Menuju konten utama

Soal dan Jawaban Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 1 PPG 2025

Artikel ini berisi latihan pemahaman Modul 1 Topik 1 PPG Daljab lengkap dengan soal dan jawaban.

Soal dan Jawaban Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 1 PPG 2025
Ilustrasi latihan pemahaman modul 1 topik 1 guru ppg. foto/Freepik

tirto.id - Latihan pemahaman Modul 1 Topik 1 merupakan bagian penting dalam pembelajaran PPG bagi Guru Tertentu Daljab. Komponen ini membantu memastikan peserta memahami materi yang telah dipelajari. Artikel ini menyajikan beberapa soal dari Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 1 beserta kunci jawabannya.

Program Piloting PPG bagi Guru Tertentu Daljab bertujuan meningkatkan kompetensi guru di Indonesia. Program ini juga memberi kesempatan bagi guru formal untuk memperoleh sertifikat pendidik. Dengan program ini, mutu pendidikan diharapkan terus meningkat.

Pembelajaran PPG dilakukan secara mandiri dan daring melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Peserta wajib mempelajari modul dan topik, termasuk Modul 1 Topik 1 PPG Guru, yang telah disediakan. Setelah itu, mereka harus mengerjakan Latihan Pemahaman untuk mengukur pemahaman terhadap materi.

Soal Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 1 PPG Daljab dan Jawabannya

Berikut ini disajikan soal dan kunci jawaban Latihan Pemahaman Modul 1 sebagai bahan belajar peserta PPG Daljab. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman peserta terhadap materi pada Topik 1. Soal dan kunci jawaban Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 1 PPG Daljab disajikan sebagai berikut:

1. Dalam pendekatan perencanaan pembelajaran berbasis UbD (Understanding by Design), langkah merancang penilaian dilakukan setelah…

A. Membuat jadwal pembelajaran mingguan

B. Menyusun kegiatan belajar harian

C. Menentukan tujuan pembelajaran berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP)

D. Memilih metode pengajaran yang tepat

E. Menggunakan model pembelajaran yang inovatif

Jawaban: C

2. Fungsi dari asesmen formatif dalam pembelajaran berikut ini benar, kecuali…

A. Menyediakan masukan bagi peserta didik untuk memperbaiki cara belajarnya

B. Memantau hambatan belajar siswa secara kontinu

C. Menentukan kelulusan akhir siswa berdasarkan nilai

D. Membantu guru menyesuaikan strategi mengajar

E. Membantu siswa melihat perkembangan hasil belajarnya

Jawaban: C

3. Pernyataan yang paling mencerminkan konsep Tujuan Pembelajaran (TP) dalam Kurikulum Merdeka adalah…

A. Dibuat berdasarkan pengalaman dan naluri guru

B. Bisa diabaikan jika kegiatan belajar berjalan lancar

C. Merupakan penjabaran konkrit dan operasional dari CP

D. Harus seragam di semua sekolah

E. Hanya berfokus pada aspek kognitif

Jawaban: C

4. Berikut ini bukan merupakan prinsip utama dalam menyusun Capaian Pembelajaran (CP):

A. Mengacu pada teori belajar dan perkembangan peserta didik

B. Memberikan ruang fleksibilitas bagi guru

C. Menjadi dasar dalam menyusun Tujuan Pembelajaran

D. Menetapkan isi pembelajaran secara kaku dan seragam untuk semua satuan pendidikan

E. Disesuaikan dengan fase perkembangan siswa

Jawaban: D

5. Urutan tahapan yang tepat dalam menyusun rencana belajar berdasarkan pendekatan UbD adalah…

A. Menyusun penilaian, kegiatan, lalu tujuan belajar

B. Menentukan asesmen, tujuan, kemudian aktivitas belajar

C. Mengatur aktivitas, tujuan, lalu penilaian

D. Merancang tujuan, aktivitas, dan penilaian secara bersamaan

E. Menentukan tujuan, merancang asesmen, dan kegiatan pembelajaran

Jawaban: E

6. Pertanyaan “Apa yang harus dipahami, dikuasai, dan dilakukan peserta didik di akhir pembelajaran?” sebaiknya diajukan pada saat…

A. Merancang strategi pembelajaran

B. Menyusun tujuan pembelajaran

C. Merancang asesmen

D. Merencanakan aktivitas belajar

E. Memilih pendekatan pengajaran

Jawaban: B

7. Pertanyaan “Bagaimana cara memastikan bahwa hasil belajar telah tercapai?” paling sesuai ditanyakan saat…

A. Merancang model pembelajaran

B. Menyusun tujuan pembelajaran

C. Merancang sistem penilaian

D. Menentukan kegiatan pembelajaran

E. Memilih metode pengajaran

Jawaban: C

8. Pertanyaan “Bagaimana menyusun kegiatan belajar agar siswa yang beragam bisa mencapai tujuan belajar?” termasuk dalam tahapan…

A. Menentukan model pembelajaran

B. Menyusun tujuan pembelajaran

C. Merancang penilaian

D. Menentukan aktivitas belajar

E. Merancang pendekatan belajar

Jawaban: D

9. Setelah memahami CP, guru dapat mulai membuat Tujuan Pembelajaran (TP) operasional dengan beberapa cara berikut, kecuali…

A. Membuat TP langsung dari CP

B. Menurunkan TP dari analisis kompetensi dan materi dalam CP

C. Membuat TP dengan pendekatan lintas elemen

D. Memperhatikan karakteristik siswa dalam menyusun TP

E. Menyusun TP berdasarkan intuisi tanpa mempertimbangkan kebutuhan siswa

Jawaban: E

10. Dalam teori UbD dan konstruktivisme, pemahaman adalah proses kompleks. Terkait hal ini, pernyataan yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka adalah…

A. CP dan TP tidak perlu mengikuti jenjang pengetahuan

B. Taksonomi pengetahuan tak perlu menggunakan kata kerja operasional

C. Guru bebas menggunakan taksonomi manapun

D. Pemahaman melibatkan proses berpikir tingkat tinggi dan tidak sederhana

E. Pemahaman bisa terjadi tanpa keterlibatan aktif dalam belajar dan tanpa analisis informasi

Jawaban: D

11. Pembelajaran dan asesmen adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Kaitan keduanya, digambarkan melalui contoh berikut, kecuali…

A. Guru memastikan tujuan belajar sesuai tahapan siswa berdasarkan asesmen awal

B. Guru menilai hasil belajar hanya di akhir jika diperlukan

C. Guru mengadakan asesmen formatif sepanjang proses belajar

D. Guru merancang asesmen awal, selama, dan setelah pembelajaran

E. Guru tidak boleh mengabaikan hasil asesmen dalam proses belajar

Jawaban: B

12. Dalam tiap mata pelajaran, CP disusun dalam enam fase pembelajaran. Penggunaan fase CP dalam perencanaan bisa sebagai berikut, kecuali…

A. Mendorong kerja sama antar guru dalam fase yang sama

B. Hanya fokus pada hasil akhir CP tanpa memperhatikan proses belajar

C. Menyesuaikan pembelajaran dengan kesiapan peserta didik

D. Memberi fleksibilitas dalam merancang pembelajaran

E. Memastikan siswa mencapai kompetensi yang ditargetkan

Jawaban: B

13. Pernyataan yang benar tentang Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) adalah…

A. Dapat digunakan untuk refleksi dan evaluasi proses belajar siswa

B. Menjadi standar dalam menilai ketercapaian TP

C. Dapat dirancang menggunakan rubrik

D. Bisa dibuat dalam bentuk deskripsi dan skala penilaian

E. Semua pernyataan di atas benar

Jawaban: E

14. Di bawah ini adalah pernyataan yang kurang tepat mengenai asesmen awal:

A. Bertujuan memperoleh nilai akhir peserta didik

B. Digunakan sebagai dasar intervensi pembelajaran

C. Menggambarkan kekuatan dan kelemahan siswa dalam mencapai tujuan

D. Untuk mengetahui kebutuhan belajar siswa yang beragam

E. Untuk memetakan minat dan kesiapan belajar siswa

Jawaban: A

15. “Apa pengalaman belajar yang perlu dirancang agar peserta didik dapat menunjukkan pemahaman yang mendalam dan bermakna terhadap konsep yang dipelajari?”

Pertanyaan ini paling tepat digunakan guru saat merancang tahap…

A. Menyusun indikator keberhasilan pembelajaran

B. Merumuskan Capaian Pembelajaran

C. Merancang asesmen sumatif

D. Merancang kegiatan pembelajaran

E. Menentukan metode pembelajaran langsung

Jawaban: D. Merancang kegiatan pembelajaran

Untuk melihat artikel lainnya mengenai PPG Daljab, silakan kunjungi tautan di bawah ini. Di sana Anda akan menemukan informasi terbaru, panduan, serta tips seputar pelaksanaan PPG Dalam Jabatan

Kumpulan Artikel tentang PPD Dalam Jabatan

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Erika Erilia

tirto.id - Edusains
Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Satrio Dwi Haryono