Menuju konten utama

45 Contoh Soal Manajerial PPPK Guru dan Jawabannya

Simak 45 contoh soal manajerial PPPK Guru dan jawabannya beserta link download PDF.

45 Contoh Soal Manajerial PPPK Guru dan Jawabannya
Pelaksanaan seleksi kompetensi CAT-UNBK PPPK Guru dari pelamar umum di SMPN 2 Kuta Utara Dalung, Badung. (ANTARA/HO-Pemkab Badung.)

tirto.id - Sejumlah soal manajerial PPPK Guru dan jawabannya berikut bisa menjadi bahan belajar untuk persiapan menjelang tes kompetensi. Selain tersaji beberapa contoh pertanyaan, juga tersedia link download contoh soal PPPK guru manajerial dan jawaban pdf.

Materi tes manajerial merupakan komponen seleksi kompetensi PPPK Guru untuk pelamar umum dan P4. Pelamar PPPK Guru kategori P4 adalah lulusan PPG dan guru honorer yang masa pengabdiannya kurang dari 3 tahun tetapi sudah tercatat di dapodik.

Soal-soal manajerial termasuk salah satu materi di Seleksi Kompetensi PPPK Guru, selain tes kompetensi, sosio-kultural, serta wawancara. Maka itu, mempelajari sejumlah contoh soal manajerial PPPK Guru bakal menambah kesiapan peserta seleksi menjelang tes.

Adapun isi materi soal teknis manajerial PPPK guru mencakup berbagai pertanyaan pilihan ganda tentang pengelolaan organisasi dan sikap sebagai tenaga profesional.

Soal Manajerial PPPK Guru dan Jawaban

Berdasarkan Keputusan Menpanrb Nomor 347 tahun 2024 yang mengatur ambang batas nilai dan mekanisme seleksi kompetensi PPPK, jumlah soal manajerial sebanyak 25 butir. Penilaiannya berskala 1-4 untuk setiap jawaban, dan jika tidak dijawab diberikan poin 0.

Berikut daftar 45 contoh soal Manajerial PPPK Guru beserta jawabannya:

1. Pilih pernyataan yang menurut paling menggambarkan pribadi Anda!

  • A. Saya bekerja sesuai kebiasaan rekan-rekan di kantor
  • B. Saya kerap lembur untuk menuntaskan tugas-tugas kantor
  • C. Saya selalu berusaha menyelesaikan tugas yang diberikan ke saya
  • D. Saya keberatan melakukan tugas yang terlalu sulit dikerjakan
  • E. Saya bekerja sesuai prosedur yang umumnya berlaku
Jawaban: C

2. Di lingkungan kerja, rekan-rekan menilai Anda sebagai pegawai yang...

  • A. Selalu gembira dalam bekerja
  • B. Suka dengan target yang menantang
  • C. Rasional dalam menetapkan target
  • D. Semangat menjalankan tugas
  • E. Serius tapi santai dalam bekerja
Jawaban: B

3. Saat atasan memberikan tugas yang sulit, sikap Anda adalah....

  • A. Menganggap tugas itu dorongan untuk menjadi lebih baik
  • B. Seharusnya atasan mempertimbangkan kemampuan bawahannya
  • C. Sebaiknya tugas disertai dengan bimbingan dari orang lebih berpengalaman
  • D. Meminta tugas itu perlu dipertimbangkan kembali
  • E. Menganggap tugas sulit sebagai hal biasa di lingkungan kerja
Jawaban: A

4. Apabila atasan memberikan tugas yang berat, tindakan Anda adalah...

  • A. Berusaha menyelesaikan tugas sesuai dengan perintah atasan
  • B. Berusaha menyelesaikan tugas sesuai kemampuan saya
  • C. Berusaha menyelesaikan tugas yang mudah agar hasilnya maksimal
  • D. Berusaha menyelesaikan, tapi jika belum berhasil saya tahu batas
  • E. Mengerahkan segala kemampuan, dan jika belum berhasil, saya mencoba lagi
Jawaban: E

5. Saat mengalami kegagalan, sikap Anda adalah...

  • A. Merasa kemampuan yang dikeluarkan sudah maksimal
  • B. Segera bangkit dan memperbaiki kekurangan
  • C. Merasa kurang mampu dan lebih buruk dari orang lain
  • D. Membutuhkan waktu lama untuk membangkitkan kembali semangat
  • E. Bangkit kembali jika ada teman atau keluarga yang mendukung
Jawaban: B

6. Jenis tugas yang paling Anda suka adalah....

  • A. Tugas sulit dan menantang
  • B. Tugas tidak menyulitkan
  • C. Tugas sesuai dengan kemampuan
  • D. Tugas sesuai dengan deskripsi pekerjaan
  • E. Tugas yang mudah dikerjakan agar hasilnya maksimal
Jawaban: A

7. Suatu hari, Anda berangkat mengikuti tes seleksi. Di tengah perjalanan, sepeda motor Anda mengalami pecah ban. Untuk menambal ban, butuh waktu 10 menit. Padahal waktu tes dimulai tinggal 10 menit lagi. Jarak ke tempat tes masih 2 km. Jika naik angkot, Anda butuh waktu 10an menit. Saat itu, tidak ada tukang ojek. Apa yang Anda lakukan?

  • A. Saya menuntun motor ke bengkel kemudian naik angkot
  • B. Saya menitipkan motor ke rumah penduduk kemudian segera naik angkot
  • C. Saya menitipkan motor ke rumah penduduk kemudian minta dijemput teman
  • D. Saya menunggu bengkel menambal ban dan berharap bisa lebih cepat
  • E. Saya batal ikut tes karena tidak ketemu solusi agar tidak telat tes
Jawaban: C

8. Jika menerima tugas yang hasilnya menentukan besaran bonus, saya akan....

  • A. Berusaha sekuat tenaga agar mendapatkan bonus tinggi
  • B. Berusaha keras menyelesaikan tugas dengan cara yang fair
  • C. Berusaha sebatas kemampuan
  • D. Berusaha keras dan meminta bantuan orang lain untuk menyelesaikan tugas
  • E. Bekerja seperti biasa karena rezeki ada yang mengatur
Jawaban: B

9. Karena kinerjanya lamban, seorang pegawai di lingkungan kerja Anda dikeluhkan oleh para pegawai lain. Sebagai rekan kerja, tindakan Anda adalah...

  • A. Menawarkan bantuan untuk mempercepat penyelesaian tugasnya
  • B. Menegur cara kerjanya yang lamban karena menghambat kerja orang lain
  • C. Membiarkan apa yang terjadi, karena semua orang memiliki keunikan cara kerja
  • D. Berusaha tidak berada satu tim dengannya karena berpotensi menyulitkan
  • E. Mengingatkannya akan pola kerjanya dan menawarkan bantuan jika dibutuhkan
Jawaban: E

10. Penilaian orang lain terhadap Anda ketika ada yang membutuhkan bantuan adalah....

  • A. Penuh pertimbangan sebelum memberikan bantuan
  • B. Menghindar saat diminta membantu orang lain
  • C. Individualis dan mementingkan diri sendiri
  • D. Ringan tangan dan mau membantu siapa pun yang membutuhkan
  • E. Hanya loyal terhadap kelompok sendiri
Jawaban: D

11. Jika menjadi aparatur sipil negara, Anda akan ...

  • A. Melaksanakan aturan dan prosedur pelayanan publik yang berlaku
  • B. Memilih posisi yang secara langsung berperan dalam pelayanan publik
  • C. Memberikan pelayanan pada masyarakat sesuai tuntutan pekerjaan
  • D. Menginformasikan bentuk layanan yang dapat dimanfaatkan masyarakat
  • E. Berusaha memaharni kebutuhan masyarakat dalam memberikan pelayanan
Jawaban: A

