tirto.id - Contoh soal PPPK guru Seni Budaya beserta kunci jawabannya dapat dipakai sebagai latihan untuk mempersiapkan ujian seleksi.
Dalam pelaksanaan seleksi PPPK Guru terdapat salah satu formasi khusus untuk Guru Seni Budaya jenjang SMP dan SMA, ada beberapa formasi untuk kebutuhan ini.
PPPK Guru akan memberikan ujian Seleksi Kompetensi sesuai formasi yang dilamar. Adapun para peserta yang mengambil profesi Guru Seni Budaya juga akan memperoleh tes teknis yang sesuai dengan bidangnya.
Contoh Soal Kompetensi PPPK Guru Seni Budaya dan Jawabannya
Berikut ini daftar contoh soal PPPK Guru Seni Budaya, lengkap dengan jawabannya.
Contoh Soal PPPK Guru SBK
1. Seni Batik menjadi pelajaran yang banyak dipilih guru untuk diajarkan di Sekolah. Teknik batik yang sesuai dan tepat diajarkan di SMP adalah...a.Teknik Celup ikat
b.Teknik batik printing
c. Teknik batik cap
d.Teknik batik lukis
Jawaban: A
2. Fungsi motif dan ragam hias benda seni kerajinan pada kainan tenunan dan ukiran kayu atau batu, biasanya orang menganggap bahwa seni hias dibuat untuk dimaknakan sebagai simbol yang dipercayai membawa .....
a. Tujuan keindahan.
b. Kepercayaan
c. Keberuntungan
d. Identitas
Jawaban: C
3. Dalam pembelajaran seni terpadu Guru memperhatikan perkembangan dan kebutuhan siswa, kegiatan yang dipilih bertolak dari minat dan keinginan siswa, sehingga pembelajaran menjadi bermakna, pendekatan ini disebut pendekatan...
a. Tematik
b. Pembelajaran Kontekstual
c. Pembelajaran Aktif
d. CBSA
Jawaban: B
4. Dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan, mengandung muatan yang bertujuan pada keterampilan personal, sosial, vokasional, dan akademik. Aspek-aspek keterampilan tersebut khususnya terdapat pada pembelajaran....
a. Seni Rupa
b. Seni Kerajinan
c. Seni Tari
d. Seni Musik
Jawaban: B
5. Karya seni rupa yang tidak berkaitan dengan fungsi pakai disebut seni murni, sebagai contoh adalah .....
a. Lukisan
b. Keris
c. Batik
d. Tekstil
Jawaban: A
6. Secara hierarkhi pembuatan karya seni hias tradisional tidak terlepas dari Motif, Pola, Ornamen dan Ragam Hias. Karya sejenis ini termasuk pada karya.....
a. Seni dekoratif
b. Seni rupa lama
c. Seni rakyat
d. Seni primitif
Jawaban: A
7. Salah satu Konsep Keterampilan Kerajinan yang sangat diharapkan menjadi bidang penting dalam pelestarian seni kriya berperan penting di dalam ...
a. Konservasi Seni Budaya Nusantara
b. Komersialisasi Budaya
c. Pendidikan Budaya
d. Persaingan Budaya
Jawaban: A
8. Pada saat siswa berolah seni secara langsung ia pun melibatkan pengalaman dan intelektualnya, hal ini disebut sebagai proses....
a. Dekorasi
b. Apresiasi
c. Ekspresi
d. Eksplorasi
Jawaban: B
9. Bila hasil belajar seni dapat mengembangkan kemampuan belajar di bidang ilmu lainnya dan seni rupa berperan sebagai media atau sarana, maka strategi pembelajaran ini disebut....
a. Belajar Melalui Seni
b. Belajar dari Seni
c. Belajar tentang Seni
d. Belajar dengan Seni
Jawaban: A
10. Fungsi Hias Benda Kerajinan sebagai karya seni rupa tradisional yang banyak ditemukan dan dilakukan pelestarian sebagai peninggalan budaya, disebut sebagai...
a. Warisan
b. Cendramata
c. Ragam hias
d. Artefak
Jawaban: D
11. Pembelajaran seni budaya bertujuan mengembangkan karakter peserta didik dengan mengandalkan asepek filosofis dari ilmu pengetahuan formatif yang terdapat pada ...
a. Estetika
b. Etika
c. Logika
d. Karakter
Jawaban: A
12. Sifat mata pelajaran seni budaya memiliki muatan pembelajaran tentang konsepsi, apresiasi dan kreasi yang berorientasi pada tiga pendekatan, kecuali...
a. Multidimensional
b. Multitalenta
c. Multiligual
d. Multikultural
Jawaban: B
13. Pada standar kompetensi pembelajaran seni budaya, siswa diminta untuk mengidentifikasi karya seni, kegiatan tersebut mengarah pada pengembangan aspek...
a. Kreasi
b. Apresiasi
c. Ekspresi
d. Meneliti
Jawaban: B
14. Pendekatan Pembelajaran seni budaya bertujuan mengembangkan karakter peserta didik menjadi manusia yang....
a. Rasionalis
b. Empiris
c. Filosofis
d. Humanistis
Jawaban: D
15. Mempelajari kesenian mancanegara dalam pembelajaran seni budaya bertujuan untuk..
a. Pengembangan apresiasi
b. Membina kepekaan estetik
c. Membandingkan ragam budaya
d. Mentransfer budaya asing
Jawaban: A
Contoh Soal Seni Tari
1. Dramatik dalam tari dapat diungkapkan melalui:a. Tema
b. Busana
c. Pola lantai
d. Rias
Jawaban: A
2. Gerak-gerak yang dihasilkan pada saat seorang penata tari bereksplorasi, selanjutnya dipilih dan dirangkai. Kegiatan merangkai gerak tersebut dalam komposisi tari disebut juga:
a. Improvisasi
b. Forming
c. Imajinasi
d. Spontanitas
Jawaban: B
3.Karya seni yang dipergelarkan dapat memberikan nilai-nilai ajaran atau pendidikan kepada warga masyarakat yang menontonnya merupakan fungsi .....
a. prestasi
b. apresiasi
c. edukasi
d. rekreasi
Jawaban: C
4. Faktor-faktor yang akan mempengaruhi kondisi dan perkembangan seni pertunjukan yang kemudian berpengaruh pada kondisi dan perkembangan organisasi seni pertunjukan adalah faktor ....
a. penyelenggara, penonton dan materi karya seni
b. penonton, sponsor, organisasi seni pertunjukan
c. faktor sosial masyarakat, dan perkembangan teknologi.
d. Semua benar
Jawaban: C
5. Pengklasifikasian organisasi seni pertunjukan untuk kepentingan manajemen dapat dilihat dari aspek ....
a. Tujuan manajemen
b. Fungsional manajemen
c. Efektivitas manajemen
d. Karakteristik manajemen
Jawaban: A
6. Metode pendekatan apresiasi terdiri dari:
a. Aplikatif, Imitatif, Representatif
b. Aplikatif, Representatif, Problematik
c. Aplikatif, Kesejarahan, Problematik
d. Aplikatif, Kesejarahan, Representatif
Jawaban: C
7. Pendekatan problematik mengapresiasi tari dengan cara:
a. Melakukan sendiri macam-macam kegiatan seni
b. Mencipta sendiri macam-macam kegiatan seni
c. Memahami permasalahan di dalam seni
d. Mencermati isi dalam karya seni
Jawaban: C
8. Gerak pribadi dapat diciptakan seseorang melalui:
a. Eksplorasi dan imitasi
b. Eksplorasi dan improvisasi
c. Imitasi dan Improvisasi
d. Eksplorasi dan Eliminasi
Jawaban: B
9. Desain lantai (floor) dalam komposisi tari disebut juga :
a. Pola gerak
b. Dramatik
c. Pola lantai
d. Desain gerak
Jawaban: C
10. Procenium adalah tata pentas panggung yang bisanya terdapat di:
a. Gedung aula sekolah
b. Ruang kelas
c. Gedung pertunjukan
d. Arena Terbuka
Jawaban: C
11. Menirukan gerak binatang dan dilakukan sebelum perburuan sebagai tarian upacara dari suku tertentu termasuk kedalam jenis tari...
a. Tari Primitif
b. Tari rakyat
d. tari Klasik/Istana
Jawaban: A
12. Tari yang memiliki pola garapan sederhana adalah...
a. Tari Klasik/Istana
b. Tari Modern
c. Tari Rakyat
d. Tari Kreasi Baru
Jawaban: C
13. Mengombinasi ide, membuat motif gerak baru, menemukan gerak sesuai dengan tema tari merupakan beberapa kegiatan hasil apresiasi. Pada tahap apakah kegiatan ini ditemukan...
a. Pengetahuan
b. Analisa
c. Persepsi
d. Produksi
Jawaban: D
14. Social Dance lebih mengutamakan...
a. Partisipasi dan komunikasi dari masyarakat dengan tarian
b. Pola garapan dan mengikuti aturan secara turun temurun
c. Ekspresi dan spektakuler penggarapan
d. Ritual dan upacara
Jawaban: A
15. Mengamati suatu karya tari secara mendalam sampai kepada isinya serta memberikan penilaian atau penghargaan terhadap karya tersebut, disebut juga dengan...
a. Konsepsi
b. Ekspresi
c. Apresiasi
d. Imajinasi
Jawaban: C
Contoh Soal Seni Musik
1. Dalam vokal untuk Sopran/Wanita tinggi mempunyai wilayah suara:a. (c’ – a”)
b. (c – a )
c. (a – d”)
d. (a’ – d”)
Jawaban: A
2. Nama 2 (dua)garis tegak lurus dalam notasi balok adalah:
a. Garis Birama
b. Garis Penutup
c. Garis Ulang
d. Garis Awal
Jawaban: C
3. Bila sebuah lagu bertanda birama 4 ketuk, nilai nada (2 000) adalah:
a. 1 ketukan
b. 2 ketukan
c. 3 ketukan
d. 4 ketukan
Jawaban: D
4. Nama not pada garis ke 2 notasi balok berkunci G adalah:
a. (g’)
b. (G)
c. (g)
d. (g”)
Jawaban: A
5. Salah satu di antara nama-nama ini adalah Tanda tempo dalam musik, adalah...
a. piano
b. forte
c. andante
d. Mezzopiano
Jawaban: A
6. Salah satu di antara nama-nama ini bukan Tanda Dinamik dalam musik,
a. piano
b. forte
c. Andante
d. Mezzopiano
Jawaban: C
7. Dalam Seni Musik kita mengenal ada beberapa Tanda Kromatik, untuk menaikkan ½ Nada dipergunakan tanda:
a. palang
b. mol
c. pugar
d. Desimal
Jawaban: A
8. Bila sebuah lagu bertanda birama 4 ketuk, nilai nada (2 . . 0) adalah:
a. 1 ketukan
b. 2 ketukan
c. 3 ketukan
d. 4 ketukan
Jawaban: C
9. Nama not pada spasi ke 2 notasi balok berkunci G adalah:
a. (a’)
b. ( A)
c. (a)
d. (a”)
Jawaban: A
10. Tinggi rendahnya sebuah bunyi dibunyikan disebut:
a. Irama
b. Harmoni
c. Melodi
d. Bentuk/Struktur
Jawaban: C
11. Dalam notasi balok, untuk meletakkan not-not balok dipergunakan...
a. Sukat
b. Bar
c. Paranada
d. Pugar
Jawaban: C
12. Nama garis tegak lurus (hanya 1) dalam notasi balok adalah:
a. Garis Birama
b. Garis Penutup
c. Garis Ulang
d. Garis Awal
Jawaban: A
13. Salah satu teknik pernapasan dalam vokal yang paling baik dipergunakan adalah:
a. dada
b. perut
c. diagframa
d. Falset
Jawaban: C
14. Dalam vokal untuk anak-anak mempunyai wilayah suara :
a. (c’ – d”)
b. (c – d )
c. (a – d”)
d. (a’ – d”)
Jawaban: A
15. Unsur-unsur dalam Seni Musik ada 4 macam, salah satu di antaranya adalah:
a. Metronom Maeezel
b. Bright
c. Melodi
d. Interval
Jawaban: C
Link Download Soal PPPK Guru Seni Budaya
Untuk contoh soal PPPK Guru Seni Budaya lainnya, Anda bisa mengunduhnya melalui link di bawah ini:
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Dhita Koesno