Menuju konten utama

Contoh Soal Seleksi Akademik PPG Daljab 2023 dan Kunci Jawaban

Berikut ini 50 contoh soal Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan yang digelar 22-25 Juli 2023 dan kunci jawaban.

Contoh Soal Seleksi Akademik PPG Daljab 2023 dan Kunci Jawaban
Ilustrasi PPG Dalam Jabatan 2023. (ANTARA) (ANTARA/)

tirto.id - Contoh soal dan kunci jawaban dibutuhkan sebelum mengikuti Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan (Daljab) pada 22-25 Juli 2023. Hasil seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan tahun 2023 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sudah diumumkan pada Sabtu, 8 Juli 2023.

Nantinya, 683.543 guru yang lulus tahap seleksi akan mengikuti Pretest PPG Dalam Jabatan 2023 atau seleksi akademik pada 22-25 Juli 2023 di TUK (Tempat Uji Kompetensi).

Mengutip laman Kemendikbud, PPG (Pendidikan Profesi Guru) Dalam Jabatan termasuk program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan agar menguasai kompetensi sesuai dengan Standar Pendidikan Guru.

Tujuan PPG Dalam Jabatan adalah menghasilkan guru sebagai pendidik profesional yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif, dan kompetitif dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

PPG Dalam Jabatan juga mempunyai tujuan agar guru mampu membekali kemampuan problem solving, kritis, dan kreatif melalui implementasi model pembelajaran dan kegiatan berbasis masalah (problem-based learning) dan proyek (project-based learning).

Contoh Soal PPG Daljab 2023

Berikut adalah contoh soal Pretest PPG Daljab 2023 beserta kunci jawabannya:

1. Etika Pancasila adalah .....

A. Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan

B. Keagamaan, sosial dan kerakyatan

C. Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan

D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan

Kunci Jawaban: A

2. Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang dapat digunakan

kecuali ............

A. Metode Kupas rangkai suku kata

B. Metode kata lembaga

C. Metode SAS

D. Metode Cerita

Kunci Jawaban: D

3. Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan belajar dapat dilakukan dengan metode criterion referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced adalah ...

A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0 atau 6,0.

B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut. Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah dapat diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.

C. Menganalisis kemampuan peserta didik

D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar serta mencari siswa yang mengalami gejala terparah (yang nilainya jauh dibawah siswa penderita kesulitan belajar lainnya )

Kunci Jawaban: C

4. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi

sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan

bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif,

mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan

tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ..........

A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni

B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan

C. Menyeluruh dan berkesinambungan

D. Beragam dan terpadu

Kunci Jawaban: D

5. Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang pendidik dapat melakukan ...

A. pengayaan materi pelajaran

B. refleksi

C. latar belakang peserta didik

D. tes awal (pre-test)

Kunci Jawaban: D

6. Guru membentuk kelompok kelompok belajar dan memberikan tugas kepada tiap

kelompok . Setiap anggota dari suatu kelompok memberikan tugas dan fungsi tertentu

sehingga jika salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersebut

tidak dapat diselesaikan . karakteristik dari strategi pembelajaran tersebut adalah ;

A. Tugas kelompok

B. Diskusi kelompok kecil

C. Pengajaran langsung (direct teaching)

D. belajar kooperatif (cooperative learning)

Kunci Jawaban: A

7. Dalam kompetensi pedagogik guru menguasai teori belajar dan prinsip prinsip

pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...

A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal

B. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang

mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.

C. Menggunakan strategi pembelajaran

D. Hanya menggunakan teknik pembelajaran

Kunci Jawaban: B

8. Yang ditekankan di dalam strategi pembelajaran interaktif adalah...

A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri

B. diskusi dan sharing di antara peserta didik

C. pembelajaran didominasi arahan dari guru

D. proses penyampaian materi secara verbal

Kunci Jawaban: B

9. Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir

abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan

perkembangan anak pada tahap ...

A. Tahap sensorimotorik

B. Tahap praoperasional

C. Tahap operasional konkrit

D. Tahap operasional konkrit

Kunci Jawaban: B

10. Bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap menggunakan

pengetahuan yang diperoleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan tugas disebut

penilaian

A. Pre test

B. post test

C. Autentik

D. Non Autentik

Kunci Jawaban: C

11. Kurikulum 2013, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, Artinya yaitu

........

