tirto.id - Contoh soal PAT Seni Budaya Kelas 7 semester 2 dan kunci jawabannya dapat dipelajari untuk persiapan menjelang ulangan atau ujian Penilaian Akhir Tahun.
Sebelum mengerjakan latihan soal PAT Seni Budaya kelas 7 semester 2, siswa mesti mencermati kisi-kisi materinya. Hal ini berkaitan erat dengan kurikulum yang dianut masing-masing sekolah.
Oleh karena itu, di bawah ini akan disajikan dua kategori soal sesuai kurikulumnya. Ada soal PAT Seni Budaya kelas 7 semester 2 Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka.
Kisi-Kisi Soal PAT Seni Budaya Kelas 7 Semester 2
Kisi-kisi soal PAT Seni Budaya kelas 7 semester 2 mencakup beberapa submateri. Ada seni musik, tari, rupa, dan teater.
Berikut rincian materi yang diujikan dan bakal menjadi bahan soal PAT Seni Budaya kelas 7 semester 2.
A. Seni Tari
1. Bab III Gerak Tari Kreasi
- Menemukan ide gerak tari kreasi
- Memperagakan unsur utama tari
- Mengemukakan unsur pendukung tari
- Memperagakan unsur pendukung tari
B. Seni Musik
1. Bab III Bernyanyi bersama
- Tampil bernyanyi bersama
- Berlatih bernyanyi bersama
- Bernyanyi mengikuti aba-aba pengaba
2. Bab IV Bermain ensambel
- Bermain ensambel berdasarkan cara penyajiannya
- Bermain ensambel berdasarkan golongannya
- Bermain ensambel berdasarkan jumlah pemainnya
C. Seni Teater
Bab III Kreativitas laku pemeran
- Komposisi di atas panggung
- Teknik muncul dan pengembangan
- Motif dan gerak
Bab IV Menulis naskah teater
- Membaca naskah dialog karya sendiri
- Inspirasi cerita ringkas
Bab V Merancang tata artistik panggung teater
- Menganalisis dan mencatat kebutuhan tata artistik panggung teater
- Membuat latar panggung beserta tata artistik panggung teater
- Membuat desain rancangan sketsa tata artistik panggung teater
D. Seni Rupa
Bab III Membuat tipografi dan logo
- Mengenal dasar tipografi
- Aplikasi tipografi
- Mengenal logo
- Membuat logo
Bab IV Berkarya seni untuk perubahan
- Merasakan
- Membayangkan
- Melakukan
- Berbagi
Soal PAT Seni Budaya Kelas 7 Semester 2 dan Kunci Jawaban
Soal PAT Seni Budaya kelas 7 semester 2 akan disajikan di bawah ini beserta jawabannya. Terdapat dua kategori soal yang disajikan, yakni pilihan ganda dan esai.
Kumpulan soal di bawah ini mencakup dua kurikulum. Ada soal PAT Seni Budaya semester 2 Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka.
A. Soal PAT Seni Budaya kelas 7 semester 2 Kurikulum Merdeka dan K13 pilihan ganda
Berikut kumpulan soal PAT Seni Budaya kelas 7 semester 2 Kurikulum Merdeka dan K13 kategori pilihan ganda.1. Apa yang dimaksud dengan gerak tari kreasi?
A. Gerak tari yang sudah ada sejak zaman dahulu.
B. Gerak tari yang diciptakan oleh koreografer dengan menggabungkan berbagai elemen gerak.
C. Gerak tari yang hanya dilakukan oleh penari profesional.
D. Gerak tari yang tidak membutuhkan latihan.
Jawaban: B.
2. Fungsi gerak tari kreasi adalah....
A. Memperlihatkan kemampuan teknik tinggi dari penari.
B. Menceritakan kisah-kisah tradisional.
C. Ekspresi artistik dari koreografer.
D. Semua jawaban benar.
Jawaban: D.
