Menuju konten utama

11 Cara Menambah Followers TikTok dengan Cepat dan Gratis

Ini dia 11 cara menambah followers atau pengikut TikTok dengan cepat dan gratis. Cocok untuk para content creator. 

11 Cara Menambah Followers TikTok dengan Cepat dan Gratis
Ilustrasi seorang pria membuka aplikasi media sosial 'TikTok'. AP / Anjum Naveed, File)

tirto.id - TikTok menjadi salah satu media sosial yang populer di Indonesia. Memiliki banyak pengikut di TikTok juga akan memberikan keuntungan tersendiri bagi para pembuat konten. Lalu, bagaimana cara menambah followers TikTok?

TikTok merupakan platform yang memungkinkan penggunanya mengunggah berbagai jenis konten, khususnya dalam format video berdurasi pendek.

Platform ini dikembangkan oleh perusahaan asal Tiongkok bernama ByteDance dan lebih dikenal dengan nama Douyin di negeri asalnya.

Seperti media sosial lainnya, TikTok juga memiliki followers atau pengikut. Memiliki banyak pengikut bisa sangat menguntungkan bagi pembuat konten, terutama bagi mereka yang menjadikan TikTok sebagai ladang bisnis.

Karena itulah banyak orang yang berusaha menambah jumlah followers dengan berbagai cara. Anda bisa membangun akun TikTok dan mendapatkan pengikut secara organik dengan berbagai strategi. Cara ini lebih disukai TikTok, tapi tentunya tidak instan dan butuh proses.

Jika Anda mencari cara menambah followers TikTok dengan cepat, maka menggunakan aplikasi bisa jadi solusinya. Namun, cara ini pun memiliki banyak kekurangan sehingga harus dipertimbangkan matang-matang.

11 Cara Menambah Followers TikTok

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi jumlah followers TikTok, mulai dari jenis konten hingga langkah promosi. Berikut beberapa cara menambah followers TikTok yang bisa dicoba:

1. Kenali target audiens

TikTok merupakan platform populer dengan jutaan pengguna dari berbagai usia dan kalangan. Salah satu cara menambah followers TikTok gratis tanpa aplikasi adalah dengan mengenali target penonton. Mengetahui target penonton akan memudahkan Anda untuk membuat konten yang lebih menarik.

Cara mengetahui target audiens adalah dengan melihat TikTok analytics atau analisis TikTok. Perhatikan tipe audiens terbanyak yang menonton konten-konten Anda, baik dari segi usia, gender, hingga lokasi.

Setelah mengetahui tipe audiens, Anda bisa lebih mudah menentukan konten apa yang menarik atau konten yang ingin ditonton oleh mereka. Anda pun bisa bereksperimen dan mengunggah konten dengan berbagai topik untuk mengetahui respon penonton.

2. Buat konten sesuai target audiens

Setelah mengetahui target audiens, langkah selanjutnya adalah membuat konten menarik. Tentukan niche untuk membuat konten yang lebih spesifik, misalnya konten tentang masakan, kecantikan, olahraga, bisnis, teknologi, atau yang lainnya.

Pilih niche atau topik yang sekiranya memang disukai oleh target audiens. Tentunya pemilihan konten juga disesuaikan dengan minat dan kemampuan Anda sebagai seorang creator.

3. Ikuti tren

Mengikuti tren bisa membantu menambah followers TikTok. Anda bisa membuat konten dengan topik yang sedang ramai dibicarakan atau mengikuti challenge yang sedang viral.

Hal ini akan berpengaruh pada algoritma TikTok, membantu konten Anda mencapai FYP (For You Page), atau muncul di halaman utama TikTok.

Namun, tren memiliki batas waktu, jadi semakin cepat Anda mengikutinya maka akan semakin baik. Agar dapat melakukan cara ini, Anda perlu melakukan hal-hal berikut:

  • Pantau FYP
  • Ikuti pengguna atau content creator yang populer
  • Cek tagar yang sedang viral dan berkaitan dengan niche konten Anda
  • Perhatikan sound/lagu yang sering dipakai
  • Ikuti tren selama tetap relevan dengan konten-konten Anda
3. Gunakan musik/sound yang sedang viral

Menggunakan musik atau sound tertentu yang sedang booming berpotensi membuat konten Anda ikutan trending. Tentunya musik viral tersebut tetap harus disesuaikan dengan konten yang sedang dibuat.

Algoritma TikTok cenderung menyukai konten-konten yang memakai musik viral karena punya potensi lebih tinggi untuk disukai, disimpan, atau dibagikan lagi oleh para penonton.

Hal ini termasuk metrik yang dipertimbangkan oleh algoritma TikTok saat menentukan konten mana saja yang layak masuk FYP.

Untuk menentukan musik apa yang harus dipakai, coba telusuri FYP, amati video-video yang sedang trending, lalu perhatikan musik yang sedang digunakan.

Pakai musik tersebut ke dalam video Anda, tapi sesuaikan dengan isi kontennya. Jika konten memuat suara Anda, pastikan volume musik tidak terlalu keras agar tidak menutupi suara Anda.

4. Kolaborasi dengan creator lain

Kolaborasi kerap dilakukan oleh para pembuat konten. Selain untuk membangun komunitas, cara ini berguna untuk memperkenalkan konten Anda pada penonton yang lebih luas.

TikTok sendiri telah menyediakan fitur seperti duet dan stitch yang cocok untuk kolaborasi. Anda bisa mencari pembuat konten yang memang cocok untuk diajak bekerja sama.

Jangan lupa periksa engagement rate mereka dan tawarkan ajakan kolaborasi dengan kesepakatan yang jelas.

5. Buat konten berseri

Cara menambah followers TikTok yang berikutnya adalah membuat konten berseri. Konten seperti ini akan membuat audiens lebih ‘terikat’ dengan creator sehingga mereka akan terus kembali untuk menonton konten-konten terbaru dari Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat konten berseri tentang tips, konten dengan topik “barang aneh yang wajib dicoba” dengan satu jenis barang yang berbeda di setiap video, atau bisa juga membuat konten berisi cerita bersambung yang terbagi menjadi beberapa video. Hal terpenting dari konten berseri adalah adanya konsistensi, baik pada tema maupun jadwal upload.

Selain itu, pastikan tema memiliki pancingan yang bisa membuat audiens penasaran hingga ingin menonton video selanjutnya.

Pancingan tersebut bisa berupa akhir cerita yang menggantung, sebuah pertanyaan di akhir video, atau cuplikan konten berikutnya.

6. Gunakan tagar sesuai konten

Tagar atau hashtag berfungsi layaknya magnet yang bisa menarik audiens. Tagar yang tepat adalah tagar yang sesuai dengan niche atau konten yang Anda buat.

Anda mungkin tertarik menggunakan tagar yang sedang viral untuk menarik penonton. Jika tidak sesuai dengan isi konten, cara ini hanya menarik penonton untuk sementara. Sementara itu, tagar yang spesifik dan relevan dengan konten akan menarik penonton yang memang ditargetkan sejak awal.

Pantau terus tagar yang sedang viral dan pilih yang sesuai dengan konten Anda. Jangan spam tagar yang tidak relevan di bagian caption dan usahakan menggunakan tagar yang bervariasi untuk setiap konten.

7. Upload di waktu yang tepat

Cara menambah followers TikTok adalah dengan memastikan konten Anda ditonton oleh target audiens. Karena itu, konten sebaiknya diunggah pada waktu yang tepat, yaitu ketika target audiens Anda sedang aktif di TikTok.

Anda perlu mencari tahu kapan atau di jam-jam berapa saja target audiens Anda aktif di TikTok. Untuk mengetahuinya, lakukan beberapa cara berikut:

  1. Buka analisis TikTok dan lihat konten mana saja yang mendapat engagement tinggi, lalu periksa kapan Anda mengunggahnya.
  2. Lakukan eksperimen dengan mengunggah video serupa di waktu yang berbeda-beda untuk melihat respon penonton.
  3. Setelah upload, perhatikan seberapa cepat konten tersebut mendulang view.
Jika sudah menemukan waktu yang tepat untuk upload, jangan lupa untuk konsisten mengunggah konten di waktu-waktu tersebut. Konten yang diunggah secara konsisten biasanya lebih disukai oleh penonton sehingga mereka tak ragu untuk mem-follow sang creator.

