tirto.id - Contoh Rencana Tindak Lanjut (RTL) PPG (Pendidikan Profesi Guru) Daljab (Dalam Jabatan) PDF dan cara membuatnya bisa Anda jadikan referensi untuk menyusun RTL sebagai bagian dari tugas pada tahap akhir pelaksanaan PPG Daljab.
Peserta PPG Daljab pada tahap akhir pelaksanaan pendidikannya setelah melakukan serangkaian Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), harus menyelesaikan tugas yang terdapat pada LK 3.1 yaitu Penyusunan Best Practice dan Rencana Tindak Lanjut (RTL) PPG Dalam Jabatan.
Rencana Tindak Lanjut (RTL) ini merupakan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan setelah melaksanakan refleksi dan evaluasi dari kegiatan sebelumnya. RTL ini merupakan suatu program yang berfungsi sebagai jaminan bagi keberlangsungan dan keberlanjutan dari program yang telah dilaksanakan sebelumnya.
Untuk bisa membuat RTL, peserta PPG Daljab harus sudah mengunggah hasil review dan Validasi Desain Pembelajaran. Agar Anda mendapatkan gambaran yang jelas, berikut ini adalah cara membuat RTL PPG Daljab.
Cara Membuat Rencana Tindak Lanjut RTL PPG Daljab
1. Tuliskan identitas Anda (Nama, NIM, Kelas, Prodi)
2. Buatlah latar belakang dari RTL yang akan Anda laksanakan (alasan mengapa RTL ini perlu dilakukan, dan mengapa RTL semacam itu yang dipilih untuk Anda laksanakan).
3. Lalu susunlah RTL, misalnya:
- RTL 1 (Materi Penyusunan RPP / Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
- RTL 2 (Materi Pembuatan Video Pembelajaran)
- RTL 3 (Materi Penyusunan Praktik Baik/Best Practice)
4. Tuliskan hambatan yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan RTL Anda.
5. Lalu, tuliskan solusi yang mungkin dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut.
6. Selain solusi, Anda bisa juga menulis sejumlah strategi yang akan Anda lakukan untuk mewujudkan RTL Anda.
Contoh Rencana Tindak Lanjut RTL PPG Daljab PDF
Berikut ini adalah salah satu contoh RTL yang bisa Anda jadikan referensi:
RENCANA TINDAK LANJUT (RTL) PPG Daljab 2022
Nama: Moh. Qowiyuddin Shofi, S.Pd
Instansi: SMP Negeri 3 Jombang
Prodi: Pendidikan Bahasa Indonesia
LATAR BELAKANG RENCANA TINDAK LANJUT
Rencana tindak lanjut (RTL) merupakan suatu rancangan keberlanjutan dari suatu program yang sudah diikuti untuk didesiminasikan ke pihak lain sebagai upaya peningkatan mutu keprofesionalan sesuai bidang pelatihan/ diklat yang telah diikuti.
Adapun PPG Dalam Jabatan tahun 2022 secara garis besar melatih peserta untuk dapat menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang baik, video pembelajaran yang profesional, dan praktik baik (Best Practice) yang ilmiah sebagai bentuk perwujudan guru profesional.
Oleh karena itu, setelah peserta mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran dalam PPG Daljab ini, maka penyusunan RTL perlu dilakukan sebagai upaya memberikan kebermanfaatan yang sama kepada pihak lain, khususnya teman sejawat di instansi peserta.
Berikut rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan peserta sebagai bentuk pengimbasan/ desiminasi pada teman sejawat di instansi asal peserta, yaitu SMPN 3 Jombang.
- RTL 1 - Materi Penyusunan RPP
Rencana Kegiatan: RPP, Bahan Ajar, Media
Waktu: Sabtu, 5 November 2022
Tempat Kegiatan: Ruang Guru SMPN 3 Jombang
Pihak Terkait: Guru
Keterangan: 08.30-11.30
- RTL 2 – Materi Pembuatan Video Pembelajaran
Rencana Kegiatan: Pembuatan skenario video implementasi RPP
Waktu: Sabtu, 13 November 2022
Tempat Kegiatan: Ruang Guru SMPN 3 Jombang
Pihak Terkait: Guru
Keterangan: 08.30-11.30 WIB
- RTL 3 – Materi Penyusunan Praktik Baik/Best Practice
Rencana Kegiatan: Persiapan Best Practice (Sistematika Penulisan)
Waktu: Sabtu, 20 November 2022
Tempat Kegiatan: Ruang Guru SMPN 3 Jombang
Pihak Terkait: Guru
Keterangan: 08.30-11.30 WIB
HAMBATAN YANG MUNGKIN TERJADI
Dalam upaya pelaksanaan rencana tindak lanjut, tentunya akan mengalami beberapa hambatan yang mungkin akan terjadi. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan teman sejawat, berikut kemungkinan hambatan yang akan terjadi:
1. Keterbatasan alat bantu/ media belajar, seperti laptop, yang mendukung pembelajaran.
2. Kelemahan daya serap belajar yang dialami guru senior berusia di atas 50 tahun (lemah IPTEK).
3. Durasi waktu yang kurang panjang.
SOLUSI YANG AKAN DILAKUKAN
Berdasarkan hambatan di atas, maka peserta akan berusaha mengantisipasi dengan solusi berikut:
1. Bekerjasama dengan pengelola Lab. Komputer untuk peminjaman laptop bagi peserta desiminasi yang tidak memiliki laptop.
2. Melakukan pembelajaran model Jigsaw dengan menempatkan guru senior berdampingan dengan guru muda yang akan bertindak sebagai tutor/ pendamping belajar.
3. Memanfaatkan tutor/ pendamping belajar untuk membimbing peserta yang kesulitan dalam proses desiminasi.
Untuk melihat contoh-contoh lainnya berikut adalah link PDF dari RTL PPG Daljab
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani