Menuju konten utama

40 Contoh Soal Pedagogik PPPK Guru dan Jawabannya

Berikut adalal beberapa contoh soal pedagogik PPPK guru dan kunci jawabannya yang bisa dipelajari peserta saat akan menghadapi ujian PPPK.

40 Contoh Soal Pedagogik PPPK Guru dan Jawabannya
Pelaksanaan seleksi kompetensi CAT-UNBK PPPK Guru dari pelamar umum di SMPN 2 Kuta Utara Dalung, Badung. (ANTARA/HO-Pemkab Badung.)

tirto.id - Kumpulan contoh soal PPPK Guru dibutuhkan bagi peserta yang ingin mengikuti seleksi, termasuk latihan soal Pedagogik PPPK.

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sendiri merupakan pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai dengan perjanjian kerja sesuai instansi kebutuhan pemerintah.

Pendaftaran PPPK sendiri biasanya dibuka pemerintah untuk beberapa formasi utama saja yakni mencakup PPPK Guru, PPPK Tenaga Kesehatan, dan PPPK Tenaga Teknis.

Sehingga dengan dibukanya pendaftaran tersebut, peserta yang akan mengikuti seleksi PPPK Guru harus mempelajari soal yang akan diujikan. Salah satunya adalah soal Pedagogik P3K dan kunci jawaban.

Kumpulan Soal Pedagogik PPPK Guru dan Jawabannya

Berikut ini beberapa contoh kumpulan soal Pedagogik P3K guru dan jawabannya yang bisa jadi referensi sebagai bahan belajar dalam menghadapi ujian.

1. Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara….

A. Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran

B. Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung

C. Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar

D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar

E. Guru mengadakan ulangan harian rutin secara terjadwal

2. Penilaian merupakan salah satu proses penting dalam penilaian. Prinsip-prinsip penilaian yang harus dipedomani adalah penilaian harus dilaksanakan secara….

A. Sahih (valid), adil, terbuka, bermakna, menyeluruh, terpadu, berkesinambungan, objektif, efisien dan efektif, sistematis, akuntabel

b. Terbuka, bermakna, adil, sahih (valid), efisien dan efektif, menyeluruh, terpadu, akuntabel, menggunakan acuan norma

C. Sahih (valid), adil, terbuka, bermakna, objektif dan efisien, berkesinambungan, terpadu, menyeluruh

D. Terbuka, adil, bermakna, menyeluruh, objektif, efektif dan efisien, terpadu, berkesinambungan, adil

E. Sahih (valid), adil, objektif, terbuka, bermakna, menyeluruh, berkesinambungan, terpadu,

sistematis, menggunakan acuan kriteria, akuntabel

3. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….

A. Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas peserta didik

B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan ulangan akhir semester tiap peserta didik

C. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing peserta didik yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan peserta didik dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar

D. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap peserta didik untuk melihat

kesulitan peserta didik dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi

E. Mengumpulkan lembaran-lembaran hasil pekerjaan tugas, gambar-gambar dan hasil ulangan tiap peserta didik

4. Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk memudahkan guru dalam menilai prestasi yang dicapai peserta didik, maka dalam penilaian ranah psikomotor guru menggunakan….

A. Soal pilihan ganda

B. Soal jawaban singkat

C. Soal uraian objektif

D. Kriteria

E. Tes performance

5. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegiatan refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk….

A. Mengukur ketuntasan peserta didik

B. Mengukur efektivitas proses pembelajaran

C. Mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik

D. Menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya

E. Mengetahui materi yang belum terbahas dalam proses pembelajaran

6. Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

A. Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian, analisa hasil penilaian, melaksanakan program perbaikan dan pengayaan

B. Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, analisa hasil penilaian, sebagian indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian

C. Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian

D. Melaksanakan hasil penilaian dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan

E. Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian dan melaksanakan analisa hasil penilaian

7. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut...

A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda

B. Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tingi

C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai

D. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi

E. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda

8. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

A. Fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap

B. Fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma

C. Fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur

D. Fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur

E. Konsep, definisi, aksioma, prosedur, fungsi

9. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan….

A. Kompetensi dasar

B. Standar kompetensi

C. Indikator

D. Metode pembelajaran

E. Sumber belajar

10. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....

A. Metode pembelajaran

B. Pendekatan pembelajaran

C. Strategi pembelajaran

D. Gaya pembelajaran

E. Kemampuan belajar

11. Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi jenis, sifat, dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya, maka rumusan indikator yang bisa dikembangkan guru pada tingkatan kognitif mencipta (C6) yang tepat, adalah....

