Menuju konten utama

Contoh Soal PPPK Guru Penjaskes 2023 dan Kunci Jawaban

Contoh soal PPPK guru Penjaskes 2023 beserta kunci jawabannya dapat dipakai sebagai latihan sebelum ujian seleksi. Berikut soal dan jawaban selengkapnya.

Contoh Soal PPPK Guru Penjaskes 2023 dan Kunci Jawaban
Peserta mengikuti tes seleksi PPPK (Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) yang digelar Pemkab Tulungagung di Tulungagung, Jawa Timur, Senin (13/9/2021). ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko/foc.

tirto.id - Contoh soal PPPK guru Penjaskes 2023 beserta kunci jawabannya dapat dipakai sebagai latihan sebelum ujian seleksi.

Terdapat salah satu formasi dalam PPPK Guru 2023 yakni Guru Penjaskes, misalnya beberapa lowongan yang dibuka untuk PPPK Jabar tahun ini. Formasi untuk bidang tersebut dibuka di sana sebanyak 357 formasi, selengkapnya dapat dicek melalui link ini.

Sehubungan dengan itu, para pelamar Guru Penjaskes akan mengikuti Seleksi Kompetensi pada November-Desember mendatang. Artikel ini pun dibutuhkan oleh pendaftar karena memuat sejumlah contoh soal yang dapat dijadikan sebagai ajang latihan.

Adapun pendaftar formasi Guru Penjaskes 2023 akan dites berdasarkan bidang yang dipilihnya. Dalam Seleksi Kompetensi, materi yang terkait bidang itu dimasukkan sebagai bagian kompetensi teknis.

Contoh Soal Kompetensi PPPK Guru Penjaskes dan Jawaban

Berikut ini beberapa contoh soal PPPK Guru Penjaskes lengkap dengan kunci jawabannya.

1. Guru memberi memberikan pujian atau hadiah yang menimbulkan perasaan senang atau puas pada peserta didik yang berperilaku posiƟ f, menunjukkan peningkatan performa. Sebaliknya, tingkah laku yang kurang baik dalam melaksanakan program kelas diberi sanksi atau hukuman yang akan menimbulkan perasaan tidak puas dan pada gilirannya tingkah laku tersebut akan dihindari.

Pendekatan pengelolaan kelas yang demikian termasuk:

A. Pendekatan kekuasaan

B. Pendekatan otoriter

C. Pendekatan kebebasan

D. Pendekatan perubahan tingkah laku

E. Pendekatan kerja kelompok

Jawaban: D

2. Seorang guru melakukan kegiatan penutup dengan aktivitas sebagai berikut:

• Peserta didik melakukan penguluran dan pelepasan

• Peserta didik membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

• Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai, langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.

• Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

• Menyampaikan materi yang akan diajarkan pertemuan berikutnya.

Aktivitas yang belum dilakukan dalam kegiatan penutup di atas adalah ...

A. Melakukan pendinginan sekaligus menjelaskan fungsinya.

B. Melakukan tanya-jawab dengan siswa yang berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan.

C. Melakukan penilaian sesuai indikator pencapaian kompetensi

D. Bersama siswa guru membuat simpulan materi, melakukan refl eksi dan Ɵ ndak lanjut dari materi pembelajaran yang telah diberikan.

E. Setelah melakukan akƟ vitas pembelajaran seluruh siswa dan guru berdoa dan bersalaman.

Jawaban: E

3. Guru menerapkan aturan disiplin kelas, peserta didik yang terlambat lebih dari lima menit dihukum lari keliling lapangan sepakbola sebanyak 4 kali. Pengelolaan kelas ini menggunakan pendekatan:

A. Otoriter

B. Permisif

C. Modifi kasi Ɵ ngkah laku

D. Kelompok

E. Individual

Jawaban: A

4. Dalam melaksanakan proses pembelajaran seorang guru PJOK memberikan hukuman kepada siswa yang salah dalam melakukan praktek lompat tinggi gaya menyamping, dalam hal ini sebenarnya guru PJOK telah memberikan umpan balik pada kategori:

A. Ekstrinsik

B. Instrinsik

C. MoƟ vasional

D. Informasional

E. Reinforcement

Jawaan: E

5. Seorang guru PJOK sedang mengajarkan materi gerak rangkaian guling depan dan guling lenting, dengan cara menjelaskan dengan suara yang lantang, kemudian memberi contoh dalam berbagai posisi, berkeliling untuk melihat secara lebih dekat gerakan yang dilakukan oleh siswa, memperhatikan peserta didik dengan menyebutkan namanya, memandang mata peserta didik yang sedang diajak bicara. Dengan demikian guru tersebut sudah melaksanakan variasi dalam …

A. Penggunaan media

B. Gaya mengajar

C. Pola interaksi

D. Kegiatan siswa

E. Metode mengajar

Jawaban: B

6. Manakah rumusan indikator pencapaian kompetensi yang sesuai dengan standar kompetensi mempraktekkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik adalah ...

A. Menjelaskan dan mengidenƟ fi kasi lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar

B. Menjelaskan lempar tangkap bola dengan 4 variasi yang berbeda dengan benar

C. Mempraktekkan shooƟ ng dengan 4 variasi berbeda dengan benar

D. Mengevaluasi gerak lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda secara benar.

E. Mempraktekkan lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar.

Jawaban: C

7. Seorang guru melakukan kegiatan pendahuluan sebagai berikut:

• Membariskan siswa berbentuk 2/3 bersayap antara laki-laki dan perempuan terpisah secara rapih dilanjutkan berhitung

• Berdo’a secara bersama-sama antara guru dan siswa.

• Mengabsen kehadiran siswa

• Memberikan apersepsi materi dan penyampaian materi yang akan diajarkan secara singkat dengan dihubungkan kemanfaatanya dan dorongan pemberian moƟ vasi.

• Mengadakan pemanasan (Warming Up) diawali dengan lari keliling lapangan permainan sebanyak 4 keliling.

• Dilanjutkan dengan kegiatan latihan fisik sesuai/mendukung dengan materi drible dan passing dalam permainan bola basket

Aktivitas yang kurang tepat dalam kegiatan pendahuluan adalah:

A. Membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa.

B. Memastikan kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran.

C. Melakukan apersepsi dan memotivasi siswa.

D. Menyampaikan manfaat pembelajaran.

E. Kegiatan latihan fi sik sesuai/mendukung dengan materi

Jawaban: E

8. Merumuskan kegiatan awal, kegiatan inƟ , dan kegiatan akhir merupakan rincian dari pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang diturunkan dari komponen pada silabus yang berupa...

A. Standar kompetensi

B. Materi pokok/pembelajaran

C. Langkah-langkah pembelajaran

D. Alokasi waktu

E. Sumber belajar

Jawaban: C

9. Perencanaan pembelajaran harus dilakukan oleh guru PJOK sebelum pelaksanaan pembelajaran, dengan mempertimbangkan materi, proses, sumber belajar, dan juga media pembelajaran. Apabila ada guru yang akan mengajar senam di sekolah yang terletak di daerah pinggiran, tidak ada internet, belum memiliki proyektor. Media apa yang tepat digunakan oleh guru tersebut adalah:

A. Video

B. Gambar

C. Guru/Siswa

D. Boneka Peraga

E. Modul

Jawaban: C

10. Manakah tujuan pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi memprakƟ kkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik adalah ...

A. Setelah melalui proses pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan dan mengidentifi kasi lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar

B. Setelah melalui proses pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan lempar tangkap bola dengan 4 variasi yang berbeda dengan benar

C. Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik dapat mempraktekkan shooƟ ng dengan 4 variasi berbeda dengan benar

D. Setelah mempelajari materi ini anda dapat mengevaluasi gerak lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda secara benar.

E. Setelah melalui proses pembelajaran peserta didik dapat mempraktekkan lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar

Jawaban: C

Untuk melihat contoh soal PPPK Guru Penjaskes 2023 lainnya, Anda dapat mengakses tautan berikut.

Link Contoh Soal Kompetensi PPPK Guru Penjaskes dan Kunci Jawabannya

Baca juga artikel terkait CPNS 2023 atau tulisan lainnya dari Yuda Prinada

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yulaika Ramadhani