tirto.id - Microsoft Office (MS Office) punya fitur untuk kompres (mengecilkan kapasitas file) ukuran berkas gambar. Tujuannya, agar kapasitas file dokumen lebih ringan.
Terkadang, pengguna kesulitan mengirim dokumen via surat eektronik lantaran kapasitas file-nya cukup besar. Ini bisa terjadi karena file-file gambar di dokumen itu resolusinya besar.
Pengguna biasanya memanfaatkan software pihak ketiga--perangkat lunak pengolah gambar--untuk mengecilkan ukuran file gambar itu.
Melansir situs web Microsoft Support, berikut cara untuk kompres ukuran file gambar menggunakan salah satu fitur di MS Office bagi pengguna Windows dan MacOS:
Windows
- Saat membuka dokumen di MS Office, klik salah satu gambar yang ingin dikecilkan ukuran kapasitas file-nya
- Selanjutnya, klik Compress Pictures yang menunya dapat dijumpai di Picture Tools pada tab Format di grup Adjust
- Untuk mengecilkan ukuran kapasitas gambar terpilih, centang checklist Apply Only to This Picture
- Tahapan ini dituntaskan dengan klik OK yang opsinya terletak di bawah menu Resolution
MacOS
- Untuk kompres semua file gambar, pilih File > Compress Picture atau dari menu File > Reduce File Size
- Untuk kompres hanya satu file, tahan SHIFT di keyboard lalu klik di gambar terpilih kemudian klik Compress Pictures yang menunya terletak di tab Picture Format
- Pilih opsi di Picture Quality untuk resolusi gambar
- Selanjutnya, klik Selected Pictures Only (hanya gambar terpilih) atau All Pictures in This File (semua file gambar) untuk menerapkannya
Sebagai informasi, resolusi default gambar di MS Office adalah 220 ppi. Patut diketahui pula bahwa dengan mengecilkan ukuran file gambar akan berdampak pada kualitas tampilan gambar.
Artinya, ada detail yang mungkin hilang sebab resolusinya berbeda dengan gambar asli setelah proses kompres tersebut.
Penulis: Muhammad Fadly
Editor: Ibnu Azis