tirto.id - Contoh soal IPA Kelas 7 Semester 2 mencakup beberapa materi dan diprediksi keluar selama Penilaian Tengah Semester (PTS). Daftar soal sudah disertai kunci jawaban dan bisa menjadi bahan belajar siswa.
PTS merupakan ujian yang biasanya dilaksanakan sekitar pekan ke-8 atau 9 dalam satu semester. Ujian ini sangat penting demi mengetahui sejauh mana kemampuan dan pemahaman siswa mengenai materi dari awal semester.
Khusus mata pelajaran IPA kelas 7 semester 2, setidaknya terdapat 6 bab. Seluruh bab berisi materi yang berhubungan dengan makhluk hidup beserta lingkungan.
Daftar Materi Ilmu Pendidikan Alam Kelas 7 SMP Semester 2
Daftar materi IPA kelas 7 semester 2 mencakup 6 hal, yakni sistem organisasi kehidupan makhluk hidup, interaksi makhluk hidup dengan lingkungan, dan pencemaran lingkungan.
Kemudian pemanasan global, lapisan bumi, dan tata surya. Berikut keterangan lengkap masing-masing materi:
1. Sistem organisasi kehidupan makhluk hidup
Hal-hal yang akan dipelajari dalam bab ini meliputi:- Sel sebagai unit struktural dan fungsional kehidupan
- Jaringan pada hewan dan tumbuhan
- Organ-organ pada hewan dan tumbuhan
- Sistem organ dan organisme
2. Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan
Siswa akan mempelajari beberapa materi berikut:- Pengertian lingkungan
- Hal-hal yang ditemukan dalam suatu lingkungan
- Pola yang terbentuk akibat interaksi dalam ekosistem
- Pola interaksi manusia memengaruhi ekosistem
3. Pencemaran lingkungan
Siswa diajak mempelajari definisi pencemaran, penyebab, akibat, serta macam-macam pencemaran lingkungan. Pencemaran bisa berupa pencemaran air, udara, dan tanah.4. Pemanasan global
Siswa akan mempelajari seluk beluk pemanasan global, baik itu pengertian, penyebab, dampak, serta usaha mengatasi. Selain itu, siswa akan mengenal lebih jauh tentang efek rumah kaca serta akibatnya.5. Lapisan bumi
Bumi merupakan tempat tinggal manusia yang secara umum terdiri dari 3 komponen utama, yaitu atmosfer (gas), litosfer (padatan), dan hidrosfer (air). Siswa akan mempelajari ketiga komponen beserta komponen lain seperti komponen es (kriosfer) dan tempat kehidupan (biosfer).6. Tata surya
Pada bab ini, siswa akan mempelajari sistem tata surya dengan matahari sebagai pusat. Siswa mengenal lebih jauh tentang benda-benda langit seperti komet, meteoroid, asteroid, serta fenomena alam seperti gerhana.Contoh Soal PTS IPA Kelas 7 Semester 2 dan Jawabannya
Berikut 35 contoh soal IPA untuk kelas 7 semester 2 beserta jawabannya:
1. Perhatikan gambar sel berikut:
Inti sel dan mitokondria secara berurutan ditunjukkan oleh nomor …
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
Jawaban: C
2. Perhatikan pernyataan berikut:
- Memenuhi sebagian besar daerah sitoplasma
- Ada yang memiliki bintik-bintik di permukaannya
- Ada yang tidak memiliki ribosom di permukaannya
- Merupakan lipatan membran yang terbentang dari inti sampai ke membran sel
A. Vakuola
B. badan golgi
C. Mitokondria
D. retikulum endoplasma
Jawaban: D
3. Perhatikan data berikut:
1) Sentrosom
2) Ribosom
3) Lisosom
4) Membran sel
Organela yang hanya terdapat pada hewan adalah ...
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 2) dan 4)
D. 3) dan 4)
Jawaban: B
4. Perhatikan gambar berikut:
Fungsi bagian yang ditunjuk huruf A adalah …
A. melakukan fotosintesis
B. sumber energi utama sel
C. pengatur segala kegiatan sel
D. menyimpan cadangan makanan
Jawaban: D
5. Perhatikan jaringan berikut:
Gambar tersebut dikatakan sebagai jaringan karena tersusun atas sel yang memiliki ciri….
