Menuju konten utama

30 Contoh Soal PPPK Guru BK PDF dan Jawabannya

Berikut ini beberapa contoh soal PPPK Guru BK dan jawabannya yang dapat digunakan untuk bahan belajar dalam menghadapi tes kompetensi.

30 Contoh Soal PPPK Guru BK PDF dan Jawabannya
Sejumlah peserta mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS) tahun 2021 di Gedung Balai Prajurit Makodam I/BB, Medan, Sumatera Utara, Rabu (15/9/2021). ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/wsj.

tirto.id - Contoh soal formasi Guru Bimbingan Konseling atau BK dalam rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dapat digunakan untuk bahan belajar dalam menghadapi tes kompetensi.

Pasalnya, pelamar formasi guru BK harus mengerjakan sejumlah soal yang sesuai dengan bidangnya. Sehingga sejumlah contoh soal guru BK dibutuhkan oleh pelamar formasi Guru BK.

Artikel di bawah ini akan menyajikan beberapa contoh soal latihan PPPK Guru BK beserta informasi materi PPPK Guru BK.

Materi Tes Kompetensi PPPK Guru Bimbingan Konseling

Pertanyaan untuk bimbingan konseling PPPK umumnya adalah seputar materi PPPK Guru BK, berikut ini beberapa materi yang akan diujikan:

  • Teknik Asesmen Kebutuhan Peserta Didik

  • Program Tahunan dan Semesteran Bimbingan dan Konseling

  • Pengembangan Media Layanan Bimbingan dan Konseling

  • Pelaporan dan Penggunaan Hasil Evaluasi

  • Pendekatan Konseling Berorientasi Perilaku

Kumpulan Soal Tes Kompetensi PPPK Guru BK dan Jawabannya

Berikut ini beberapa contoh soal bimbingan konseling dan jawabannya yang bisa dipelajari saat akan menghadapi ujian PPPK:

1. Konseli memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Perbedaan karakteristik konseli juga akan berpengaruh pada kebutuhan yang berbeda satu sama lain. Untuk membantu konseli memenuhi kebutuhannya, guru BK perlu melakukan asesmen kebutuhan. Guru BK dapat melakukan asesmen kebutuhan dalam dua teknik, yaitu...

a. Tes dan observasi

b. Tes psikologis dan non tes

c. Tes dan non tes

d. Inventori dan skala psikologis

Jawaban: c

2. Wawancara sebagai alat untuk mengumpulkan data yang tidak bisa dilakukan dengan metode lain, maka wawancara berfungsi sebagai...

a. Metode utama

b. Metode primer

c. Metode pelengkap

d. Metode kriterium

Jawaban: c

3. Observer tidak bisa melakukan observasi hanya secara tiba-tba dan tanpa perencanaan yang jelas, harus jelas apa tujuannya, bagaimana karakteristiknya, gejala-gejala apa saja yang perlu diamati, model pencatatannya, analisisnya, dan pelaporan hasilnya. Oleh karena itu observasi harus dilakukan secara…

a. Cermat dan tepat

b. Sistematis dan cermat

c. Bertujuan dan tepat

d. Sistematis dan bertujuan

Jawaban:d

4. Perhatikan beberapa pernyataan di bawah ini:

1) Salah satu metode pengumpul data

2) Terstandar

3) Alat ukur yang objektif

4) Alat untuk menyimpulkan.

Berdasarkan pernyataan di atas, manakah pernyataan yang tepat mengenai pengertian tes psikologi?

a. 2), 3), dan 4)

b. 1), 2), dan 4)

c. 1), 2), dan 3)

d. Semua jawaban benar

Jawaban: c

5. Jenis tes intelegensi yang digunakan untuk mengukur anak anak usia 5 – 11 tahun adalah…

a. Tes The Advanced Progressive Matrices (APM)

b. Tes The Standard Progressive Matrices (SPM)

c. Tes The Colored Progressive Matrices (CPM)

d. Tes The Middle Progressive Matrices (MPM)

Jawaban: c

6. Angket dan skala psikologis pada hakekatnya merupakan jenis instrumen yang berbeda, namun sering dianggap sama oleh sebagian orang. Perbedaan angket dan skala psikologis terletak pada:

a. Angket bisa digunakan untuk mengungkap banyak hal, sedangkan skala psikologis hanya mengungkap satu atribut tunggal

b. Hasil data angket perlu dilakukan uji reliabilities, sedangkan hasil data skala psikologis bisa langsung digunakan

c. Data yang diungkap angket berupa konstrak psikologis, sedangkan skala psikologis mengungkap data factual

d. Angket digunakan untuk mengukur aspek afektif, sedangkan skala psikologis digunakan untuk mengukur aspek kognitif

Jawaban: a

7. Tes intelegensi yang dikembangkan oleh David Wechsler digunakan untuk orang dewasa adalah...

a. Tes CFIT

b. Tes WISC

c. Tes SPM

d. Tes WAIS

Jawaban: d

8. Observee bisa jadi tidak mengetahui bahwa mereka sedang diobservasi, sehingga perilaku yang nampak diharapkan wajar atau tidak dibuat-buat merupakan kelebihan dari observasi yang dilakukan secara:

a. Non-Partisipan

b. Partisipan

c. Kuasi Partisipan

d. Alami

Jawaban: b

9. Sosiometri ditujukan untuk meneliti hubungan antara anggota kelompok dengan anggota lainnya dalam suatu kelompok. Dengan demikian sosiometri dapat digunakan untuk hal-hal berikut ini:

a. Menyelidiki kesukaan seseorang

b. Mengetahui popularitas seseorang dalam kelompok

c. Menyelidiki ada tidaknya sikap dalam kelompok

d. Menyelidiki perilaku anggota kelompok

Jawaban: d

10. Memberikan informasi tentang efektivitas progam sehingga dapat mengoptimalkan hasil, efisiensi, dan kualitas merupakan tujuan dilakukannya:

a. Evaluasi

b. Tes

c. Pengukuran

d. Non Tes

Jawaban: a

11. Jika di sekolah tidak tersedia ruang konseling individual yang memadai, maka untuk menjalankan program konseling bagi siswa-siswi yang mengalami masalah dilakukan dengan cara berikut...

a. Konseling individual dilakukan di rumah konseli

b. Meminjam ruang kepala sekolah untuk konseling

c. Memilih tempat yang paling nyaman bagi siswa di sekolah

d. Meminjam ruang guru untuk konseling

Jawaban: c

12. Strategi layanan di dalam rambu-rambu penyelenggaraan bimbingan dan konseling dalam jalur pendidikan formal dalam bimbingan dan konseling perkembangan, disebutkan bahwa strategi pelayanan responsif (salah satu komponen program bimbingan dan konseling perkembangan) di antaranya yaitu...

a. Konseling individual dan konseling kelompok

b. Konseling individual dan lapangan

c. Bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok

d. Bimbingan klasikal dan lapangan

Jawaban: a

13. Tuntutan dari Permendikbud No. 111 Tahun 2014 Idealnya alokasi waktu kerja guru BK atau guru bimbingan dan konseling disekolah yaitu (80%-85%) untuk pelayanan langsung kepada peserta didik, dan sisanya (15%-20%) adalah untuk...

a. Pengembangan diri siswa

b. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler siswa

c. Pengelolaan keuangan atau pembiayaan

d. Aktivitas manajemen dan administrasi

Jawaban:d

14. Berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan diperoleh data beberapa siswa merasa pesimis dengan masa depan karena sulitnya mencari pekerjaan, maka strategi layanan yang tepat yaitu...

a. Layanan responsif melalui konseling individual

b. Dukungan system melalui PTBK

c. Layanan dasar melalui bimbingan kelompok

d. Perencanaan individual melalui penempatan dan penyaluran

Jawaban: c

15. Guru BK/guru BK membutuhkan dana untuk pengadaan sofa konseling yang lebih nyaman, peremajaan fisik berbagai inventori yang sudah mulai rusak, kursi rileksasi yang modelnya sudah tertinggal jaman, dan dana pengadaan komputer model baru. Jika dana hanya cukup untuk satu kebutuhan, prioritas akan diberikan untuk...

a. Peremajaan fisik berbagai inventori yang sudah mulai rusak

b. Pengadaan sofa konseling karena membutuhkan sofa yang lebih nyaman

c. Pengadaan computer model baru untuk mendukung layanan

d. Pengadaan kursi rileksasi baru karena konseli akan lebih nyaman

Jawaban: a

16. Rencana kegiatan (action plans) diperlukan untuk menjamin peluncuran program bimbingan dan konseling dapat dilaksanakan secara efektif dan efesien. Rencana operasional dikembangkan berdasarkan...

a. Tujuan yang telah dirumuskan berdasarkan kondisi sekolah dan kalender akademik

b. Tujuan yang telah dirumuskan berdasarkan visi dan misi sekolah

c. Tujuan yang telah dirumuskan berdasarkan rapat kepala sekolah dan guru BK

d. Tujuan yang telah dirumuskan berdasarkan hasil studi kebutuhan peserta didik dan lingkungan

Jawaban: d

17. Banyak siswa yang tidak percaya kepada guru BK karena tidak mampu menyelesaikan masalah. Hal ini disebabkan karena kemampuan komunikasi konseling yang kurang pada guru BK. Melihat situasi ini menurut Anda apa yang seharusnya dilakukan guru BK...

a. Meminta bantuan dari lembaga konseling untuk membantu menyelesaikan masalah yang dialami oleh siswa.

b. Mengikuti pelatihan konseling yang kredibel dengan tema komunikasi konseling

c. Menanyakan kepada siswa layanan seperti apa yang diinginkan

d. Mengikuti berbagai pelatihan untuk memperoleh sertifikat guna kenaikan pangkat

Jawaban: b

18. Dalam rangka penyusunan bimbingan dan konseling komprehensif harus didasarkan pada analisis kebutuhan...

a. Peserta didik dan orang tua

b. Peserta didik dan lingkungan

c. Peserta didik dan guru mata pelajaran

d. Peserta didik dan wali kelas

Jawaban: b

19. Optimalisasi program BK di sekolah antara lain dapat ditempuh dengan memanfaatkan konseling teman sebaya yang membutuhkan kolaborasi guru BK/guru BK dengan...

a. Peserta-peserta didik terpilih, wali kelas, dan kepala sekolah

b. Orang tua, psikolog, psikiatri, dan sosiolog yang akan menjadi pilar utama konseling teman sebaya

c. Kepala sekolah, kepala dinas pendidikan kabupaten, dan kepala daerah

d. Kepala dinas pendidikan kabupaten, kepala daerah, dan orang tua peserta didik

Jawaban: a

20. Seorang siswa membutukan bantuan untuk memahami bakat dan kemampuannya sehingga

dapat memilih jurusan yang sesuai. Dalam hal ini guru BK dapat menggunakan strategi layanan...

a. Perencanaan individual melalui penempatan dan penyaluran

b. Layanan responsif melalui konseling individual

c. Dukungan system melalui home visit

d. Layanan dasar melalui bimbingan kelas

Jawaban: a

21. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar….

a. Proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa

b. Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan tes diagnostik

c. Sasaran terpenting pengajaran remedial adalah peningkatan kecerdasan siswa

d. Strategi yang dipilih hanya berbentuk tes ulang

Jawaban: c

22. Upaya merancang program bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut…..

a. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda

b. Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi

c. Memberi tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai

d. Diberikan materi ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi

Jawaban: b

23. Dasar analisis kelemahan dan kekuatan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat digunakan guru untuk…..

a. Mempertahankan kebiasaan mengajar karena sudah lama dan banyak pengalaman

b. Mengusulkan penyediaan media pengajaran yang canggih untuk meningkatkan pembelajaran

c. Merancang ulang rancangan pembelajaran yang berdasarkan analisis terbukti memiliki kelemahan

d. Memberikan latihan tambahan berupa les untuk para siswa

Jawaban: c

24. Salah satu usaha guru dalam melaksanakan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain…..

a. Guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan

b. Guru melakukan introspeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru

c. Guru merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional

d. Guru mengevaluasi kembali rancangan mengatasi kelemahan yang ada

Jawaban: d

25. Upaya membimbing untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terlihat dalam upaya guru……..

a. Memberikan contoh pentingnya bersikap toleran

b. Melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat

c. Melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar

d. Mendiskusikan bagaimana mengatasi masalah sosial disekitar siswa

Jawaban: a

26. Salah satu ciri teori belajar rekonstruksionisme dalam proses pembelajaran adalah……

a. Pembelajaran sangat mengutamakan kondisi lingkungan

b. Guru memanfaatkan secara optimal pemberian penguatan (reinforcement)

c. Pengetahuan dibangun sedikit demi sedikit, hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas V

d. Kegiatan pembelajaran dipilih atas dasar minat siswa

Jawaban: c

27. Guru melakukan pembelajaran dengan memberikan kebebasan yang luas kepada siswa untuk menentukan apa yang ingin dipelajari sesuai sumber-sumber belajar yang tersedia atau dapat disediakan.

Pernyataan ini merupakan ciri dari teori belajar……

a. Behavioristik

b. Konstruktivistik

c. Humanisme V

d. Gestalt

Jawaban: c

28. Deni adalah seorang siswa berprestasi sehingga mendapat penghargaan/ hadiah. Dampaknya Deni lebih rajin dan lebih bersemangat belajar. Gurunya mengutamakan CBSA, materi pelajaran disajikan berbentuk unit-unit kecil agar siswa hanya perlu memberikan suatu respon tertentu saja, respon yang ada diberi umpan balik agar siswa segera tahu hasilnya. PBM yang dilakukan guru tersebut dilandasi teori belajar….

a. Behavioristik

b. Konstruktivistik

c. Humanisme

d. Gestalt

Jawaban: b

29. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:

1. Siswa dikondisikan harus menerima informasi kompleks dan menerapkannya ke situasi lain

2. Pembelajaran dikemas bukan menerima pengetahuan

3. Guru memfasilitasi menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siswa

4. Guru memberi kesempatan kepada menerapkan strategi belajar yang disarankan

Pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori belajar Konstruktivistik adalah….

a. 1, 2 dan 3

b. 1, 2 dan 4

c. 2, 3 dan 4

d. 2 dan 3

Jawaban: c

30. Kita menentukan kategori dan membentuk sesuatu yang dengan pasti memaknai fenomena. Kategori ini memungkinkan kita untuk mengelompokkan obyek-obyek dengan perbedaan-perbedaan yang nyata berdasarkan karakteristik umum, serta mengurangi kerumitan kondisi lingkungan. Strategi tersebut dikenal dengan model….

a. Berpikir induktif V

b. Berpikir deduktif

c. Pencapaian konsep

d. Pengemas awal

Jawaban: a

Link Unduh Kumpulan Soal PPPK Guru BK PDF

Bagi pelamar yang akan mengikuti tes kompetensi untuk mempelajari sejumlah contoh soal terkait materi BK. Adapun link unduh materi dan soal PPPK Bimbingan Konseling PDFnya dapat diakses melalui tautan berikut ini:

Link Contoh Soal PPPK Bimbingan Konseling

DownloadSoal PPPK Bimbingan Konseling PDF

LinkSoal PPPK Bimbingan Konseling PDF

Baca juga artikel terkait PPPK 2024 atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Dhita Koesno