A. kurikulum harus mengandung hal-hal baru sehingga dapat membantu siswa untuk ,

dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya

B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus

dimiliki oleh siswa

C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya,

mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan

D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling

memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran

Kunci Jawaban: C

12. Aspek yang dinilai dalam pembelajaran matematika sebagai berikut kecuali ;

A. Pemahaman konsep

B. Menggunakan grafik

C. melakukan prosedur

D. pemecahan masalah dan sikap

Kunci Jawaban: D

13. Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapa kali roda

kedua akan berputar jika roda pertama berputar 10 kali

A. 30

B. 21

C. 27

D. 18

Kunci Jawaban: D

14. Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL

berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah

kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka

dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan

antara lain ......

A. Tantangan internal dan Eksternal

B. Responsibility

C. Reinforced

D. Enriched

Kunci Jawaban: A

15. Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan

(pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis

skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi

pragmatik atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard Gardner anak tersebut

mempunyai kecerdasan ...

A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)

B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)

C. Kecerdasan Ruang (spatial)

D. Kecerdasan Gerak Tubuh

Kunci Jawaban: A

16. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal

tersebut merupakan prinsip penilaian yang ......

A. Adil

B. Obyektif

C. Valid

D. Sistematis

Kunci Jawaban: D

17. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan

suatu obyek atau program adalah ....

A. Pengukuran

B. Evaluasi

C. Penilaian

D. Penilaian

Kunci Jawaban: B

18. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain

sebagai berikut .....

A. menentukan kriteria keberhasilan belajar

B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya

C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang

diharapkan

D. merencanakan pengajaran remidi

Kunci Jawaban: D

19. Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas

dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya belajar para siswa tersebut

adalah.....

A. implusive

B. reflektif

C. gaya berfikir terikat

D. gaya berfikir bebas

Kunci Jawaban: A

20. Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan

riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia.........

A. 3-5tahun

B. 6-8 tahun

C. 10-12 tahun

D. 15-18 tahun

Kunci Jawaban: C

21. 1) Warna batunya merah menyala seperti api, bila terkena sinar matahari akan

menyilaukan mata.

2) Ayah memiliki batu akik yang sangat-sangat ia sukai.

3) Batu akik ini sungguh ajaib karena seakan menyala saat lampu mati.

4) Tidak salah jika Ayah sangat suka dengan batu akiknya ini.

Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf yang padu adalah ...

A. 1 – 4 – 2 – 3

B. 1 – 3 – 2 – 4

C. 2 – 1 – 3 – 4

D. 2 – 3 – 4 – 1

Kunci Jawaban: C

22. Lingkungan di sekitar kita terbagi atas 2 macam yaitu lingkungan alam dan lingkungan

buatan. Dimana keduanya memiliki manfaat dan tujuan yang sama yaitu...

A. Untuk memenuhi kebutuhan manusia

B. Melestarikan lingkungan masyarakat

C. Sebagai sumber pengetahuan dan teknologi

D. Sebagai sumber kekayaan alam

Kunci Jawaban: A

23. Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat.....

A. jujur dan adil

B. mengikat dan memaksa

C. sementara dan selamanya

D. sebenarnya dan sejujurnya

Kunci Jawaban: B

24. Novi mengendarai mobil dari Kota Semarang menuju Blora dengan kecepatan 40

km/jam, sedangkan Ima mengendarai mobil dari Blora menuju Semarang dengan

kecepatan 60 km/jam. Jika jarak Kota Semarang dengan Blora adalah 125 km dan mereka

berangkat pada pukul 07.00 maka pada pukul berapa mereka akan berpapasan?

A. 08.00

B. 08.15

C. 08.25

D. 08.30

Kunci Jawaban: B

25. Dibawah ini yang bukan termasuk gejala alam biotik yaitu....

A. Metamorfosis

B. Fotosintesis

C. Penyerbukan

D. Erosi

Kunci Jawaban: D

26. Merancang berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi.

Berikut adalah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi, kecuali....

A. Menulis tentang berbagai topik

B. Menulis pengumuman

C. Menulis pantun

D. Menulis memo

Kunci Jawaban: C

27. Perhatikan cuplikan dialog berikut !

Bu Guru: “ Ibu mint kalian berdua jujur ! Kenapa isi tugas kalian bisa sama persis, bahkan titik dan komanya sekalipun “

Aline: “ Saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu.”

Chelsea: “ Saya juga mengerjakan karya tulus saya sendiri.”

Bu Guru: ” Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Mengapa isi dari jawaban ulangan kalian tidak sama dengan isi karya tulis kalian? Bisa menjelaskan ke ibu?

(lama Aline dan Chelsea terdiam )

Bu Guru: “ Baiklah kalau kalian tidak mau mengaku, ibu anggap kalian tidak mengerjakan tugas karya tulis dan tidak mengikuti ulangan tadi.”

Karakter Bu Guru dalam drama di atas adalah ...

A. Galak

B. Tegas

C. Pemaaf

D. Bijaksana

Kunci Jawaban: B

28. Diketahui fungsi f : dan fungsi f ditentukan dengan rumus f (x) = x2 + 1, jika f (a) = 10,

hitunglah nilai a yang mungkin.

A. a = 3 atau a = -3

B. a = -3 atau a = 3

C. a = -3 atau a = -3

D. a = 3 atau a = 3

Kunci Jawaban: B

29. Menentukan alat peraga dalam pembelajaran bilangan

Bu Ani ingin mengajarkan kepada anak – anak kelas 1 tentang nilai tempat suatu bilangan (satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan), Media yang tepat digunakan Bu Ani dalam pembelajaran tersebut adalah...

A. Kartu bilangan

B. Blok dienes

C. Loncat katak

D. Papan berpaku

Kunci Jawaban: B

30. Etika Pancasila adalah ....

A. Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan

B. Keagamaan, social dan kerakyatan

C. Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan

D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan

Kunci Jawaban: A

31. Harga 2 koper dan 5 tas adalah Rp 600.000,00, sedangkan harga 3 koper dan 2 tas adalah

Rp 570.000,00. Harga sebuah koper dan tas adalah ...

A. Rp 240.000,00

B. Rp 270.000,00

C. Rp 330.000,00

D. Rp 390.000,00

Kunci Jawaban: B

32. Menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam

konteks materi Logika/Penalaran Matematika

Dari pernyataan berikut ini, manakah yang merupakan ingkaran dari pernyataan Jakarta

Ibukota RI.

A. Jakarta bukan ibukota RI

B. Jakarta adalah ibukota RI

C. Benar bahwa Jakarta Ibukota Jakarta

D. Benar bahwa Jakarta bukan Ibukota dari RI

Kunci Jawaban: A

33. Berapakah FPB dan KPK dari 126 dan 198 ...

A. 9 dan 1386

B. 18 dan 1386

C. 18 dan 1368

D. 9 dan 1368

Kunci Jawaban: B

34. Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa, ras, agama, dan kepercayaan. Yang semuanya diikat dalam satu pedoman Bhinneka Tunggal Ika dengan lambang negara Garuda Pancasila. Kedua hal tersebut diatur dalam Undang-Undang Negara nomor..

A. UU no 15 tahun 2006

B. UU no 17 tahun 2006

C. UU no 24 tahun 2009

D. UU no 38 tahun 2009

Kunci Jawaban: C

35. Mengurutkan perkembangan sejarah di Indonesia

Bagaimana keadaan Indonesia setelah adanya perjanjian KMB?

A. Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi

B. Ibukota negara Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta

C. Indonesia menjadi negara serikat (RIS)

D. Irian Barat berintegrasi dengan Indonesia

Kunci Jawaban: C

36. Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan

perubahan penampilan fisik setelah kelahiran atau penetasan. Dibawah ini adalah contoh

serangga yang tidak mengalami metamorfosis yaitu...

A. Belalang

B. Nyamuk

C. Lalat

D. Semut

Kunci Jawaban: A

37. Pendidik melakukan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri,

penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh peserta didik. Adapun instrumen yang di

gunakan dalam penilaian tersebut adalah :

A. Skala penilaian (rating scole)

B. rubrik

C. jurnal

D. Soal tes

Kunci Jawaban: A

38. Katak mengalami metamorfosis sempurna. Dalam perkembangannya pada fase berudu,

bernapas menggunakan...

A. Trakhea

B. Paru-paru

C. Insang

D. Kulit

Kunci Jawaban: C

39. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan

suatu obyek atau program adalah ....

A. Pengukuran

B. Evaluaasi

C. Penilaian

D. Penilaian

Kunci Jawaban: B

40. Suatu lapangan berbentuk persegi panjang dengan luas 120 m2. Panjang lapangan tersebut adalah 12 m. Berapakah kelilingnya?

A. 22 m

B. 24 m

C. 42 m

D. 44 m

Kunci Jawaban: D

41. Jumlah dua buah bilangan sama dengan 20. Jika hasil kali kedua bilangan itu sama

dengan 75, maka bilangan-bilangan tersebut adalah ...

A. 4 dan 16

B. 5 dan 15

C. 6 dan 14

D. 8 dan 12

Kunci Jawaban: B

42. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks pendidikan

digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal tersebut merupakan fungsi Bahasa Indonesia

sebagai....

A. Alat perhubungan tingkat nasional

B. Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional

C. Bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan

D. Bahasa pengantar di lembaga pendidikan

Kunci Jawaban: D

43. Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapa kali roda

kedua akan berputar jika roda pertama berputar 10 kali

A. 30

B. 21

C. 27

D. 18

Kunci Jawaban: A

44. Membuktikan potensi sumber daya alam di Indonesia. (diberikan soal kasus)

Negara Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, salah satunya yaitu timah.

Daerah yang menghasilkan lebih dari 20% produksi timah putih dunia adalah . . .

A. Pulau Bangka, Belitung, dan Singkep

B. Kepulauan Natuna

C. Pulau Bali, Lombok, Nusa Penida

D. Pulau Kalimantan

Kunci Jawaban: A

45. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur ,hal

tersebut merupakan prinsip penilaian yang .....

A. Adil

B. Obyektif

C. Valid

D. Sistematis

Kunci Jawaban: D

46. Kegiatan mementaskan lakon atau cerita biasanya guru dan siswa mempersiapkan naskah

dan skenario,perilaku dan perlengkapan.kegiatan tersebut mengekspresikan perasaan dan

pikiran siswa dalam bentuk bahasa lisan.hal tersebut termasuk hakikat berbicara jenis....

A. Bercerita

B. Cerita berantai

C. Bermain peran

D. Dramatisasi

Kunci Jawaban: D

47. Merencanakan penggunaan ICT dalam pembelajaran IPS SD

Pada pemebelajaran IPS kelas V dengan materi Perjuangan Bangas Indonesia Melawan

Penjajah, Pak Ridwan ingin menyajikan pembelajaran yang menyenangkan dan mudah

diingat serta dimengerti oleh anak didiknya. Media apa yang harus digunakan pak

Ridwan?

A. Video

B. Slide

C. Corel draw

D. Radio

Kunci Jawaban: A

48. Menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa, karena .....

A. Menyimak sambil melakukan aktivitas lain tidak mampu menanggapi secara tepat

B. Menyimak sambil melakukan aktifitas lain mampu menanggapi secara tepat

C. Membaca sambil menyimak mampu menangkap pembicaraan secara benar

D. Menyimak sambil menyanyi , ternyata dapat menanggapi secara tepat

Kunci Jawaban: B

49. Proses mendengarkan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh disebut....

A. Membaca intensif

B. Membaca langsung

C. Membaca deduktif

D. Membaca sekilas

Kunci Jawaban: A

50. Mengklasifikasikan alat peraga dalam pembelajaran Geometri dan pengukuran

Pak Arief ingin mengajarkan cara mengukur luas halaman sekolah dengan satuan

meter.Alat peraga yang sebaiknya digunakan supaya pembelajaran menarik adalah...

A. Pita garis bilangan, mistar, tangga garis

B. Blok dienes, mistar, pita garis bilangan

C. Mistar, uang logam, blok dienes

D. Tangga garis, blok dienes, tangga garis

Kunci Jawaban: A

Baca juga artikel terkait PPG 2023 atau tulisan lainnya dari Beni Jo

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Beni Jo
Editor: Yantina Debora