Menuju konten utama

Survei HSBC: Digitalisasi Pembayaran Tingkatkan Efisiensi Bisnis

Manajer keuangan/treasuri perusahaan di Indonesia melihat manfaat signifikan dari otomatisasi dan kecerdasan buatan (AI).

Survei HSBC: Digitalisasi Pembayaran Tingkatkan Efisiensi Bisnis
Foto kiri ke kanan: Adrian Dosiwoda, SVP Communications HSBC Indonesia; Anne Suhandojo, Head of Global Payments Solutions HSBC Indonesia; Alexandra Lavinia, VP Communication HSBC Indonesia. Foto/ HSBC Indonesia.

tirto.id - Survei HSBC Redefining Treasury in Asia Pacific: Voices of Treasury 2025 menunjukkan, manajer keuangan/treasuri perusahaan (treasurer) di Indonesia melihat manfaat signifikan dari otomatisasi dan kecerdasan buatan (AI) dalam meningkatkan efisiensi serta pengambilan keputusan.

AI dianggap bisa memberikan prediksi lebih akurat terkait proyeksi arus kas dan transaksi

lindung nilai (hedging), khususnya dalam menghadapi volatilitas mata uang dan suku bunga.

Namun demikian, sebagian besar manajer keuangan/treasuri di Indonesia khawatir terhadap

risiko penerapan AI sebagai teknologi baru, khususnya dalam hal keamanan siber.

Sebanyak 48% manajer keuangan/treasuri di Indonesia mengidentifikasi hal ini sebagai

hambatan utama, tertinggi dibandingkan tujuh negara Asia Pasifik lain yang terlibat dalam

survei.

Perlindungan dan keamanan data menjadi perhatian penting karena sejumlah insiden

peretasan pernah terjadi.

Temuan ini berbeda dengan hasil survei di Asia Pasifik yang menyebutkan bahwa

perusahaan mempercepat transformasi sistem keuangan digital berbasis data dan real time

(real-time treasury) untuk menavigasi kondisi bisnis yang semakin kompleks.

Menurut survei, meskipun hanya 8% yang menganggap AI sangat berguna saat ini, 1 dari 2

manajer keuangan/treasuri memperkirakan manfaat AI akan “sangat berguna” dalam tiga

tahun mendatang. AI dinilai berpotensi besar untuk meningkatkan akurasi prediksi, mendeteksi penipuan, serta mengidentifikasi pola abnormal, sehingga dapat mengurangi biaya operasional keuangan.

“Para manajer keuangan perusahaan (treasurer) kini memiliki peran strategis dalam pengambilan keputusan perusahaan dan mendorong pertumbuhan bisnis. Manfaat dari

manajemen treasuri yang efisien dan tangkas, didukung oleh informasi yang andal dan

cepat, akan mendukung keunggulan treasuri di masa depan," ujar Manoj Dugar, Head of

Global Payments Solutions, Asia ex Greater China di HSBC.

Mengantisipasi Volatilitas

Para manajer keuangan/treasuri menilai bahwa “mengelola keuangan di tengah volatilitas

nilai tukar dan suku bunga“ menjadi prioritas utama selama 12 bulan mendatang, menduduki

posisi pertama di 7 dari 8 pasar Asia Pasifik yang disurvei (Indonesia, Singapura, Malaysia,

Thailand, Hong Kong, Tiongkok, Australia, dan Selandia Baru).

Prioritas lain yakni ekspansi ke pasar dan segmen baru berada di peringkat terendah,

mencerminkan dampak ketidakpastian perdagangan global serta pengaruh terhadap

rencana bisnis jangka panjang.

Ketika ditanya tentang risiko utama yang dihadapi dari kondisi geopolitik saat ini, 3 dari 5

menyebutkan volatilitas pasar dan perlambatan ekonomi sebagai risiko utama dalam 12

bulan ke depan.

Padahal, manajer keuangan di Asia Pasifik membutuhkan real time treasury untuk mencapai

pertumbuhan bisnis di tengah fluktuasi mata uang dan suku bunga.

Di tengah gejolak pasar, digitalisasi sistem pembayaran menjadi faktor kunci dalam

mewujudkan real-time treasury karena memungkinkan manajer keuangan/treasuri memiliki

akses dan informasi menyeluruh secara real-time atas transaksi pembayaran, kebutuhan

modal kerja di seluruh anak usaha(entitas), posisi arus kas, serta eksposur valuta asing.

“Kami memahami bahwa prioritas utama perusahaan saat ini adalah untuk terus tumbuh di

tengah ketidakpastian ekonomi global. Sebagai transactional banking terkemuka, kami telah

membantu nasabah Indonesia untuk mendigitalisasi sistem pembayaran mereka, guna

mengatasi kompleksitas pembayaran lintas batas (cross border payments),” ujar Anne

Suhandojo, Head of Global Payments Solutions, HSBC Indonesia.

Langkah ini mencakup berbagai solusi pembayaran seperti pembayaran domestik maupun cross border dengan menggunakan sistem dan otomatisasi konversi mata uang ke 130 jenis valuta asing untuk pembayaran ke luar negeri.

Salah satu nasabah HSBC, perusahaan pelayaran di Indonesia yang memiliki 12 anak

perusahaan di berbagai negara di Asia, dapat melakukan efisiensi proses bisnis lewat

integrasi solusi pembayaran dan cash management dari HSBC. Sebelumnya, perusahaan

tersebut menggunakan bank berbeda dan kanal pembayaran berbeda di tiap negara

sehingga membutuhkan proses manual untuk mengintegrasikan data.

Visibilitas terhadap posisi kas juga terbatas karena informasi belum real time dan

terkonsolidasi.

Baca juga artikel terkait PERBANKAN atau tulisan lainnya dari Siaran Pers

Penulis: Siaran Pers
Editor: Siaran Pers