Menuju konten utama

Tahapan Pendaftaran PPPK 2023, dari Buat Akun hingga Cetak Kartu

Berikut ini panduan lengkap pendaftaran PPPK 2023 mulai dari pembuatan akun SSCANS BKN hingga cetak kartu pendaftaran PPPK.

Tahapan Pendaftaran PPPK 2023, dari Buat Akun hingga Cetak Kartu
Ilustrasi PPPK 2023. (ANTARA/HO-Pemkab Badung.)

tirto.id - Pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) telah dibuka hari ini, Rabu (20/9/2023) dimulai dari pembuatan akun mulai pukul 20.09 WIB dan pendaftaran mulai pukul 23.09 WIB.

Tahun ini jumlah kebutuhan CASN 2023 sebanyak 572.496 dengan rincian di pemerintah pusat sebanyak 78.852 dan pemerintah daerah sebanyak 493.634 formasi.

Proses verifikasi – validasi (verval) formasi seleksi CASN 2023 bagi instansi pemerintah pusat dan daerah mencapai 86,65 persen per 20 September 2023. Dari total 86,65 persen, terhitung perkembangan verval formasi PPPK Tenaga Kesehatan sudah mencapai 87,89 persen; PPPK Guru 93,15 persen; PPPK Teknis 87,01 persen; dan verval formasi CPNS mencapai 78,57 persen.

Penyelenggaraan seleksi pengadaan PPPK bakal terdiri dari tiga tahapan, yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi, dan wawancara. Panitia dapat melakukan Uji Persyaratan Fisik, Psikologis, dan/atau Kesehatan Jiwa dalam pelaksanaan seleksi sesuai dengan persyaratan jabatan pada Instansi Pemerintah.

Panduan Pendaftaran Seleksi PPPK 2023

Sebelum melakukan pendaftaran, Anda wajib menyiapkan dokumen di bawah ini:

  • Kartu Keluarga
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  • Ijazah
  • Transkrip Nilai
  • Pas foto
  • Swafoto/selfie
  • Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar

Pembuatan Akun SSCASN BKN

  • Pelamar harus masuk ke portal SSCASN di sscasn.bkn.go.id;
  • Pada Halaman Home terdapat fitur untuk mencari formasi yang akan dilamar dengan kunci pencarian berupa tingkat Pendidikan, program studi, instansi dan jenis pengadaan;
  • Untuk melanjutkan ke proses pendaftaran, klik BUAT AKUN dan akan tampil halaman Pendaftaran Akun SSCASN 2023;
  • Masukkan data-data berikut: Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga, Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nomer HP dan Email. Apabila muncul Pesan Galat NIK dan No KK tidak sesuai, silahkan ikuti instruksi pada Pesan Galat, BUKAN menghubungi instansi atau Badan;
  • Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas);
  • Masukkan kode CAPTCHA;
  • Klik LANJUTKAN untuk proses selanjutnya;
  • Pastikan Anda mengisi semua data dengan lengkap dan benar. Data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau diubah;
  • Untuk mencetak Kartu Informasi Akun, pilih menu CETAK INFORMASI PENDAFTARAN;
  • Setelah mencetak Kartu Informasi Akun, pelamar dapat melanjutkan tahap selanjutnya yaitu LANJUTKAN LOGIN PENDAFTARAN.

Login Pendaftaran PPPK 2023

Sebelum melakukan pendaftaran, harap membaca seluruh informasi dan pastikan pendaftar:

  • Mengakhiri pendaftaran sampai tahapan terakhir (RESUME) agar berkas dapat diverifikasi oleh instansi;
  • Tidak diperkenankan mengubah data setelah mengakhiri pendaftaran;
  • Perhitungan usia pada saat melamar dihitung pada waktu MENGAKHIRI PENDAFTARAN.

