Menuju konten utama

Contoh Soal PPPK Guru Matematika SD 2023 dan Kunci Jawaban

Mempelajari contoh soal bisa jadi persiapan jelang tes kompetensi PPPK Guru 2023. Berikut contoh soal PPPK Guru Matematika SD 2023 dan jawabannya. 

Contoh Soal PPPK Guru Matematika SD 2023 dan Kunci Jawaban
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon PNS dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non Guru di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/9/2021). ANTARA FOTO/Maulana Surya/aww.

tirto.id - Sejumlah soal PPPK Guru Matematika SD 2023 dan kunci jawabannya di bawah ini adalah contoh pertanyaan dalam seleksi kompetensi. Contoh-contoh soal tersebut bisa dikaji oleh pelamar PPPK Guru Matematika SD untuk persiapan menghadapi tes kompetensi.

Soal kompetensi PPPK Guru termasuk bagian dari materi dalam proses seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk mengisi jabatan Fungsional Guru.

Pelamar PPPK Guru 2023 yang sudah dinyatakan lolos syarat administrasi akan melalui seleksi kompetensi yang dilaksanakan dengan sistem CAT BKN dan wawancara.

Merujuk pada isi Keputusan Menteri PANRB Nomor 649 Tahun 2023 (PDF), materi seleksi kompetensi PPPK Guru 2023 ialah tes kompetensi teknis, manajerial, dan sosio-kultural.

Secara keseluruhan, ada 145 soal seleksi kompetensi PPPK Guru 2023. Jumlah soal itu terbagi dengan rincian: seleksi kompetensi teknis (90 soal); kompetensi manajerial (25 soal); kompetensi sosio-kultural (20 soal); dan wawancara (10 soal).

Nilai maksimal dalam seleksi kompetensi PPPK Guru 2023 adalah 670. Angka maksimal itu terbagi menjadi nilai tertinggi di seleksi kompetensi teknis adalah 450, manajerial dan sosio-kultural 180, dan wawancara 40.

Ambang batas nilai kelulusan di seleksi kompetensi PPPK Guru 2023 diatur pula dalam Keputusan Menteri PANRB nomor 649 Tahun 2023, dengan rincian:

  • Kompetensi teknis (berbeda untuk tiap bidang. Khusus guru matematika ialah 170)
  • kompetensi manajerial dan sosio-kultural: 117
  • Wawancara: 24

Contoh Soal Kompetensi PPPK Guru Matematika SD

Seleksi kompetensi PPPK 2023 rencananya akan digelar pada 10 November 2023 sampai 4 Desember 2023. Jadwal seleksi PPPK Guru ini sesuai dengan agenda terbaru yang dirilis oleh BKN.

Berikut ini sejumlah contoh soal PPPK Guru Matematika SD dan jawabannya yang bisa dipelajari untuk persiapan jelang seleksi kompetensi 2023:

1.“Arman mempunyai 4 celana dan 3 baju yang keduanya dapat dikenakan bersamaan. Berapa banyak pasangan celana dan baju berbeda yang bisa dipakai oleh Arman? Bagaimana cara menghitungnya?”

Soal di atas dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam ....

A. menyusun strategi

B. menggunakan perkalian

C. menjumlah berulang

D. menghafal konsep

E. menerapkan prosedur

Jawaban : B

2. Semua nilai a pada interval berikut ini yang menjadikan persamaan kuadrat 2x² - ax + 2 = 0 mempunyai dua akar riil berbeda, adalah ….

A. -6 < a < 1

B. 2 < a < 6

C. 4 < a < 6

D. 1 < a < 5

E. 0 < a < 6

Jawaban : C

3. Andi memiliki perpustakaan pribadi di rumahnya. Ada 96 buku pelajaran dan 142 buku cerita. Andi memutuskan akan membagikan buku-buku tersebut kepada teman-temannya. Jika setiap teman harus memperoleh buku pelajaran dan buku cerita yang sama banyak, berapa jumlah orang terbanyak yang bisa diberi buku?