3. Berikut yang bukan merupakan karakteristik gerak tari kreasi adalah....
A. Fleksibilitas.
B. Keteraturan yang kaku.
C. Inovatif.
D. Menggabungkan berbagai teknik tari.
Jawaban: B.
4. Yang bertanggung jawab atas penciptaan gerak tari dalam tarian kreasi adalah....
A. Penari.
B. Musisi.
C. Koreografer.
D. Semua jawaban benar.
Jawaban: C.
5. Apa yang membedakan gerak tari kreasi dari gerak tari tradisional?
A. Tidak ada perbedaan, keduanya sama.
B. Gerak tari kreasi lebih kaku.
C. Gerak tari kreasi tidak memperhatikan musik.
D. Gerak tari kreasi merupakan karya baru yang inovatif.
Jawaban: D
6. Apa yang dimaksud dengan unsur utama dalam tari?
A. Elemen-elemen yang mendukung cerita tari.
B. Bagian-bagian tari yang tidak terlalu penting.
C. Bagian-bagian tari yang menjadi fokus utama dalam penampilan.
D. Gerakan yang dilakukan secara acak oleh penari.
Jawaban: C.
7. Salah satu contoh unsur utama dalam tari adalah:
A. Penataan pencahayaan.
B. Musik pengiring.
C. Kostum.
D. Gerakan penari.
Jawaban: D.
8. Apa peran unsur pendukung dalam pertunjukan tari?
A. Memberikan panduan gerakan kepada penari.
B. Membuat penonton lebih terkesan dengan penampilan visual.
C. Menyamarkan kesalahan penari.
D. Menyediakan kursi untuk penonton.
Jawaban: B.
9. Musik pengiring dalam tari termasuk ke dalam unsur....
A. Utama.
B. Pendukung.
C. Dekoratif.
D. Tidak terlalu penting.
Jawaban: B.
10. Kostum, tata rias, dan properti adalah contoh dari unsur....
A. Utama.
B. Pendukung.
C. Dekoratif.
D. Tidak terlalu penting.
Jawaban: B.
11. Bagian yang berperan sebagai penghubung antara unsur utama dan unsur pendukung dalam sebuah pertunjukan tari disebut:
A. Koreografi.
B. Plot.
C. Narasi.
D. Integrasi.
Jawaban: D.
12. Apa yang dimaksud dengan tata artistik panggung teater?
A. Tata cara dalam melakukan pementasan teater.
B. Tata letak penonton di dalam teater.
C. Desain visual dan estetika panggung teater.
D. Tata tertib para penonton selama pertunjukan.
Jawaban: C.
13. Salah satu elemen utama dalam tata artistik panggung teater adalah:
A. Penempatan penonton.
B. Tata suara.
C. Tata cahaya.
D. Tata rias.
Jawaban: C.
14. Apa yang dimaksud dengan set design dalam tata artistik panggung teater?
A. Tata rias para pemeran.
B. Tata letak panggung di dalam teater.
C. Desain dekorasi panggung yang menciptakan lokasi dan suasana.
D. Tata suara yang digunakan dalam pertunjukan.
Jawaban: C.
15. Apa fungsi dari tata artistik panggung teater?
A. Menentukan urutan berjalannya adegan.
B. Membuat pertunjukan lebih menarik secara visual.
C. Mengatur jadwal latihan para pemeran.
D. Mengorganisasi penjualan tiket pertunjukan.
Jawaban: B.
16. Berdasarkan kegunaannya, karya seni rupa di digolongkan menjadi dua, yaitu ...
A. Seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi
B. Seni rupa murni dan seni rupa 2 dimensi
C. Seni rupa terapan dan seni rupa 3 dimensi
D. Seni rupa murni dan seni rupa terapan
Jawaban: D
17. Di bawah ini merupakan beberapa hasil karya seni rupa terapan, kecuali ...
A. Patung
B. Vas bunga
C. Set teko tanah liat
D. Set kursi dan meja dari bambu
Jawaban: A
18. Contoh karya seni yang memiliki nilai estetika (keindahan) dan nilai fungsi (kegunaan) yaitu...
A. Lukisan pemandangan
B. Patung manusia
C. Ukiran kursi jati
D. Gambar kaligrafi
Jawaban: C
19. Ragam hias dapat diterapkan pada berbagai macam bahan, salah satunya ialah tekstil. Pengertian tekstil adalah bahan berupa ...
