Menuju konten utama

Contoh Soal KSM IPS MTs 2023 dan Kunci Jawaban Tingkat Kabupaten

Berikut ini contoh soal KSM IPS MTs 2023 dan Kunci Jawaban untuk tingkat kabupaten.

Contoh Soal KSM IPS MTs 2023 dan Kunci Jawaban Tingkat Kabupaten
Ilustrasi Ujian. FOTO/Istockphoto

tirto.id - Contoh soal KSM IPS MTs 2023 dan kunci jawabannya berikut ini bisa menjadi salah satu bahan persiapan menghadapi Kompetisi Sains Madrasah tingkat kabupaten dan kota. Isi sejumlah contoh soal KSM IPS MTs 2023 di bawah merujuk pada materi edisi sebelumnya.

Soal-soal KSM IPS MTs 2023 merupakan jenis pertanyaan IPS Terpadu dan Terintegrasi. Sebab, isinya berhubungan dengan konteks pelajaran agama Islam, seperti fikih, akidah akhlak, Quran Hadits, dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Mengutip Juknis Kompetisi Sains Madrasah 2023, IPS Terpadu Terintegrasi ialah salah satu dari 3 materi yang diujikan dalam KSM MTs 2023.

Adapun 2 materi soal KSM MTs 2023 yang lainnya adalah Matematika Terintegrasi dan IPA terintegrasi (Fisika dan Biologi).

Materi soal KSM 2023 berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan paling tinggi adalah nasional.

Dari dokumen Juknis Kompetisi Sains Madrasah 2023, juga bisa diketahui bahwa kisi-kisi soal KSM IPS MTs 2023 adalah sebagai berikut:

  • Interaksi antar ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, budaya dan pendidikan di wilayah Indonesia.
  • Interaksi sosial dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial dalam ekonomi dan budaya serta nilai dan norma yang mendasari pembentukan lembaga sosial.
  • Interaksi antara manusia dan ruang terkait kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan dan penawaran).
  • Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa pra-aksara, Hindu-Budha dan Islam.
  • Perubahan keruangan dan interaksi antar-ruang yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap kelangsungan kehidupan di negara Asean.
  • Perubahan dan kesinambungan ruang dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.
  • Perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negara-negara Asia dan negara-negara di benua lainnya serta dampaknya bagi kehidupan manusia.
  • Ketergantungan antar ruang dilihat dari konsep ekonomi dan pengaruhnya terhadap dinamika penduduk.
  • Perubahan dan kesinambungan ruang dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.

Soal KSM IPS MTs dan Kunci Jawaban

Berikut ini contoh soal KSM IPS MTs 2023 tingkat kabupaten dan kunci jawabannya:

1. Nashrudin adalah pengusaha kaya yang tinggal di sebuah kampung dengan penduduk mayoritas miskin. Menyikapi kondisi itu, Nashrudin menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu biaya pendidikan anak-anak tetangganya yang miskin tadi hingga dapat kuliah gratis. Berkat hal itu, anak-anak tetangga Nashrudin tadi bisa mendapatkan pekerjaan di berbagai perusahaan bergengsi, menjadi PNS, menempati posisi jabatan penting di dalam pemerintahan, dan ada pula yang sukses menjalankan usaha. Situasi yang dialami anak-anak tetangga Nashrudin itu dapat digolongkan sebagai.....

A. Mobilitas Sosial Intra-Generasi

B. Mobilitas Sosial Horizontal

C. Mobilitas Sosial Vertikal Naik

D. Mobilitas Sosial Antar-generasi

Jawaban: C

2. Aisyah membeli beras di pasar karena lebih murah jika dibandingkan dengan harga di supermarket. Beras itu kemudian diberikan kepada tetangganya yang tergolong kelompok fakir miskin. Motif tindakan Aisyah itu bisa digolongkan sebagai.....

A. Motif budaya

B. Motif ekonomi

C. Motif sosial

D. Motif agama

Jawaban: B

3. Syarifudin mengganti jenis tanaman ladangnya usai mengalami kegagalan panen saat terjadi ketidakpastian cuaca pada tahun tanam sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa tindakan manusia dipengaruhi oleh...

A. Faktor alam

B. Faktor sosial

C. Faktor ekonomi

D. Faktor budaya

Jawaban: A

4. Pengaruh Islam di Nusantara mulai berkembang sejak abad ke-13 M. Nilai-nilai ajaran Islam yang masuk ke Nusantara kala itu dipengaruhi oleh kebudayaan yang dibawa para pedagang Arab dan India. Perkembangan Islam di Indonesia ini menunjukkan...

A. Letak astronomi berpengaruh terhadap budaya penduduk

B. Letak astronomi berpengaruh terhadap mata pencaharian

C. Letak geografis berpengaruh terhadap mata pencaharian

D. Letak geografis berpengaruh terhadap budaya penduduk

Jawaban: D

5. Setiap muslim dianjurkan untuk tidak menyia-nyiakan makanan sebagai bentuk dari sikap menghindari mubazir. Nilai ajaran Islam dapat diimplementasikan jika...

A. Konsumsi berdasarkan jumlah pendapatan

B. Konsumsi dilakukan sesuai status sosial

C. Konsumsi dilakukan tidak berlebihan

D. Konsumsi mengikuti prinsip ekonomi

Jawaban: D

6. Najib memberikan pinjaman tanpa bunga kepada sejumlah santri pesantren di dekat rumahnya yang berniat menjalankan usaha informal berupa menjual buku-buku agama Islam. Dalam konteks ini, tindakan Najib sangat tepat karena usaha informal...

A. Mudah dijalankan

B. Bisa meningkatkan devisa negara

C. Tidak memerlukan alat yang canggih

D. Tidak membutuhkan pendidikan khusus

Jawaban: D

7. Ichsanuddin bekerja sebagai penjual kopi. Untuk memaksimalkan margin dan menjaga kualitas rasa, dia melakukan pengolahan sendiri kopi yang dijualnya. Ichsanuddin dapat dikategorikan sebagai...

A. Produsen negara

B. Produsen swasta

C. Produsen perusahaan

D. Produsen rumah tangga

Jawaban: D

8. Islam berkembang di Indonesia dengan beragam strategi dakwah dari para ulama di masa lalu. Salah satu strategi itu adalah dengan penciptaan karya sastra dan pertunjukan seni yang mengelaborasi karya periode sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa...

A. Terjadi asimilasi antara Islam dengan budaya lokal

B. Islam identik sama dengan budaya lokal

C. Islam menyesuaikan dengan setting budaya lokal

D. Islam bersinergi dengan budaya lokal

Jawaban: A

9. Periode food producing adalah tahap perkembangan peradaban manusia yang ditandai oleh kemampuan memproduksi barang kebutuhan pangan tanpa berburu dan meramu. Jika dikaitkan dengan ajaran Islam, konsep ini bersesuaian dengan cerita...

A. Tafsir mimpi Nabi Yusuf

B. Persembahan Habil dan Qobil

C. Istana Nabi Sulaiman

D. Pembuatan perahu Nabi Nuh

Jawaban: B

10. Aceh termasuk daerah di Indonesia yang rawan bencana tsunami. Catatan sejarah menunjukkan, ada perubahan pola pemukiman warga dari dataran rendah ke tinggi dan sebaliknya di Aceh. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa...

A. Masyarakat Aceh belajar dari pengalaman kebencanaan

B. Budaya masyarakat Aceh memandu berkembangnya pemukiman

C. Pemukiman masyarakat Aceh mengikuti kebijakan negara/kerajaan

D. Pemukiman masyarakat Aceh mengikuti letak ketinggian daratan

Jawaban: A

11. Dampak perang dagang China dan Amerika Serikat berimbas pada turunnya daya beli petani Karet di Indonesia. Kondisi ini terjadi karena.....

A. Produksi karet alam mengalami kenaikan

B. Penawaran adanya barang subtitusi karet

C. Konsumsi karet alam di China naik

D. Permintaan karet alam dari China menurun

Jawaban: D

12. Transmigrasi menjadi salah satu bentuk praktik politik etis pemerintah kolonial Hindia Belanda pada awal abad 19. Faktanya, kebijakan itu dilakukan untuk....