8. Sesuaikan durasi video dengan jenis konten

Setiap jenis konten pastinya memiliki durasi video yang ideal. Video 15-30 detik biasanya mudah menarik perhatian penonton karena durasinya tidak terlalu panjang.

Video pendek seperti ini cocok untuk konten-konten sederhana seperti video tips, challenge, konten POV, berbagi kata mutiara, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa membuat video dengan durasi lebih lama hingga 10 menit. Video berdurasi panjang lebih cocok untuk konten tutorial, storytelling, atau sketsa dengan cerita yang menarik.

9. Berbagi user-generated content (UGC)

User-generated content (UGC) adalah konten milik orang lain yang termasuk konsumen atau pengikut. Memanfaatkan UGC merupakan salah satu cara menambah followers TikTok dengan hasil yang cukup memuaskan.

Sebagai contoh, seorang pengguna TikTok membuat konten yang berkaitan dengan Anda, baik itu berupa komentar, opini, review, atau apa saja.

Konten ini bisa Anda unggah kembali, tentunya setelah mendapat izin sekaligus mencantumkan credit terhadap si creator aslinya.

Membagikan atau mengunggah konten UGC akan memberikan kesan positif atau bahkan kebanggaan tersendiri bagi si pembuat konten. Hal ini juga akan berdampak positif pada TikTok Anda karena akan terjalin hubungan yang lebih erat antara Anda dengan pengikut.

Jika Anda bergerak di bidang bisnis atau membutuhkan branding, konten UGC membantu membangun reputasi sehingga pengguna TikTok lainnya akan tertarik untuk mengikuti Anda.

10. Promosi di platform lain

Cara menambah followers TikTok gratis bisa dilakukan dengan cara promosi silang antar media sosial. Demografi penonton di setiap platform pasti berbeda-beda, mempromosikan konten Anda lintas platform juga dapat menjaring penonton yang lebih luas.

Jangan ragu mempromosikan konten TikTok melalui media sosial lain yang memiliki fitur video pendek, contohnya Instagram Reel atau YouTube Shorts. Jangan lupa untuk memilih konten yang sekiranya menarik dan cocok untuk tipe penonton di platform tersebut.

11. Aplikasi penambah followers

Cara lain untuk menambah followers TikTok dengan cepat adalah memakai aplikasi. Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang memang diciptakan untuk menambah pengikut di TikTok, contohnya aplikasi TikFans, Tikio, TikBooster, TikFame, TikPlus +Pro, dan masih banyak lagi.

Memakai aplikasi memang akan membuat jumlah followers Anda meningkat pesat dalam waktu singkat. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa kebanyakan aplikasi ini tidak gratis dan umumnya menggunakan koin TikTok sebagai alat pembayaran. Selain itu, menggunakan aplikasi penambah followers juga memiliki beberapa kekurangan seperti berikut:

  • Kemungkinan besar mendapatkan pengikut fiktif, bot, atau akun yang tidak aktif
  • Jika mendapat pengikut real (bukan bot), bisa saja tidak bertahan lama karena kemungkinan tidak sesuai dengan target audiens Anda
  • Angka followers memang bertambah, tapi interaksi rendah
  • Tidak berpengaruh pada jumlah view atau like di video yang Anda buat
  • Menurunkan potensi konten masuk FYP
  • Followers berupa bot tidak akan bertahan lama karena akunnya bisa dihapus oleh pihak TikTok
  • Menurunkan reputasi Anda sebagai pembuat konten.

Baca juga artikel terkait TEKNOLOGI atau tulisan lainnya dari Erika Erilia

tirto.id - Teknologi
Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yandri Daniel Damaledo