12. Jika menerima komplain dari pelanggan mengenai pelayanan yang diberikan tempat kerja Anda, sikap Anda adalah....

  • A. Mencatat dan menyampaikan keluhan itu pada atasan
  • B. Berusaha membantu menyelesaikan persoalan pelanggan
  • C. Mengabaikan komplain karena kondisi yang ada memang seperti itu
  • D. Menjelaskan tugas saya dalam menangani keluhan pelanggan
  • E. Menjelaskan aturan dan prosedur yang berlaku pada pelanggan
Jawaban: B

13. Seorang teman kerja yang bertugas di loket pelayanan tiba-tiba pingsan karena sudah kelelahan menjalankan tugas. Anda yang sedang bekerja diminta menggantikan tugasnya di loket karena Atasan menilai pekerjaan Anda bisa ditunda. Sikap Anda adalah....

  • A. Segera menuju loket dan melayani masyarakat
  • B. Melayani di loket tapi sambil menyelesaikan tugas sendiri
  • C. Mengerjakan tugas secepat mungkin agar bisa bertugas di loket
  • D. Mencari teman lain yang bebannya lebih ringan untuk membantu
  • E. Membantu pemulihan teman agar dia bisa segera bertugas kembali
Jawaban: A

14. Zidan berasal dari keluarga sukses. Ayahnya profesor di universitas terkenal. Ibunya direktur bank pemerintah. Kakaknya jadi anggota DPR. Adiknya juara Olimpiade Fisika nasional. Orang tua berharap Zidan dapat berprestasi juga. Namun, Zidan yang masih kuliah merasa prestasinya biasa saja. Jika menjadi Zidan, apa yang akan Anda lakukan?

  • A. Memacu diri agar berprestasi seperti saudara-saudaranya
  • B. Tidak menjadikannya beban karena setiap orang punya kemampuan berbeda
  • C. Berusaha semaksimal mungkin sesuai kemampuan
  • D. Mencari tentor agar prestasi meningkat
  • E. Pasrah kepada Tuhan karena nasib sudah diatur
Jawaban: C

15. Boni adalah ketua koperasi karyawan yang baru. Sebetulnya ia belum lama bergabung tetapi karena luwes dan mudah bergaul, ia terpilih jadi ketua. Ternyata setelah jadi ketua, sikapnya berubah. Dia cenderung kaku dan keputusannya sulit diubah. Jika Anda menjadi anggota koperasi karyawab tersebut, tindakan yang Anda lakukan adalah ...

  • A. Mengajak teman-teman memberi masukan agar organisasi tetap solid

    B. Mengajak dialog personal

    C. Meminta Boni tidak bersikap otoriter dalam forum formal

    D. Membentuk kelompok menentang kebijakan Boni agar ia sadar kesalahannya

    E. Mencari tahu penyebab perubahan sikap Boni untuk lebih memahami tindakannya

Jawaban: A

16. Jika terkait perubahan, secara umum orang lain menilai Anda...

  • A. Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru
  • B. Butuh waktu lama untuk bergaul dan secara akrab dengan orang lain
  • C. Punya keinginan tinggi untuk mengetahui kegiatan orang lain
  • D. Kurang adaptif terhadap perubahan
  • E. Memiliki pergaulan yang tidak luas di masyarakat
Jawaban: A

17. Jika dipindahkan mendadak ke unit sistem informasi yang belum pernah Anda tekuni sebelumnya, yang Anda pikirkan adalah.....

  • A. Mengapa karier saya terus dipersulit
  • B. Curiga ada alasan politis di balik mutasi kerja saya
  • C. Mencari cara bernegosiasi untuk pindah tugas ke bagian lain
  • D. Apa yang harus saya lakukan di tempat kerja yang baru
  • E. Bagaimana saya bisa memahami bidang kerja yang baru secara cepat
Jawaban: E

18. Sebagai bagian dari penerapan sistem informasi baru, setiap pegawai di kantor Anda diminta agar memperbarui data pribadi secara online. Tindakan Anda adalah...

  • A. Meminta pendampingan karena keterbatasan di bidang teknologi
  • B. Menunggu rekan lain melakukan update dan mengikuti caranya
  • C. Segera melakukan update dengan bantuan tim sistem informasi
  • D. Mengabaikannya dengan harapan sistem masih dalam tahap percobaan
  • E. Mempelajari cara update dan data yang perlu dimasukkan
Jawaban: E

19. Fandi karyawan baru di pabrik pengolahan logam. Karena baru kerja, ia belum paham betul dengan pekerjaannya. Suatu malam, manajernya meminta dia menyelesaikan tugas rekan yang tiba-tiba resign. Fandi terkejut dan kesulitan, tetapi tidak punya pilihan. Apa yang sebaiknya dilakukan Fandi?

  • A. Meminta orang lain mengerjakannya agar selesai tepat waktu
  • B. Memulai dan menyelesaikan sebisanya asalkan selesai
  • C. Tidak terburu-buru karena itu bukan tugas pokoknya
  • D. Memulai mengerjakan tugas dan menyelesaikannya sebaik mungkin
  • E. Mempertanyakan dan menawarkan solusi karena takut hasilnya tidak maksimal
Jawaban: D

20. Bila jadwal yang biasa Anda lakukan diubah, apa yang akan Anda lakukan?

  • A. Biasa saja dan melakukannya
  • B. Tertantang, bersemangat, dan segera menyesuaikan diri
  • C. Marah-marah, mengeluh, dan protes
  • D. Panik, gelisah, dan bersedih
  • E. Mengajak teman lain yang mengalami hal serupa untuk protes
Jawaban: B

21. Saat atasan tidak berada di kantor, ada teman mengajak Anda untuk bekerja dengan lebih santai. Sikap Anda adalah....

  • A. Tetap bekerja dan menyelesaikan tugas dengan serius
  • B. Mengikuti ajakan teman dan bersantai
  • C. Ragu-ragu untuk memenuhin ajakan atau tidak
  • D. Jika memang tidak ada yang mengawasi, boleh saja bersantai kawan
  • E. Melihat teman yang lain, jika banyak yang bersantai baru ikut-ikutan
Jawaban: A

22. Jarak dari rumah ke kantor Anda 30 menit dengan bus. Tanpa diketahui sebelumnya, sopir bus umum melakukan aksi mogok. Tindakan Anda adalah ....

  • A. Mencari orang yang bisa memberikan saya tumpangan
  • B. Berusaha menghentikan kendaraan yang lewat untuk cari tumpangan
  • C. Berjalan kaki ke kantor secepat mungkin
  • D. Lebih baik pulang dan tidak usah masuk kerja
  • E. Berjalan kaki ke kantor sambil berusaha mencari tumpangan
Jawaban: E

23. Ada pegawai baru yang bersikap tidak sopan terhadap Anda. Sikap Anda adalah...

  • A. Ikut bersikap tak ramah dan memusuhinya
  • B. Mengingatkan dia dengan baik-baik agar lebih ramah
  • C. Tidak perlu ikut campur karena bukan urusan saya
  • D. Mendoakan yang terbaik untuk pegawai tersebut
  • E. Melaporkan pada atasan agar segera ditegur
Jawaban: B

24. Saat sedang mengantre, ada seseorang di belakang yang menyerobot antrean Anda. Respons Anda adalah ....

  • A. Diam saja
  • B. Jika orang itu tampak kasar dan berbadan besar, lebih baik diam
  • C. Menegurnya
  • D. Menggerutu dalam hati
  • E. Melaporkan kepada petugas
Jawaban: C

25. Kerja keras dan cermat adalah kebiasaan pribadi yang bermanfaat untuk organisasi. Terkait hal ini, Anda lebih senang ....

  • A. Pekerjaan yang menantang
  • B. Bekerja tanpa mengenal waktu dan pamrih
  • C. Bekerja dengan standar hasil yang tinggi
  • D. Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas yang baru
  • E. Pekerjaan yang rutin
Jawaban: C

26. Jika rekan kerja memasang muka masam, sikap anda adalah....

  • A. Mengajaknya bicara dan menanyakan masalahnya
  • B. Membiarkan saja selama tidak mengganggu
  • C. Resign dari perusahaan
  • D. Mengadu ke atasan anda
  • E. Memarahi dan memakinya
Jawaban: A

27. Anda sedang mengerjakan tugas di perpustakaan dan 1 jam lagi harus selesai. Tiba- tiba, ada teman yang menanyakan letak suatu buku. Apa yang Anda lakukan?

  • A. Menyuruhnya untuk bertanya ke petugas perpustakaan
  • B. Menyampaikan kalau anda sedang sibuk
  • C. Memberitahukan hanya letak rak dan posisi bukunya saja
  • D. Meninggalkan pekerjaan sebentar untuk menunjukkan buku yang dimaksud
  • E. Pura-pura tidak mendengarkannya
Jawaban: D

28. Anda memimpin tim dengan anggota lulusan sejumlah kampus terkemuka. Kinerja tim itu sangat bagus. Menurut Anda, apa penyebabnya?

  • A. Seluruh anggota tim bekerja profesional dalam menyelesaikan tugas
  • B. Semua anggota menjiwai tujuan tim
  • C. Tiap anggota tim mempunyai potensi yang bagus di setiap bidangnya
  • D. Pentingnya kekompakan, bermusyawarah mufakat, bekerja disiplin
  • E. Motivasi yang efektif membangkitkan semangat seluruh anggota tim
Jawaban: A

29. Sistem excelent service kepada konsumen sangat penting bagi perusahaan di bidang pelayanan publik. Apa yang harus dilakukan pimpinan perusahaan?

  • A. Mempelajari penerapan excelent service
  • B. Melakukan training terjadwal untuk semua karyawan
  • C. Mempelajari dan memperdalam pengetahuan tentang excelent service
  • D. Mencari informasi dan mempelajari konsep excelent service
  • E. Mendatangkan mentor untuk mengajarkan konsep excelent service
Jawaban: B

30. Anda diutus oleh atasan bertugas di suatu desa yang tidak memiliki fasilitas teknologi informasi yang memadai. Daerah itu juga dihuni masyarakat yang tidak paham teknologi informasi. Sebagian masyarakat meyakini bahwa pembangunan teknologi informasi belum begitu penting, sementara atasan memberi tugas untuk meningkatkan penggunaan TIK di sana. Apa langkah Anda?

  • A. Mengedukasi masyarakat tentang pentingnya TIK
  • B. Membangun infrastruktur TIK meskipun warga masih tidak paham manfaatnya
  • C. Membangun infrastruktur TIK dan mengadakan pelatihan bagi masyarakat desa
  • D. Menghormati budaya lokal dan menyadari TIK belum begruna bagi warga desa
  • E. Melapor pada atasan bahwa desa itu belum siap untuk dapat infrastruktur TIK
Jawaban: A

31. Ketika sedang berjalan-jalan di sebuah mal, Anda memergoki dua rekan kerja sedang bermesraan. Padahal, tempat Anda bekerja memiliki peraturan melarang relasi asmara di antara rekan sekantor. Jika mereka tak menyadari keberadaan Anda, apa yang akan Anda lakukan?

  • A. Memotret mereka dan mengirimkan fotonya ke bagian kepegawaian
  • B. Memotret mereka dan menyebarkannya di grup whatsapp kantor
  • C. Menghampiri dan menegur mereka
  • D. Membiarkan
  • E. Mempertimbangkan untuk berhenti dari perusahaan
Jawaban: C

32. Kawan Anda memiliki istri yang akan melahirkan. Karena tidak memiliki biaya rumah sakit, dia meminjam uang dari Anda. Padahal, uang Anda hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Apa yang Anda lakukan?

  • A. Meminta maaf dan mengatakan tidak punya uang untuk dipinjamkan
  • B. Meminjamkan sisa uang yang sedikit tersebut
  • C. Menolak meminjamkan uang karena itu hanya cukup untuk hidup sehari-hari.
  • D. Memberikan solusi dengan membantunya meminjam uang dari kawan lain
  • E. Menyarankan agar dia meminjam dari orang lain.
Jawaban: D

33. Sebagai ketua RT, Anda menghadapi masalah dari tetangga baru. Istrinya yang WNA gemar berjemur di halaman rumah dan membuat warga risih. Meski Anda sudah menegur suaminya, warga masih tidak nyaman. Langkah terbaik yang dapat Anda ambil adalah...

  • A. Mengedukasi warga tentang perbedaan budaya
  • B. Mengajak warga berinteraksi dengan WNA melalui kegiatan sosial
  • C. Menjaga sikap netral dan menjelaskan perbedaan budaya kepada warga
  • D. Menegur kembali suaminya agar istrinya mengubah perilakunya
  • E. Tidak melakukan apa-apa
Jawaban: B

34. Di perusahaan baru, atasan bilang banyak karyawan terganggu karena penampilan Anda terlalu menarik perhatian lawan jenis. Apa yang akan Anda lakukan?

  • A. Bekerja seperti biasa karena hal itu bukan salah saya
  • B. Minta atasan mendisiplinkan karyawan itu
  • C. Pindah ke divisi lain
  • D. Mengubah penampilan dan sikap
  • E. Mengajak rekan-rekan lebih fokus bekerja
Jawaban: D

35. Berpindah-pindah kerja adalah hal yang wajar. Apa pendapat Anda tentang sikap itu?

  • A. Karyawan tidak harus setia terhadap perusahaannya.
  • B. Loyalitas terhadap pekerjaan adalah sikap yang terpuji
  • C. Pekerjaan saat ini tidak dapat menjamin masa depan saya
  • D. Saya meyakini loyalitas itu penting
  • E. Saya suka pekerjaan saya tapi jika ada yang lebih baik saya tidak ragu pindah
Jawaban: D

36. Menurut Anda, pegawai yang bertanggung jawab dan berintegritas adalah yang...

  • A. Bekerja dengan penuh kehati-hatian, teliti, tetapi juga tepat waktu
  • B. Menyelesaikan tugas dengan cepat
  • C. Bekerja sesuai dengan tata aturan yang berlaku
  • D. Mengacu pada perintah atasan
  • E. Bekerja berdasar pada skala prioritas dan tuntutan kondisi sesaat
Jawaban: A

37. Anda menjadi pemegang uang simpan-pinjam di organisasi. Toni ingin tahu simpanan Joko. Alasannya, Joko berhutang kepada Toni. Sikap Anda terhadap Toni adalah ...

  • A. Menasihati Joko untuk membayar
  • B. Memberi gambaran keuangan Joko
  • C. Tidak memberi tahu jumlah uang
  • D. Memberitahu jumlah uang Joko
  • E. Mendorong Toni untuk menagih
Jawaban: C

38. Anda diminta menyimpan dokumen penilaian kinerja karyawan PT Bumi Hijau oleh manajer SDM dan dilarang membuka atau membacanya. Dokumen itu memuat data pegawai yang akan dipromosikan, termasuk Anda. Tindakan Anda adalah ...

  • A. Melihat dokumen Anda sendiri
  • B. Melihat seluruh dokumen pegawai
  • C. Tidak membuka dokumen sama sekali
  • D. Mengajak teman untuk melihat data Anda
  • E. Menanyakan kesempatan promosi Anda
Jawaban: C

39. Saat berkunjung ke rumah paman, Anda melihat aktivitas kepemudaan di sana tidak terlalu berkembang. Padahal, ada potensi untuk mengembangkannya. Bagaimana sikap Anda?

  • A. Diam saja karena anda bukan warga setempat
  • B. Menyampaikan saran kepada pejabat desa setempat
  • C. Hanya menyampaikan gagasan kepada paman Anda
  • D. Langsung menyampaikan gagasan kepada pemuda-pemuda setempat
  • E. Menyampaikan gagasan kepada tokoh masyarakat setempat
Jawaban: D

40. Anda ditugaskan dalam tim proyek rahasia. Semua anggota tim itu menandatangani pakta integritas untuk menjaga kerahasiaan. Setiap anggota memiliki tugas spesifik dan rapat berkala diadakan untuk melaporkan kemajuan. Suatu hari, Anda mengetahui salah satu anggota melanggar pakta dengan mengungkapkan informasi kepada istrinya. Apa sikap Anda terkait evaluasi hasil kerja tim?

