tirto.id - Contoh soal pretest PPG Fiqih Kemenag 2024 di antara membahas tentang sikap nasionalisme, patriotisme, menghargai perbedaan, hingga mempertahankan kekayaan alam Indonesia. Berikut ini contoh soal pretest PPG Fiqih Kemenag 2024.
Pendaftaran seleksi Akademik PPG Guru Madrasah Tahun 2024 telah dibuka pada 19-23 Februari 2024 melalui laman https://simpatika.kemenag.go.id/madrasah. Program Seleksi Akademik PPG Kemenag adalah program yang ditujukan kepada guru-guru madrasah yang terdata di SIMPATIKA namun belum memiliki sertifikat pendidik.
Setelah melakukan pendaftaran, salah satu tahapan yang akan dilalui peserta PPG Kemenag 2024 adalah Seleksi Akademik pada 5-6 Maret 2024 mendatang. Diperlukan persiapan yang baik untuk peserta sehingga dapat melewati seleksi seleksi akademik tersebut.
Kisi-Kisi Seleksi Akademik PPG Madrasah 2024 Bidang Fiqih
Fiqih menjadi salah satu mata pelajaran yang diujikan pada Seleksi Akademik PPG Madrasah 2024. Berikut ini kisi-kisi Seleksi Akademik PPG Madrasah 2024 bidang Fiqih:
- Sikap cinta tanah air
- Sikap berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, dan samapta
- Membiasakan sikap kesepenuhhatian dan kemurahhatian sebagai pendidik yang memesona dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik
- Taharah
- Salat fardu
- Salat idain
- Salat Jumat
- Makanan dan minuman yang halal dan thayyib.
LINK KISI-KISI SELEKSI AKADEMIK PPG MADRASAH 2024 FIKIH
Contoh Soal Pretest PPG Fiqih Kemenag 2024 dan Jawabannya
Selain kisi-kisi, peserta PPG Kemenag 2024 juga membutuhkan contoh soal terkait. Contoh soal akan membantu peserta mengetahui tingkat pemahaman materi dan kisi yang dikuasai. Berikut ini contoh soal pretest PPG Fiqih Kemenag 2024 dan jawabannya:
1. Perhatikan pernyataan berikut:
1) Kajian sistemik untuk perbaikan pelaksanaan praktik pendidikan oleh guru atau sekelompok guru dengan melakukan tindakan berdasarkan refleksi mengenai hasil dari tindakan tersebut.
2) Kajian ilmiah untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan.
3) Kajian reflektif diri secara kolektif dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran dan keadilan praktik pendidikan dan sosial serta pemahaman mengenai praktik dan situasi tempat dilakukannya.
4) Kajian ilmiah guna menemukan pengetahuan baru, prinsip-prinsip umum, serta mengadakan ramalan dan generalisasi. Dari pernyataan di atas, manakah definisi penelitian tindakan kelas yang tepat...
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 3 dan 2
D. 4 dan 1
E. 3 dan 4
Jawaban: A. 1 dan 3
2. Seorang guru Fikih diharapkan mengimplementasikan pembelajaran holistic dengan tujuan untuk menghasilkan insan Indonesia yang cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual, dan cerdas kinestetis, sehingga dalam proses pembelajaran guru-guru mengharapkan agar peserta didik mampu memproses data secara aktif, logis, lateral, dan imajinatif, deduktif, dan sebagainya. Kemampuan tersebut merupakan ciri dari...
A. Kecerdasan emosional
B. Kemandirian
C. Berpikir
D. Artikulasi
E. Sensasi ganda
Jawaban: C. Berpikir
3. Pak Agus, guru kelas IV Madrasah ibtidaiyah, sedang menyusun soal dengan karakteristik higher order thinking (HOT). Secara prinsip, HOT atau HOTS merupakan bentuk tes yang mengukur dimensi metakognitif yang dibutuhkan oleh siswa agar memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Berikut dikemukakan kasus untuk diidentifikasi kategorinya berdasarkan option yang tersedia.
Pak Agus mempraktikkan cara mengukur benda dengan bercerita mengenai lama waktu yang dihabiskannya untuk tiba di sekolah. Pak Agus menyimpulkan bahwa setiap benda dan keadaan memiliki ukuran dan alat ukurnya masing-masing, misalnya panjang benda diukur dengan meter dan kecepatan diukur dengan waktu. Selanjutnya Pak Agus menginstruksikan agar siswa membentuk kelompok dan mulai mengukur objek di sekitarnya dengan alat ukur yang sesuai. Apa yang dilakukan Pak Agus adalah salah satu cara memberi kesempatan siswa menemukan pengetahuan konsep berbasis...
A. Kelompok
B. Temuan
C. Aktivitas
D. Masalah
E. Kasus
Jawaban: C. Aktivitas
4. Salah satu tuntutan dalam pembelajaran pada implementasi Kurikulum 2013 dan perkembangan abad 21 adalah peserta didik mampu meningkatkan kapasitas isi pengetahuan dan keterampilan melalui latihan. Asumsi dari aktivitas pembelajaran ini adalah peserta didik telah menerima beberapa instruksi tentang konsep, prinsip, atau prosedur tertentu dari guru sebelumnya. Agar kegiatan latihan tersebut efektif, maka harus diikuti dengan umpan balik untuk menguatkan jawaban benar dan memperbaiki jawaban salah yang mungkin dilakukan oleh peserta didik. Berdasarkan narasi di atas, maka pembelajaran tersebut merupakan ciri dari...