A. Mengelompokkan bahan alam dari tanaman pandan untuk produk karya seni rupa

B. Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa

C. Menjelaskan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa

D. Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk karya seni rupa

E. Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan

12. Pada sebuah rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) tertulis contoh rumusan indikator kompetensi yaitu “menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras”, jika seorang pendidik akan menyusun menjadi tujuan pembelajaran maka rumusan yang tepat adalah....

A. Setelah melaksanakan proses pembelajaran melalui praktik, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output

B. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar...

C. Siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output secara benar

D. Menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras komponen input, proses dan output tanpa melihat catatan

E. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, materi kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar tanpa melihat catatan.

13. Pada saat menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang Unggas, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mendefinisikan hewan unggas, mengelompokkan dan membedakan jenis-jenis unggas. Adapun pilihan strategi pembelajaran untuk menjelaskan materi kepada siswa tersebut yaitu strategi pembelajaran deduktif. Mendasarkan tujuan dan strategi pembelajaran tersebut mencerminkan ragam pengetahuan yang jenisnya....

A. Fakta

B. Prosedur

C. Keterampilan

D. Konsep

E. Prinsip

14. Perencanaan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan dihubungkan dengan situasi kehidupan sehari-hari sehingga mendorong peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan mereka, pilihan strategi pembelajaran yang

tepat yaitu....

A. Kooperatif

B. Inkuiri

C. Problem solving

D. Discovery

E. Kontekstual

15. Saat merancang pembelajaran seorang guru ingin menyederhanakan konsep/prinsip /hukum yang kompleks sehingga dapat memperjelas penyajian pesan secara tertulis, media apa yang paling tepat dipilih oleh guru tersebut....

A. Bagan

B. APE (Alat Permainan Edukatif)

C. Flip Chart

D. Foto

E. Gambar

16. Seorang guru merancang evaluasi dengan mendasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di RPP. Evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa, maka jenis evaluasi yang tepat dipilih oleh guru adalah....

A. Evaluasi formatif

B. Evaluasi sumatif

C. Evaluasi selektif

D. Evaluasi diagnostik

E. Evaluasi penempatan

17. Seorang Guru mencari materi dan media dari internet saat menyusun rencana pembelajaran (RPP), materi dan media tersebut akan disampaikan pada proses pembelajaran dengan maksud agar siswa tidak mengalami kesulitan memahami pelajaran. Langkah apa yang harus dilakukan oleh seorang Guru saat memilih materi pelajaran....

a. Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator

b. Menganalisis potensi peserta didik; relevansi dengan karakteristik daerah; dan struktur keilmuan

c. Menyesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik

d. Melihat kebermanfaatan bagi peserta didik; aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran

e. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, alat dan sumber bahan, dan alokasi waktu

18. Dengan mencermati silabus, seorang guru akan merancang pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sebagaimana yang tertuang dalam Permendikbud RI No 22 tahun 2016 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mencakup sekurang-kurangnya....

A. Kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, dan penilaian hasil belajar

B. Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar, dan bobot penilaian hasil belajar

C. Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar, dan kunci jawaban tes

D.Identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar

E. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar

19. Seorang guru senior mengajar siswanya dengan metode diskusi dan menggunakan media gambar yang sudah berlangsung dari tahun ke tahun. Pada awal semester baru 2019 siswa di kelas tersebut diketahui 70% memiliki preferensi belajar kinestetik sehingga mereka tidak fokus saat pembelajaran dan diskusi berlangsung, siswa lebih senang jika mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dari kasus tersebut strategi pembelajaran yang paling tepat dipilih guru....

A. Kooperatif

B. Project based learning

C. Kontekstual

D. Inquiry

E. Discovery

20. Di sekolah seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput dan mencoret-coret meja hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar berkembang kecerdasan....

A. Naturalis

B. Kinestetis

C. Visual spasial

D. Verbal linguistic

E. Logis matematis

21. Seorang guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam mengatur dan mengelola perbedaan pendapat ketika dilakukan diskusi kelompok. Guru tersebut membuat lembar daftar cek (check list) dalam bentuk skala yang harus diisikan oleh siswa untuk menilai teman kelompoknya. Jenis penilaian otentik-holistik yang dapat dipilih oleh guru tersebut yaitu....

A. Penilaian kinerja..

B. Penilaian proyek

C. Penilaian portofolio

D. Pertanyaan terbuka

E. Penilaian diri

22. Jika guru memberikan penugasan kepada siswa yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam menghasilkan karya tertentu dan dilakukan secara berkelompok. Maka jenis penilaian otentik yang tepat adalah....

A. Penilaian kinerja

B. Penilaian portofolio

C. Penilaian proyek

D. Penilaian jurnal

E. Penilaian diri

23. Pada akhir pembelajaran siswa diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar yang diberikan guru dengan tujuan agar siswa tersebut mengaplikasikan kemampuan keterampilan yang dimilikinya dan guru dapat menilai kompetensinya. Instrumen yang dapat dipilih oleh guru untuk merekam hasil belajar yaitu....

