Menuju konten utama

Isi Serat Wedhatama Bahasa Jawa dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Isi Serat Wedhatama dalam bahasa Jawa beserta terjemahannya di bahasa Indonesia.

Isi Serat Wedhatama Bahasa Jawa dan Artinya dalam Bahasa Indonesia
Ilustrasi Buku. tirto.id/iStockphoto

tirto.id - Serat Wedhatama berisi lima tembang macapat (pupuh) dan terdiri atas 100 bait. Kelima pupuh itu adalah pangkur, sinom, pocung, gambuh, dan kinanthi. Serat tersebut memuat pesan-pesan yang mendorong manusia berbudi luhur dalam bersikap.

Serat Wedhatama merupakan salah satu karya sastra Jawa legendaris karya dari Adipati Kadipaten Mangkunegaran, yakni Mangkunegara IV. Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IV lahir pada 3 Maret 1811, dengan nama kecil Raden Mas Sudira. Dia naik takhta ketika berusia 47 tahun, tepat tanggal 16 Agustus 1857.

Wedhatama hanya satu dari beberapa karya Mangkunegara IV. Soetomo Siswokartono, dalam Sri Mangkunagara IV Sebagai Penguasa dan Pujangga (2006:257), mencatat sejumlah karya penting lain yang ditulis Mangkunegara IV, yakni Serat Warayagnya, Serat Wirawiyata, Serat Darmawasita, Serat Salokatama, dan Serat Paliatma.

Mengutip ulasan berjudul "Nilai-nilai Budaya Jawa dalam Serat Wedhatama" yang ditulis Sumarno dalam Jurnal Patrawidya (Vol. 15, No. 2, 2014), sastra Jawa kuno biasanya dibuat oleh kalangan pujangga keraton. Serat Wedhatama merupakan salah satu yang paling terkenal.

Kepopuleran Serat Wedhatama bahkan memengaruhi sejumlah karya seni kontemporer. Sebagai contoh, musikus Gombloh pernah memasukkan sebagian lirik Serat Wedhatama dalam lagu karyanya, "Hong Wilaheng."

Nilai-nilai Jawa dan Islam bertautan secara erat dalam Serat Wedhatama. Mangkunegara IV yang dibesarkan dalam budaya Jawa dan tradisi Islam kejawen yang kental melatarbelakanginya.

Pesan-pesan seperti menjunjung tinggi budaya Jawa, dan kewajiban manusia untuk melaksanakan perintah Tuhan dapat ditemui dalam Serat Wedhatama.

Naskah asli Serat Wedhatama hingga kini disimpan di Perpustakaan Reksapustaka Mangkunegaran di Surakarta. Berikut isi Serat Wedhatama beserta terjemahannya dalam bahasa Indonesia, seperti dikutip dari Jurnal Patra Widya (2014: 274-290).

PUPUH I PANGKUR

Mingkar-mingkur ing angkara/

akarana karenan mardi siwi/

sinawung resmining kidung/

sinuba-sinukarta/

mrih kretarta pakartining ilmu luhur/

kang tumrap ing tanah Jawa/

agama ageming Aji//

Menghindar dari kejahatan,

karena senang mendidik anak,

Dibuat dalam bentuk nyanyian yang indah,

Dibuat baik dan indah,

Agar sejahtera pada perilaku ilmu luhur,

yang diterapkan di tanah Jawa,

Agama sebagai pegangan raja.

Jinejer neng wedhatama/

mrih tan kemba kembanganing pambudi/

mangka nadyan tuwa pikun/

yen tan mikani rahsa/

yekti sepa sepi lir sepah asamun/

samangsane pakumpulan/

gonyak-ganyuk nglelingsemi//

Dijelaskan dalam Wedatama,

Agar tidak kendor dalam berusaha,

Padahal walau tua renta,

Kalau tidak mengetahui jiwa,

Sungguh tidak enak seperti ampas tidak berguna,

ada saat pertemuan,

Tidak sopan membuat malu.

Gugu karsane priyangga/

nora nganggo peparah lamun angling/

Lumuh ingaran balilu/

Uger guru aleman/

Nanging janma ingkang wus waspadeng semu/

Sinamun ing samudana/

Sesadoningadu manis//

Semaunya sendiri,

Tidak memakai aturan kalau berkata,

Tidak mau dikatakan bodoh,

Mengikuti teladan sanjungan,

Tetapi manusia yang sudah bijaksana terhadap simbol

Disamarkan dalam perangainya,

Semuanya diterima dengan baik.

Si pengung nora nglagewa/

Sangsayarda denira cecariwis/

Ngandhar-andhar angendhukur/

Kandhane ora kaprah/

Saya elok alangka longkangipun/

Si wasis waskitha ngalah/

Ngalingi marang si pingging//

Orang yang bodoh tidak menduga,

Semakin meluas dalam berbicara,

Panjang lebar tidak berisi

Perkataannya tidak karuan,

Semakin menjadi-jadi kebohongannya,

Si orang yang pandai bijaksana mengalah,

Menutupi kepada orang yang bodoh.

Mangkono ngelmu kang nyata/

Sanyatane mung weh reseping ati/

Bungah ingaran cubluk/

Sukeng tyas yen den ina/

Nora kaya si punggung anggung gumunggung/

Ugungan sadina-dina/

Aja mangkono wong urip//

Demikian ilmu yang sesungguhnya,

Sesungguhnya hanya memberikan kesenangan di hati,

Senang (jika) dikatakan bodoh,

Senang hatinya jika dihina,

Tidak seperti orang yang bodoh selalu sombong,

Senang disanjung setiap hari,

Janganlah demikian orang hidup itu.

Uripe sepisan rusak/

Nora mulur nalare ting saluwir/

Kadi guwa gung asirung/

Sinerang ing maruta/

Gumarenggeng anggereng anggung gumunggung/

Pindha padhane si mudha/

Prandene kudu kumaki//

Hidupnya sekali saja rusak,

Tidak luas pikirannya bercabang-cabang,

Seperti gua besar yang menakutkan,

Diterjang oleh angin,

Bergema membahana menakutkan,

Itu sama ibaratnya dengan si bodoh,

Namun demikian sangat sombong.

Kikisane mung sapala/

Palayune ngandelken yayah bibi/

Bangkit tata-basa luhur/

Telesih tatakrama/

Balik sira sarawungan bae durung/

Wruh atining tatakrama/

Nggon-anggon agama suci//

Perbatasannya hanya sedikit,

Akhirnya mengandalkan ayah ibunya,

Pandai berbahasa halus,

Cermat tatakramanya,

Sebaliknya dirimu kenal saja belum,

Mengetahui inti tatakrama,

penerapannya agama suci.

Socaning jiwangganira/

Jer katara lamun pocapan pasthi/

Lumuh kasor kudu unggul/

Sumengguh sesongaran/

Yen mangkana kena ingaran katungkul/

karem ing reh kaprawiran/

Nora enak iku kaki//

Mata hati dalam jiwamu,

Pasti selalu kelihatan kalau berbicara,

Tidak mau kalah harus menang,

Merasa bisa menyombongkan diri,

Kalau demikian itu dapat disebut terlena,

Senang terhadap kesaktian,

Tidak enak itu nanda.

Kekerane ilmu karang/

Kekarangan saking bangsaning gaib/

Iku boreh paminipun/

Tan rumasuk ing jasad/

Among aneng sajabaning daging kulup/

Yen kapengkok pancabaya/

Ubayane balenjani//

Tempatnya ilmu tebakan,

Karangan dari yang gaib,

Itu bedak param umpamanya,

Tidak masuk ke dalam badan,

Hanya di luar daging saja nanda,

Kalau terkena bencana,

Akhirnya mengingkari.

Marma ing sabisa-bisa/

Bebasane muriha tyas basuki/

Puruhita ingkang patut/

Lan traping angganira/

Ana uga angger ugering kaprabun/

Abon-aboning panembah/

Kang kambah ing siyang ratri//

Oleh sebab itu sedapat mungkin,

Ibaratnya berusahalah agar hati selamat,

Mengabdilah dengan baik,

Sesuai dengan keadaan dirimu,

Ada juga norma pedomannya kerajaan,

Awalnya sembah,

Yang dilakukan siang malam.

Iku kaki takokena/

Marang para sarjana kang maratapi/

Mring tapaking tepa tulus/

Kawawa nahan hawa/

Wruhanira mungguh sanyataning ilmu/

Tan pasthi neng janma wredha/

Tuwin mudha sudra kaki//

Itu nanda tanyakanlah,

Kepada para bijak yang bertapa,

Terhadap perilaku tulus ikhlas,

Mampu menahan hawa nafsu,

Ketahuilah bahwa sesungguhnya ilmu

Tidak pasti ada pada orang tua,

Serta muda (maupun) hina nanda.)

Sapantuk wahyuning Allah/

Gya dumilah mangulah ngelmu bangkit/

Bangkit mikat reh mangukud/

Kukutaning jiwangga/

Yen mangkono kena ingaranan sepuh/

Lire sepuh sepi hawa/

Awas roroning atunggil//

Siapa yang mendapat anugerah Tuhan,

Akan pandai menerapkan ilmu yang baik,

Mampu menarik perintah kesempurnaan,

Lepasnya jiwa raga,

Kalau demikian itu dapat disebut orang tua,

Maksudnya tua sudah jauh dari hawa nafsu,

Mengetahui “dwi tunggal”.

Tan samar pamoring Suksma/

Sinuksamaya winahya ingasepi/

Sinimpen telenging kalbu/

Pambukaning warana/

Tarlen saking liyep layaping aluyup/

Pindha pesating supena/

Sumusup ing rasa jati//

Tidak samar bersatunya hamba-tuhan,

Diresapi dengan rasa yang khususk,

Disimpan di tengah kalbu,

Sebagai pembuka pintu penyekat,

Tidak lain dengan cara transenden,

Seperti melesatnya mimpi,

Menyusup dalam rasa sejati.

Sajatine kang mangkana/

Wus kakenan nugrahaning Hyang Widhi/

Bek alaming asuwung/

Tan karem karameyan/

Ingkang sifat wisesa winisesa wus/

Mulih mula mulanira/

Mulane wong anom sami//

Sesungguhnya yang demikian itu,

Sudah memperoleh anugerah Tuhan,

Berwatak dalam dunia hening,

Tidak suka keramaian,

Yang bersifat kuasa dan menguasai sudah,

Kembali kepada asal-muasalnya,

Maka anak muda semuanya.

PUPUH II SINOM

Nulada laku utama/

Tumraping wong tanah Jawi/

Priyagung ing Ngeksiganda/

Panembahan Senopati/

Kapati amarsudi/

Sudaning hawa lan nepsu/

Pinesu tapa brata/

Tanapi ing siyang ratri/

Amemangun karyenak tyasing sasama//

Teladanilah watak utama,

Bagi orang di tanah Jawa,

Raja di Ngeksiganda,

Panembahan Senapati,

Selalu mencari,

Kurangnya hawa dan nafsu,

Dilakukan dengan bertindak tapa brata,

Baik siang maupun malam,

Berbuat enak/baik terhadap hati orang lain.

Samangsane pasamuwan/

Memangun marta martani/

Sinambi ing saben masa/

Kala-kalaning asepi/

Lelana teki-teki/

Nggayuh geyonganing kayun/

Kayungyun eninging tyas/

Sanityasa pinrihatin/

Puguh panggah cegah dhahar lawan nendra//

Ketika dalam pertemuan,

Berbuat baik terhadap sesama,

Sambil setiap waktu,

Ketika sedang hening,

Berkelana berprihatin,

Mencapai pedoman segalanya,

Senang (terhadap) heningnya hati

Selalu berprihatin,

Selalu mengurangi makan dan tidur.

