepat dalam menyikapi banyaknya informasi adalah....

A. Mengikuti apa pun informasi yang masuk

B. Bijak memilah dan cermat memahami informasi

C. Membenci semua informasi asing

D. Menghentikan informasi asing

Jawaban: B

34. Salah satu contoh bentuk nyata globalisasi di bidang pendidikan adalah ….

A. Banyak orang Indonesia yang merantau ke luar negeri

B. Banyak merek handphone dari luar negeri

C. Banyak orang Indonesia menempuh kuliah di luar negeri

D. Banyak restoran luar negeri di negara kita

Jawaban: C

35. Berikut ini yang termasuk jenis pakaian dari negara lain adalah ….

A. Batik

B. Kimono

C. Kebaya

D. Songket

Jawaban: B

36. Pengaruh budaya luar negeri yang tidak sesuai kepribadian bangsa Indonesia harus kita ….

A. Teladani

B. Lestarikan

C. Jauhi

D. Utamakan

Jawaban: C

37. Banyaknya merek motor dan hape dari luar negeri di Indonesia menandakan bentuk globalisasi dalam bidang ….

A. Tekstil

B. Teknologi

C. Pangan

D. Budaya

Jawaban: B

38. Sifat tidak peduli dengan orang lain dan lebih memikirkan diri sendiri dinamakan ….

A. Konsumtif

B. Sosialita

C. Nasionalis

D. Individualis

Jawaban: D

39. Sikap yang harus dijaga dalam interaksi dengan warga negara lain adalah ….

A. Bermusuhan

B. Toleransi

C. Waspada

D. Curiga

Jawaban: B

40. Berikut contoh budaya dari luar negeri yang dapat kita teladani, kecuali ….

A. Diskriminasi ras

B. Giat bekerja

C. Cinta belajar

D. Rajin

Jawaban: A

41. Berikut contoh sikap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kehidupan di rumah, kecuali...

A. Rukun dengan anggota keluarga yang lain

B. Menjaga nama baik keluarga di luar rumah

C. Menghargai perbedaan pendapat

D. Mengelabui orang tua

Jawaban: D

42. Contoh sikap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kehidupan di sekolah adalah....

a. Membicarakan keburukan teman

b. Tidak membedakan-bedakan teman dalam bergaul

c. Menjauhi teman yang pelit

d. Mencari-cari kesalahan guru

Jawaban: B

43. Tolong-menolong, bekerja sama, dan saling berbagi yang dilakukan oleh masyarakat dalam menyelesaikan masalah di kehidupan dinamakan dengan istilah.....

a. Berdikari

b. Berdaulat

c. Gotong royong

d. Tenggang Rasa

Jawaban: C

44. Kita semestinya mematuhi keputusan musyawarah, karena keputusan musyawarah adalah.....

a. Persetujuan sepihak

b. Kesepakatan bersama

c. Keputusan dipaksakan

d. Keputusan pihak yang kuat

Jawaban: B

45. Berikut ini yang bukan termasuk jenis-jenis norma, adalah....

a. Norma Agama

b. Norma kesusilaan

c. Norma persahabatan

d. Norma Hukum

Jawaban: C

46. Gotong royong membuat pekerjaan berat terasa....

A. lebih berat

B. biasa saja

C. lebih ringan

D. sangat berat

Jawaban: C

47. Bergotong royong, saling berbagi, dan tolong menolong termasuk perbuatan....

A. mulia

B. tercela

C. buruk

D. hina

Jawaban: A

48. Kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan secara gotong royong adalah....

A. mengerjakan ulangan

B. membersihkan kelas

C. berlatih bernyanyi

D. membersihkan saluran air

Jawaban: A

49. Kita tidak boleh bergotong royong dalam....

A. kebaikan

B. keburukan

C. keselamatan

D. kemuliaan

Jawaban: B

50. Gotong royong akan membuat semua pekerjaan....

A. cepat selesai

B. menjadi lebih berat

C. lama selesainya

D. susah

Jawaban: A

51. Gotong royong dapat memperkuat rasa....

A. kebencian

B. permusuhan

C. persaudaraan

D. pertengkaran

Jawaban: C

52. Membersihkan lingkungan di sekolah merupakan tanggung jawab....

A. ketua kelas

B. semua warga sekolah

C. penjaga sekolah

D. kepala sekolah

Jawaban: B

53. Pada saat ada teman yang tertimpa musibah, sikap yang tepat adalah....

A. menghardiknya

B. menghiburnya

C. mencelanya

D. menjauhinya

Jawaban: B

54. Semua dari kita harus mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan....

A. bersama

B. masyarakat

C. pribadi

D. kemanusiaan

Jawaban: C

55. Sikap tepat yang bisa dilakukan seorang anak saat melihat ayah membersihkan halaman rumah adalah....

A. membantunya

B. membiarkannya

C. menghiburnya

D. mengganggunya

Jawaban: A

56. Negara Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang berjajar di antara....

A. Sabang dan Marauke

B. Jawa dan Sumatera

C. Aceh dan Papua

D. Sumatera dan Bali

Jawaban: A

57. NKRI adalah merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang secara geografis terletak di kawasan....

A. Asia Selatan

B. Asia Pasifik

C. Asia Timur

D. Asia Tenggara

Jawaban: D

58. Peristiwa Sumpah Pemuda terjadi pada tanggal....

A. 28 Oktober 1925

B. 28 Oktober 1927

C. 28 Oktober 1928

D. 28 Oktober 1925

Jawaban: C

59. Nilai-nilai Pancasila bersifat....

A. parsial

B. universal

C. kesukuan

D. internasional

Jawaban: B

60. Pancasila dapat mempersatukan bangsa Indonesia dan menjadi petunjuk untuk mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan rakyat Indonesia. Pernyataan tersebut menunjukkan Pancasila sebagai....

A. keyakinan leluhur

B. pandangan hidup bangsa Indonesia

C. kepribadian bangsa

D. dasar negara

Jawaban: B

61. Indonesia adalah negara dengan suku, budaya, etnik, agama, dan karakteristik masyarakat yang beragam. Keberagaman bangsa Indonesia itu menjadi modal dasar yang berharga untuk pembagunan di wilayah NKRI. Namun, situasi keberagaman itu harus diimbangi dengan perilaku warga negara yang terus....

A. mewujudkan kehidupan yang bahagia

B. menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia

C. mencitakan masyarakat yang kaya raya

D. membentuk kehidupan yang menyenangkan

Jawaban: B

62. Cermati beberapa hal berikut:

(1) Pancasila

(2) UUD NRI 1945

(3) Bendera Merah Putih

(4) Lagu-lagu daerah

(5) Bahasa Indonesia

Alat pemersatu bangsa yang dimiliki oleh Indonesia ditunjukkan oleh nomor....

A. 2, 3 dan, 5

B. 1, 3 dan, 4

C. 1, 3 dan, 5

D. 1, 2 dan, 4

Jawaban: C

63. Contoh ancaman dari diri sendiri yang dapat menimbulkan perpecahan adalah....

A. serangan udara militer musuh

B. dendam dan iri hati

C. perang antaretnis

D. perebutan wilayah

Jawaban: B

64. Kemampuan dan daya tahan negara Republik Indonesia dalam menghadapi tantangan dan gangguan dari dalam maupun luar negeri yang berpotensi membahayakan bangsa dan negara disebut dengan istilah....

A. ketahanan nasional

B. kedigdayaan negara

C. kejayaan bangsa

D. kedaulatan rakyat

Jawaban: A

65. Menjaga keutuhan NKRI adalah tanggung jawab....

A. presiden

B. menteri pertahanan

C. mahasiswa

D. seluruh rakyat Indonesia

Jawaban: D

B. Soal Essay PKN Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

66. Mengapa sebagai bangsa Indonesia kita harus terus menumbuhkan sikap saling menghargai sekaligus menghormati keberagaman sosial-budaya di tanah air maupun dunia?

Jawaban:

Karena sikap saling menghargai sekaligus menghormati keberagaman sosial-budaya akan membentuk toleransi terhadap perbedaan serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang memiliki masyarakat dengan beragam suku, agama, budaya, tradisi, dan golongan. Sikap saling menghargai dan menghormati keberagaman sosial-budaya juga penting untuk mewujudkan perdamaian dunia.

