Menuju konten utama

Ringkasan Materi PKN SD Kelas 4 "Nilai Perumusan Pancasila"

Ringkasan materi PKN SD kelas 4 tentang "Nilai Perumusan Pancasila" disertai juga contoh soal dan jawaban.

Ringkasan Materi PKN SD Kelas 4
Monumen Pancasila Sakti, di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

tirto.id - Ringkasan materi PKN SD kelas 4 tentang "Nilai Perumusan Pancasila" akan membahas terkait makna proses perumusan Pancasila. Dalam rangkuman PKN kelas 4 SD ini disertai juga contoh soal dan jawaban materi "Nilai Perumusan Pancasila" untuk latihan siswa.

Nilai perumusan Pancasila merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) tingkat Sekolah Dasar (SD) Kelas 4 di Kurikulum Merdeka.

Dilansir dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kemdikbud, kemerdekaan Indonesia merupakan hasil dari perjuangan dan perlawanan para tokoh bangsa dalam melawan penjajah.

Perjuangan dan perlawanan ini tidak hanya dilakukan secara fisik tetapi juga secara diplomatis melalui proses musyawarah yang dilakukan oleh para bapak bangsa.

Salah satu agenda dalam musyawarah-musyawarah tersebut adalah menentukan dasar negara. Dalam prosesnya, banyak pendapat mengenai usulan rumusan dasar negara.

Terdapat tiga tokoh penting dalam perumusan ini, yaitu Mr. Muhammad Yamin, Mr. Soepomo, dan Ir. Soekarno.

Namun pendapat-pendapat mereka tidak bisa semuanya diterima. Pada akhirnya setelah melewati proses sidang dan musyawarah yang panjang, dasar negara yang kita ketahui sekarang, Pancasila, pun disepakati.

Pancasila berisi 5 sila yang menjadi dasar bagi negara dan warga negara Indonesia, yaitu:

1. Ketuhanan yang Maha Esa

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

3. Persatuan Indonesia

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Nilai-Nilai Perumusan Pancasila, Apa Saja?

Terdapat nilai-nilai penting dalam perumusan Pancasila yang bisa diteladani oleh warga negara Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

- Ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa

- Semangat anti penjajah dan penjajahan

- Harga diri yang tinggi sebagai bangsa yang merdeka

- Semangat persatuan dan kesatuan

- Setia kawan, senasib sepenanggungan, dan kebersamaan

- Jiwa dan semangat merdeka

- Semangat perjuangan yang tinggi

- Pantang mundur dan tidak kenal menyerah

- Ulet dan tabah dalam menghadapi segala macam tantangan

- Berani, ikhlas, dan rela berkorban untuk bangsa

- Disiplin yang tinggi

- Percaya kepada masa depan gemilang dari bangsanya.

Contoh Penerapan Nilai Perumusan Pancasila

Nilai-nilai tersebut dapat diterapkan dalam berbagai situasi seperti kehidupan di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah lingkungan masyarakat, atau lingkungan berbangsa dan bernegara.

Contohnya adalah sikap terbuka untuk menerima masukan dan menghargai hak dari anggota keluarga yang lain, tidak memaksakan kehendak dan sikap tidak pandang bulu terhadap teman, ikut serta dalam kegiatan gotong royong dan musyawarah, hingga melakukan kegiatan yang dapat mengharumkan nama bangsa.

Contoh Soal PKN SD Kelas 4 Materi Nilai Perumusan Pancasila

Berikut adalah contoh soal PKN SD Kelas 4 beserta jawabannya. Jawaban yang benar ditulis dalam cetak tebal.

1. Fungsi utama Pancasila adalah sebagai ....

A. pelindung negara

B. penjaga negara

C. jiwa bangsa

D. dasar negara

2. Rumusan Pancasila yang dipakai sampai saat ini tercantum dalam ...

A. Ketetapan MPR

B. Batang Tubuh UUD 1945

C. Keputusan Presiden

D. Pembukaan UUD 1945

3. Berikut ini adalah nilai-nilai juang para tokoh pendiri negara, kecuali ...

A. Ketakwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa

B. Jiwa dan semangat merdeka

C. Cinta tanah air dan bangsa

D. Mengharap pamrih

4. Pancasila merupakan salah satu bentuk ...

A. Keputusan bersama

B. Keputusan penguasa

C. Perjanjian masyarakat

D. Ketaatan rakyat Indonesia

5. Sikap yang ditampilkan para tokoh pendiri negara pada saat merumuskan Pancasila di antaranya sebagai berikut, kecuali ...

A. menghargai perbedaan pendapat

B. mengutamakan kepentingan bangsa dan negara

C. mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa

D. mengutamakan kepentingan golongan.

Baca juga artikel terkait EDUKASI DAN AGAMA atau tulisan lainnya dari Muhammad Iqbal Iskandar

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Muhammad Iqbal Iskandar
Penulis: Muhammad Iqbal Iskandar
Editor: Yulaika Ramadhani