Saben mendra saking wisma/

Lelana laladan sepi/

Ngingsep sepuhing supana/

Mrih pana pranaweng kapti/

Titising tyas marsudi/

Mardawaning budya tulus/

Mesu reh kasudarman/

Neng tepining jalanidi/

Sruning brata kataman wahyu jatmika//

Setiap pergi dari rumah,

Berkelana di tempat yang sepi,

Mencari ilmu agar mengetahui,

Agar mengetahui kehendak hati,

Ketepatan hati mencari,

Irama hati yang ikhlas,

Melatih jiwa kebaikan,

Di tepian samudera,

Seringnya bertapa memperoleh anugerah yang baik.)

Wikan wengkoning samodra/

Kederan wus den ideri/

Kinemat kamot ing driya/

Rinegem sagegem dadi/

Dumadya angratoni/

Nenggih Kangjeng Ratu Kidul/

Ndedel nggayuh gegana/

Umara marak maripih/

Sor prabawa lan priyagung Ngeksiganda//

Mengetahui luasnya samudera,

Di kelilingi sudah dikelilingi,

Dikuasai dalam inderanya,

Digenggam menjadi satu genggaman,

Menjadi penguasa,

Yaitu Ratyu Kidul,

Terbang mencapai angkasa,

Datang mendekat bersujud,

Kalah perbawa dengan satria Ngeksiganda.)

Dahat denira aminta/

Sinupeket pangkat kanthi/

Jroning alam palimunan/

Ing pasaban saben sepi/

Sumanggem anyanggemi/

Ing karsa kang wus tinamtu/

Pamrihe mung ameminta/

Supangate teki-teki/

Nora ketang teken janggut suku jaja//

Sangat dalam memintanya,

Agar dipererat dengan cara,

Di dalam alam gaib,

Ditemui saat sepi,

Siap menyanggupi,

Terhadap semua yang sudah ditentukan,

Maksudnya hanya meminta,

Safaat dari yang bertapa,

Walau dengan “tongkat dagu berkaki dada.)

Prajanjine abipraya/

Saturun-turuning wuri/

Mangkono trahing awirya/

Yen maksih amesu budi/

Dumadya glis dumugi/

Iya ing sakarsanipun/

Priyagung nGeksiganda/

Nugrahane prapteng mangkin/

Trah tumerah darahe padha wibawa//

Perjanjiannya selalu,

Semua keturunannya kelak,

Demikian keturunan bangsawan/luhur,

Jika masih melatih jiwa,

Akan segera tercapai,

Ya terhadap segala kehendaknya,

Satria Mataram,

Anugerahnya sampai sekarang,

Turun temurun keturunannya semua luhur.

Ambawani tanah jawa/

Kang lagya jumeneng Aji/

Satriya dibya sumbaga/

Tan lyan trahing Senapati/

Pan iku pantes ugi/

Tinulad labetanipun/

Ing sakuwasanira/

Enak lan jaman samangkin/

Sayektine tan bisa ngepleki kuna//

Menguasai Tanah Jawa,

Yang sedang menjadi raja,

Satria yang unggul,

Tidak lain adalah keturunan Senapati,

Hal itu pantas juga,

Diteladani jasanya,

Sebatas kemampuannya,

Enaknya dengan jaman sekarang,

Sungguh tidak dapat sama dengan dahulu.

Lowung kalamun tinimbang/

Ngaurip tanpa prihatin/

Nanging ta ing jaman mangkya/

Pra muda kang den karemi/

Manelad nulad Nabi/

Nayakengrat Gusti Rasul/

Anggung ginawe umbak/

Saben seba mampir masjid/

Ngajap ajap mukjijat tibaning drajat//

Sudah baik kalau dibandingkan,

Hidup tanpa prihatin,

Tetapi pada masa sekarang,

Anak muda yang digemari,

Meneladani para nabi,

Mengabdi pada Nabi,

Selalu dibuat gelombang,

Setiap menghadap singgah di masjid,

Mengharap datangnya mukjijat kedudukan

Anggung angubel syariat/

Saringane tan den wruhi/

Dalil kadis lan ijemak/

Qiyase nora mikani/

Katungkul mungkul sami/

Bangkrak aneng masjid agung/

Kalamun maca kutbah/

Lelagone dhandhanggendhis/

Swara arum ngumandhang cengkok palaran//

Selalu mempelajari syariat,

Intinya tidak diketahui,

Dalil hadis dan ijmak,

Tidak mengetahui qiyasnya,

Terlena terhadap,

Berada di masjid agung,

Kalau membaca kutbah,

Nyanyiannya dhandhanggula,

Suara merdu membahana model palaran.

Lamun sira paksa nelad/

Tuladane kangjeng Nabi/

Angger kadohan panjangkah/

Wateke tan betah kaki/

Rehne ta sira Jawi/

Sathithik bae wis cukup/

Aja guru aleman/

Nelad khas ngepleki Pekih/

Lamun pengkuh pangangkah yekti karamat//

Kalau kamu terpaksa meneladani,

Keteladanannya Nabi,

Nanda terlalu jauh cita-citamu,

Wataknya tidak kuat nanda,

Oleh karena kamu orang Jawa,

Sedikit saja sudah cukup,

Jangan suka disanjung,

Meneladani menyamai fiqih,

Kalau kuat cita-citamu sungguh mendapat rahmat.

Nanging enak ngupa boga/

Rehne ta tinitah langip/

Apa ta suwiteng Nata/

Tani tanapi agrami/

Mangkono mungguh mami/

Padune wong dahat cubluk/

Durung wruh cara Arab/

Jawane bae tan ngenting/

Parandene paripaksa mulang putra//

Tetapi enak mencari nafkah,

Karena diciptakan langip,

Apa mengabdi pada raja,

Petani ataupun berdagang,

Demikian itu jika saya,

Oleh karena sangatlah bodoh,

Belum mengetahui cara Arab,

Jawanya saja tidak sempurna,

Namun demikian terpaksa mendidik anak.)

