tirto.id - Salah satu tugas dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang wajib dikerjakan oleh peserta Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan (PPG Daljab) adalah membuat LK 2 Jurnal Refleksi PPG Daljab.
PPG Daljab merupakan program beasiswa pengembangan profesi yang diperuntukkan bagi tenaga pendidik lulusan S1 atau D4 pendidikan yang belum memiliki sertifikasi guru. Berdasarkan laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) peserta PPG Daljab yang berhasil lolos akan menerima biaya perkuliahan selama dua sampai tiga bulan.
Pendaftaran PPG Daljab tahun 2023 angkatan 3 sendiri telah dibuka pada 30 Mei 2023. Tahun ini terdapat dua siklus yang dilangsungkan pada masa perkuliahan PPG Daljab Angkatan 3.
Menurut jadwal yang telah ditetapkan, Siklus 1 dilaksanakan pada 16 November sampai dengan 21 Desember 2023. Untuk pelaksanaan Siklus 2 dijadwalkan pada 2 Januari sampai dengan Februari 2024.
Siklus 1 terdiri atas tahap pendalaman materi, pengembangan perangkat, uji komprehensif, dan juga PPL. Sedangkan, siklus 2 terdiri atas tahap pendalaman materi, pengembangan perangkat, PPL dan rencana tindak lanjut.
Tahapan uji komprehensif akan dilaksanakan pada 1-2 Desember 2023 dengan jadwal ujian susulan pada 4 Desember 2023. Kemudian akan dilanjutkan dengan agenda PPL yang dilaksanakan selama 15 hari pada 6-21 Desember 2023.
Sebagaimana disebutkan, dalam tahapan PPL peserta diharuskan untuk membuat jurnal refleksi pembelajaran PPL PPG Daljab 2023. Jurnal refleksi merupakan salah satu dari rangkaian tugas di tahap PPL.
Jurnal refleksi berfungsi sebagai catatan guru yang berkenaan dengan kejadian selama proses pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Jurnal ini dapat membantu peserta bakal guru untuk mengevaluasi, mencerna hingga menganalisis pembelajaran selama PPL.
Produk refleksi pada PPL PPG Daljab diserahkan sebanyak 1x untuk siklus 1. 1x untuk siklus 2, dan 1x untuk keseluruhan siklus. Sehingga total jurnal refleksi yang harus disusun adalah sebanyak 3 dokumen.
Selain jurnal refleksi terdapat tugas lain yang perlu dituntaskan peserta pada PPG Daljab 2023 diantaranya adalah artefak hasil belajar siswa, dan rencana evaluasi PPG.
Lantas seperti apa wujud jurnal refleksi? Bagaimana cara menyusunnya?
Artikel ini akan membahas contoh jurnal refleksi PPL PPG Daljab 2023 serta cara mengisi yang dapat dijadikan acuan saat mengerjakan tugas.
Contoh Jurnal Refleksi PPL PPG Daljab 2023
Peserta yang lolos uji komprehensif akan lanjut ke tahap PPL atau Praktik Pengalaman Lapangan. Selain mengajar di lapangan, peserta diharuskan menyusun jurnal refleksi atau catatan kegiatan belajar. Berikut adalah contoh jurnal refleksi PPL PPG Daljab 2023:
Peserta diminta untuk menyusun cerita praktik baik (best practice) menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) terkait pengalaman mengatasi permasalahan siswa dalam pembelajaran.