67. Apakah kita boleh membanggakan budaya dari daerah sendiri?

Jawaban:

Boleh saja. Namun, membanggakan budaya sendiri jangan sampai berlebihan hingga merendahkan budaya daerah lain.

68. Apa saja manfaat gotong royong?

Jawaban:

Sejumlah manfaat gotong royong adalah:

  • Meringankan pekerjaan yang berat
  • Membuat pekerjaan lebih cepat selesai
  • Memperkuat kerukunan hidup di masyarakat
  • Mempererat rasa persaudaraan
  • Menciptakan persatuan dan kesatuan.
69. Apa saja contoh perilaku saling membantu dan gotong royong di lingkungan tempat tinggal?

Jawaban:

  • Kerja bakti membersihkan saluran air
  • Membantu tetangga yang terkena musibah
  • Kerja bakti memperbaiki jembatan yang rusak
  • Mengikuti ronda malam di sekitar rumah secara bergiliran
  • Para pemuda bersama-sama mempersiapkan acara peringatan hari kemerdekaan.
70. Sebutkan perbedaan dan kesamaan kondisi masyarakat pada era Kerajaan Majapahit dengan bangsa Indonesia saat ini!

Jawaban:

  1. Perbedaan: masyarakat era Majapahit belum kenal teknologi canggih, sedangkan bangsa Indonesia saat ini hidup pada zaman modern.
  2. Persamaan: Sama dalam hal keberagaman penduduknya.
71. Mengapa bangsa Indonesia harus selalu meningkatkan persatuan dan kesatuan?

Jawaban:

Agar bangsa Indonesia menjadi makin kuat dan maju serta dapat berperan dalam masyarakat dunia.

72. Apa saja fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan?

Jawaban:

  • Mengembangkan kepribadian bangsa.
  • Menunjukkan identitas bangsa Indonesia.
  • Menjadi pemersatu suku, ras, dan antargolongan.
  • Memupuk rasa persatuan dan kesatuan.
  • Menghilangkan kesalahpahaman karena rakyat Indonesia punya bahasa persatuan.
73. Apa yang terjadi jika tidak ada sikap saling menghargai dan menghormati di antara warga negara?

Jawaban:

Akan terjadi perpecahan dan perselisihan hingga konflik antar-individu maupun kelompok di masyarakat.

74. Sebutkan 5 manfaat saling menghargai dan menghormati budaya daerah di Indonesia!

Jawaban:

  • Meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
  • Memperkuat toleransi di Indonesia
  • Mencegah konflik karena perbedaan budaya dan tradisi
  • Menciptakan kesadaran bahwa bangsa Indonesia kaya akan budaya
  • Bisa saling mengenal budaya daerah lain dan memajukan budaya sendiri
75. Sebutkan masing-masing 5 contoh sikap menghargai keberagaman dan tidak menghargai keberagaman!

Jawaban:

a. Contoh sikap menghargai keberagaman adalah:

  • Menghargai dan menghormati suku atau agama yang berbeda
  • Menghargai dan menghormati budaya atau kesenian dari daerah lain
  • Berteman tanpa membedakan suku, agama, ras, budaya, dan golongan
  • Saling tolong-menolong tanpa membedakan suku, agama, ras, budaya, asal daerah, dan golongan
  • Berikap toleransi dalam keberagaman
b. Contoh sikap tidak menghargai keberagaman adalah:

  • Merendahkan suku dan agama yang berbeda
  • Mengolok-olok dan merendahkan budaya atau kesenian dari daerah lain
  • Tidak menghormati perbedaan dan keberagaman
  • Hanya mau berteman dengan sesama suku, agama, ras, atau golongan
  • Membenci orang lain yang berbeda suku, agama, ras, atau golongan.

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Aisyah Yuri Oktavania

tirto.id - Edusains
Kontributor: Aisyah Yuri Oktavania
Penulis: Aisyah Yuri Oktavania
Editor: Addi M Idhom
Penyelaras: Addi M Idhom