A. 16 0rang

B. 32 0rang

C. 48 0rang

D. 94 0rang

E. 198 0rang

Jawaban: C

4. Pergeseran grafik fungsi f(x) = x² - 2x sebesar 1 satuan ke arah atas sejajar dengan sumbu y, kemudian dilanjutkan ke kiri 2 satuan dan sejajar dengan sumbu x, akan menghasilkan fungsi (x) = ...

A. (x+1)² - 1

B. (x+1)² + 1

C. (x-1)² -1

D. (x+1)²

E. (x-1)²

Jawaban : C

5. Seorang siswa SD mengerjakan soal matematika dengan cara sebagai berikut:

3/2 + 1 4/5 = 2/3 x (1 x 4/5) = 2/3 x 1 + 2/3 x 4/5 = 2/3 + 10/15 x 12/15 = 2/3 + 120/15 = 2/3 + 8 = 8 2/3

Siswa SD tersebut gagal dalam menerapkan ... pecahan.

A. teknik perkalian

B. penjumlahan

C. sifat distributif

D. penyederhanaan

E. identitas perkalian

Jawaban : A

6. Seorang guru merancang rencana pembelajaran matematika SD tentang nilai tempat dengan sejumlah langkah berikut ini:

(1) Menyiapkan berbagai benda yang dapat diikat, misal: kacang panjang, lidi, karet, sedotan.

(2) Menulis suatu bilangan “belasan”, misal: 13, di papan tulis;

(3) Meminta siswa untuk mengambil suatu benda yang disediakan sebanyak 13;

(4) Meminta siswa membilang banyak benda yang telah diambilnya, untuk mengetahui apakah sudah benar benda tersebut sebanyak 13;

(5) Meminta siswa mengambil benda sebanyak 13, tetapi secara bertahap sesuai dengan angka yang dilingkari guru (guru melingkari satuan atau puluhan dulu kemudian melingkari puluhan atau satuan);

(6) Meminta siswa untuk membilang banyak benda yang diambilnya, untuk mengetahui apakah benar benda tersebut sebanyak 13;

(7) Jika banyak benda yang diambil tidak sama dengan 13, maka guru mengulang langkah (5) dan (6).

(8) Jika banyak benda yang diambil sama dengan 13, maka guru menanyakan ketika guru melingkari angka 1 berapa banyak benda yang diambil (jawaban yang diharapkan dari siswa adalah 10);

(9) Menyimpulkan bahwa 1 pada 13 bernilai 10 dan dia menempati tempat puluhan.

Langkah-langkah pembelajaran di atas menggunakan pendekatan....

A. rasionalisme

B. behavioristik

C. konstruktivisme

D. naturalistik

E. dualisme

Jawaban: C

7. Jika kompetensi yang diharapkan adalah siswa kelas 1 SD mampu menjumlahkan dua bilangan dengan hasil maksimal 20, berdasarkan teori Bruner langkah yang tepat dilakukan oleh guru adalah....

A. Siswa menuliskan soal penjumlahan misal 2+3, kemudian dengan bantuan guru menggambarkan peristiwa dari soal tersebut, lalu memperagakan dengan benda konkret.

B. Siswa dikenalkan simbol angka yang akan dijumlahkan dengan menuliskan simbolnya pada papan tulis lalu memperagakan penjumlahan tersebut dengan benda konkret.

C. Siswa diberi benda konkret untuk memperagakan penjumlahan, siswa mengerjakan penjumlahan melalui gambar, dan siswa menuliskan simbol penjumlahan bilangan

tersebut.

D. Siswa mengerjakan soal penjumlahan melalui gambar, siswa memperagakan dengan benda konkret, dan siswa menuliskan simbol penjumlahan bilangan tersebut.

E. Siswa menuliskan soal penjumlahan misal 2+3, siswa memperagakan dengan benda konkret, dan menggambarkan hasil peragaan penjumlahan.

