tirto.id - Rangkuman materi IPAS kelas 4 semester 2 menjadi acuan untuk bahan belajar dan mengajar di sekolah. Rangkuman ini juga memudahkan para siswa kelas 4 untuk lebih memahami inti dari materi IPAS kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka.
Pada Kurikulum Merdeka, materi IPAS kelas 4 semester 2 terbagi menjadi empat bab. Bab tersebut meliputi Cerita Tentang Daerahku, Indonesiaku Kaya Budaya, Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita, serta Membangun Masyarakat yang Beradab.
Melalui rangkuman materi IPAS kelas 4 kurikulum merdeka semester 2, siswa bisa mengenal lebih dekat dengan sejarah dan budaya di Indonesia. Selain itu, siswa diharapkan bisa mengetahui kebutuhannya sebagai manusia dan apa saja peraturan yang harus dipatuhi untuk menciptakan masyarakat yang beradab. Bahasan setiap bab materi IPASkelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka bisa disimak berikut ini.
Rangkuman Cerita Tentang Daerahku
Bab ini terbagi menjadi beberapa topik, yaitu:
A. Seperti Apa Daerah Tempat Tinggalku Dahulu?
Sebelum menjadi negara yang modern, setiap wilayah di Indonesia pernah dikuasai oleh beberapa kerajaan. Kerajaan-kerajaan di Indonesia antara lain:1. Kerajaan Bercorak Hindu-Buddha
Agama Hindu dan Buddha masuk ke Tanah Air melalui Pendeta Brahmana dan pedagang dari India yang datang ke Indonesia. Contoh kerajaan bercorak Hindu-Buddha dan wilayah yang menjadi pusat kekuasaannya adalah:- Kerajaan Kutai (400 Masehi): Kalimantan Timur
- Tarumanegara (450 Masehi): Jawa Barat
- Sriwijaya (600 Masehi): Sumatera Selatan
- Mataram Hindu (730 Masehi): Jawa Tengah
- Mataram Buddha (750 Masehi): Jawa Tengah
- Majapahit (1292 Masehi): Jawa Timur
- Candi
- Arca
- Seni ukir
- Karya sastra
- Bahasa tulisan
2. Kerajaan Bercorak Islam
Kerajaan bercorak Islam muncul setelah kerajaan Hindu-Buddha mulai melemah. Agama Islam sendiri masuk ke Indonesia lewat para pedagang Arab, Persia, dan Gujarat.Contoh kerajaan bercorak Islam dan wilayah yang menjadi pusat kekuasaannya:
- Samudra Pasai (abad 13): Nanggroe Aceh Darussalam
- Kerajaan Demak (1400 Masehi): Demak, Jawa Tengah
- Kerajaan Banten (1400 Masehi): Serang, Banten
- Kerajaan Ternate (1500 Masehi): Maluku Utara
- Kerajaan Tidore (1500 Masehi): Maluku
- Kerajaan Gowa (1600 Masehi): Makassar, Sulawesi Selatan
- Masjid
- Batu nisan
- Kaligrafi
- Keraton
- Seni pertunjukan
- Seni ukir
- Karya sastra
B. Daerahku dan Kekayaan Alamnya
Setiap daerah di Indonesia memiliki kekayaan alam yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena perbedaan kondisi alam di masing-masing daerah.Contohnya, Kabupaten Bima memiliki dataran tinggi dan rendah, berbatasan dengan laut, dan memiliki curah hujan rendah. Adapun kekayaan alam yang dimilikinya berupa hasil pertanian bawang merah.
C. Masyarakat di Daerahku
Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki masyarakat asli dan pendatang. Warga pendatang akan membawa budaya mereka sehingga membaur dengan budaya asli di daerah tempat mereka tinggal.Masuknya pendatang akan menimbulkan perkembangan dan pembangunan di suatu daerah. Perkembangan ini juga bakal berpengaruh pada mata pencaharian penduduknya. Contoh, jika dulu banyak warga bekerja sebagai petani, sekarang banyak warga yang bekerja di pabrik.
Perkembangan daerah juga bisa memengaruhi perilaku masyarakatnya. Contohnya yaitu terjadi perubahan dari cara berbicara, gaya berpakaian, hingga gaya hidupnya.
