Menuju konten utama

Sandiaga Genjot Kunjungan Wisatawan Domestik Pakai Promo Wisata

Kemenparekraf akan berkolaborasi dengan berbagai online travel agent untuk menghadirkan paket promo wisata guna meningkatkan perjalanan wisatawan domestik.

Sandiaga Genjot Kunjungan Wisatawan Domestik Pakai Promo Wisata
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bersama aktivis Bali Ni Luh Djelantik di Gedung Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Senin (22/1/2024). (Tirto.id/Muhammad Naufal)

tirto.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menargetkan wisatakan domestik mencapai 1,5 miliar pergerakan pada tahun ini. Hal itu disampaikan Sandiaga dalam acara Kick Off Bangga Buatan Indonesia (BBI) di Jakarta, Senin (26/2/2024).

"Targetnya, teman-teman sudah sangat familiar, 1,25 sampai 1,5 miliar arus pergerakan wisatawan nusantara,” ucap Sandiaga.

Sandiaga mencatat wisatawan domestik yang melancong di seluruh wilayah Indonesia sudah memiliki kebiasaan menggelontorkan uang yang tinggi atau higher spender. Tercatat setiap warga menggelontorkan hingga Rp3,8 juta setiap berwisata.

Hal tersebut, menurut Sandi, akan berdampak positif bagi ekosistem pariwisata, juga mendorong keberlanjutan ekosistem pariwisata di Indonesia yang dikelola oleh Injourney

"Tadi daya kutip data insight menarik wisatawan nusantara ternyata high spender juga, datanya mencapai Rp3,8 juta dalam sekali perjalanan,” ujar Sandiaga.
"Ini sangat mendukung ekosistem parekraf kita ada Injourney, BBI [Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia],” tambah Sandiaga.

Strategi Genjot Target Wisatawan Domestik

Dia menuturkan salah satu cara untuk mencapai target yaitu berkolaborasi dengan berbagai asosiasi travel dan online travel agent untuk menghadirkan paket promo wisata.

"Nanti akan ada kolaborasi dengan Astindo (Asosiasi Travel Agent Indonesia). Mereka juga akan menyiapkan promo-promonya," kata Sandiaga usai acara BBI dikutip dari Antara.

Sandiaga menuturkan ada beberapa online travel yang sudah berkolaborasi seperti jejakin, jalanin, traveloka, tiket.com. Mereka kata Sandi sudah menyiapkan paket-paket promo.

Selain itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga disebut akan menyiapkan paket promo kereta api reguler untuk perjalanan pada hari Senin sampai Kamis semua jurusan berupa potongan 10—20 persen guna menyukseskan gerakan bangga berwisata di Indonesia. Pada Senin hingga Kamis dipilih karena tingkat okupansi kereta api pada hari-hari tersebut disebut relatif rendah.

Sementara itu, Sandiaga mengakui harga tiket pesawat hingga saat ini masih mahal dan menjadi tantangan utama dalam meningkatkan pariwisata Indonesia. Dia mengatakan, solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menambah jumlah penerbangan dan jumlah pesawat di Indonesia.

"Transportasi udara ini mohon dukungannya karena kami terus dikomplain berat soal harga tiket. Namun, itu memang tak hanya terjadi di Indonesia, tetapi di seluruh dunia," tuturnya.

Untuk diketahui, pemerintah menargetkan perjalanan wisata nusantara pada 2024 mencapai 1,25–1,5 miliar perjalanan. Sementara itu, perputaran uang pada sektor wisata ditargetkan mencapai Rp3.000 triliun dan transaksi produk ekonomi kreatif sebesar Rp1.187 miliar.

Sandi berharap dari target capaian perjalanan wisatawan yang disasar tahun ini akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia serta dapat memberi hasil yang baik untuk Indonesia Emas 2045.

"Harapannya tentunya akan ada nilai RP3.000 triliun akan disasar sehingga mencapai pertumbuhan ekonomi kita bisa lebih tinggi, output ekonomi bisa lebih besar lagi dan Indonesia Emas bisa tercapai,” kata Sandiaga.

Baca juga artikel terkait WISATAWAN DOMESTIK

tirto.id - Flash news
Sumber: Antara
Reporter: Faesal Mubarok
Penulis: Faesal Mubarok
Editor: Intan Umbari Prihatin