tirto.id -
Sekretaris Jenderal Gaikindo Kukuh Kumara mengatakan masyarakat Indonesia terutama generasi milenial belakangan ini kurang berminat untuk membeli mobil. Menurutnya, jasa ride sharing lebih menarik bagi milenial.
Kondisi tersebut pada akhirnya berimbas terhadap penjualan mobil di pasar domestik. Hingga Oktober 2019, Gaikindo mencatat penjualan domestik Indonesia anjlok 11 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu.
Sementara itu Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika menjelaskan pasar untuk industri otomotif sebenarnya masih terbuka mengingat rasio jumlah penduduk dan kepemilikan kendaraan masih kecil.
"GDP per kapita sudah masuk dari 4 ribu ke 5 ribu. Itu permintaan kendaraan akan meningkat pesat. Jadi seumpamanya rasio kendaraan baru 87, naik menjadi 90, ada tiga tambahan per seribu penduduk. Itu kita sudah memunculkan lebih dari 700 ribu unit kendaraan untuk mengisi pasar. Jadi ini sebuah market yang luar biasa," kata Putu.
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Ringkang Gumiwang