Menuju konten utama

5 Wawasan Meta untuk Tingkatkan Pembelian saat Mega Sales Days

Simak 5 insights penting dari riset Meta dan YouGov yang dapat membantu bisnis dan mendorong minat belanja konsumen selama Mega Sales Days.

5 Wawasan Meta untuk Tingkatkan Pembelian saat Mega Sales Days
Logo Meta. FOTO/Meta

tirto.id - Konsumen di Indonesia kini semakin menghargai pengalaman berbelanja yang dipersonalisasi dan pesan yang relevan untuk mereka lebih dari sebelumnya, terutama menjelang musim liburan atau perayaan akhir tahun.

Survei dari Meta dan YouGov menunjukkan bahwa perpesanan bisnis dan rekomendasi dari kreator konten menjadi pendorong utama saat Mega Sales Days di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Studi yang mencakup perilaku belanja 1.777 konsumen di Indonesia saat musim liburan ini menyatakan bahwa momen double-date di akhir tahun tetap mendominasi Mega Sales Days, dengan 90% konsumen Indonesia mengalokasikan anggaran besar untuk mendapatkan diskon terbaik (64%) dan harga terbaik (65%).

Selama momen Mega Sales Days, media sosial berperan besar dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Faktanya, 94% konsumen di Indonesia mengakui bahwa kreator konten di platform Meta (Facebook, Instagram, WhatsApp) mempengaruhi keputusan mereka berbelanja. Mereka juga mengatakan bahwa platform Meta membantu mereka menemukan merek baru (76%), mengevaluasi produk yang mereka ingin beli (64%), hingga akhirnya melakukan pembelian (82%).

Seiring dengan semakin dekatnya momen double-date seperti "11.11" dan "12.12," bisnis harus dapat memenuhi ekspektasi konsumen.

Berikut ini adalah lima insights penting dari riset Meta dan YouGov yang dapat membantu bisnis mendorong minat belanja konsumen selama Mega Sales Days:

1. Mendorong Kegiatan Berbelanja, dari Penemuan hingga Pembelian di Musim Liburan

Sepanjang momen Mega Sales Days, Meta memainkan peran strategis dalam perjalanan berbelanja konsumen di Indonesia. Melalui berbagai platform yang dimilikinya, Meta membantu konsumen menemukan merek baru yang relevan dengan keinginan mereka (76%), mendukung dalam mengevaluasi produk yang mereka minati (64%), dan akhirnya mendorong mereka untuk berbelanja (82%).

Dengan pendekatan yang lebih personal dan pesan bisnis yang disesuaikan dengan konsumen, Meta membuat platformnya berbeda dari platform lain dan mendukung pola belanja konsumen Indonesia masa kini secara efektif dari tahap penemuan hingga pembelian.

Mega Sales Days

Mega Sales Days. Burson Indonesia/Meta

75% konsumen secara spesifik menunggu penawaran menarik dan lebih baik. Maka dari itu, penting bagi bisnis untuk terus memperkuat kehadiran mereka di platform Meta agar semakin mudah ditemukan dan berinteraksi dengan konsumen. Pendekatan yang berfokus pada konsumen ini dipercaya dapat membantu meningkatkan kesadaran konsumen terhadap merek dan mendorong penjualan selama musim belanja akhir tahun.

Mega Sales Days

Mega Sales Days. Burson Indonesia/Meta

2. Kreator Konten: Pendorong Utama Keputusan Konsumen Berbelanja

Kreator di platform Meta menarik perhatian besar dari konsumen di Indonesia. Selama musim belanja akhir tahun atau Mega Sales Days, konsumen di indonesia kerap berinteraksi dengan kreator konten (94%), mempercayai rekomendasi kreator konten (54%), dan 63% di antaranya mempertimbangkan saran kreator konten dalam membuat keputusan berbelanja.

Meski tiap generasi memiliki preferensi berbeda terhadap jenis kreator yang diminati, 60% konsumen di Indonesia setuju bahwa kreator konten membantu mereka menemukan merek dan produk yang lebih relevan. Bagi bisnis, bermitra dengan kreator konten yang tepat dapat memperluas jangkauan dan memperkuat loyalitas konsumen, sehingga menjadi strategi efektif untuk terhubung dengan target konsumen mereka.

Mega Sales Days

Mega Sales Days. Burson Indonesia/Meta

3. Perpesanan Bisnis yang Dipersonalisasi

Layanan perpesanan Meta melampaui sekadar penemuan produk dengan membantu bisnis membangun koneksi pribadi dengan pembeli Indonesia. Selama musim liburan dan Mega Sales Days, 76% konsumen di Indonesia berinteraksi dengan bisnis, dan fitur Direct Message (DM) di Instagram menjadi pilihan utama (72%).

Konsumen di Indonesia juga sangat menghargai respons cepat (46%) dan komunikasi langsung (41%) saat berkomunikasi dengan bisnis, yang menekankan pentingnya interaksi personal selama puncak musim perbelanjaan.

4. Kekuatan Video dalam Mendorong Penemuan dan Berbelanja Produk

Video mendapatkan minat yang sangat tinggi dari para konsumen di Indonesia selama musim belanja akhir tahun atau Mega Sales Days. 92% konsumen di Indonesia berencana menonton video secara online selama musim liburan, terutama format video pendek yang berpengaruh besar dalam mendorong keputusan berbelanja (81%).

Format video pendek di platform Meta adalah yang paling efektif. 65% konsumen lintas generasi di Indonesia mengonsumsi konten dengan format ini selama musim liburan. Bisnis di Indonesia dapat memanfaatkan efektivitas format konten video pendek di platform Meta untuk memasarkan produk dan layanan mereka dengan menciptakan konten menarik yang menyoroti keunggulan unik produk mereka.

Mega Sales Days

Mega Sales Days. Burson Indonesia/Meta

5. Memberdayakan Bisnis dengan Solusi AI dari Meta

Di momen Mega Sales Days ini, Meta membantu bisnis untuk meraih kesuksesan lebih besar melalui teknologi AI terkini dan wawasan terbaru. Solusi berbasis AI seperti kampanye belanja Advantage+ (ASC) mengubah cara merek memenuhi permintaan dan menyampaikan iklan yang dipersonalisasi.

Studi terbaru menunjukkan bahwa pengguna ASC mengalami peningkatan 20% dalam Laba Atas Belanja Iklan (ROAS/Return on Ad Spending), dan menghasilkan rata-rata pendapatan sebesar $3,47 atau sekitar Rp54.000 untuk setiap dana yang dihabiskan. Dengan memanfaatkan teknologi berbasis AI dan iklan yang dipersonalisasi, bisnis dapat mengoptimalkan potensi Mega Sales Days.

Kunjungi Pedoman Musim Liburan Meta untuk mendapatkan insights lebih lanjut tentang cara meningkatkan kinerja bisnis selama musim liburan.

Penulis: Tim Media Servis