Lokasi | MAS AL- WASHLIYAH TELUK NIBUNG |
Lingkup Pendidikan | MADRASAH ALIYAH |
Tujuan yang ingin dicapai | Aksi 1 Meningkatkan pembelajaran di kelas yang berkaitan dengan model-model pembelajaran inovatif Aksi 2 Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik pada pembelajaran materi calorimeter |
Penulis | (Nama Guru) |
Tanggal | Aksi 1: (Tanggal Pelaksanaan) Aksi 2: (Tanggal Pelaksanaan) |
Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab Anda dalam praktik ini. | Aksi 1: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah: 1. Peserta didik pasif dalam proses pembelajaran, peserta didik hanya menerima materi dan tidak ada timbal balik. 2. ….dst Aksi 2 Kondisi yang menjadi latar belakang masalah: 1. Peserta didik kurang bersemangat mengikuti proses pembelajaran 2 ….dst Praktik pembelajaran ini perlu dibagikan menurut saya karena: Masih banyak Bapak/Ibu Guru yang mengalami permasalahan serupa, sehingga diharapkan dapat menjadi referensi bagi rekan lainnya. Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah: Saya sebagai guru bertanggungjawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif, lebih inovatif dan menarik dengan menggunakan metode, media, dan model pembelajaran yang tepat sehingga tujuan belajar dan hasil belajar siswa bisa tercapai. |
Tantangan: Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat. | Setelah melakukan identifikasi masalah maka beberapa tantangan yang terjadi yaitu: Aksi 1: Setelah melakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, wawancara dengan guru, kepala sekolah serta pakar maka beberapa tantangan yang terjadi yaitu: 1. Materi sulit dipahami sehingga hasil belajarnya rendah 2. …dst Aksi 2 Setelah melakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, wawancara dengan guru, kepala sekolah, serta pakar maka beberapa tantangan yang terjadi yaitu: 1. Peserta didik kurang terlibat dalam proses pembelajaran 2. …dst Yang terlibat yaitu: Siswa, guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa |
Aksi: Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat/apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini | Dalam menghadapi tantangan-tantangan pada aksi 1 dan aksi 2 tersebut, maka langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu: 1. Menerapkan model pembelajaran inovatif - Dalam melaksanakan aksi 1 dan aksi 2 guru memilih model pembelajaran PBL. Dalam pemilihan model pembelajaran inovatif guru melaksanakan sintak-sintak dari model pembelajaran tersebut. - …dst 2. Memaksimalkan media pembelajaran yang inovatif - Guru menggunakan media pembelajaran inovatif sehingga peserta didik dapat lebih memahami materi yang disampaikan, kemudian guru juga menggunakan media video pembelajaran untuk menyampaikan materi. - …dst 3. Meningkatkan hasil belajar peserta didik - Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan metode memecahkan masalah dalam materi kimia tentang menyusun kalimat pertanyaan menggunakan aspek apa, mengapa, dan bagaimana beserta jawabannya dan materi sistem dan lingkungan - ….dst Sumber daya yang diperlukan yaitu kompetensi dan kreativitas guru dalam mengembangkan RPP dan LKPD yang berpusat pada peserta didik. Hal ini dapat dilihat dalam kegiatan diskusi dan presentasi kelompok, guru berperan sebagai fasilitator sedangkan siswa menjadi pusat pembelajaran. |
Refleksi hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut | Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan yaitu sangat efektif, hal tersebut dapat dilihat dari: a. Penggunaan media pembelajaran inovatif sangat membantu siswa memahami materi yang disampaikan b. …dst Penerapan media berbasis TPACK yang diimplementasikan yaitu berbasis media pembelajaran yang inovatif serta dipadukan dengan model pembelajaran PBL membuat siswa lebih aktif, bersemangat, dan tidak mudah bosan selama belajar. …dst |
Pada tuas ini Anda diminta untuk menuliskan jurnal refleksi terhadap pembelajaran sebelum PPG Daljab dan seusai melaksanakan Pendalaman Materi dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dijadikan acuan dalam mengisi jurnal refleksi:
1. Pilihlah salah satu pembelajaran yang merupakan rencana aksi yang telah dirancang pada langkah 6 pada MK Pengembangan Perangkat Pembelajaran.
2. Deskripsikan setiap kolom dari jurnal refleksi.
3. Lakukan analisis terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Untuk analisis kegiatan, hubungkan hal yang berlangsung baik dengan hal yang masih menjadi tantangan saat proses pembelajaran dengan teori yang dipelajari saat pendalaman materi.
A. Deskripsi Kegiatan Inovasi Pembelajaran
- Menyampaikan topik dan tujuan yang diajarkan
- Inovasi apa yang ingin dilakukan
- Alasan memilih metode tersebut sebagai inovasi pembelajaran di kelas.
- Manfaat yang dirasakan saat inovasi pembelajaran berlangsung
- Jelaskan alasannya kaitkan dengan materi yang dipelajari pada MK Pendalaman Materi.
C. Tantangan/Masalah yang Dihadapi dari Inovasi Pembelajaran
- Tantangan apa yang dihadapi saat penerapan inovasi dalam pembelajaran
- Jelaskan alasannya kaitkan dengan materi yang dipelajari pada MK Pendalaman Materi.
- Solusi yang dilakukan untuk memecahkan masalah yang dihadapi saat penerapan inovasi dalam pembelajaran
- Apakah solusi membawa pada pembelajaran yang berjalan lebih baik?
- Jelaskan alasannya kaitkan dengan materi yang dipelajari pada MK Pendalaman Materi
- Jelaskan Rencana Tindak Lanjut (RTL) untuk membawa inovasi pembelajaran berjalan lebih baik di masa depan
- Menuliskan sumber yang dikutip dalam jurnal refleksi
Penulis: Aisyah Yuri Oktavania
Editor: Yulaika Ramadhani