A. bentuk dan ukuran yang sama
B. ukuran dan fungsi yang sama
C. bentuk dan fungsi yang sama
D. bentuk dan fungsi yang berbeda
Jawaban: C
6. Perhatikan gambar berikut:
Berdasarkan karakteristik yang teramati, jaringan ditunjukkan oleh gambar nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Jawaban: B
7. Pasangan yang benar antara jaringan pada tumbuhan dan fungsinya adalah…
A. Jaringan xylem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis
B. Jaringan meristem berfungsi menyokong dan mengokohkan tumbuhan
C. Jaringan parenkim berfungsi sebagai pengisi dan penyimpan cadangan makanan
D. Jaringan sklerenkim berfungsi sebagai jaringan yang selalu membelah
Jawaban: C
8. Perhatikan gambar berikut:
Jaringan yang menyusun organ jantung adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
Jawaban: C
9. Perhatikan gambar berikut:
Organ yang berperan sebagai alat perkembangbiakan ditunjukkan oleh nomor ....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
Jawaban: A
10. Organ dalam tubuh manusia yang menyusun sistem peredaran darah adalah....
A. paru-paru dan ginjal
B. lambung dan usus halus
C. pembuluh darah dan saraf
D. pembuluh darah dan jantung
Jawaban: D
11. Sistem ekskresi pada manusia terdiri atas organ ….
A. paru-paru, hati, kulit, dan usus besar
B. hati, ginjal, jantung, dan lambung
C. paru-paru, kulit, ginjal, dan hati
D. hati, pankreas, kulit, dan usus
Jawaban: C
12. Alasan mengapa manusia membutuhkan tulang kerangka adalah karena tulang memiliki fungsi…
A. menegakkan tubuh dan memberi bentuk tubuh
B. memberi bentuk tubuh dan sebagai alat gerak aktif
C. tempat pembuatan sel darah merah dan menegakkan tubuh
D. sebagai alat gerak aktif dan tempat pembentukan sel darah
Jawaban: A
13. Perhatikan gambar sistem organ berikut:
Fungsi sistem organ sesuai gambar adalah ….
A. menopang dan menegakkan tubuh
B. mengeluarkan zat sisa metabolisme
C. mencerna makanan dan mengabsorbsi makanan
D. mengangkut sari-sari makanan ke seluruh tubuh
Jawaban: D
14. Urutan tingkatan organisasi penyusun organisme mulai dari tingkatan yang paling sederhana adalah ….
A. sel – jaringan – organ – sistem organ – organisme
B. sel – organ – jaringan – sistem organ – organisme
C. jaringan – sel –organ – sistem organ – organisme
D. organ – sel – jaringan –sistem organ – organisme
Jawaban: A
15. Berikut merupakan komponen biotik penyusun sebuah ekosistem.
Ikan kerapu, padi, eceng gondok, ganggang azolla, semanggi air, katak, ular, lele, dan kupu-kupu.
Komponen biotik yang umumnya menyusun ekosistem sawah adalah…
A. eceng gondok, padi, ikan kerapu, katak, ular, dan kupu-kupu
B. padi, eceng gondok, lele, semanggi air, katak dan kupu-kupu
C. Ikan kerapu, padi, semanggi air, katak, ular, lele, dan kupu-kupu
D. padi, eceng gondok, ganggang azolla, semanggi air, katak, dan ular
Jawaban: D
16. Perhatikan informasi tentang komponen penyusun ekosistem sawah berikut.
- Katak
- Padi
- Belalang
- Ayam
- Tikus
- Rumput
- Ular
- Burung pipit
- Bangau
A. Katak dan burung pipit konsumen tingkat I, ular konsumen tingkat II
B. Bangau dan burung pipit konsumen tingkat II, padi sebagai produsen
C. Belalang dan tikus konsumen tingkat I, ayam konsumen tingkat II
D. Padi dan rumput sebagai produsen, ular konsumen tingkat I
Jawaban: C
17. Perhatikan beberapa makhluk hidup berikut:
- Belalang
- Ular
- Elang
- Padi
- Katak
A. Padi -> Belalang -> Katak -> elang -> ular
B. Padi -> Katak -> Belalang -> elang -> ular
C. Padi -> Katak -> Belalang -> ular -> elang
D. Padi -> Belalang -> Katak -> ular -> elang
Jawaban: D
18. Perhatikan rantai makanan berikut:
Peran makhluk hidup yang tepat berdasarkan rantai makanan tersebut adalah….
A. rumput produsen dan elang konsumen tingkat II
B. rumput produsen dan tikus konsumen tingkat I
C. tikus konsumen tingkat I dan ular konsumen tingkat II
D. ular konsumen tingkat I dan elang konsumen tingkat III
Jawaban: B
Jaring makanan berikut digunakan untuk mengerjakan soal nomor 19 dan 20:
19. Rantai makanan yang dapat dibuat berdasarkan jaring-jaring makanan di atas adalah...
A. fitoplankton -> remis -> kepiting -> burung camar
B. fitoplankton -> remis -> udang karang -> burung camar
C. fitoplankton -> zooplankton -> udang ikan
D. zooplankton -> fitoplankton -> udang ikan
Jawaban: A
20. Apabila populasi kepiting semakin sedikit karena banyak diburu, maka yang terjadi pada jaring-jaring makanan tersebut adalah …
A. populasi burung camar menurun dan ikan meningkat
B. populasi burung camar meningkat dan ikan menurun
C. populasi remis meningkat dan fitoplankton menurun
D. populasi remis menurun dan fitoplankton meningkat
Jawaban: C
21. Bakteri Rhizobium leguminosarum hidup menempel pada akar tanaman kacang kedelai (Glycine max), interaksi yang terjadi antara keduanya adalah...
A. bakteri Rhizobium leguminosarum menempel hanya mengikat nitrogen tetapi tidak mempengaruhi tanaman kacang
B. bakteri mengikat nitrogen untuk kesuburan tanah bagi tanaman kacang dan mendapat makanan dari tanaman kacang
C. bakteri menimbulkan penyakit bagi tanaman kacang dan menyerap makanan dari tanaman kacang tersebut
D. bakteri mengikat nitrogen untuk meracuni tanaman kacang sehingga menyebabkan kematian tanaman kacang
Jawaban: B
22. Ada sebuah kolam tempat nyamuk bertelur. Di dalam kolam tersebut juga terdapat ikan yang suka memakan jentik-jentik nyamuk yang berenang dalam air.
Mengapa ikan makan jentik-jentik nyamuk, tapi tidak makan nyamuk dewasa?
A. nyamuk dewasa hidup di udara
B. nyamuk dewasa berenang sangat cepat
C. jentik-jentik nyamuk lebih enak rasanya
D. jentik-jentik nyamuk lebih banyak dari nyamuk dewasa
Jawaban: A
23. Perhatikan gambar berikut:
Interaksi yang dapat terjadi sesuai gambar tersebut adalah …
A. predasi, kerbau dimangsa oleh harimau
B. kompetisi, kerbau dan singa bersaing mendapatkan makanan
C. simbiosis mutualisme, interaksi kerbau dan singa saling menguntungkan
D. simbiosis komensalisme, singa mendapat keuntungan dan kerbau dirugikan
Jawaban: A
24. Air sisa limbah tempe hasil industri rumah tangga tidak disadari telah mencemari lingkungan perairan. Limbah cair cucian tempe telah merubah warna perairan bahkan telah mengakibatkan bau yang cukup menyengat.
Sisa-sisa kulit maupun biji kedelai telah menambah jumlah polutan terbuang. Zat yang terkandung pada limbah tempe yang menyebabkan pencemaran berupa bau tidak sedap pada perairan tersebut adalah...
A. hidrogen sulfida dan amonia
B. bakteri pembusuk di perairan dan karbon
C. protein sari kedelai dan padatan kulit ari
D. glukosa dan senyawa amonia pada kedelai
Jawaban: A
25. Meningkatnya ganggang hijau di lingkungan perairan menyebabkan menurunnya kualitas kehidupan biota air daerah tersebut.
Blooming alga tersebut menyebabkan cahaya matahari sulit menembus dasar perairan dan terjadi penurunan kandungan O2 terlarut. Berdasar kasus tersebut dapat dikatakan bahwa....
A. Telah terjadi eutrofikasi yang disebabkan meningkatnya limbah fosfat di perairan tersebut
B. Efek bioremediasi, dimana bakteri kemolitotrof telah mengubah kandungan air menjadi nutrisi bagi ganggang hijau.
C. Peningkatan bakteri kemolitotrof telah menyebabkan blooming alga dalam perairan
D Menurunnya cahaya matahari telah mengakibatkan fotoremediasi yang menyebabkan meningkatnya alga hijau.
Jawaban: A
26. Pembakaran bahan bakar fosil akan meningkatkan kandungan karbondioksida dalam atmosfer. Apa akibatnya bila peningkatan jumlah karbondioksida terjadi pada atmosfer planet kita?
A. penipisan lapisan ozon
B. suhu udara meningkat
C. polusi udara meningkat
D. kelembaban udara meningkat
Jawaban: B
27. Jumlah karbondioksida di udara suatu kota besar semakin meningkat, karena jumlah kendaraan semakin banyak. Walikota mengusulkan untuk menanam pohon lebih banyak.
Setujukah Ananda dengan usulan walikota?
A. Tidak setuju, karena penanaman pohon menambah banyak sampah daun
B. Setuju, karena penanaman pohon dapat mengurangi pencemaran udara
C. Tidak setuju, karena penanaman pohon tidak mengatasi pencemaran
D. Setuju, katena penanaman pohon membuat kota menjadi rindang
Jawaban: B
28. Perubahan tanah dapat terjadi secara alami dan akibat aktivitas manusia. Manakah diantara perubahan tanah berikut ini yang hanya disebabkan oleh faktor alami?
A. Penurunan unsur hara karena pestisida
B. Penggundulan karena penebangan pohon
C. Banjir karena pembangunan bendungan
D. Hilangnya lapisan tanah karena hujan lebat
Jawaban: D
29. Dampak negatif yang mungkin terjadi akibat penebangan hutan adalah….
A. Penebangan hutan mengakibatkan terjadinya pencemaran udara
B. Kayu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan bangunan
C. Terjadi kerusakan ekosistem dan musnahnya beberapa jenis tumbuhan
D. Terjadi kerusakan ekosistem yang mengakibatkan pencemaran udara
Jawaban: C
30. Meningkatnya jumlah penduduk berakibat pada tingginya tingkat konsumsi terhadap barang-barang keperluan rumah tangga untuk memenuhi segala kebutuhan hidup manusia.
Namun salah satu dampak yang diakibatkan oleh limbah rumah tangga adalah kerusakan ataupun pencemaran tanah. Usaha yang dapat dilakukan agar pencemaran terhadap tanah tidak membahayakan bagi kehidupan adalah.....
A. Membakar atau mengubur limbah plastik
B. Mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos
C. Membakar sampah anorganik tersebut sampai habis
D. Mengubur sampah organik dan anorganik ke dalam tanah
Jawaban: B
31. Perhatikan polutan udara di bawah ini:
1) abu vulkanik gunung api
2) senyawa metana dari kotoran hewan
3) asap kendaraan bermotor
4) asap industri
Polutan udara yang berasal dari aktivitas manusia sesuai nomor…
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
Jawaban: D
32. Penyakit yang sering diderita manusia akibat pencemaran udara adalah ....
A. diare
B. hepatitis B
C. ISPA
D. tifus
Jawaban: C
33. Pembuangan limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat disebut…
A. Illegal logging
B. Illegal dumping
C. Illegal fishing
D. Illegal trading
Jawaban: B
34. Suatu gambaran tentang peningkatan suhu rata-rata atmosfer bumi dan lautan secara bertahan, serta perubahan yang diyakini secara permanen mengubah iklim bumi dikenal dengan istilah…
A. Pemanasan global
B. Aklimatisasi
C. Deforestation
D. Efek rumah kaca
Jawaban: A
35. Perhatikan gambar berikut:
Faktor penyebab terjadinya pencemaran udara sesuai gambar tersebut adalah...
A. Asap kendaraan bermotor, asap pabrik, dan cfc
B. Asap pembakaran sampah, cfc, dan nitrogen oksida
C. Asap pabrik, asap kebakaran hutan, dan asap kendaraan
D. Sulfur oksida, nitrogen oksida, dan asap pembakaran sampah
Jawaban: A
Penulis: Erika Erilia
Editor: Beni Jo & Yulaika Ramadhani