Format 8 Besar Piala Presiden 2022, Tim Lolos, Jadwal Final 17 Juli

Kontributor: Ahmad Yasin - 23 Jun 2022 16:45 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Daftar tim lolos dan format babak 8 besar Piala Presiden 2022, menuju jadwal semifinal-final 14 dan 17 Juli 2022.
tirto.id - Piala Presiden 2022 segera memasuki babak 8 besar sebagai rangkaian jalan menuju jadwal final yang akan digelar tanggal 14 dan 17 Juli 2022 mendatang. Lantas, bagaimana format jalannya pertandingan dalam fase 8 besar atau babak perempat final Piala Presiden 2022?

Fase penyisihan grup Piala Presiden sudah berlangsung sejak tanggal 11 Juni 2022. Sebagian tim telah lolos dari babak penyisihan grup, sebagian lainnya masih memperebutkan tempat tersisa di babak 8 besar turnamen pramusim Liga 1 2022-2023 ini.

Seluruh laga babak grup dijadwalkan berakhir pada 28 Juni 2022 kendati sampai saat ini masih ada grup yang menghelat pertandingan. Dengan memakai sistem single round-robin, hanya ada dua wakil dari masing-masing grup yang berhak lolos ke perempat final Piala Presiden 2022.

Format Babak 8 Besar dan Jadwal Perempat Final Piala Presiden 2022

Setiap klub yang berhasil melaju ke babak 8 besar Piala Presiden 2022 akan melakoni laga dengan format single match. Ini artinya, cuma ada satu pertandingan untuk menentukan nasib setiap tim di turnamen ini.

Jika menang, tim terkait langsung melangkah ke semifinal Piala Presiden 2022. Jika kalah, maka langsung gugur dan angkat kaki dari turnamen pramusim yang berjalan panas ini.

Babak perempat final diselenggarakan dalam dua hari, tepatnya pada 1 dan 2 Juli 2022. Dengan demikian, bakal ada dua pertandingan yang dihelat dalam satu hari.

Berdasarkan pengumuman hasil drawing di channel Youtube LIB TV, akan ada 4 kota sebagai tempat berlangsungnya fase 8 besar Piala Presiden 2022.

Format berbeda diterapkan untuk semifinal, yaitu dengan memakai kandang-tandang atau dua leg. Begitu pula format partai puncak atau final Piala Presiden yang dijadwalkan pada 14 dan 17 Juli 2022.


Daftar Tim Lolos Babak 8 Besar Piala Presiden 2022

Setelah babak penyisihan grup berakhir, dua wakil dari masing-masing grup dipastikan melaju ke fase berikutnya. Sementara ini, sudah ada 5 klub yang menggenggam tiket 8 besar, terdiri dari Arema FC, PSM Makassar, Persib Bandung, Bhayangkara FC, dan PSIS Semarang.

Arema FC dan PSM Makassar lebih dulu memastikan tempat ke perempat final. Kedua klub finis sebagai dua teratas klasemen Grup D. Singo Edan keluar menjadi juara grup dengan mengumpulkan 6 poin, sedangkan Tim Juku Eja merupakan runner-up lewat raihan 4 poin.

Kepastian lolosnya Arema FC ke perempat final ditentukan dalam laga terakhir Grup D. Singo Edan menumbangkan Persikabo 1973 dengan skor tipis 1-0. Kemenangan tersebut dicetak melalui gol tunggal Gian Zola pada menit ke-9.

Sementara itu, PSM Makassar hanya mendapat tambahan satu poin. Pasukan Ramang menyudahi pertandingan dengan Persik Kediri dengan skor kacamata. Poin PSM dan Persik sebenarnya berjumlah sama, tetapi Juku Eja berhak lolos karena memperoleh kartu kuning lebih sedikit.

Di sisi lain, Persib Bandung dan Bhayangkara FC merupakan wakil dari Grup C. Kemenangan Maung Bandung atas The Guardian di laga pamungkas mengamankan posisinya sebagai pemuncak klasemen.

Meskipun kalah, Bhayangkara FC berhak menemani Persib ke 8 besar. Pasalnya, Awan Setho Raharjo dan kawan-kawan unggul secara head to head atas Bali United, penghuni posisi 3, kendati sama-sama menghimpun 4 poin.


PSIS Semarang menyusul 4 tim lain ke perempat final. Walaupun masih menyisakan satu pertandingan lagi, tetapi tim Mahesa Jenar sudah tidak dapat dikejar lagi oleh para pesaingnya PSIS kokoh di puncak klasemen Grup dengan koleksi 7 poin.

Dengan lolosnya 5 tim ke babak 8 besar, terdapat tiga tiket lagi yang masih akan diperebutkan. Dua di antaranya dari Grup B, sementara satu tiket lainnya untuk Grup A. Oleh karena itu, sebagian tim masih berpeluang lolos ke babak berikutnya.

Berikut ini daftar tim yang lolos ke 8 besar Piala Presiden hingga Kamis tanggal 23 Juni 2022:
  • Arema FC
  • PSM Makassar
  • Persib Bandung
  • Bhayangkara FC
  • PSIS Semarang


Jadwal Final Piala Presiden 2022

Jadwal final Piala Presiden 2022 rencananya akan dihelat dalam 2 leg. Leg 1 bakal digelar tanggal 14 Juli 2022, sedangkan partai puncak Leg 2 yang sekaligus sebagai penentuan juara dijadwalkan pada 17 Juli 2022 mendatang.

PSSI dikabarkan sudah menyiapkan hadiah untuk masing-masing pemenang. Juara Piala Presiden 2022 akan diganjar hadiah Rp3 miliar. Tim yang menjadi runner-up dilimpahi uang senilai Rp1,5 miliar. Untuk tim peringkat ketiga, disediakan uang sejumlah Rp500 juta.

Baca juga artikel terkait PIALA PRESIDEN 2022 atau tulisan menarik lainnya Ahmad Yasin
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ahmad Yasin
Penulis: Ahmad Yasin
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight