Menuju konten utama

Cara Jaga Kesehatan Mental Saat Bekerja dari Rumah Selama Pandemi

Cara menjaga kesehatan mental saat bekerja dari rumah (WFH) selama Pandemi Corona COVID-19.

Cara Jaga Kesehatan Mental Saat Bekerja dari Rumah Selama Pandemi
Ilustrasi WFH. foto/istokphoto

tirto.id - Pandemi COVID-19 mau tidak mau membuat banyak karyawan perkantoran di seluruh negeri melakukan pekerjaan dari rumah (WFH).

Dikutip situs East Lothian Courier, sebagai karyawan bekerja di rumah tentu berbeda dengan bekerja di kantor, karenanya ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk tetap sehat secara mental saat bekerja dari rumah, berikut uraiannya:

1. Ciptakan rutinitas pagi Anda

Cara ini bisa dilakukan dengan membuat secangkir kopi. Bisa juga dengan berpakaian seperti layaknya ke kantor (meskipun tergoda untuk tetap memakai piyama, mungkin ini bukan tampilan terbaik ketika ada konferensi video).

Apa pun itu, mempersiapkan diri untuk hari itu dapat meningkatkan kondisi pikiran dan secara psikologis mempersiapkan Anda untuk mulai bekerja.

2. Tetapkan batasan

Sangat mudah untuk melupakan waktu saat bekerja dari rumah, jadi tetapkan jadwal, dan patuhi hal itu.

Memiliki pedoman yang jelas tentang kapan harus mulai bekerja dan kapan harus menghentikannya membantu menjaga keseimbangan antara hidup dan pekerjaan. hal ini juga bertujuan untuk memulai dan menyelesaikan pada waktu kerja normal Anda.

3. Buat ruang kerja Anda sendiri

Meskipun tergoda untuk pergi ke sofa dengan laptop, tetapi menyiapkan area kerja sendiri akan membantu Anda tetap fokus. Jika tidak memiliki meja kerja, gunakan meja tamu atau meja dapur.

Selain membuat Anda merasa seperti berada di "kantor", ini membantu mempertahankan postur tubuh yang baik, menghindari gangguan, dan secara mental meninggalkan pekerjaan Anda di penghujung hari.

4. Tetapkan aturan dasar dengan orang yang berbagi ruangan dengan Anda

Mungkin ada orang lain di rumah dan Mereka juga mungkin bekerja dari rumah atau mengisolasi diri, sehingga Anda perlu berbagi ruang dalam jumlah terbatas, jadi penting untuk menetapkan beberapa aturan dasar.

Misalnya, ketika Anda membutuhkan akses ke area tertentu di rumah; atau waktu yang ditentukan untuk 'waktu tenang'.

5. Istirahat

Ingatlah untuk beristirahat secara normal, termasuk istirahat makan siang. Bangun dan bergerak, berjalan-jalan sebentar atau membuat kopi. Coba atur timer atau alarm di layar komputer atau ponsel untuk mengingatkan Anda untuk istirahat.

6. Terhubung dengan rekan kerja

Kesepian, putus hubungan, dan isolasi adalah masalah umum dalam kehidupan kerja jarak jauh, terutama dalam situasi yang tidak pasti dan mengkhawatirkan saat ini.

Menurut laman Forbes, berusaha untuk berbicara dengan kolega Anda secara teratur dapat membuat perbedaan.

Koneksi adalah kuncinya, dan ini bisa menjadi tantangan jika Anda tidak meninggalkan rumah untuk waktu yang lama.

7. Hirup udara segar saat Anda bisa

Bagi mereka yang perlu mengisolasi diri, membuka jendela dapat membantu mendapatkan udara segar sebanyak mungkin. Cobalah memilih tempat dengan banyak cahaya alami untuk bekerja jika bisa.

Ikuti nasihat pemerintah dan lakukan olahraga di luar, bahkan berjalan kaki singkat dapat bermanfaat bagi Anda baik secara mental maupun fisik.

8. Minum banyak air

Orang-orang mengalami dehidrasi saat mereka duduk. Simpan botol air isi ulang di meja Anda. Pikiran dan tubuh membutuhkan air agar berfungsi dengan baik.

Selain itu, jadwalkan juga waktu makan teratur dan masukkan makanan sehat jika tersedia.

9. Berdiri dan regangkan tubuh

Duduk sepanjang hari tidak sehat meskipun Anda berada di kantor, tetapi bekerja dari rumah berarti Anda melewatkan perjalanan dan memiliki lebih sedikit alasan untuk bangun dari kursi sepanjang hari.

Cobalah berdiri setiap 30 menit atau lebih untuk meregangkan dada dan meregangkan tulang belakang untuk membalikkan posisi duduk membungkuk, dan membantu mengurangi nyeri punggung dan leher.

10. Mendengarkan musik

Jika merasa bekerja dari rumah terasa terlalu sepi, Anda merindukan dengungan kantor dan merasa sulit untuk fokus, mendengarkan musik, menyalakan radio, atau menyalakan TV dengan tenang bisa mengatasi kejenuhan.

11. Akhiri hari dengan rutinitas

Sama seperti harus memulai hari dengan rutinitas, ciptakan kebiasaan yang menandakan penutupan hari kerja.

Anda mungkin memiliki rutinitas sederhana seperti mematikan komputer dan menyalakan podcast favorit, atau menulis daftar tugas hari berikutnya. Apapun pilihannya, lakukan secara konsisten untuk menandai berakhirnya jam kerja.

12. Renungkan kesehatan mental Anda

Pastikan meluangkan waktu untuk merenung dan mencoba memperhatikan kesehatan mental Anda. Waspadai perubahan perasaan, praktikkan perawatan diri, dan waspadai pemicu atau gejala apa pun seputar kesehatan mental Anda.

Pastikan juga tetap berhubungan dengan jaringan pendukung, bahkan teks, panggilan telepon atau obrolan video yang dapat membuat perbedaan.

Baca juga artikel terkait TIPS WFH atau tulisan lainnya dari Dhita Koesno

tirto.id - Kesehatan
Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH