Julto Pool di India Ambruk, Puluhan Tewas

tim penyelamat tengah mencari korban tenggelam di lokasi jembatan gantung yang runtuh di kota Morbi, Gujarat, India, Minggu 30 Oktober 2022. (AP Photo/Ajit Solanki)
relawan dan tim penyelamat membopong korban tenggelam di lokasi jembatan gantung yang runtuh di kota Morbi, Gujarat, India, Minggu 30 Oktober 2022. (AP Photo/Ajit Solanki)
keluarga menangisi korban tewas tenggelam di jembatan kabel di sungai Machchu yang runtuh di kota Morbi di negara bagian barat Gujarat, India, Senin, 31 Oktober 2022. (AP Photo/Ajit Solanki)
keluarga menangisi korban tewas tenggelam di jembatan kabel di sungai Machchu yang runtuh di kota Morbi di negara bagian barat Gujarat, India, Senin, 31 Oktober 2022. (AP Photo/Ajit Solanki)
Hingga Senin 31 Oktober 2022 tim penyelamat masih mencari korban tenggelam di lokasi jembatan gantung yang runtuh di kota Morbi, Gujarat, India. (AP Photo/Ajit Solanki)
Jembatan penyeberangan ambruk di negara bagian Gujarat, India pada Minggu (30/10/2022) menyebabkan puluhan orang tewas. (AP Photo/Ajit Solanki)
Senin, 31 Oktober 2022 11:18 WIB
Sebuah jembatan penyeberangan ambruk di negara bagian Gujarat, India pada Minggu (30/10/2022)

Ambruknya jembatan gantung ini mengakibatkan ratusan orang tercebur ke Sungai Machu di kota Morbi, India, dan beberapa orang lainnya berupaya memanjat jembatan yang ambruk untuk naik ke daratan.

Jembatan yang ambruk memiliki panjang 754 kaki atau sekitar 230 meter itu dibangun pada masa penjajahan Inggris pada abad ke-19 dan kini berusia 100 tahun lebih.

Jembatan itu sempat ditutup untuk renovasi selama enam bulan dan baru dibuka lagi pekan lalu. Jembatan ini dikenal sebagai Julto Pool.

Kejadian bermula ketika jembatan penyeberangan di atas Sungai Machu itu dipenuhi oleh wisatawan lokal yang sedang menikmati akhir pekan sekaligus liburan perayaan Diwali.

Belum jelas apa yang menyebabkan jembatan itu runtuh, tetapi pihak berwenang setempat telah memperkirakan salah satu penyebabnya adalah karena kelebihan muatan.
(AP Photo/Ajit Solanki)
DarkLight