A. Serat yang diolah menjadi kertas
B. Serat yang diolah menjadi kayu
C. Serat yang diolah menjadi anyaman
D. Serat yang diolah menjadi benang atau kain
Jawaban: D
20. Penerapan ragam hias di bahan tekstil dilakukan dengan teknik yang berbeda – beda. Di bawah ini, yang merupakan teknik dalam ragam hias berbahan tekstil ialah...
A. Tempa
B. Tenun
C. Las
D. Butsir
Jawaban: B
21. Bernyanyi yang anggotanya berjumlah mulai dari 12 orang lebih, dinamakan...
A. Trio
B. Vocal grup
C. Paduan suara
D. Ensambel
Jawaban: C
22. Pеwаrnа уаng dіgunаkаn di реnеrараn rаgаm hias tekstil, ada уаng berasal dаrі bahan alami dаn buatan. Sіfаt реwаrnа dаrі bаhаn аlаmі yaitu ....
A. Tahan terhadap ѕіnаr mаtаhаrі
B. Mudаh рudаr dan luntur
C. Terbuat dari bahan kіmіа
D. Tеrbuаt dаrі unsur аlаmі
Jawaban: D
23. Teknik menggambar ragam hias dapat dilakukan dengan cara stilasi. Maksud dari stilasi adalah....
A. Pengayaan bentuk objek
B. Pemberian tekstur gambar
C. Memberi gelap terang gambar
D. Memberi latar belakang gambar
Jawaban: A
24. Indramayu terkenal sebagai penghasil karya seni terapan Batik. Tepatnya di daerah ...
A. Parean
B. Paoman
C. Terisi
D. Losarang
Jawaban: B
25. Dalam penampilan vokal grup, syarat utama yang harus diperhatikan adalah ...
A. Kerja sama
B. Penampilan individu
C. Volume suara
D. Ekspresi
Jawaban: A
26. Tidak semua jenis tekstil cocok untuk dijadikan media gambar, jenis kain yang paling baik digunakan untuk menerapkan teknik menggambar ragam hias adalah ...
A. Wol
B. Satin
C. Katun
D. Sutra
Jawaban: C
27. Berdasarkan wujudnya, penerapan ragam hias berupa ukiran kayu pada benda-benda seperti lemari, meja, kursi, tergolong dalam karya seni rupa ...
A. Dua dimensi
B. Tiga dimensi
C. Empat dimensi
D. Lima dimensi
Jawaban: B
28. Berikut ini yang bukan merupakan manfaat dari penerapan ragam hias di bahan kayu adalah.....
A. Melatih keterampilan mengukir kayu
B. Membuat kesan indah pada kayu, sehingga menambah nilai ekonomi
C. Melestarikan budaya bangsa
D. Menghabiskan waktu dalam mengukir
Jawaban: D
29. Unsur utama dalam bernyanyi yaitu....
A. Suara
B. Pernapasan
C. Penglihatan
D. Pendengaran
Jawaban: A
30. Pernapasan yang paling baik digunakan pada saat bernyanyi adalah.....
A. Pernapasan bahu
B. Pernapasan dada
C. Pernapasan perut
D. Pernapasan diafragma
Jawaban: D
B. Soal PAT Seni Budaya kelas 7 semester 2 kategori esai
Berikut kumpulan soal PAT Seni Budaya Kelas 7 semester 2 kategori esai dan kunci jawabannya.31. Apa yang dimaksud dengan hierarki tipografi dan mengapa penting dalam desain?