Rangkuman Indonesiaku Kaya Budaya
Bab ini terbagi menjadi beberapa topik sebagai berikut:
A. Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku
Indonesia memiliki kearifan lokal, yaitu nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat untuk melindungi dan mengolah lingkungan hidup secara lestari.Kearifan lokal dapat berupa kepercayaan, ritual atau upacara adat tertentu, cara bercocok tanam, cara pengelolaan sumber daya alam, dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh kearifan lokal:
- Tradisi memindahkan rumah secara gotong royong (Marakka’ Bola) dari Sulawesi Selatan
- Tradisi syukuran dengan nasi tumpeng
- Larangan menebang di “Hutan Larangan Adat Kanagarian Rumbio” di Riau
- Kepercayaan te aro neweak lako dari Papua
B. Kekayaan Budaya Indonesia
Indonesia memiliki aneka ragam budaya yang dipengaruhi oleh banyaknya suku bangsa. Keanekaragaman budaya tersebut dapat berupa:- Bahasa daerah
- Pakaian adat
- Makanan khas
- Rumah adat
- Kesenian
C. Manfaat Keberagaman dan Melestarikan Keberagaman Budaya
Perbedaan tidak boleh menimbulkan perpecahan. Meski berbeda-beda budaya dan adat, rakyat Indonesia harus saling menghormati dan menghargai demi terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa.Contoh sikap saling menghormati antara lain:
- Berteman tanpa membeda-bedakan ras atau suku bangsa
- Saling membantu
- Tidak menjelek-jelekkan ras atau suku lain
- Melestarikan sikap gotong royong dan kekeluargaan
- Menghormati antar umat beragama dengan cara tidak mengganggu ibadahnya
Rangkuman Bagaimana Mendapatkan Semua keperluan Kita
Bab ini akan membahas beberapa topik berikut:
A. Aku dan Kebutuhanku
Kebutuhan manusia terbagi menjadi tiga, yaitu:- Kebutuhan primer: kebutuhan paling mendasar dan wajib dipenuhi oleh setiap manusia. Contohnya makanan, rumah, pakaian
- Kebutuhan sekunder: kebutuhan berupa penunjang hidup dan bisa ditunda pemenuhannya setelah kebutuhan primer dipenuhi. Contohnya televisi, ponsel, komputer
- Kebutuhan tersier: kebutuhan yang jika dipenuhi dapat menciptakan atau meningkatkan harga diri atau gengsi. Contohnya mobil, perhiasan, dan rumah mewah.
B. Bagaimana Aku Memenuhi Kebutuhanku?
Untuk memenuhi kebutuhannya, manusia melakukan transaksi:- Barter: tukar-menukar barang yang memiliki nilai serupa
- Jual beli: menggunakan uang untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan
Adapun syarat uang sebagai alat tukar adalah:
- Dapat diterima oleh masyarakat umum
- Tidak cepat berubah/rusak
- Tidak berubah nilai dalam waktu lama
- Mudah dibawa
- Mudah dibagi-bagi tanpa mengurangi nilai
- Jumlahnya terbatas dan tidak mudah dipalsukan
C. Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Pemenuhan Kebutuhan
Kegiatan jual beli melibatkan seorang penjual yang memiliki suatu barang dan seorang pembeli yang membutuhkan barang tersebut. Kegiatan jual beli dapat dijumpai di pasar, supermarket, atau pusat perbelanjaan.Kegiatan ekonomi terdiri dari:
- Produksi: kegiatan membuat/menciptakan barang, contohnya penjahit atau pabrik sepatu
- Distribusi: kegiatan menyalurkan barang hasil produksi, contohnya pedagang atau agen grosir
- Konsumsi: kegiatan menggunakan barang hasil produksi
Rangkuman Membangun Masyarakat yang Beradab
Bab ini membahas beberapa topik berikut:
A. Norma dalam Adat Istiadat Daerahku
Norma adalah aturan yang berlaku di suatu daerah. Adat istiadat adalah bagian dari norma. Adat istiadat merupakan aturan tidak tertulis yang diakui sebagai hal yang baik untuk dilakukan.Contoh norma dan adat istiadat di Indonesia dapat dilihat pada masyarakat Baduy Dalam di Banten. Masyarakat Baduy Dalam memiliki beberapa aturan adat seperti tidak boleh menggunakan alat elektronik, tidak boleh memasuki hutan tertentu, atau larangan menggembala ternak di aliran sungai.
