Menuju konten utama

30 Contoh Soal Pretest PPG Guru BK Kemenag 2024 dan Jawabannya

Berikut ini adalah kumpulan contoh soal pretest PPG Guru BK Kemenag 2024 dan jawabannya yang dapat dipelajari peserta sebelum ujian seleksi.

30 Contoh Soal Pretest PPG Guru BK Kemenag 2024 dan Jawabannya
ilustrasi Guru. foto/IStockphoto

tirto.id - Bimbingan dan Konseling (BK) menjadi salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam Seleksi Akademik PPG Madrasah Tahun 2024.

Berikut ini contoh soal pretest PPG Guru BK Kemenag 2024 dan jawabannya yang dapat dipelajari sebelum ujian seleksi.

Pendaftaran Seleksi Akademik PPG Madrasah Tahun 2024 telah dibuka melalui laman https://simpatika.kemenag.go.id/madrasah pada 19-23 Februari 2024. Setelah melakukan pendaftaran, peserta dapat mengikuti beberapa tahapan seperti verifikasi dan validasi, cetak kartu, hingga Seleksi Akademik.

Seleksi Akademik PPG Kemenag adalah program untuk guru-guru madrasah yang terdata di SIMPATIKA namun belum memiliki sertifikat pendidik. Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG Madrasah Tahun 2024 dijadwalkan pada 5-6 Maret 2024 mendatang secara daring berbasis domisili.

Kisi-Kisi Seleksi Akademik PPG Madrasah 2024 Bidang Guru Bimbingan Konseling

Guru-guru BK madrasah merupakan salah satu sasaran dalam Seleksi Akademik PPG Madrasah Tahun 2024. Guru-guru BK akan diuji sesuai mata pelajaran yang diampu.

Berikut ini kisi-kisi Seleksi Akademik PPG Madrasah 2024 Bidang Guru Bimbingan dan Konseling:

1. Sikap Cinta Tanah Air

  • Sikap nasionalisme
  • Sikap patriotisme
  • Sikap menghargai perbedaan
  • Sikap berwibawa
  • Sikap tegas.
2. Sikap Kesepenuhhatian dan Kemurahhatian

  • Sikap kesepenuhhatian
  • Sikap kemurahhatian.
3. Instrumen Asesmen

  • Instrumen tes
  • Instrumen non-tes.

Kisi-kisi Seleksi Akademik PPG Madrasah 2024 untuk mata pelajaran Bimbingan dan Konseling lebih lengkap mulai materi hingga indikator dapat dilihat melalui link sebagai berikut:

LINK KISI-KISI SELEKSI AKADEMIK PPG MADRASAH 2024 BIMBINGAN DAN KONSELING

Contoh Soal Pretest PPG Guru Bimbingan dan Konseling 2024 serta Jawabannya

Setelah kisi-kisi, peserta Guru BK dapat mempelajari contoh-contoh soal terkait. Berikut ini contoh soal pretest PPG Guru Bimbingan dan Konseling 2024 beserta jawabannya:

1. Menurut Kohlberg tahap perkembangan moral pada usia remaja masuk pada tahap?

A. Pra Konvensional

B. Konvensional

C. Konservasi

D. Pasca Konvensional

Jawaban: B. Konvensional

2. Profil Perkembangan intelektual SMA di bawah ini yang benar adalah

A. Kecakapan dasar khusus (bakat) mulai menunjukkan kecenderungan-kecenderungan lebih jelas

B. Kecakapan dasar umum (general intelligence) menjalani laju perkembangan yang terpesat

C. Sudah mampu mengoperasikan kaidah -kaidah logika formal

D. Mampu membuat generalisasi yang lebih konklusi dan komprehensif

Jawaban: B. Kecakapan dasar umum (general intelligence) menjalani laju perkembangan yang terpesat