Jawaban:
Hierarki tipografi adalah pengaturan berbagai elemen teks seperti judul, subjudul, dan teks utama dalam sebuah desain dengan cara yang membuatnya mudah dipahami dan diinterpretasikan oleh pembaca. Pentingnya hierarki tipografi terletak pada kemampuannya untuk membimbing mata pembaca melalui informasi yang disajikan, memberikan penekanan yang sesuai pada bagian-bagian yang penting, serta menciptakan struktur visual yang menarik dan mudah diikuti.
32. Bagaimana penggunaan tipografi dapat memengaruhi citra merek dalam desain logo?
Jawaban:
Penggunaan tipografi yang tepat dalam desain logo dapat sangat memengaruhi citra merek. Misalnya, pemilihan jenis huruf yang bersih dan modern dapat mencerminkan kesan profesional dan inovatif, sementara jenis huruf yang lebih tradisional dapat memberikan kesan klasik dan tepercaya. Selain itu, karakteristik tipografi seperti proporsi, tebal, dan gaya huruf juga dapat membantu mengkomunikasikan nilai-nilai merek kepada audiens, seperti keberanian, keceriaan, atau keanggunan.
33. Lagu yang dinyanyikan oleh 2 kelompok atau lebih dengan melodi yang saling kejar-kejaran adalah...
Jawaban: Lagu kanon
34. Apa yang membedakan sebuah logo yang efektif dari yang tidak efektif?
Jawaban:
Logo yang efektif memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari yang tidak efektif. Salah satunya adalah kesederhanaan, di mana logo yang sederhana cenderung lebih mudah dikenali dan diingat oleh audiens. Selain itu, kesesuaian antara logo dengan identitas merek, kesan visual yang kuat, kemampuan beradaptasi dengan berbagai media, dan daya tahan terhadap perubahan tren juga menjadi faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas sebuah logo.
35. Yang dimaksud dengan bernyanyi dua suara adalah....
Jawaban:
Bernyanyi dengan membagi suara satu dan suara dua
36. Bagaimana faktor-faktor seperti tempo, dinamika, dan harmoni memengaruhi kualitas pertunjukan musik ensambel?
Jawaban:
Faktor-faktor seperti tempo, dinamika, dan harmoni memiliki dampak besar terhadap kualitas pertunjukan musik ensambel. Tempo yang tepat dapat mempengaruhi energi dan emosi yang disampaikan oleh musik, sedangkan dinamika yang dimainkan dengan baik dapat memberikan nuansa yang lebih dinamis dan ekspresif. Harmoni yang solid antara berbagai instrumen mus
37. Apa yang membedakan musik ensambel dari jenis musik lainnya, seperti orkestra atau band?
Jawaban:
Perbedaan utama antara musik ensambel dengan jenis musik lainnya seperti orkestra atau band terletak pada komposisi dan formasi musikusnya. Ensambel musik biasanya lebih kecil dalam jumlah anggota dibandingkan dengan orkestra, tetapi lebih besar dari sebuah band. Selain itu, ensambel musik juga dapat memiliki kombinasi instrumen yang lebih beragam dan fleksibel, tergantung pada kebutuhan dan genre musik yang mereka mainkan.
38. Bentuk penyajian vokal grup tanpa iringan alat musik disebut.....
Jawaban: Akapela
39. Apa yang menjadi tujuan utama desain logo?
Jawaban:
Tujuan utama dari desain sebuah logo adalah untuk menciptakan representasi visual yang unik dan mudah dikenali dari suatu merek, perusahaan, atau organisasi. Logo harus mampu menyampaikan identitas merek, nilai-nilai, dan pesan-pesan yang ingin disampaikan kepada target audiens secara efektif.
40. Menyanyi dengan banyak suara secara kanon dapat melatih ...
Jawaban: Saling menghormati dan menghargai satu sama lain
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Addi M Idhom
Penyelaras: Fadli Nasrudin