Menuju konten utama

SMBC Indonesia & Womanpreneur Community Kuatkan UMKM Perempuan

Melalui kolaborasi ini, kedua pihak berkomitmen untuk memperkuat kapasitas bisnis perempuan, hingga membuka akses ke pasar baru.

SMBC Indonesia & Womanpreneur Community Kuatkan UMKM Perempuan
SMBC Indonesia Kolaborasi dengan Womanpreneur Community, Wujudkan Kemandirian Ekonomi Perempuan Pelaku UMKM

tirto.id - Dalam upaya terus mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih bermakna dan menjawab tantangan rendahnya akses pelaku UMKM perempuan terhadap pelatihan dan pasar global, PT Bank SMBC Indonesia Tbk (SMBC Indonesia) melalui program Daya menjalin kerja sama strategis dengan Womanpreneur Community/SheTrades Hub Indonesia (WPC).

Melalui kolaborasi ini, kedua pihak berkomitmen untuk memperkuat kapasitas bisnis perempuan, membuka akses ke pasar baru, serta mendorong produk-produk UMKM perempuan agar mampu bersaing secara global dan berkelanjutan.

Menanggapi kemitraan ini, Andrie Darusman, Communications and Daya Head SMBC Indonesia mengatakan bahwa kolaborasi dengan WPC merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan SMBC Indonesia melalui program Daya dalam pilar peningkatan kapasitas usaha, khususnya mendukung pemberdayaan ekonomi para pengusaha perempuan.

"Melalui kemitraan strategis ini, kami berupaya memperkuat kapasitas kewirausahaan pengusaha perempuan melalui pelatihan, akses pasar yang lebih luas, serta penguatan kemandirian ekonomi," ujar Andrie.

Kolaborasi dengan WPC turut mempertegas komitmen SMBC Indonesia dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan dengan mendorong para pengusaha

perempuan sebagai bagian penting dari ekosistem pemberdayaan nasional. SMBC Indonesia

dan WPC memastikan akan mengembangkan rencana operasional bersama untuk menjamin

setiap program berjalan efektif dan terukur guna memberikan dampak positif yang nyata bagi

para pengusaha perempuan.

Terkait kolaborasi ini, Irma Sustika, Founder Womanpreneur Community/SheTrades Hub

Indonesia mengatakan, "Kami bangga dapat menjalin kerjasama dengan SMBC Indonesia

melalui program Daya, sebagai partner yang memiliki kesamaan visi dan misi dalam

pemberdayaan.”

Tantrie Soetjipto, Co-Founder Womanpreneur Community/SheTrades Hub Indonesia turut menambahkan bahwa, "Kolaborasi ini diharapkan dapat turut memperkuat peran aktif WPC dalam membina, mendukung, dan berkontribusi dalam pemberdayaan ekonomi perempuan di Indonesia melalui kolaborasi antara para anggota, mitra, dan semua pemangku kepentingan."

WPC, sebagai lembaga lokal dan pengelola SheTrades Hub Indonesia, aktif membantu meningkatkan keberlanjutan intervensi Inisiatif dengan mendorong kepemilikan lokal dan

keselarasan dengan prioritas nasional serta sektoral. WPC memiliki lebih dari 18.000 anggota di

seluruh Indonesia dan telah membantu mendirikan lebih dari 1.500 merek UMKM perempuan

melalui berbagai program unggulan seperti Inkubator Bisnis Womanpreneur (IBW) yang

meliputi antara lain pelatihan strategi pemasaran, literasi keuangan, dan akses ke pasar yang

luas lewat pameran produk dan platform e-commerce.

Selain itu, WPC juga memberikan pelatihan dan pendampingan untuk komunitas rentan; seperti

perempuan penyintas kekerasan, ibu rumah tangga prasejahtera, dan perempuan disabilitas.

Upaya Kolaboratif SMBC Indonesia Bersama WPC untuk Memberdayakan Perempuan SMBC Indonesia dan WPC akan menjalankan berbagai inisiatif strategis yang siap menjawab kebutuhan para pengusaha perempuan nasabah SMBC Indonesia dalam peningkatan kapasitas dan daya saing.

Kolaborasi SMBC Indonesia dan Womanpreneur Community menjadi langkah nyata dalam mendukung pengusaha perempuan untuk naik kelas, melalui pelatihan, mentoring, dan akses ke pasar global.

Inisiatif tersebut di antaranya berupa: (1) Pelatihan dan mentoring terkait topik kewirausahaan

seperti manajemen keuangan, strategi pemasaran, pengembangan produk serta pengelolaan

dan pengembangan usaha UMKM, (2) Pelatihan Kewirausahaan terkait 101 Ekspor, mulai dari

akurasi produk, rekomendasi negara tujuan eksport sampai dengan persiapan persyaratan

negara tujuan, serta (3) Menjembatani kemitraan dan koneksi untuk membantu para pengusaha

perempuan untuk membuka peluang pasar baru dengan ekspor dan mempromosikan produk

dan layanan mereka secara internasional,

Selain itu, SMBC Indonesia bersama WPC juga akan berkolaborasi dalam mendukung advokasi

untuk kesetaraan gender, utamanya dalam memberikan dukungan dalam mempromosikan

partisipasi yang adil dalam sektor bisnis.

“Kami percaya, inisiatif ini akan membuka lebih banyak peluang bagi perempuan Indonesia

untuk berkembang dan berkontribusi secara nyata dan bermakna terhadap pertumbuhan

ekonomi nasional,” tutup Andrie.

Baca juga artikel terkait BTPN atau tulisan lainnya dari Siaran Pers

tirto.id - Binar
Penulis: Siaran Pers
Editor: Siaran Pers