Menuju konten utama

Link Unduh Pedoman Juknis Kerangka TKA SMA/SMK 2025 PDF

Kemdikdasmen telah menetapkan Perkaban Nomor 045/H/AN/2025 tentang Kerangka Asesmen TKA bagi jenjang SMA/MA/SMK/MAK Sederajat. Simak link unduhnya di sini.

Link Unduh Pedoman Juknis Kerangka TKA SMA/SMK 2025 PDF
Ilustrasi Tes Kemampuan Akademik SMA/SMK Sederajat. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemdikdasmen) secara resmi telah menetapkan Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (Perkaban) Nomor 045/H/AN/2025 mengenai Kerangka Asesmen Tes Kemampuan Akademik (TKA) bagi jenjang SMA/MA sederajat dan SMK/MAK.

Regulasi yang ditetapkan pada 14 Juli 2025 ini menjadi pedoman normatif yang ditujukan kepada kementerian terkait, pemerintah daerah, satuan pendidikan, maupun peserta didik. Tujuannya adalah agar pelaksanaan TKA dapat berlangsung dengan standar yang seragam di seluruh Indonesia.

Adapun Tes Kemampuan Akademik (TKA) pada jenjang SMA/SMK merupakan asesmen sukarela yang bertujuan untuk mengukur capaian akademik peserta didik secara objektif dan setara.

TKA tidak digunakan sebagai penentu kelulusan, melainkan sebagai alat validasi capaian akademik, pendukung seleksi berbasis prestasi, serta pengakuan terhadap hasil belajar non formal maupun informal.

Link Download Perkaban No. 045/H/AN/2025 tentang Kerangka Asesmen TKA SMA/SMK 2025

Kerangka Asesmen TKA dalam Perkaban Nomor 045/H/AN/2025 disusun sebagai pedoman resmi pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik pada jenjang SMA/MA sederajat dan SMK/MAK.

Dokumen ini memuat latar belakang, tujuan, ruang lingkup asesmen, serta pengaturan umum terkait mata uji dan bentuk soal yang digunakan. Melalui kerangka ini, seluruh pihak yang terlibat memiliki acuan yang sama sehingga pelaksanaan TKA dapat berlangsung secara terstandar, transparan, dan adil.

Kerangka ini juga dimaksudkan untuk mendukung pemerataan mutu pendidikan dan memastikan bahwa hasil asesmen benar-benar mencerminkan capaian akademik peserta didik secara objektif.

Berikut link download Perkaban No. 045/H/AN/2025 tentang Kerangka Asesmen TKA SMA/SMK 2025:

Link Download Perkaban tentang Kerangka Asesmen TKA SMA/SMK 2025 PDF

Mata Pelajaran dan Jenis Soal TKA SMA/SMK 2025

Pada pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik (TKA) jenjang SMA/SMK tahun 2025, peserta didik akan mengikuti asesmen yang mencakup tiga mata pelajaran wajib, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris.

Selain itu juga ada dua mata pelajaran pilihan yang dapat disesuaikan dengan jurusan atau minat masing-masing. Berikut ini mata pelajaran soal TKA SMA/SMK 2025:

  • Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut
  • Matematika Tingkat Lanjut
  • Bahasa Inggris Tingkat Lanjut
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan/Pendidikan Pancasila
  • Ekonomi
  • Geografi
  • Sosiologi
  • Sejarah
  • Antropologi
  • Bahasa Prancis
  • Bahasa Jerman
  • Bahasa Jepang
  • Bahasa Mandarin
  • Bahasa Korea
  • Bahasa Arab
  • Produk/Projek Kreatif dan Kewirausahaan.
Dalam tes TKA, soal disajikan dalam beberapa bentuk, antara lain pilihan ganda tunggal, pilihan ganda kompleks, serta soal berbasis stimulus yang menuntut analisis lebih mendalam.

Kumpulan Contoh Soal Tes Kemampuan Akademik SMA/SMK 2025

Kumpulan contoh soal Tes Kemampuan Akademik (TKA) SMA/SMK 2025 dapat digunakan sebagai referensi bagi peserta didik dalam memahami bentuk asesmen yang akan dihadapi.

Kehadiran kumpulan soal tersebut diharapkan dapat membantu siswa berlatih secara lebih terarah, mengenali pola pertanyaan, serta mempersiapkan strategi dalam menjawab dengan tepat dan efisien sesuai standar asesmen nasional.

Berikut kumpulan contoh soal Tes Kemampuan Akademik SMA/SMK 2025:

1. Dini : Teks tersebut sangat menarik dan bisa menambah wawasan kita, terutama jika kita berencana mengembangkan suatu bisnis kecil.

Rio : Iya, pilihan katanya juga sangat mudah dimengerti sehingga orang yang awam terhadap istilah di bidang ekonomi juga mudah memahami isi informasi yang disajikan.

Sena : Aku sependapat dengan kalian berdua, tetapi rasanya teks tersebut akan lebih baik jika disertai data pertumbuhan UKM dalam kurun waktu lima tahun terakhir atau pendapat ahli di bidang ekonomi.

Berdasarkan percakapan tersebut, mengapa pendapat Sena sangat baik dalam menilai keakuratan dari informasi yang disajikan tersebut?

Tentukan Setuju atau Tidak Setuju untuk setiap alasan berdasarkan isi teks!

A. Sena menyoroti bahwa teks harus mudah dipahami oleh semua kalangan, termasuk yang awam terhadap ekonomi.

B. Sena mempertimbangkan kelengkapan dan dasar bukti dari informasi yang merupakan bagian dari menilai keakuratan teks.

C. Sena memiliki inisiatif untuk memperbaiki isi teks dengan pendapat pribadinya sebagai ahli ekonomi agar lebih informatif.

Kunci Jawaban: A (Tidak Setuju), B (Setuju), C (Tidak Setuju)

2. Mirna akan memproduksi dua jenis kue dengan modal Rp8.000.000,00. Biaya produksi kue bolu sebesar Rp15.000,00 per kotak dan dijual dengan laba 40 Persen. Sedangkan biaya produksi kue brownies sebesar Rp20.000,00 per kotak dan dijual dengan laba 35 Persen. Setiap harinya, Mirna dapat memproduksi paling banyak 500 kotak kue.

Apabila Mirna ingin memperoleh keuntungan maksimum, tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!

A. Mirna harus memproduksi 200 kotak kue bolu.

B. Mirna harus memproduksi kue brownies lebih banyak.

C. Keuntungan maksimum yang dapat diperoleh Mirna adalah Rp3.100.000,00.

Kunci Jawaban: A (Salah), B (Salah), C (Benar)

3. Suatu tangga dengan panjang 6 meter disandarkan pada dinding vertikal. Sudut yang dibentuk tangga dengan lantai adalah 60°. Tinggi dinding yang disentuh ujung atas tangga adalah…

A. 3 meter

B. 3√2 meter

C. 3√3 meter

D. 4√2 meter

E. 4√3 meter

Kunci Jawaban: C

4. My Experience as an Intern at a Sports Club

Last summer, I had the opportunity to work as an intern at a local sports club. It was my first time working in a professional sports environment, and I was both nervous and excited. The internship went through a few phases, starting from orientation until finally jumping in to help during practices and games.On my first day, I met the head coach, who welcomed me and explained my tasks. I had to set up cones for drills, bring water for the players, and check the training schedules.

The first few days were challenging because I was not used to the morning routine. Every morning I had to wake up early, arrive on time, and follow instructions carefully. I worried about making mistakes, but the coaches were kind and guided me.In the second month of my internship, I was trained to handle unexpected situations.

I got the chance to put that knowledge into practice when something unexpected happened. During football practice, a player fell and hurt his ankle. Everyone stopped, and I quickly ran to get the first aid kit. I helped the coaches assess the injury and ensured the player stayed calm while we got him seated safely. Luckily, it wasn’t serious, but the experience reinforced an important lesson: staying alert and prepared during emergencies can make a big difference.

At the end of my internship, the coaches held an evaluation and reflection session where they shared the results of their feedback. They highlighted my strengths in teamwork, responsibility, and communication, and even gave me a club T-shirt as a gift. I felt proud because I had improved in these areas. It was a great experience, and I hope to work in a sports club again in the future.

Soal: During the internship, what did the writer do every morning?

A. Made schedules and explained them to the coaches.

B. Played football with the team and got the first aid kit.

C. Prepared a club gift, guided the coaches, and gave t-shirts.

D. Woke up early, arrived on time, and followed the instructions.

E. Set up cones, brought water, and checked emergency schedules.

Kunci Jawaban: D

5. Pada eksperimen termodinamika sebuah mesin Carnot beroperasi antara reservoir suhu tinggi 800 K dan reservoir suhu rendah 480 K. Seorang peneliti ingin mengganti mesin tersebut dengan mesin Carnot yang memiliki efisiensi lebih tinggi agar proses eksperimen menjadi lebih efektif.

Mesin Carnot mana saja yang dapat digunakan sebagai pengganti mesin Carnot semula?

Pilihlah pada setiap mesin Carnot yang memenuhi! Jawaban benar lebih dari satu.

  1. Suhu tinggi 600 K dan suhu rendah 480 K.
  2. Suhu tinggi 800 K dan suhu rendah 400 K.
  3. Suhu tinggi 900 K dan suhu rendah 500 K.
  4. Suhu tinggi 900 K dan suhu rendah 600 K.
  5. Suhu tinggi 1.000 K dan suhu rendah 600 K.
Kunci Jawaban: Pernyataan 2 dan Pernyataan 3.

6. Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, seperti Demak, Aceh, Mataram Islam, dan Ternate-Tidore, telah memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan budaya masyarakat. Pengaruh tersebut tidak hanya tampak dalam sistem pemerintahan dan arsitektur, tetapi juga dalam tradisi, seni pertunjukan, dan upacara keagamaan yang masih dilestarikan hingga kini.

Beberapa tradisi dan kesenian yang berkembang pada masa kerajaan Islam tetap hidup sebagai warisan budaya yang terus dipertahankan oleh masyarakat.

Manakah yang merupakan peninggalan budaya dari masa kerajaan Islam yang masih berlanjut di masa kini? Pilihlah jawaban yang benar! Jawaban benar lebih dari satu.

  1. Upacara Kasada
  2. Tradisi Sekaten
  3. Tradisi Tabuik
  4. Wayang Topeng Malangan
  5. Tari Reog Ponorogo
Kunci Jawaban: Pernyataan 2 dan Pernyataan 3.

7. Akiko san wa maishuu nichiyoubi ni oyogimasu.

Kenta san wa maishuu kinyoubi ni badominton o shimasu.

Maya san wa maishuu kinyoubi ni badominton o shimasu. Tokidoki oyogimasu.

Anton san wa maishuu nichiyoubi ni saikoo o shimasu. Tokidoki oyogimasu.

Bagaimana pernyataan kesimpulan yang tepat terkait teks tersebut? Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!

A. Minna wa supootsu ga suki desu.

B. Akiko san wa mainichi oyokimasen.

C. Maya san wa badominton ga suki desu.

Kunci Jawaban: A (Benar), B (Salah), C (Benar)

8.“Sari Kunyit Asam ‘Segar Sehat’ merupakan minuman herbal tradisional dalam kemasan botol plastik 250 ml. Produk ini ditujukan untuk konsumen muda yang peduli kesehatan. Komposisinya mencantumkan kunyit, asam jawa, gula aren, dan tanpa bahan pengawet.

Produk ini diproduksi oleh UMKM lokal dan telah memiliki izin PIRT.”Berdasarkan informasi tersebut, unsur desain label produk yang tepat digunakan untuk menarik konsumen dan sesuai ketentuan label adalah...

A. ilustrasi bunga yang artistik, logo modern, nama produk dalam bahasa asing

B. merek dagang, bersih, nomor PIRT, slogan motivasi, dan gambar kartun

C. informasi bahan utama sari kunyit asam, nomor PIRT, nama produk, dan tanggal kadaluarsa

D. desain warna mencolok, kutipan testimoni pelanggan, simbol bintang lima, dan gambar hewan

E. gambar kunyit dan asam, kalimat promosi menarik, dan pernyataan “terbukti menyembuhkan”

Kunci Jawaban: C

9. Léo : Salut Emma ! Ça va ?

Emma : Oui, ça va bien, merci. Et toi ?

Léo : Ça va aussi ! Je te présente mon cousin Paul.

Emma : Enchantée, Paul ! Tu viens d’où ?

Paul : Enchantée, Emma ! Je viens de Lyon.

Emma : Tu habites à Lyon aussi ?

Paul : Non, j’habite à Paris.Qui est Paul ?

  1. Il est parisien.
  2. Il habite à Paris.
  3. Il habite à Lyon.
  4. Il est lyonnais.
Kunci Jawaban: Pernyataan 2 dan Pernyataan 4.

10. Pada akhir masa pemerintahan Presiden Soeharto, Indonesia mengalami krisis multidimensi. Krisis ekonomi akibat utang luar negeri yang besar, kekeringan karena El Nino, dan kebakaran hutan memperburuk situasi. Tekanan dari dalam negeri dan luar negeri mendorong desakan agar Indonesia segera melakukan reformasi. Puncaknya, Soeharto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998.

Sebutkan faktor-faktor utama penyebab lahirnya Reformasi di Indonesia pada tahun 1998! Jawaban benar lebih dari satu.

  1. Ketidakmampuan pemerintah menangani krisis ekonomi yang melanda seluruh sektor.
  2. Kemenangan kubu oposisi dalam pemilihan umum yang demokratis.
  3. Desakan internasional agar Indonesia menerima bantuan IMF dengan syarat reformasi.
  4. Kekecewaan masyarakat terhadap rezim Orde Baru yang dianggap anti demokrasi.
  5. Suksesnya pembangunan infrastruktur nasional secara merata.
Kunci Jawaban: Pernyataan 1, 3, dan 4.

Temukan beragam artikel inspiratif dan informatif seputar Tes Kemampuan Akademik (TKA) melalui tautan sebagai berikut:

KUMPULAN ARTIKEL TKA TERBARU

Baca juga artikel terkait TES KEMAMPUAN AKADEMIK atau tulisan lainnya dari Dewi Sekar Pambayun

tirto.id - Edusains
Kontributor: Dewi Sekar Pambayun
Penulis: Dewi Sekar Pambayun
Editor: Syamsul Dwi Maarif