3. Kemampuan Remaja dalam mengambil keputusan merubah sebuah hasil dari proses...

A. Bersikap

B. Bertindak

C. Berfikir

D. Tidak ada jawaban yang benar

Jawaban: D. Tidak ada jawaban yang benar

4. Menurut Kohlberg tahap perkembangan moral pada usia remaja masuk pada tahap?

A. Pra Konvensional

B. Konvensional

C. Konservasi

D. Pasca Konvensional

Jawaban: B. Konvensional

5. Memberikan informasi tentang efektivitas program sehingga dapat mengoptimalkan hasil, efisiensi, dan kualitas merupakan tujuan dilakukannya:

A. Evaluasi

B. Tes

C. Non-Tes

D. Pengukuran

Jawaban: A. Evaluasi

6. Tes intelegensi yang dikembangkan oleh David Wechsler digunakan untuk orang dewasa adalah...

A. Tes WISC

B. Tes CFIT

C. Tes SPM

D. Tes WAIS

Jawaban: B. Tes CFIT

7. Wawancara sebagai alat untuk mengumpulkan data yang tidak bisa dilakukan dengan metode lain, maka wawancara berfungsi sebagai...

A. Metode pelengkap

B. Metode primer

C. Metode kriterium

D. Metode tersier

Jawaban: A. Metode pelengkap

8. Angket dan skala psikologis pada hakikatnya merupakan jenis instrumen yang berbeda, namun sering dianggap sama oleh sebagian orang. Perbedaan angket dan skala psikologis terletak pada:

A. Data yang diungkap angket berupa konstrak psikologis, sedangkan skala psikologis mengungkap data faktual

B. Hasil data angket perlu dilakukan uji reliabilitas, sedangkan hasil data skala psikologis bisa langsung digunakan

C. Angket bisa digunakan untuk mengungkap banyak hal, sedangkan skala psikologis hanya mengungkap satu atribut tunggal

D. Angket digunakan untuk mengukur aspek afektif, sedangkan skala psikologis digunakan untuk mengukur aspek kognitif.

Jawaban: C. Angket bisa digunakan untuk mengungkap banyak hal, sedangkan skala psikologis hanya mengungkap satu atribut tunggal

9. Contoh aplikasi online yang bisa dimanfaatkan oleh guru BK secara free dalam melakukan asesmen diantaranya adalah adalah:

A. Survey monkey

B. Qualtrics

C. Job Street.com

D. Google form

Jawaban: D. Google form

10. Bu susan sudah melakukan need assesmen berbasis online, menurut bu Susan dengan online asessmen maka turut membantu melestarikan lingkungan. Atas dasar tersebut yang dilakukan oleh guru BK adalah:

A. Nirkertas

B. Lebih efektif

C. Mempersingkat waktu

D. Ekonomis

Jawaban: A. Nirkertas

11. Identifikasi masalah konseling menunjukan data sebagai berikut.

1) Konseli belajar jika ada ulangan,

2) Mengerjakan PR jika disuruh

3) Lebih suka lihat media sosial dibanding belajar

Atas dasar tersebut yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling adalah:

A. Mengirim konseli ke dokter

B. Berharap guru mata pelajaran memberikan remidi

C. Membantu siswa meregulasi cara belajarnya

D. Memanggil orang tua untuk konseling

Jawaban: C. Membantu siswa meregulasi cara belajarnya

12. Berdasarkan pada soal tersebut, layanan apa yang harus diprioritaskan?

A. Layanan Responsif

B. Layanan Dasar

C. Layanan peminatan dan Perencanaan individual

D. Dukungan sistem

Jawaban: B. Layanan Dasar

13. Dasar untuk menentukan tujuan program BK yang paling penting untuk diperhatikan oleh guru BK adalah?

A. Kebutuhan peserta didik

B. Masalah peserta didik

C. Kebutuhan lingkungan

D. A dan B benar

Jawaban: D. A dan B benar

14. Arah yang ingin atau hendak dicapai dari penyelenggaraan bimbingan dan konseling yang telah direncanakan oleh guru BK merupakan pemahaman tentang?

A. Sasaran layanan

B. Tujuan layanan

C. Program layanan

D. Semua jawaban benar

Jawaban: B. Tujuan layanan

15. Sejalan dengan misi satuan pendidikan kejuruan (SMK), maka bidang bimbingan karier utamanya dikonsentrasikan pada:

A. Latihan kerja melalui magang dan karir alternatif

B. Perolehan kesadaran akan pekerjaan dan karir

C. Pemahaman akan dunia kerja dan syaratnya

D. Pengambilan keputusan karier di masa depan

Jawaban: C. Pemahaman akan dunia kerja dan syaratnya

16. Peserta didik sekolah menengah berada pada masa remaja. Pada masa ini perkembangan fisik berjalan sangat cepat dengan ditandainya ciri- ciri primer dan sekunder. Di bawah ini yang merupakan ciri-ciri sekunder pada remaja adalah...

A. Perubahan suara menjadi semakin rendah-besar pada remaja laki- laki

B. Menstruasi pada remaja wanita

C. Mimpi basah pada remaja laki laki

D. Tumbuhnya jakun pada remaja laki-laki dan wanita

Jawaban: A. Perubahan suara menjadi semakin rendah-besar pada remaja laki- laki

17. Profil Perkembangan intelektual SMP di bawah ini yang benar adalah

A. Tercapainya kedewasaan intelektual umum

B. Sudah mampu mengoperasikan kaidah -kaidah logika formal

C. Kecakapan dasar umum (general intelligence) menjalani laju perkembangan yang terpesat

D. Kecenderungan bakat tertentu mencapai titik puncak dan kemantapan

Jawaban: C. Kecakapan dasar umum (general intelligence) menjalani laju perkembangan yang terpesat

18. Konseli memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Perbedaan karakteristik konseli juga akan berpengaruh pada kebutuhan yang berbeda satu sama lain. Untuk membantu konseli memenuhi kebutuhannya, konselor perlu melakukan asesmen kebutuhan. Konselor dapat melakukan asesmen kebutuhan dalam dua teknik, yaitu...

A. Tes dan observasi

B. Inventory dan skala psikologis

C. Tes dan non-tes

D. Tes psikologis dan non tes

Jawaban: C. Tes dan non-tes

19. Observer tidak bisa melakukan observasi hanya secara tiba-tiba dan tanpa perencanaan yang jelas, harus jelas apa tujuannya, bagaimana karakteristiknya, gejala-gejala apa saja yang perlu diamati, model pencatatannya, analisisnya, dan pelaporan hasilnya. Oleh karena itu observasi harus dilakukan secara:

A. Sistematis dan bertujuan

B. Bertujuan dan tepat

C. Sistematis dan cermat

D. Cermat dan tepat

Jawaban: A. Sistematis dan bertujuan

20. Contoh aplikasi online yang bisa dimanfaatkan oleh guru BK secara free dalam melakukan asesmen diantaranya adalah adalah:

A. Survey monkey

B. Qualtrics

C. Job Street.com

D. Google form

Jawaban: D. Google form

21. Hasil asesmen kebutuhan peserta didik menunjukan sekitar 15% peserta didik mengalami masalah yang harus segera diselesaikan. Sarana yang mendesak harus segera disiapkan guru bimbingan dan konseling atau konselor adalah:

A. Alat asesmen

B. Ruang konseling

C. Laporan tes psikologi

D. Alat rekam dan sound system

Jawaban: B. Ruang konseling

22. Dasar untuk menentukan tujuan program BK yang paling penting untuk diperhatikan oleh guru BK adalah?

A. Kebutuhan peserta didik

B. Masalah peserta didik

C. Kebutuhan lingkungan

D. A dan C benar

Jawaban: D. A dan C benar

23. Ani merupakan salah satu siswa kelas IX yang berprestasi di sekolahnya, setelah lulus SMP dia ingin melanjutkan ke SMA hanya saja orang tua Ani mengharapkan Ani untuk bekerja sajA. Sedangkan berdasarkan pada analisis kebutuhan yang dikerjakan oleh Ani hasilnya adalah 90% ani ingin mengetahui bakat dan minat serta potensi yang dimilikinyA. Berdasarkan hal tersebut bidang layanan yang perlu segera diberikan oleh guru BK untuk Ani adalah:

A. Bidang pribadi

B. Bidang belajar

C. Bidang karier

D. Bidang sosial

Jawaban: C. Bidang karier

24. Pak Rudi adalah guru BK di SMA saat ini melakukan seleksi peminatan untuk membantu siswa memperoleh minat pada mata pelajaran yang disukai, ternyata hasil dari asesmen pak Rudi menemukan ada perbedaan hasil antara angket minat dan bakat yang dimiliki oleh siswanya. Rumuskanlah langkah yang dilakukan selanjutnya...

A. Menentukan berdasarkan rekomendasi orang tua

B. Melakukan assesmen tambahan untuk melengkapi data

C. Memutuskan berdasarkan minat karena lebih menentukan karir

D. Memutuskan berdasarkan kuota yang tersedia

Jawaban: B. Melakukan assesmen tambahan untuk melengkapi data

25. Bu Lusi sudah melakukan need assesmen berbasis online, menurut bu Lusi dengan online asessmen maka turut membantu melestarikan lingkungan. Atas dasar tersebut yang dilakukan oleh guru BK adalah:

A. Lebih efektif

B. Mempersingkat waktu

C. Nirkertas

D. Ekonomis

Jawaban: C. Nirkertas

26. Dalam melaksanakan peminatan SMP, guru BK mengadakan tes psikologis untuk membantu peserta didik dalam memilih jurusan yang sesuai. Untuk menghemat biaya tes guru tersebut meminjam buku tes dari guru BK yang telah mendapatkan sertifikat. Kemungkinan dampak yang akan terjadi bila guru BK mengambil langkah ini...

A. Hasil tes tidak dapat dipertanggungjawabkan karena dilakukan oleh guru yang tidak memiliki kewenangan

B. Tindakan ini bisa dijadikan saran untuk diikuti guru BK dari sekolah lain

C. Hal itu bisa dilakukan karena bertujuan untuk membantu siswa dalam pemilihan jurusan

D. Tindakan tersebut dibolehkan selama hasilnya tetap dirahasiakan

Jawaban: A. Hasil tes tidak dapat dipertanggungjawabkan karena dilakukan oleh guru yang tidak memiliki kewenangan

27. Banyak peserta didik yang bingung memilih studi lanjut atau kerja setelah lulus SMA. untuk membantu peserta didik memahami diri Kegiatan assesmen yang dilakukan oleh guru BK adalah...

A. Menganalisis buku pribadi, angket peminatan dan prestasi akademik

B. Menganalisis hasil tes bakat minat, angket peminatan dan prestasi akademik

C. Menganalisis portofolio prestasi akademik dan non akademik

D. Menganalisis portofolio prestasi akademik dan tes kepribadian

Jawaban: B. Menganalisis hasil tes bakat minat, angket peminatan dan prestasi akademik

28. Hasil assemen seorang siswa, tidak memiliki teman akrab untuk belajar 45%, merasa kesepian 30%, dan tidak senang berada di rumah 25%. Layanan yang dikembangkan...

A. Kesadaran dan tanggung jawab sosial

B. Membina hubungan dengan teman sebaya

C. Pengembangan diri

D. Kematangan emosi

Jawaban: D. Kematangan emosi

29. Guru BK ingin melakukan penilain terhadap siswa tentang sikap belajar setelah melaksanakan layanan. Instrumen yang digunakan ialah...

A. Observasi

B. Angket

C. Wawancara

D. Studi dokumenter

Jawaban: A. Observasi

30. Assemen untuk mengetahui kebutuhan lingkungan dalam memahami kebutuhan peserta didik yang paling tepat adalah...

A. Angket, wawancara, inventori

B. Studi dokumentasi, wawancara, observasi

C. Sosiodrama, wawancara dan observasi

D. Semua jawaban benar

Jawaban: A. Angket, wawancara, inventori.

Baca juga artikel terkait PPG 2024 atau tulisan lainnya dari Syamsul Dwi Maarif

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yulaika Ramadhani