Saking duk maksih taruna/

Sadhela wus anglakoni/

Aberag marang agama/

Maguru anggring kaji/

Sawadine tyas mami/

Banget wediku ing besuk/

Pranatan akhir jaman/

Tan tutuk kaselak ngabdi/

Nora kober sembahyang gya tinimbalan//

Karena ketika masih muda,

Sebentar sudah melaksanakan,

Bersemangat terhadap agama,

Berguru pada setiap kiai,

Perasaan dalam hatiku,

Sangat takutnya saya kelak,

Pada peraturan akhir jaman,

Tidak selesai keburu mengabdi,

Tidak sempat bersembahyang segera dipanggil.)

Marang ingkang angsung pangan/

Kasuwen pan den dukani/

Abubrah kuwur tyasingwang/

Lir kiyamat saben ari/

Bot Allah apa Gusti/

Tambah tambuh solahingsun/

Lawas-lawas grahita/

Rehne ta suta priyayi/

Yen mamriha dadi kaum temah nistha//

Oleh yang memberi nafkah

(Jika) Terlalu lama di marahi

Rusak kacau hatiku

Seperti kiamat setiap hari

Berat tuhan ataukah tuan

Semakin kacau keadaanku

Lama-lama merasa/berpikir

Oleh karena anak bangsawan

Kalau menginginkan menjadi juru doa sangat hina.

Tuwin ketib suragama/

pan ingsun nora winaris/

angurbaya ngantepana/

pranatan wajibing urip/

lampahan angleluri/

aluraning pra leluhur/

kuna kumunanira/

kongsi tumeka samangkin/

kikisane tan lyan amung ngupa boga//

Serta kotib ahli agama

saya tidak diwarisi

lebih baik memantapkan

aturan kewajiban hidup

tindakan melestarikan

jalurnya para leluhur/pendahulu

sejak dahulu kala

sampai sekarang

pada akhirnya tidak lain mencari makan

Bongga kang tan mrelokena/

mungguh ugering ngaurip/

uripe lan tri prakara/

wirya arta tri winasis/

kalamun kongsi sepi/

saka wilangan tetelu/

telas tilasing jalma/

aji godhong jati aking/

temah papa papatiman ngulandara//

Mustahil yang tidak mementingkan

adapun pedoman hidup

hidupnya dengan 3 perkara

jabatan/kedudukan uang ketiga pandai

kalau sampai tidak memiliki

dari ketiga hal itu

habislah jejak sebagai manusia

seharga daun jati kering

akhirnya menderita terlunta-lunta mengembara

Kang wus waspada ing patrap/

mangayut ayat winasis/

wusana wosing jiwangga/

melok tanpa aling-aling/

kang ngalingi kalingling/

wenganing rasa tumlawung/

keksi saliring jaman/

angalangut tanpa tepi/

yeku aran tapa tapaking Hyang Suksma//

Yang sudah sempurna dalam tindakan

membaca ayat sangat pandai

akhirnya inti jiwanya

jelas tanpa terhalang

yang menghalangi kelihatan

terbukanya rasa terang-benderang

kelihatan semua jaman

jauh sekali tanpa batas

itulah yang disebut mencari jejak Tuhan

Mangkono janma utama/

Temen-tumemen ing sepi/

ing saben rikala masa/

mangsah amemasuh budi/

laire anetepi/

ing reh kasatriyanipun/

susila anoraga/

wignya met tyasing sasami/

yeku wong kang ingaran berag marang agama//

Begitulah itu manusia utama

Senang dalam kesepian

pada setiap waktunya

mengasah ketajaman pikiran

lahirnya mentaati

terhadap kedudukan satrianya

sopan santun menarik hati

pandai mengambil hati sesamanya

itulah yang dinamakan orang senang terhadap agama

Ing jaman mengko pan ora/

arahe para taruni/

yen antuk tuduh kang nyata/

nora pisan den lakoni/

banjur ngluhurken kapti/

kakekne arsa winuruk/

ngandelken gurunira/

pandhitaning praja sidik/

tur wus manggon pamucunge mring makripat//

Pada jaman sekarang tidak

tujuan para muda

kalau memperoleh petunjuk yang benar

tidak pernah dilakukan

kemudian menyombongkan keinginan

kakeknya akan dinasihati

mengandalkan gurunya

pendetanya kerajaan sakti

lagi pula sudah mencapai puncak makrifat.

PUPUH III POCUNG

Ngelmu iku kalakone kanthi laku/

lekase lawan kas/

tegese kas nyantosani/

setya budya pangekesing dur angkara//

Ilmu itu tercapainya dengan proses

awalnya dengan niat yang keras

artinya keras membuat bersemangat

setia berusaha menghancurkan kejahatan

Angkara gung/

neng angga anggung gumulung/

gegolonganira/

tri loka lekere kongsi/

yen den umbar ambabar dadi rubeda//

Kejahatan besar

di badan berusaha diatasi

penggolongannya

sampai tiga dunia secara bulat

kalau dibiarkan berkembang menjadi penghambat.

Beda lamun wus sengsem rehing asamun/

Semune ngaksama/

Sasamane bangsa sisip/

Sarwa sareh saking Mardi martotama//

Berbeda kalau sudah senang pada keheningan,

Tampaknya memaafkan,

Semua kesalahan sesama,

Serba sabar karena berwatak utama.

Tuman limut durgameng tyas kang weh limput/

karem ing karamat/

karana karoban ing sih/

sihing sukma ngrebda saardi gengira/

Terbiasa meredam gelora hati yang membuat terlena,

senang pada keramat,

karena dipenuhi kasih,

kasih Tuhan berkembang sebesar gunung.

Yeku patut tinulad tulad tinurut/

sapituduhira/

aja kaya jaman mangkin/

keh pra muda mundi dikir lapal makna//

Itu pantas diteladani dan diikuti

segala petunjuknya

jangan seperti jaman sekarang

banyak pemuda memuja bacaan zikir dan artinya

Durung pecus kasusu kaselak besus/

amaknani lapal/

kaya sayid weton Mesir/

pendhak-pendhak angendhak gunaning janma//

Belum mampu tergesa-gesa ingin tampak bagus

dalam memberikan makna bacaan

seperti ahli agama dari Mesir

setiap saat merendahkan kepandaian orang

Kang kadyeku kalebu wong ngaku-aku/

akale alangka/

eloke jaman den mohi/

paksa ngangkah amet kawruh saking Mekah//

Yang seperti itu termasuk orang yang mengaku diri

akalnya tidak ada

keajaiban jaman ditolak

memaksakan diri menggapai pengetahuan dari Mekah

Nora weruh rosing rasa kang rinuruh/

lumeket ing ngangga/

anggere pada marsudi/

kana kene kahanane nora beda//

Tidak mengetahui inti rasa yang dicari

melekat di badan

asalkan semua mencari

disana sini keadaannya tidak berbeda

Uger lugu denta mrih pralebdeng kalbu/

yen Kabul kabuka/

ing drajat kajating urip/

kaya kang wus winahyeng sekar Srinata//

Asalkan lugas dalam berupaya menyempurnakan hati

kalau tercapai akan terbuka

pada derajat tujuan hidup

seperti yang sudah disampaikan dalam tembang sinom

Basa ilmu mupakate lan panemu/

pasahe lan tapa/

yen satriya Tanah jawi/

kuna-kuna kang ginilut tri prakara//

Tentang ilmu cocok dengan pendapat

manjurnya dengan bertapa

kalau satria Jawa

zaman daulu yang dipelajari 3 perkara

Lila lamun kelangan nora gegetun/

trima yen kataman/

sakeserik sameng dumadi/

tri legawa nalongsa srah ing Bathara//

Ikhlas kalau kehilangan tidak menyesal

menerima kalau terkena

fitnah sesama makhluk

ketiga tulus ikhlas menderita berserah kepada Tuhan

Bathara gung inguger jroning jejantung/

jenek Hyang Wisesa/

pasenedan papan suci/

nora kaya si mudha mudhar angkara//

Tuhan yang maha Besar diikat dalam jantung

senang terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa

sebagai tempat berlindung yang suci

tidak seperti si bodoh mengumbar kejahatan

Nora uwus kareme anguwus-uwus/

uwuse tan ana/

mung janjine muring-muring/

kaya buta buteng betah nganiaya//

Tidak berhenti kesenangannya mencela

maknanya tidak ada

hanya janjinya marah-marah

seperti raksasa murka suka menganiaya

Sakeh luputing angga tansah linimput/

linimpet ing sabda/

narka tan ana udani/

lumuh ala hardhane ginawe gada//

Semua kesalahan dalam diri selalu dilupakan

dibungkus dengan perkataan

menyangka tidak ada yang mengetahui

tidak mau jelek kemarahannya sebagai senjata

Durung punjul ing kawruh kaselak jujul/

kaseselan hawa/

cupet kapepetan pamrih/

tangeh nedya anggambuh mring Hyang Wisesa//

Belum berlebih ilmunya tergesa-gesa ingin unggul

Diselipi hawa nafsu

Tidak mampu menggapai karena tertutup ditutupi maksud lain

mustahil ingin mengetahui Tuhan Yang Maha Kuasa

PUPUH IV GAMBUH

Samengko ingsun tutur/

sembah catur supaya lumuntur/

dhingin raga cipta jiwa rasa kaki/

ing kono lamun tinemu/

tandha nugrahaning Manon//

Sekarang saya berkata

Empat sembah agar diketahui

pertama ragakeduacipta ketiga jiwa, dan

keempata rasa nanda

di situ jika ditemukan

pertanda anugerah Tuhan

Sembah raga puniku/

pakartine wong amagang laku/

sesucine sarana saking ing warih/

kang wis lumrah limang wektu/

wantu wataking wewaton//

Sembah raga yaitu

perbuatan orang mengabdi dengan perilaku

bersucinya dengan cara air

yang sudah biasa salat 5 waktu

dasar sifat nya sebagai pedoman

Ing nguni-uni durung/

sinarawung wulang kang sinerung/

lagi iki bangsa kas metokken anggit/

mintonken kawignyanipun/

sariate elok-elok//

Pada jaman dahulu belum

dikenal ajaran yang dirahasiakan

baru sekarang perihal kas mengeluarkan tulisan

memperlihatkan kepandaiannya

syariatnya bagus-bagus

Thik-thik kaya santri Dul/

gajeg kadi santri sabrang kidul/

saurute Pacitan pinggir pasisir/

ewon kang padha guguru/

anggere padha nyalemong//

Sedikit-sedikit seperti santriDul

tampaknya seperti santri sebelah selatan

sepanjang Pacitan tepi pantai

ribuan yang mengikuti

asalkan setiap bicara

Kasusu arsa weruh/

cahyaning Hyang kinira den kawruh/

ngarep-arep kurup arsa den kurebi/

tan weruh yen urip iku/

akale kaliru enggon//

Tergesa-gesa ingin mengetahui

cahaya Tuhan dikira dapat diketahui

mengharapkan hasil akan dikuasai

tidak tahu kalau hidup itu

akalnya salah tempat

Yenta jaman rumuhun/

tata titi tumrah tumaruntun/

bangsa srengat tan winor lan laku batin/

dadi nora duwe bingung/

kang padha nembah Hyang Manon//

Kalau jaman dahulu

Disusun secara teliti dengan teratur

masalah syariat tidak dicampur dengan laku batiniah

jadi tidak memiliki kebingungan

mereka yang menyembah Tuhan

Lire saringat iku/

kena uga ingaranan laku/

dhihin ajeg kapindhone ataberi/

pakolehe putraningsun/

nyenyeger badan mrih kaot//

Maksudnya syariat itu

dapat juga dinamakan jalan

pertama teratur kedua tekun

manfaatnya anakku

menyegarkan badan agar lebih

Wong seger badanipun/

otot daging kulit balung sungsum/

tumrah ing rah memarah antenging ati/

antenging ati nenungku/

angruwat ruweding batos//

Orang yang segar badannya

otot daging kulit tulang sungsum

sampai pada darah membuat hati tenang

tenangnya hati selanjutnya

meredakankekacauan batin

Mangkono mungguh ingsun/

ananging ta sarehne asnapun/

beda-beda panduk panduming dumadi/

sayektine nora jumbuh/

tekad kang padha linakon//

Demikian kalau saya

tetapi karena asnapun

berbeda-beda masing-masing orang

sesungguhnya tidak sesuai

keinginan yang dilakukan

Nanging ta paksa tutur/

rehning tuwa tuwase mung catur

bok lumuntur lantarane ring utami/

sing sapa temen tinemu/

nugraha geming kaprabon//

Tetapi terpaksa menasihati

Oleh karena tua bisanya hanya berkata

Barangkali menular sebagai jalan menuju keutamaan

barang siapa bersungguh akan menemukan

anugerah untuk dipakai di kerajaan

Samengko sembah kalbu/

yen lumintu uga dadi laku/

laku agung kang kagungan Narapati/

patitis teteping kawruh/

meruhi marang kang momong//

Sekarang sembah kalbu

kalau sungguh-sungguh juga menjadi laku

laku besar yang memilikinya hanyalah Raja

cermat atas ketetapan ilmu

mengetahui kepada yang mengasuh

Sucine tanpa banyu/

amung nyenyuda hardaning kalbu/

pambukane tata-titi ngati-ati/

atetep telaten atul/

tuladan marang waspaos//

Sucinya tidak dengan air

hanya mengurangi nafsu di hati

pembukaannya teratur teliti dan hati-hati

tetap tekun lemah lembut

teladan terhadap kebijaksanaan

Mring jatining pandulu/

panduking don dedalan satuhu/

lamun lugu legutaning reh maligi/

lagiyane tumalawung/

wenganing alam kinaot//

Terhadap penglihatan sesungguhnya

manfaatnya sebagai jalan sesungguhnya

kalau wajar

kebiasaannya menerawang

terbukanya alam yang lebih

Yen wus kambah kadyeku/

sarat sareh saniskareng laku/

kalakone saka eneng ening eling/

ilange rasa tumlawung/

kono adiling Hyang Manon//

Kalau sudah melalui seperti itu

dengan syarat sabar segala tindakannya

tercapainya dengan diam, hening dan ingat

hilangnya rasa terang benderang

disitu keadilan Tuhan

Gagare ngunggar kayun/

tan kayungyun mring hayuning kayun/

bangsa anggit yen ginigit nora dadi/

marma den awas den emut/

mring pamurunging lelakon//

Gagalnya mengumbar kehendak

tidak terpikat terhadap selamat segala

masalah tulisan kalau digigit tidak jadi

maka harap cermat dan ingat

terhadap yang mengggagalkan kejadian

Samengko kang tinutur/

sembah katri kang sayekti katur/

mring Hyang Suksma/

suksmanen saari-ari/

arahen dipun kacakup/

sembahingjiwa sutengong//

Sekarang yang dikatakan

sembah ketiga yang sesunggunya diberikan

kepada Tuhan

camkan sehari-hari

raihlah agar menguasai

sembahnya jiwa anakku

Sayekti luwih prelu/

ingaranan pepuntoning laku/

kalakuwan kang tumrap bangsaning batin/

sucine lan awas emut/

mring alaming alam maot//

Sungguh lebih penting

dinamakan akhir perjalanan

tindakan yang ada tentang batin

sucinya dengan waspada dan ingat

terhadap alamnya yang sangat

Ruktine ngangkah ngukut/

ngiket ngruket tri loka kakukud/

jagad agung ginulung lan jagad alit/

den kandel kumandel kulup/

lan kalaping alam kono//

Perawatannya dengan usaha mencapai

mengikat erat 3 tempat dikuasai

alam besar digulung dengan alam kecil

harap dengan mantap anakku

terhadap manfaat alam itu

Keleme mawa limut/

kalamatan jroning alam kanyut/

sanyatane iku kanyatahan kaki/

sajatine yen tan emut/

sayekti tan bisa amor//

Tenggelamnya dengan selimut

terhalangi dalam alam kematian

sesungguhnya itu kenyataan nanda

sesungguhnya kalau tidak ingat

sungguh tidak dapat menyatu

Pamete saka luyut/

sarwa sareh saliring panganyut/

lamun yitna kayitnan kang mitayani/

tarlen mung pribadinipun/

kang katon tinonton kono//

Pengambilannya dari luyut

serba sabar segala pikiran

kalau waspada kewaspadaan yang bermanfaat

tidak lain hanya dirinya sendiri

yang kelihatan dilihat disitu

Nging aywa salah surup/

kono ana sajatining urub/

yeku urup pangarep uriping budi/

sumirat sirat narawung/

kadya kartika katonton//

Tetapi jangan salah paham

disitu ada sejatinya cahaya

yaitu cahaya harapan hidupnya pikiran

berkilau terang bercahaya

seperti bintang kelihatannya

Yeku wenganing kalbu/

kabuka ta kang wengku-winengku/

wewengkone wis kawengku ing sireki/

nging sira uga winengku/

mring kang pindha kartika byor//

Itulah terbukanya kalbu

terbukalah yang saling kuasa menguasai

kekuasaannya sudah dikuasai olehmu

tetapi kamu juga dikuasai

oleh yang seperti bintang bercahaya

Samengko ingsun tutur/