A. Menyediakan tenaga kerja perkebunan di luar Jawa

B. Mengatasi kesenjangan sosial-ekonomi di Jawa

C. Menyejahterakan penduduk di lokasi transmigrasi

D. Mengurangi kepadatan penduduk di Jawa

Jawaban: A

13. Jalan Pos Daendels yang membentang dari Anyer hingga Panarukan dibangun pada era Kolonial Belanda. Berikut yang bukan termasuk fungsi awal jalan itu adalah....

A. Untuk pertunjukan seni dan budaya

B. Untuk mobilitas militer

C. Untuk mendukung aktivitas ekonomi

D. Untuk memperlancar arus transportasi

Jawaban: A

14. Liberalisasi ekonomi dunia memungkinkan ekspansi satu unit usaha bisnis global di Indonesia, seperti industri ritel fastfood. Brand yang termasuk jenis usaha ini adalah...

A. Pizza Hut, Hoka-Hoka Bento, dan Fanta

B. McDonald, KFC, dan Coca-Cola

C. Dunkin Donuts, KFC, dan Pizza Hut

D. CFC, McDonald, dan Carrefour

Jawaban: C

15. Seorang siswa SD berusia 8 tahun mempunyai kebiasaan buruk berupa merokok. Hal itu terjadi karena dia mencontoh perilaku sang ayah. Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial dalam contoh kasus tersebut adalah......

A. Identifikasi

B. Simpati

C. Sugesti

D. Imitasi

Jawaban: D

16. Risa adalah siswa SMP yang biasa menerima uang saku Rp10.000 per hari dari orang tuanya. Suatu hari, ia meminta uang saku lebih hingga Rp30.000 karena harus menjalani kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sampai malam. Tambahan uang saku itu untuk makan di luar rumah, serta mengantisipasi jika dia tidak bisa naik angkot karena pulang kelewat malam sehingga harus memakai jasa ojek online. Tindakan Risa meminta tambahan uang saku itu didasari oleh motif......

A. Mencari keuntungan

B. Berjaga jaga

C. Spekulasi

D. Sosial

Jawaban: B

17. Baca dan cermati pernyataan di bawah ini:

(1) Akar tanaman yang menerobos ke dalam celah retakan batuan mengakibatkan batuan menjadi rapuh dan hancur

(2) Binatang membantu melebarkan retakan batuan serta menyebabkan lapisan batuan di bawah tanah terkoyak hingga kemudian melapuk

(3) Pembukaan lahan pertanian dan pembangunan fisik menyebabkan batuan permukaan tanah melapuk

(4) Asam organik dari sisa tanaman mati dan akar tumbuhan bisa memicu dekomposisi batuan

(5) Kotoran organik dari binatang serta organisme dapat membantu pelapukan batuan

(6) Gas SO2 dan NO hasil dari pembakaran bahan bakar fosil dapat larut dalam air dan dapat menimbulkan hujan asam yang menyebabkan pelapukan

Dari pernyataan di atas yang merupakan proses pelapukan biofisik pada batuan adalah....

A. (1), (2) dan (3)

B. (2), (3) dan (4)

C. (3), (4), dan (5)

D. (4), (5), dan (6)

Jawaban: A

18. Baca dan cermati ciri ciri berikut:

(1) Tinggal di gua

(2) Mulai hidup menetap

(3) Muncul sistem perkampungan

(4) Mengumpulkan makanan dari hutan

(5) Mengenal sistem barter

Ciri ciri kehidupan masyarakat di periode bercocok tanam adalah nomor...

A. (1), (2) dan (3)

B. (2), (3) dan (4)

C. (2), (3) dan (5)

D. (3), (4) dan (5)

Jawaban: C.

Baca juga artikel terkait EDUKASI DAN AGAMA atau tulisan lainnya dari Risa Fajar Kusuma

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Risa Fajar Kusuma
Penulis: Risa Fajar Kusuma
Editor: Addi M Idhom