A. Demonstration
B. Drill and practice
C. Discussion
D. Cooperative learning
E. Problem based learning
Jawaban: B. Drill and practice
5. Semua Guru PAI di Indonesia Minimal harus Berkualifikasi D-IV atau S-1, peraturan ini ditetapkan setelah dikeluarkannya...
A. UU Nomor 14 Tahun 2005
B. Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007
C. PP No 74 tahun 2008
D. Permenag Nomor 16/2010
E. Permenag Nomor 12/2010
Jawaban: D. Permenag Nomor 16/2010
6. Sikap profesional merupakan motivasi intrinsik yang ada pada diri seseorang yang berdampak pada bentuk etos kerja kecuali...
A. Memiliki kebanggaan terhadap profesinya
B. Mengejar kualitas dan cita-cita dalam profesi
C. Melakukan pekerjaan sesuai dengan instruksi
D. Meningkatkan dan memelihara citra profesi
E. Bekerja sesuai dengan Tupoksi
Jawaban: E. Bekerja sesuai dengan Tupoksi
7. PMA No 38 tahun 2008 melahirkan konsep...
A. Kode Etik Guru Agama
B. Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis KKG/MGMP
C. Persyaratan Menjadi Guru Agama
D. Kompetensi Guru Agama
E. Kualifikasi Akademik Calon Guru
Jawaban: B. Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis KKG/MGMP
8. Kompetensi adalah penguasaan terhadap suatu tugas, keterampilan, sikap, dan apresiasi yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan. Kompetensi juga dapat diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh...
A. Finch dan Crunkilton
B. E Mulyasa
C. Katane
D. Winarno
E. Suharsimi Arikunto
Jawaban: A. Finch dan Crunkilton
9. Kedudukan Guru sebagai tenaga profesional tercantum dalam...
A. UU Guru dan Dosen Nomor 14 tahun 2005 pasal 2 ayat 1
B. UU guru dan Dosen Nomor 14 tahun 2005 pasal 3 ayat 2
C. UU SISDIKNAS No. 20 tahun 2003 pasal 4 ayat 3
D. UU SISDIKNAS No. 20 tahun 2003 pasal 7 ayat 3
E. UU Guru dan Dosen Nomor 14 tahun 2005 pasal 3 ayat 3
Jawaban: A. UU Guru dan Dosen Nomor 14 tahun 2005 pasal 2 ayat 1
10. Suatu keahlian (skill) dan kewenangan dalam suatu jabatan tertentu sebagai prasyarat dalam memegang suatu pekerjaan disebut...
Profesi
Profesionalisme
Profesionalitas
Profesionalisasi
Profesional
Jawaban: Profesi
11. Perhatikan pernyataan berikut:
(1) Tulisan yang memaparkan data hasil temuan lapangan atau sekolah tempat praktik pengalaman lapangan,
(2) Tulisan tentang analisa bidang tertentu yang ditulis secara sistematis dan disampaikan dalam suatu forum resmi,
(3) Tulisan yang mengemukakan pendapat penulis berdasarkan rujukan pendapat orang lain,
(4) Tulisan yang disusun secara sistematis berdasarkan hasil pengkajian/observasi tentang topik atau masalah tertentu,
(5) Tulisan yang mengungkapkan pengetahuan baru dengan melakukan pengujian terhadap suatu hipotesis,
(6) Tulisan ilmiah yang mengemukakan teori atau dalil baru yang dapat dibuktikan berdasarkan fakta secara empiris dan objektif. Pernyataan di atas yang termasuk jenis karya tulis ilmiah penyelesaian tugas akhir mahasiswa adalah...
A. (1)-(4)-(2)-(6)
B. (2)-(4)-(3)-(5)
C. (3)-(5)-(6)-(1)
D. (4)-(2)-(1)-(6)
E. (5)-(4)-(6)-(2)
Jawaban: C. (3)-(5)-(6)-(1)
12. Profesionalitas dapat dikembangkan dengan mendinamiskan tiga pilar utama karakter yaitu...
A. Peningkatan Kualitas, Kemauan Kuat, dan selalu bekerja dengan tim
B. Keunggulan, kemauan kuat pada profesionalisme, dan etika
C. Peningkatan Kualitas, dan Selalu menumbuhkan Etos Kerja
D. Selalu melakukan koordinasi dengan tim kerja
E. Mengedepankan Kepentingan Umum
Jawaban: B. Keunggulan, kemauan kuat pada profesionalisme, dan etika
13. Kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik termasuk Kompetensi...
A. Profesional
B. Pedagogik
C. Kepribadian
D. Sosial
E. Spiritual
Jawaban: B. Pedagogik
14. Pengembangan profesionalitas guru dimaksudkan untuk merangsang, memelihara, dan meningkatkan kualitas staf dalam memecahkan masalah-masalah keorganisasian, pendapat tersebut dikemukakan oleh...
A. M Surya
B. Danim
C. Sugiyono
D. E Mulyasa
E. Syafrudin
Jawaban: A. M Surya
15. Sistem Peraturan atau perangkat Prinsip-prinsip keperilakuan yang telah diterima oleh kelompok orang-orang keprofesian adalah pengertian dari...
A. Kode etik
B. Profesionalisme dalam bekerja
C. Syarat profesional
D. Etos kerja
E. Syarat profesi
Jawaban: A. Kode etik
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yulaika Ramadhani