B. Kini Aku Menjadi Lebih Tertib
Peraturan atau norma dibuat oleh manusia dengan tujuan mengatur tingkah laku manusia. Peraturan terbagi menjadi dua macam, yaitu:- Peraturan tertulis: peraturan dengan sanksi yang memaksa
- Peraturan tak tertulis: peraturan yang disesuaikan dengan daerah atau kondisi masyarakat setempat
C. Awas! Kita Bisa Dihukum!
Norma dan peraturan dibuat dengan tujuan:- Terciptanya kehidupan masyarakat yang harmonis;
- Sebagai petunjuk dan pengontrol dalam bersikap dan bertindak;
- Sebagai alat pelindung masyarakat.
1. Sanksi melanggar norma masyarakat:
- Dikucilkan
- Merasa malu dan menyesal
2. Sanksi melanggar peraturan tertulis:
- Denda uang
- Hukuman penjara
Capaian Pembelajaran IPAS kelas 4 Semester 2
Capaian pembelajaran Fase B kelas 4 SD, dibagi ke dalam dua elemen, yaitu pemahaman IPAS (sains dan sosial) dan keterampilan proses. Capaian yang hendak dituju yaitu:
1. Elemen pemahaman IPAS
Capaian pembelajaran yang hendak dituju meliputi:- Siswa menganalisis hubungan bentuk dan fungsi bagian tubuh manusia, termasuk membuat simulasi memakai alat bantu sederhana mengenai siklus hidup makhluk hidup.
- Siswa mampu mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan energi dalam kesehariannya.
- Siswa bisa mengidentifikasi sumber dan bentuk energi, lalu menjelaskan proses perubahan bentuk energi seperti energi kalor, bunyi, listrik, dan cahaya, Siswa juga bisa menerapkan gejala kemagnetan, menunjukkan beragam gaya dan pengaruhnya pada arah, gerak, dan bentuk benda.
- Siswa mampu menjelaskan siklus air yang berkaitan dengan upaya menjaga ketersediaan air.
- Siswa bisa menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah, lalu menjelaskan interaksi sosial yang terjadi.
- Siswa dapat menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi domisilinya melalui peta digital ataupun konvensional.
- Siswa dapat menjelaskan keanekaragaman hayati, budaya, kearifan lokal. beserta pelestariannya. Siswa bisa pula memahami keanekaragaman budaya, kearifan lokal, sejarah pada lokasi provinsi tempatnya tinggal.
- Siswa bisa membedakan kebutuhan dan keinginan. Siswa dapat pula memahami nilai mata uang dan penggunaannya untuk memperoleh nilai manfaat atau memenuhi kebutuhan hidup.
2. Elemen proses
Capaian pembelajaran yang diharapkan yaitu:a. Fase mengamati
Siswa mengamati fenomena dan peristiwa memakai pancaindra lalu mencatat hasilnyab. Fase mempertanyakan dan memprediksi
Siswa mengidentifikasi pertanyaan memakai panduan yang bisa diselidiki secara ilmiah. Siswa lalu memprediksinya menggunakan pengetahuan yang sudah didapatkan sebelumnya.c. Merencanakan dan melakukan penyelidikan
Siswa merencanakan dan melakukan langkah operasional dalam menjawab pertanyaan yang diajukan. Siswa juga memakai alat dan bahan dengan tetap memperhatikan keselamatan. Untuk memperoleh data lebih akurat, siswa bisa mempergunakan alat bantu pengukuran.d. Memproses, menganalisis data, dan mengolah informasi
Siswa mengorganisasi data melalui tabel dan grafik sederhana dalam menyajikan data dan mengidentifikasi pola. Siswa lalu memperbandingkan hasil pengamatan dengan prediksinya. Hal itu untuk mendapatkan sisi ilmiah.e. Melakukan evaluasi dan refleksi
Siswa melakukan evaluasi kesimpulan dengan membandingkannya bersama teori yang telah ada. Siswa lantas menjelaskan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan.f. Mengkomunikasikan hasil
Siswa menyampaikan hasil penyelidikan melalui beragam format dengan lisan dan tulisan.Link Unduh Modul IPAS Kelas 4
Modul IPAS Kelas 4 tersedia dalam bentuk PDF. Link unduhnya berada di tautan berikut:
Penulis: Erika Erilia
Editor: Ahmad Yasin & Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Ilham Choirul Anwar
Masuk tirto.id






































