tirto.id - Deskripsi pengalaman kerja menjadi sesuatu yang harus diisikan pelamar dalam pendaftaran seleksi PPPK Teknis Pustakawan 2024. Deskripsi ini tidak hanya berisi pengalaman, namun keterampilan dan kelebihan diri dalam menangani pekerjaan terkait.
Pendaftaran seleksi PPPK 2024 telah dibuka melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, sebanyak 1.031.554 formasi dibuka dalam seleksi pengadaan PPPK 2024 dengan rincian sebagai berikut:
- PPPK guru 419.146 formasi.
- PPPK tenaga kesehatan 417.196 formasi.
- PPPK teknis 547.416 formasi.
Di sisi lain, Periode II dengan waktu pendaftaran 17 November - 31 Desember 2024, dibuka bagi Pelamar Tenaga non ASN yang Aktif Bekerja di Instansi Pemerintah (Termasuk Lulusan PPG untuk Formasi Guru di Instansi Daerah).
Kumpulan Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja sebagai Pustakawan untuk PPPK
Pustakawan atau Petugas Perpustakaan menjadi salah satu formasi tenaga teknis yang dibuka sejumlah instansi dalam seleksi PPPK 2024. Dalam proses pendaftaran, pelamar formasi Pustakawan PPPK Tenaga Teknis 2024, diharuskan untuk mengisi deskripsi pengalaman kerja yang berkaitan.
Deskripsi pengalaman kerja untuk formasi Pustakawan PPPK Tenaga Teknis 2024, maksimal ditulis dalam 3.000 karakter. Berikut ini sejumlah contoh deskripsi pengalaman kerja sebagai Pustakawan untuk PPPK 2024:
1. Contoh Pertama
Nama saya Erlangga Muhammad. Saya memiliki pengalaman kerja selama tiga tahun sebagai Pustakawan di [Nama Instansi/Perpustakaan]. Selama bekerja di instansi tersebut, saya bertanggung jawab dalam pengelolaan koleksi perpustakaan mulai katalogisasi, klasifikasi, hingga pengolahan bahan pustaka.
Dalam melakukan pengelolaan koleksi perpustakaan, saya terbiasa menggunakan standar pengolahan seperti Dewey Decimal Classification (DDC) dan Anglo-American Cataloguing Rules (AACR2). Kedua standar pengolahan tersebut bertujuan untuk memastikan koleksi dapat diakses dengan mudah oleh pengunjung.
Selain melakukan pengelolaan koleksi perpustakaan, saya juga aktif melakukan pengadaan buku baru, evaluasi koleksi, serta mengembangkan koleksi digital untuk memenuhi kebutuhan informasi pengguna yang semakin beragam.
Dengan pengalaman yang telah diperoleh di atas, saya siap memberikan kontribusi terbaik untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dalam mendukung pendidikan dan penyebaran informasi di lingkungan [Nama Instansi/Perpustakaan] melalui seleksi PPPK ini.
2. Contoh Kedua
Nama saya Muhammad Dwi Cahyono, lulusan S1 Jurusan Ilmu Perpustakaan dari Universitas [...........]. Selama lima tahun ini, saya aktif dan berpengalaman sebagai Petugas Perpustakaan di [Nama Instansi/Perpustakaan]. Saya memiliki tugas utama yaitu melakukan pengadaan buku baru, evaluasi koleksi, serta mengembangkan koleksi digital. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan informasi pengguna yang semakin beragam.Selain itu, saya memiliki peran lain berupa pelayanan referensi dan informasi. Pelayanan ini memungkinkan saya untuk membantu pengunjung mencari sumber bacaan yang relevan dan sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu, saya juga memandu pengunjung dalam penggunaan database elektronik. Sistem ini memungkin pengunjung lebih mudah mencari sumber-sumber bacaan yang tengah dikumpulkan.
Dengan pengalaman sebagai Petugas Perpustakaan tersebut, saya berharap dan siap memberikan kontribusi terbaik untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dalam mendukung pendidikan dan penyebaran informasi di lingkungan [Nama Instansi/Perpustakaan] melalui pengadaan seleksi PPPK ini.
3. Contoh Ketiga
Perkenalkan, nama saya Sri Tri Wahyuningsih, lulusan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi dari Universitas [................] Tahun [.........]. Selama kurang lebih tiga tahun, saya berpengalaman bekerja sebagai Pustakawan di [Nama Instansi/Perpustakaan].
Saya memiliki tanggung jawab utama untuk memimpin berbagai program literasi informasi dan pelatihan literasi digital bagi siswa, guru, dan masyarakat umum. Program yang saya pimpin ini, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa, guru, dan masyarakat umum dalam mencari dan memanfaatkan informasi secara efektif.
Di samping itu, program literasi informasi dan pelatihan literasi juga mencakup kegiatan promosi perpustakaan seperti pameran buku, bedah buku, dan klub baca yang bertujuan meningkatkan minat baca di kalangan pengunjung.
Demikian pengalaman yang saya sampaikan. Saya siap memberikan kontribusi terbaik untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dalam mendukung pendidikan dan penyebaran informasi di lingkungan [Nama Instansi/Perpustakaan] melalui seleksi PPPK ini.
4. Contoh Keempat
Nama Saya Ahsan Nur Syahbani, alumnus Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi dari Universitas [.........]. Saya memiliki pengalaman sebagai Pegawai Perpustakaan selama kurang lebih empat tahun di [Nama Instansi/Perpustakaan].
Tugas utama yang saya pegang untuk saat ini adalah pengelolaan perpustakaan digital. Pengelolaan ini mencakup sistem otomatis perpustakaan dengan menggunakan software perpustakaan seperti SLiMS. Berkat tugas ini, saya terbiasa untuk menangani digitalisasi koleksi dan mengembangkan aksesibilitas layanan perpustakaan melalui platform online.
Dalam menjalankan pengelolaan perpustakaan digital, saya dituntut untuk selalu menjaga kedisiplinan, ketelitian, serta kemampuan komunikasi yang baik. Sejumlah aspek ini penting untuk memberikan pelayanan optimal bagi pengunjung dan pemustaka.
Dengan pengalaman di atas, saya berharap sekaligus siap memberikan kontribusi terbaik untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dalam mendukung pendidikan dan penyebaran informasi di lingkungan [Nama Instansi/Perpustakaan] melalui seleksi PPPK ini.
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yulaika Ramadhani