A. Daftar cek (checklist)

B. Benar salah (true false)

C. Pilihan ganda (multiple choice)

D. Menjodohkan (matching)

E. Jawaban bebas (Completion test)

24. Sebagian siswa mengalami kesulitan menjawab soal tes pilihan ganda yang disusun oleh guru hal tersebut disebabkan materi dalam soal sebagian belum dipelajari oleh siswa, karena materi tersebut seharusnya diberikan pada pertemuan berikutnya. Hal yang seharusnya dilakukan guru dalam menyusun soal tes pilihan ganda pada aspek materi yaitu....

A. Soal harus sesuai dengan indikator

B. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas

C. Pilihan jawaban harus homogen dan logis

D. Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama

E. Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya

25. Hasil penilaian akhir yang dilakukan oleh guru diketahui beberapa siswa telah memenuhi ketuntasan belajar dan ada juga siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar. Mendasarkan pada kasus tersebut guru dapat melakukan tindak lanjut hasil penilaian yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal. Berikut merupakan pemanfaatan hasil penilaian oleh Guru, kecuali...

A. Memperbaiki program pembelajaran

B. Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah

C. Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi

D. Mengadministrasikan hasil penilaian

E. Menyusun laporan hasil penilaian

26. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogic pada aspek...

A. Penguasaan terhadap karakteristik peserta didik

B. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran

C. Pengembangan kurikulum

D. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik

E. berkomunikasi pada peserta didik

27. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah....

A. Behaviorisme

B. Kognitif

C. Humanistik

D. Sibernetik

E. Konstruktivisme

28. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar....

A. Sibernetik

B. Kognitif

C. Humanistik

D. Behaviorisme

E. Konstruktivisme

29. Seorang guru yang mengembangkan tujuan pembelajaran untuk menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam....

A. Silabus

B. RPP

C. Silabus dan RPP

D. SKL

E. Lembar penilaian

30. Dalam mempersiapkan pembelajaran seorang guru akan selalu bertemu dengan istilah silabus dan RPP. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut...

A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar

B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.

E. Dalam silabus dijelaskan metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi secara rinci

31. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah....

A. Role Playing

B. Inquiry

C. Problem Solving

D. Picture and Picture

E. Kontekstual

32. Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan...

A. Memberikan acuan

B. Melaksanakan tes awal

C. Memberikan bimbingan

D. Membuat kaitan

E. Meningkatkan motivasi

33. Seorang guru menjumpai kebiasaan belajar yang kurang tepat yang dilakukan oleh salah seorang siswa-nya sehingga kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Langkah awal yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar demikian yaitu....

A. Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar

B. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional

C. Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa di dalam kelas

D. Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran

E. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal

34. Faktor yang penting dipertimbangkan oleh seorang guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah pada proses pembelajaran adalah....

A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi

B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan

C. Jumlah peserta didik yang mengikuti pembelajaran

D. Motivasi belajar siswa

E. Ruang yang tersedia

35. Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi belajar rendah karena....

A. Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap.

B. Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bermain.

C. Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua.

D. Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa.

E. Siswa cenderung lebih suka belajar dalam kelompok

36. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang guru terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah...

A. Guru harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah

B. Guru mengetahui cara mengevaluasi pembelajaran dengan media

C. Guru harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.

D. Guru harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.

E. Guru menyesuaikan dengan materi pembelajaran.

37. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah...

A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK

B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran

C. Semua media pembelajaran sama cara pemanfaatannya

D. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran

E. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan

38. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan siswa memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah. Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah....

A. Menampilkan objek yang terlalu besar

B. Menampilkan obyek yang sulit diamati

C. Membuat konkrit konsep yang abstrak

D. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.

E. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar

39. Jika guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran yang dilakanakan oleh guru merupakan strategi pembelajaran....

A. Project based learning

B. Kontekstual

C. Discovery Learning

D. Problem Based Learning

E. Inquiry learning

40. Seorang guru melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut merupakan implementasi strategi pembelajaran ....

A. Project based learning

B. Inquiry learning

C. Discovery learning

D. Kooperatif

E. Problem based learning

Link Unduh Soal Pedagogik PPPK Guru

Contoh-contoh lain soal Pedagogik PPPK Guru juga bisa diunduh melalui link berikut ini:

Link Contoh Soal Pedagogik P3K Guru dan Jawabannya.

Baca juga artikel terkait PPPK 2024 atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Dipna Videlia Putsanra
Penyelaras: Dhita Koesno