Contoh Portofolio UKIN PPG Daljab 2023 PDF dan Cara Membuatnya

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 1 Des 2023 14:45 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Link download contoh pembuatan portofolio UKIN PPG Daljab dan cara membuat portofolio UKIN PPG Daljab 2023 yang baik serta benar.
tirto.id - Uji kinerja (UKIN) dalam PPG Daljab 2023 diwujudkan melalui ujian praktik pembelajaran dan uji portofolio. Uji praktik pembelajaran mencakup uji persiapan dan pelaksanaan pembelajaran. Ada pun uji portofolio berkaitan dengan dokumen portofolio berdasarkan berbagai komponen yang ditetapkan.

PPG Daljab (Program Pendidikan Profesi Guru bagi Guru dalam Jabatan) adalah program pendidikan yang diselenggarakan bagi guru dalam jabatan untuk memperoleh Sertifikat Pendidik. Program ini dilakukan setelah menyelesaikan pendidikan sarjana atau sarjana terapan. PPG Daljab berlaku bagi guru pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Lulusan PPG Daljab memiliki target menjadi guru profesional yang memiliki ketakwaan pada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Mereka menguasai materi ajar, berkarakter dan berkepribadian Indonesia, hingga menginspirasi dan menjadi teladan. Program ini ditujukan pada guru yang memiliki gelar S1/D, terdaftar di Dapodik, dan belum mempunyai sertifikat pendidik.

Komponen Portofolio UKIN PPG Daljab 2023



Portofolio dalam uji kinerja di PPG Daljab berupa kumpulan bukti yang menunjukkan mahasiswa bersangkutan sudah melakukan penelitian, refleksi diri, pencarian informasi baru, inovasi, prestasi dan pengabdian selama menjalani profesi sebagai guru dan mahasiswa PPG. Keenam komponen tersebut dideskripsikan melalui narasi dan ditambahkan bukti.

Portofolio PPG Daljab adalah karya hingga dua tahun terakhir ditambah karya selama menjadi mahasiswa PPG. Penjelasan untuk masing-masing komponen portofolio sebagai berikut:

1. Penelitian dan publikasi



Komponen penelitian dan publikasi dalam portofolio UKIN PPG Daljab dibuktikan dengan kepemilikan laporan penelitian, dan/atau artikel yang diseminarkan atau dibahas di forum ilmiah tertentu. Laporan tersebut dimuat dalam prosiding. Artikel dapat pula dimuat pada jurnal ilmiah terakreditasi dan tidak terakreditasi.

Bentuk lainnya yaitu tulisan ilmiah populer yang dimuat pada majalah, tabloid, koran, newsletter, atau buletin. Penerbitannya bisa lokal, regional, nasional, atau internasional. Skripsi, tesis, disertasi, dan makalah lain yang digunakan memenuhi tugas akademik tidak bisa masuk sebagai komponen karya pengembangan profesi.

2. Refleksi diri



Refleksi diri adalah narasi proses perbaikan kinerja profesional secara terus-menerus yang dilakukan mahasiswa PPG. Refleksi diri ini termasuk pengembangan diri, melakukan penelitian, pengembangan karya inovasi, hingga terkait pelaksanaan tugas guru secara umum.

Deskripsi yang disampaikan mengenai sejauh mana berbagai hal tersebut telah direncanakan, dilaksanakan, dan dinilai secara baik. Analisisturut memuat makna yang ditemukan pada proses perbaikan untuk melakukan modifikasi kegiatan pembelajaran di masa depan. Perubahan atau perbaikan yang sudah dikerjakan mahasiswa PPG harus dilampirkan buktinya.

3. Pencarian inovasi dan pengetahuan baru

Komponen pencarian inovasi dan pencarian baru dilakukan dengan mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi diri. Contohnya bergabung dalam pendidikan dan pelatihan, lokakarya, seminar/webinar/konferensi, hingga kegiatan lain yang dapat meningkatkan kualitas diri.

Bukti yang dihadirkan antara lain sertifikat atau piagam dari lembaga penyelenggara yang sah. Pada keikutsertaan di seminar/webinar/konferensi, pembuktian melalui sertifikasi dan makalah presentasi.

4. Inovasi baru



Komponen portofolio UKIN PPG Daljab terakhir adalah menghasilkan inovasi bari. Mahasiswa PPG menunjukkan pengembangan profesi melalui pembuatan karya sesuai profesi. Setiap karya dilampirkan surat pernyataan keaslian yang ditandatangai di atas meterai.

Jenis karya yang dapat dihasilkan mahasiswa PPG antara lain buku, modul pembelajaran, diktat, hingga media atau alat pembelajaran. Selain itu, mahasiswa juga bisa membuat karya teknologi tepat guna, karya seni, dan karya olahraga.

5. Prestasi



Komponen prestasi diperoleh dari kemenangan dialami mahasiswa PPG setelah mengikuti berbagai kompetisi, seperti guru berprestasi atau kompetensi lain yang berkaitan dengan bidang keahlian guru tersebut. Pembuktiannya dengan kepemilikan sertifikat.

6.Pengabdian



Komponen pengabdian pada masyarakat meliputi berbagai bukti kegiatan yang berkaitan dengan pengabdian mahasiswa PPG sebagai warga sekolah. Misalnya mahasiswa terlibat dalam kegiatan akreditasi, kepanitiaan sekolah, hingga berkecimpung langsung di masyarakat. Pembuktian komponen ini melalui sertifikat, atau surat keputusan/surat tugas, atau surat keterangan dari lembaga penyelenggara.

Cara Membuat Portofolio UKIN PPG Daljab 2023



Pembuatan portofolio UKIN PPG Daljab dilakukan dengan menarasikan berbagai komponen yang dipersyarakat. Mahasiswa PPG menyiapkan materi kegiatan yang sudah dilakukan dan berada dalam lingkup komponen melakukan penelitian, refleksi diri, pencarian informasi baru, inovasi, prestasi dan pengabdian.

Seluruh materi lalu disusun berdasarkan komponennya. Contoh pembuatan portofolio tersebut dapat dilihat dalam tautan berikut:

Link Contoh Pembuatan Portofolio UKIN PPG Daljab


Baca juga artikel terkait UKIN PPG DALJAB 2023 atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight