Demokrat Sebut Usai Putusan MK Sikap Partainya Bisa Berubah

Oleh: Riyan Setiawan - 12 Juni 2019
Syarief mengatakan tak menutup kemungkinan jika Partai Demokrat nantinya akan bergabung ke Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Jokowi-Ma'ruf.
tirto.id -
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan kemungkinan usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 25 Juli nanti, sikap partainya bisa saja berubah dari Koalisi Adil Makmur (KAM), paslon 02, Prabowo-Sandi.

"Bisa saja berubah ya kan, kami kan pernah jadi rolling party, kami pernah jadi partai tengah, sekarang kami menentukan sikap bahwa bagaimana setelah keputusan MK, tentu kami akan melakukan rapat konsolidasi dan rapat paripurna di DPP," ujarnya saat di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2019).

Syarief belum bisa memastikan apakah sikap partainya nanti akan netral sama seperti pemerintahan sebelumnya, memilih menjadi oposisi, atau bergabung dengan koalisi pemerintahan.

"Kita liat aja, saya belum bisa menentukan. Tapi yang jelas, partai demokrat sudah punya pengalaman, pernah jadi rolling party pernah jadi partai tengah antara oposisi dan pendukung. Jadi pengalaman kami sudah cukup banyak. Jadi kita lihat nanti ya," ucapnya.

Namun, Anggota Komisi XI DPR RI itu menuturkan, tak menutup kemungkinan jika Partai Demokrat ini nantinya akan bergabung ke Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Jokowi-Ma'ruf.

"Ya ada kemungkinan ya kan, jadi partai tengah juga mungkin. Tetapi lagi-lagi saya katakan, ini tergantung dari bagaimana kami menyikapi dan bagaimana rapat di Paripurna nanti," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Nur Hidayah Perwitasari