  • A. Kesesuaian hasil kerja dengan target
  • B. Keakuratan hasil kerja dalam hal ketelitian, kualitas, dan kuantitas
  • C. Kesesuaian jumlah hasil dengan kapasitas tiap anggota
  • D. Kedisiplinan dalam menyelesaikan tugas
  • E. Perbandingan kontribusi tiap anggota terhadap pencapaian tim
Jawaban: B

41. Irma bekerja di sebuah instansi pemerintahan yang memiliki kebiasaan buruk untuk tidak masuk kerja secara massal di hari Senin jika ada libur nasional di hari Selasa. Jika jadi Irma, sikap Anda adalah.....

  • A. Tanya kepada atasan apakah boleh tidak masuk kerja di hari Senin]
  • B. Memahami aturan dan menerapkannya dengan konsisten
  • C. Menolak libur di hari Senin karena bertentangan dengan profesionalitas
  • D. Masuk kerja setengah hari dan pulang lebih awal jika kantor sepi
  • E. Ikut mangkir di hari Senin demi menjaga hubungan baik dengan rekan kerja
Jawaban: C

42. Biasanya orang mengatakan bahwa Anda dapat dipercaya karena....

  • A. Ramah dan mau mendengar keluhan orang lain
  • B. Bersikap terbuka
  • C. Melakukan apa yang saya katakan
  • D. Siap membantu tanpa memikirkan imbalan
  • E. Sabar dan penuh perhatian terhadap orang lain
Jawaban: C

43. Jika menjadi anggota yang melanggar pakta integritas, saat mendapat teguran, Anda akan...

  • A. Memberi alasan yang dapat diterima mengapa melanggar pakta integritas
  • B. Menerima teguran karena memang salah meskipun menghadapi konsekuensi
  • C. Menemui atasan sebelum mendapat teguran
  • D. Menunggu dipanggil dan mempersiapkan jawaban alibi
  • E. Pasrah akan nasib yang saya terima
Jawaban: B

44. Anda bertugas memimpin tim baru yang anggotanya punya latar belakang beragam. Sebagian anggota tim tak bisa bekerja sama karena perbedaan cara dan budaya kerja. Apa yang Anda lakukan agar kerja tim efektif?

  • A. Membiarkan anggota tim beradaptasi secara alamiah
  • B. Memberikan pengarahan dan menetapkan aturan tegas agar semua anggota berkerja sama
  • C. Mengadakan sesi diskusi dan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman antar-anggota tim
  • D. Menyusun ulang tim dengan memilih anggota yang lebih mudah bekerja sama
  • E. Menegur anggota tim yang tidak bisa beradaptasi dengan gaya kerja mayoritas
Jawaban: C

45. Anda bertugas memimpin proyek dengan tenggat waktu ketat. Namun, salah satu anggota tim sering telat menyelesaikan tugasnya, dan itu bisa memengaruhi keseluruhan proyek. Bagaimana sikap Anda?

  • A. Menyelesaikan sendiri tugas yang terlambat agar proyek tetap berjalan lancar
  • B. Memberikan peringatan keras kepada anggota tim tersebut agar lebih disiplin
  • C. Mengadakan rapat untuk memahami kendala yang dihadapi anggota tim dan mencari solusi bersama
  • D. Mengganti anggota tim tersebut dengan orang lain yang lebih kompeten
  • E. Membiarkan anggota tim tersebut belajar dari kesalahannya tanpa mengambil tindakan
Jawaban: C

Link Download Soal Manajerial PPPK Guru PDF

Untuk mengunduh contoh soal Manajerial PPPK Guru, silakan mengakses tautan berikut:

1. Download Contoh Soal Manajerial PPPK Guru PDF

2. Link Contoh Soal Manajerial PPPK Guru PDF

Baca juga artikel terkait PPPK atau tulisan lainnya dari Yuda Prinada

tirto.id - Edusains
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Addi M Idhom
Penyelaras: Addi M Idhom