Jawaban: C

8. Soal untuk mengukur kemampuan berpikir matematik tingkat tinggi di kalangan siswa kelas 3 SD yang tepat adalah....

A. 3 + 2 = ….; 5 + 3 = ….; 4 + 6 = ….; 3 + 3 = ….

B. Arsya sekarang berumur 9 tahun. Berapa umur Arsya 5 tahun yang akan dating?

C. Rasya sekarang berumur 13 tahun. Dia sekarang Kelas VII SMP. Ketika Rasya masuk SMA, berapa umurnya?

D. 3 * 2 = 8; 5 * 3 = 13; 4 * 6 = 14; 3 * 3 = ….

E. Arya adalah anak ketiga dari keluarga Bagus. Ketika Arya berumur 9 tahun lahirlah Kenza, adiknya. Berapa umur Kenza, ketika umur Arya 19 tahun?

Jawaban: D

9. Solikhin membayar zakat sebesar Rp250.000,00. Besaran zakat tadi setara dengan 2,5% penghasilannya. Setengah dari sisa penghasilan Solikhin setelah dikurangi zakat, digunakan untuk kebutuhan hidup sehari hari. Uang lainnya digunakan untuk kebutuhan lain-lain, dan sisanya ditabung. Besar uang yang ditabung adalah ….

A. Rp3.000.000,00

B. Rp2.925.000,00

C. Rp2.500.000,00

D. Rp2.000.000,00

E. Rp1.975.000,00

Jawaban: B

10. Z adalah sebuah bilangan. Selisih dua kali kuadrat suatu bilangan dengan lima kali bilangan itu sama dengan 3. Berapakah Z?

A. -1/2 atau -3

B. 1/2 atau 3

C. -1/2 atau -3

D. -1/3 atau 3

E. -1/2 atau 3

Jawaban: E

11. Ada sebuah segitiga ABC. Di sisi AC terdapat titik E dengan EC = 5. Di sisi BC, ada titik D dengan BD = 2 dan DC = 8 sedemikian hingga besar sudut ABC = besar sudut DEC. Berapakah panjang AE?

A. 1

B. 3

C. 4

D. 10

E. 11

Jawaban: E

12. Ada bak mandi berbentuk kubus. Setengah dari bak mandi tadi terisi air 389.344 cm3. Berapa tinggi bak mandi tersebut?

A. 89 cm

B. 92 cm

C. 98 cm

D. 102 cm

E. 112 cm

Jawaban: B

13. Silakan mencermati argumen-argumen di bawah ini!

(1) Ana bukan anak terakhir atau dia alumni IPB

(2) Jika Ana alumni IPB, maka dia seorang pekerja kantoran

(3) Ana bukan pekerja kantoran

Kesimpulan yang benar dari argumen tersebut adalah....

A. Ana bukan alumni IPB

B. Ana alumni IPB

C. Ana anak terakhir

D. Ana pekerja kantoran

E. Ana bukan anak terakhir

Jawaban: E

14. Dalam suatu acara halal bi halal, semua warga RT 021 yang sebanyak 80 orang saling bersalaman. Apabila setiap orang wajib bersalaman kepada semua orang, ada berapa peristiwa salaman yang terjadi dalam acara tersebut?

A. 6320 salaman

B. 4360 salaman

C. 4120 salaman

D. 3680 salaman

E. 3160 salaman

Jawaban: E

15. Varian dari data: 4, 6, 7, 7, 9, 9 adalah....

A. 2

B. 2,3

C. 3

D. 3,3

E. 5

Jawaban: B

16. Grafik dari y pangkat 2 + 3y – 7 = x, berupa.....

a. Parabola menghadap ke atas dan memotong sumbu x di dua titik

b. Parabola menghadap ke atas dan memotong sumbu x di satu titik

c. Parabola menghadap ke atas dan tidak memotong sumbu x

d. Parabola menghadap ke kanan dan tidak memotong sumbu y

e. Parabola menghadap ke kanan dan memotong sumbu y di dua titik

Jawaban: E

17. Farhan bersepeda dari kota A ke arah Utara dengan kecepatan 30km/jam selama 2 jam. Setelah itu, Farhan berbelok ke arah Timur dengan kecepatan 20km/jam selama 1,5 jam. Setelah beristirahat 30 menit, Farhan melanjutkan perjalanan ke arah Selatan selama 2 jam dengan kecepatan 10km/jam dan tiba di kota B. Dari keterangan tersebut, bisa diketahui bahwa jarak kota A ke kota B adalah....