gantya sembah ingkang kaping catur/

sembah rasa karasa rosing dumadi/

dadine wus tanpa tuduh/

mung kalawan kasing batin//

Sekarang saya berkata

berganti sembah yang keempat

sembah rasa terasa inti kehidupan

jadinya sudah tidak dengan petunjuk

hanya dengan kasnya batin

Kalamun durung lugu/

aja pisan wani ngaku-aku/

antuk siku kang mangkono iku kaki/

kena uga wenang muluk/

kalamun wus padha melok//

Kalau belum lugu

jangan sekali-sekali mengaku diri

mendapat hukuman yang demikian itu nanda

boleh juga berwenang terkenal

kalau sudah semua mengetahui

Meloke ujar iku/

kudu santosa ing budi teguh/

sarta sabar tawakal legaweng ati/

iku den awas den emut/

den memet yen arsa momot//

Ketahuannya perkataan itu

harus kuat dalam pikiran teguh

serta sabar tawakal tulus dihati

yang penuh perhitungan kalau ingin

menguasai semua

Pamote ujar iku/

yen wus ilang sumelanging kalbu/

amung kandel kumandel ngandel ing takdir/

trima lila ambek sadu/

weruh wekasing dumados//

Penguasaan perkataan itu

kalau sudah hilang kawatirnya kalbu

hanya tebal sangat percaya kepada takdir

menerima apa adanya ikhlas berwatak baik

mengetahui pesan makhluk hidup

Sabarang tindak-tanduk/

tumindake lan sakadaripun/

den ngaksama kasisipaning sesami/

sumimpanga ing laku dur/

ardaning budi kang ngradon//

Segala tingkah laku

tindakannya dengan sahaja

memaafkan terhadap kesalahan orang lain

hindarilah terhadap tindakan jahat

kemarahan pikiran yang menyelimuti

Dadya wruh iya dudu/

yeku minangka pandaming kalbu/

ingkang ambuka ing kijabullah gaib/

sesengkeran kang sinerung/

dumunung telenging batos//

Menjadikan tahu yang bukan/salah

itu sebagai pedoman kalbu

yang membuka kepada kijabullah gaib

rahasia yang disimpan

berada di tengah hati

Rasaning urip iku/

krana momor pamoring sawujud/

wujudullah sumrambah alam sakalir/

lir manis kalawan madu/

endi anane ing kono//

Rasa hidup itu

karena bersatunya satu wujud

wujudullah (wujud Allah) berada di alam

semuanya

ibarat manis dengan madu

mana adanya di situ

Endi manis ndi madu/

yen wus bisa nuksmeng pasang semu/

pasamuwaning hep Ingkang Maha Suci/

kasikep ing tyas kacakup/

kasatmata lair batos//

Mana manis mana madu

kalau sudah dapat menyelaminya

pertemuannya air yang Maha suci

dipeluk dalam hati terselimuti

kelihatan lahir batin

Ing batin tan kaliru/

kedhap kilat liniling ing kalbu/

kang minangka colok celaking Hyang Widhi/

widadaning budi sadu/

pandak panduking lir wenggon//

Dalam batin tidak salah

sekejap kilat dilihat dalam kalbu

yang sebagai penerang dekatnya Tuhan

keselamatan pikiran baik

tempat dan penerapannya seperti tempat air

Gonira mamrih tulus/

kalaksitaning reh kang ginuruh/

gyanira mrih wiwal warananing gaib/

paran ta lamun tan weruh/

sasmita jatining endhog//

Tempat agar tulus

kebaikan tindakan yang diguru

didalam agar lepas tutupnya gaib

bagaimanakah kalau tidak tahu

simbol sesungguhnya telur

Putih lan kuningipun/

lamun arsa titah teka mangsul/

dene nora mantra-mantra yen ing lair/

bisaa aliru wujud/

kadadiyane ing kono//

Putih dan kuningnya

kalau akan lahir mengapa kembali

adapun tidak mengira kalau dalam lahir

dapatlah bertukar wujud

kejadian di situ

Istingarah tan metu/

lawan istingarah tan lumebu/

dening jro wekasane dadi ing jawi/

rasakena kang tuwajuh/

aja kongsi kabesturon//

Keinginannya tidak keluar

dan keinginannya tidak masuk

adapun dalam akhirnya menjadi di luar

rasakan dengan benar-benar

jangan sampai lalai

Karana ye kebanjur/

kajantaka tumekeng Saumur/

tanpa tuwas yen tiwasa ing dumadi/

dadi wong ina tan weruh/

dheweke den anggep dhayoh//

Karena kalau terlanjur

dihukum seumur hidupnya

tidak berguna kalau terlahirkan

menjadi orang hina tidak mengetahui

dirinya dianggap tamu

PUPUH V KINANTHI

Mangka kanthining tumuwuh/

salami mung awas eling/

eling lukitaning alam/

dadya wiryaning dumadi/

supadi nir ing sangsaya/

yeku pangreksaning urip//

Sebagai bekalnya mahluk hidup

selamanya hanyalah waspada dan ingat

ingat penciptanya alam

menjadi kejayaan hidup

agar hilag kesengsaraannya

itulah penjaganya hidup

Marma den taberi kulup/

angulah lantiping ati/

rina wengi den anedya/

pandak panduking dumadi/

bengkas kahardaning driya/

supadya dadya utami//

Maka hendaklah suka anakku

melatih ketajaman hati

siang malam berharaplah

perilaku makhluk hidup

menghancurkan hawa nafsu

agar menjadi utama

Pangasahe sepi samun/

aywa esah ing salami/

samasa wis kawistara/

landhepe amingis-mingis/

pasah wukir reksamuka/

kekes srabedaning budi//

Pelatihannya dalam sepi hening

jangan pisah selamanya

sewaktu sudah kelihatan

tajamnya amat sangat

dijatuhkan di gunung reksamuka

dingin .... Hati

Dene awas tegesipun/

warah warnaning ngaurip/

miwah wisesaning tunggal/

kang atunggil rina wengi/