Setelah pelamar berhasil membuat akun, akses sscasn.bkn.go.iddan ikuti tahapan berikut ini:

  • Klik tombol LOGIN dan masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu klik MASUK;
  • Kolom Tempat Lahir dan Tanggal Lahir (Sesuai Ijazah), Tempat Lahir dan Tanggal Lahir (Sesuai KTP), serta Nama Pembuatan Akun telah terisi secara otomatis;
  • Pada form ini pelamar masih dapat mengubah beberapa data yang diinput pada tahap sebelumnya yaitu: Nama (Sesuai Ijazah), Email, dan Jenis Kelamin;
  • Lengkapi kolom Gelar Depan Ijazah dan Gelar Belakang Ijazah. Bagi pelamar yang tidak memiliki gelar depan dan atau gelar bekalang, isi dengan tanda "-";
  • Masukkan Alamat (Sesuai KTP) dan isi apakah pelamar sedang mengikuti program beasiswa;
  • Pilih Jenis Disabilitas pada menu yang tersedia;
  • Apabila pelamar memilih Jenis Disabilitas selain Non Disabilitas, maka pelamar harus menginput Link Video yang berkaitan dengan disabilitas yang dipilih;
  • Lengkapi Alamat Domisili(termasuk kelurahan dan kecamatan), Negara, Provinsi dan Kab/Kota Domisili, Akun Media Sosial, Tinggi Badan, Status Perkawinan, Agama, Nomor Telepon, Nomor Handphone dan Tanda Tangan pada area yang tersedia;
  • Bila data telah dilengkapi, klik LANJUTKAN.

Memilih Jenis Seleksi dan Mendaftar Formasi PPPK

Setelah pelamar melengkapi Pengisian Biodata, tahap selanjutnya adalah Memilih Jenis Seleksi dan Mendaftar Formasi:

  • Pilih jenis seleksi yang sesuai pada kolom yang tersedia, jika anda bukan eks THK- II silahkan pilih tidak;
  • Setelah itu, akan muncul kolom Mendaftar Formasi;
  • Pilih instansi;
  • Jika instansi yang dilamar belum tampil dalam daftar tersebut, silahkan periksa kembali pengumuman instansi mengenai waktu pembukaan pendaftaran instansi yang akan dilamar;
  • Pilih Jenis Formasi sesuai dengan formasi yang dibuka oleh instansi tersebut. Pilihan Jenis Formasi dapat dilihat di pengumuman instansi;
  • Klik PILIH. Pelamar dapat mengubah instansi dan formasi yang dipilih dengan klik ULANG;
  • Pilih pendidikan sesuai dengan ijazah;
  • Pilih jabatan yang akan dilamar. Jabatan akan tampil sesuai dengan pendidikan yang dipilih;
  • Pilih Lokasi Formasi;
  • Pilih Lokasi Tes. Kewenangan ini diberikan instansi jika peserta diperbolehkan memilih lokasi test. Jika pilihan ini tidak tersedia maka lokasi test akan ditentukan oleh instansi;
  • Isi IPK sesuai dengan yang tercantum di transkrip nilai, contoh 3.21. Nilai IPK menggunakan tanda titik (.) dan dua digit di belakang koma Untuk formasi lulusan SMA/Sederajat, isi dengan nilai ijazah;
  • Untuk beberapa instansi yang memiliki persyaratan Skor Tes Bahasa Inggris, silahkan memilih jenis tes berdasarkan persyaratan instansi;
  • Isi Nomor Ijazah;
  • Isi Tahun Lulus sesuai dengan yang tertera di Ijazah;
  • Isi Jenis Perguruan Tinggi (Dalam Negeri atau Luar Negeri);
  • Isi Tanggal Ijazah sesuai dengan yang tertera di Ijazah;
  • Untuk formasi Ketik nama Perguruan Tinggi. Kolom ini merupakan autocomplete, untuk mengisi Nama Perguruan Tinggi, masukkan beberapa huruf atau kombinasi nama panjang/nama singkatan/penambahan nama daerah, kemudian pilih nama yang sesuai;
  • Ketik nama Perguruan Tinggi atau sekolah sesuai dengan yang tercantum di Ijazah. Untuk formasi lulusan SMA/Sederajat, isi Nama Sekolah sesuai dengan yang tertulis di ijazah;
  • Isi Nama Perguruan Tinggi (PT) dan Nama Program Studi (Prodi);
  • Isi kode CAPTCHA;
  • Klik SELANJUTNYA.

Riwayat

Setelah pelamar Memilih Jenis Seleksi dan Mendaftar Formasi, tahap selanjutnya adalah isi riwayat pekerjaan. Pada tahap ini anda dapat menambahkan riwayat pekerjaan dan riwayat penulisan ilmiah lebih dari satu jika ada, tetapi jika tidak tidak ada silahkan klik tombol selanjutnya untuk menuju tahap selanjutnya.

Unggah Dokumen

Jenis dokumen yang diunggah akan berbeda-beda sesuai dengan persyaratan instansi yang dilamar. Pada halaman ini pelamar juga diwajibkan memiliki akun E-Meterai. Jika belum memiliki silahkan membuat akun E-meterai terlebih dahulu.

Sebelum mengunggah dokumen pastikan cek akun e materai di meterai-elektronik.com dengan klik tombol CEK AKUN E-MATERAI. Jika pelamar sudah mempunyai akun silahkan masuk dengan email dan password yang sudah terdaftar pada bagian ini.

Kemudian akan muncul tampilan informasi saldo E-Meterai. Apabila belum terdaftar silahkan registrasi dengan klik tombol REGISTRASI E-MATERAI. Silahkan isi email, password dan konfirm password yang sama, lalu klik tombol Submit, jika berhasil akan muncul tampilan seperti berikut ini, lalu klik baiklah.

Selanjutnya silahkan masuk ke email Anda untuk mengkonfirmasi akun E-Meterai. Setelah aktivasi berhasil maka akan diarahkan ke halaman login E-Meterai, silahkan login dengan email dan password yang sudah didaftarkan.

Jika sudah berhasil silahkan lakukan pembelian E-Meterai dengan klik tombol pembelian. Silahkan isi kuota meterai yang akan dibeli dan pilih qris untuk pembayaranya, untuk total harga akan langsung terlihat, setelah itu klik tombol bayar.

Silahkan lakukan pembayaran dengan men scan QR yang tersedia dengan menggunakan Gopay, Ovo, Linkaja dan lainnya. Waktu pembayaran adalah 10 menit.

Selanjutnya Pembubuhan E-materai dapat dilakukan langsung pada SSCASN dengan klik tombol unggah kemudian klik UNGGAH PDF YANG BELUM ADA E-MATERAI. Klik UNGGAH, lalu cari dokumen tersebut di komputer Anda.

Status dokumen akan berubah menjadi “Sudah Diunggah” jika proses unggah dokumen berhasil. Pelamar dapat melihat dokumen yang telah diunggah dengan klik LIHAT.

Setelah pelamar mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan tersebut, klik Periksa kembali apakah dokumen yang diunggah sudah sesuai dengan ketentuan instansi dan format. Dokumen yang telah diunggah tidak dapat diubah kembali setelah mengakhiri pendaftaran.

Resume dan Cetak Kartu Pendaftaran PPPK

Setelah pelamar melengkapi Unggah Dokumen, maka akan tampil halaman resume. Pelamar wajib membaca dan mengecek kembali data-data yang telah diisi.

Pada tahap ini. Peserta wajib memeriksa kembali seluruh data yang sudah diinput pada sistem, pastikan tidak ada data yang salah input, dan juga memeriksa kembali dokumen yang sudah diunggah sebelumnya dengan memilih tombol LIHAT.

Setelah sudah yakin tidak ada kesalahan lagi, maka pelamar dapat menandai (check list) seluruh kotak yang ada pada tampilan yang tersedia, mulai dari Nama Instasi sampai pada Persyaratan Instansi.

Kemudian tandai kotak pernyataan dan klik AKHIRI PROSES PENDAFTARAN. Dengan mengklik tombol tersebut, pelamar bersedia menanggung akibat hukum apabila data peserta tidak sesuai dengan dokumen. Jika pelamar sudah yakin, klik IYA.

Saat ini, pelamar sudah tidak dapat mengubah data kembali. Pada halaman ini, pelamar dapat mencetak Kartu Informasi Akun dengan klik CETAK KARTU INFORMASI AKUN dan CETAK KARTU PENDAFTARAN PPPK.

Baca juga artikel terkait PPPK 2023 atau tulisan lainnya dari Wulandari

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Wulandari
Penulis: Wulandari
Editor: Yantina Debora