Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Kota Langsa Hari Ini

Oleh: Ibnu Azis - 17 Mei 2018
Masjid Raya Darul Falah menjadi salah satu ikon Kota Langsa yang menjadi kebanggaan masyarakat.
tirto.id - Berada kurang lebih 400 km dari Kota Banda Aceh, Kota Langsa sebelumnya berstatus Kota Administratif. Dikenal sebagai kota pendidikan, kota perdagangan, kota kuliner, dan kota wisata.

Salah satu ikon kota ini yang sangat dikenal yakni Masjid Raya Darul Falah. Masjid yang berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Gampong, Peukan, Langsa ini berdiri di luas tanah 6.400 meter persegi dengan luas bangunan 1.764 meter persegi.

Kisah berdirinya masjid tersebut dimulai pada tahun 1942. Saat itu, para pedagang di Pasar Langsa berinisiatif mendirikan meunasah sebagai tempat salat berjamaah berdinding kayu 8 x 8 meter karena lokasi masjid terlalu jauh untuk dijangkau.

Meunasah tersebut kemudian diperluas menjadi 16 x 16 meter dan diberi nama Masjid Yong Kong Fu pada masa Jepang tahun 1948. 16 kemudian, masjid ini tak mengalami perubahan sampai tahun 1964 ketika diubah menjadi Masjid Raya Darul Falah.

Selanjutnya, tahun 1972 sampai 1974 bangunan masjid dibuat permanen. Seiring perjalanan waktu, bangunan masjid mengalami penambahan seperti menara, tempat wudlu, TPA, pagar, dan parkir.

Bagi masyarakat Kota Langsa yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Magrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian.

Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.


Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
a