kang mukitani sakarsa/

gemelar alam sakalir//

Adapun awas artinya

ajaran warnanya hidup

serta keuasaannya tunggal

yang bersatu siang dan malam

yang mukitani kehendak

terbentang alam semua

Aywa sembrana ing kalbu/

wawasen wuwusireki/

ing kono yekti karasa/

dudu ucape pribadi/

marma den sambadeng sedya/

wewesen praptaning uwis//

Jangan ceroboh dalam kalbu

perhatikan perkataanmu

di situ pasti terasa

bukan ucapaan sendiri

maka harus kuat niatnya

perhatikan datangnya yang sudah

Sirnakna semanging kalbu/

den waspada ing pangeksi/

yeku dalaning kasidan/

sinuda saking sathithik/

pamothahing napsu hawa/

linalatih amrih titih//

Hilangkan keraguan hatihendakah

waspada pada penglihatan

itulah jalannya kematian

dikurangi dari sedikit

keinginan hawa nafsu

dilatih biar terbiasa

Aywa mamatuh nalutuh/

tanpa tuwas tanpa kasil/

kasalibuk ing srabeda/

marma dipun ngati-ati/

urip keh rencananira/

sambekala den kaliling//

Jangan membiasaan mencela

tidak berguna tidak berhasil

terjerumus oleh godaan

maka hendaklah hati-hati

hidup banyak rintangannya

bahaya hendaknya diketahui

Upamane wong lumaku/

marga gawat den liwati/

lamun kurang ing pangarah/

sayekti kerendet ing ri/

apese kesandhung padhas/

babak bundhas anemahi/

Seumpama orang berjalan

jalan berbahaya dilalui

jika kurang waspada

sungguh tersangkut duri

paling tidak tersandung batu

akhirnya luka parah

Lumrah bae yen kadyeku/

atetamba yen wus bucik/

duweya kawruh sabodhag/

yen tan nyartani ing kapti/

dadi kawruhe kinarya/

ngupaya kasil lan melik//

Wajar saja kalau seperti itu

berobat jika sudah luka

meski punya ilmu banyak

kalau tidak disertai oleh niat

jadi ilmunya digunakan

mencari hasil dan tujuan tertentu

Meloke yen arsa muluk/

muluk ujare lir wali/

wola-wali nora nyata/

anggepe pandhita luwih/

kaluwihane tan ana/

kabeh tandha-tandha sepi//

Kelihatannya kalau akan makan

makan perkataannya seperti ulama

berulang kali tidak nyata

menganggap dirinya pendita lebih

kelebihannya tidak ada

semua tanda tanda kosong

Kawruhe mung ana wuwus/

wuwuse gumaib-gaib/

kasliring thithik tan kena/

mancereng alise gathik/

apa pandhita antiga/

kang magkono iku kaki//

Pengetahuannya hanya pada perkataan

bicaranya digaib-gaibkan

dikritik sedikit tidak boleh

melotot alisnya menyatu

apakah pandita antiga

yang demikian itu anak

Mangka ta kang aran laku/

lakune ilmu sejati/

tan dahwen patiopenan/

tan panasten ora jail/

tan anjurung ing kahardan/

amung eneng amrih ening//

Padahal yang dinamakan laku

jalannya ilmu sejati

tidak banyak bicara dan tidak iri

tidak panas hati tidakdengki

tidak mengumbar pada nafsu

hanya diam agar hening

Kaunang ing budi luhung/

bangkit ajur-ajer kaki/

yen mangkono bakal cikal/

thukul wijining utami/

nadyan bener kawruhira/

yen ana kang nyulayani//

Terkenalnya budi yang baik

mampu adaptasi ananda

jika demikian itu awal mula

tumbuh benih keutamaan

walau benar pengetahuanmu

kalau ada yang menolak

Tur kang nyulayani iku/

wus wruh yen kawruhe nempil/

nanging laire angalah/

katingala angemori/

mung ngenaki tyasing liyan/

aywa esak aywa serik//

Lagipula yang membantah itu

sudah tahu kalau pengetahuannya minta

tetapi pada lahirya mengalah

agar kelihatan membaur

hanya membuat enak hati orang lain

jangan iri jangan dengki

Yeku ilapating wahyu/

yen yuwana ing salami/

marga wimbuhing nugraha/

saking Hep Kang Maha Suci/

cinancang pucuking cipta/

nora ucul-ucul kaki//

Yaitu ilafatnya wahyu

kalau selamat selamanya

sebagai jalan bertambahnya anugerah

dari Tuhan Yang Maha Suci

diikat dipuncak cipta/pikiran

tidak akan lepas ananda

Mangkono kang wus tinamtu/

tampa nugrahaning Widhi/

marma ta kulub den bisa/

ambusuki jaring jarmi/

pakoleh lair batinnya/

iyeku budi premati//

Demikian itu yang sudah ditentukan

menerima anugerahnya Tuhan

maka nanda hendaknya dapat

mengikuti perkataan orang

memperoleh/berguna lahir batinnya

yaitu hati dan pikiran yang cermat

Pantes tinulad tinurut/

laladane mrih utami/

utawa kembanging mulya/

kamulyaning jiwa dhiri/

ora ta yen ngeplekana/

lir leluhur nguni-uni//

Pantas diteladani dan diikuti

jalannya agar utama/mulia

atau bunganya mulia

kemuliaan jiwa sendiri

tidaklah mungkin kalau sama persis

seperti leluhur yang dahulu

Ananging ta kudu-kudu/

sakadarira pribadi/

aywa tinggal tetuladan/

lamun tan mangkono kaki/

yekti tuna ing tumitah/

poma kaestokna kaki///

Tetapi selalu ingin

semampunya sendiri

jangan meninggalkan teladan

jika tidak demikian nanda

sungguh rugi diciptakan

sungguh laksanakanlah ananda.

Baca juga artikel terkait BAHASA JAWA atau tulisan lainnya dari Rizal Amril Yahya

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Rizal Amril Yahya
Penulis: Rizal Amril Yahya
Editor: Addi M Idhom