Bambang Brodjonegoro & Yenny Wahid Didapuk Jadi Komisaris Bukalapak

Oleh: Andrian Pratama Taher - 1 Mei 2021
Sebelumnya, Bambang Brodjonegoro merupakan kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Presiden Jokowi menggantinya dan melebur BRIN dengan Kemendikbud.
tirto.id - Melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Bukalapak mengangkat mantan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia Bambang Brodjonegoro sebagai komisaris utama. Mereka juga mengangkat Komisaris Independen PT Garuda Indonesia (Persero) Yenny Wahid atau Zannuba Ariffah Chafsoh, sebagai komisaris Bukalapak.

Bambang Brodjonegoro menerima jabatan tersebut. Menurutnya inovasi dan teknologi menjadi hal krusial yang harus diadopsi agar UMKM berkembang.

"Menjadi bagian dari keluarga besar Bukalapak yang berfokus untuk menciptakan akses pasar berbasis teknologi, diharapkan akan memberikan dampak yang lebih besar pada adopsi teknologi di UMKM serta inovasi yang mengarah pada transformasi digital dan penguatan UMKM," kata Bambang melalui rilis, Jumat (30/4/2021).

Sedangkan Yenny Wahid mengatakan, Bukalapak telah menciptakan wadah pasar strategis bagi UMKM untuk terus berkembang seiring dengan kemajuan digital. Dia berharap Bukalapak lebih giat memperbanyak peluang usaha membantu UMKM.

"Dengan bergabung bersama Bukalapak, diharapkan dapat membentuk sinergis yang melahirkan lebih banyak peluang usaha untuk membantu UMKM dan mendukung pemulihan ekonomi nasional," kata Yenny.

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin memaparkan, pada tahun 2020, Bukalapak mencatat peningkatan 4 juta pelapak dan mitra. Sehingga kini Bukalapak memiliki lebih dari 6.5 juta Pelapak, 7 juta mitra Bukalapak, dan 100 juta pengguna yang 70 persen didominasi oleh pengguna di luar kota besar.

"Hal ini menunjukan peran digitalisasi Bukalapak tidak hanya berpusat di kota-kota besar," kata Rachmat.

Baca juga artikel terkait BUKALAPAK atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Dieqy Hasbi Widhana
DarkLight