A. 50 km

B. 55 km

C. 80 km

D. 110 km

E. 120 km

Jawaban: A

18. Sebanyak 9.000 liter air terisi dalam sebuah bak air yang memiliki dua luba. Karena diameter 2 lubang itu berlainan, debit air yang keluar dari keduanya juga berbeda. Lubang pembuangan pertama dapat mengeluarkan air dari bak dengan debit 150 liter/menit. Lubang kedua dapat mengeluarkan air dari bak sebanyak 50 liter/menit. Dari keterangan di atas, bisa diketahui bahwa bak air tadi dapat dikosongkan dalam waktu....

a. 180 menit.

b. 90 menit.

c. 60 menit.

d. 45 menit.

e. 15 menit.

Jawaban: D

19. Seorang guru mempunyai 15 bola plastik dengan berat masing-masing 9 gram. Dia kemudian menyusun 15 bola tadi menjadi 5 baris. Di tiap baris, ada 3 bola. Jika berfokus pada berat seluruh plastik, alat peraga tersebut digunakan mengenalkan sifat perkalian yang disebut ....

A. representatif

B. distributif

C. asosiatif

D. komutatif

E. fakultatif

Jawaban: C

20. Segi empat ABCD adalah jajargenjang dengan luas sebesar 48 satuan luas. Titik E terletak pada diagonal AC dengan perbandingan AE : EC = 3 : 5. Berdasar keterangan itu, bisa diketahui luas segitiga CEB adalah....

A. 15

B. 16

C. 12

D. 14

E. 13

Jawaban: A

21. Bagian-bagian dari suatu situasi saling berhubungan dengan seluruh konteks situasi tersebut. Memisah-misahkan atau membagi-bagi situasi/materi pelajaran menjadi komponen-komponen yang kecil- kecil dan mempelajarinya secara terpisah-pisah, akan kehilangan makna. Hal ini merupakan pandangan dari teori...

A. Behavioristik

B. Konstruktivisme

C. Kognitif

D. Eksitensialisme

E. Humanistik

Jawaban: C

22. Kesadaran penuh (mindfulness) dapat dilatih dan ditumbuhkan melalui berbagai kegiatan. Kita dapat melatih kemampuan untuk memberikan perhatian yang berkualitas pada apa yang kita lakukan. Contoh kegiatan untuk melatih mindfulness yang paling sederhana adalah....

A. menyadari nafas

B. menyadari situasi

C. memikirkan gerak tubuh

D. menyadari gerakan tubuh

E. mengasah indera pendengaran

Jawaban: A

23. Apakah himpunan K = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10} tertutup terhadap operasi penjumlahan? Jawaban untuk pertanyaan ini adalah Himpunan K tidak tertutup terhadap operasi penjumlahan. Alasannya adalah....

A. Ada bilangan 1

B. Ada bilangan 10

C. Ada bilangan 5, 7

D. Ada bilangan 1, 2, 3, 7

E. Ada bilangan 6, 7, 8, 9, 10

Jawaban: C

24. Berikut ini beberapa cara yang sering digunakan untuk menentukan solusi dari suatu Sistem Persamaan Linear, kecuali....

A. Metode kurasi

B. metode grafik

C. metode eliminasi

D. metode substitusi

E. Metode gabungan eliminasi dan substitusi.

Jawaban: A

25. Perhatikan sejumlah keterangan di bawah ini!

(1) tentukan nilai fungsi tujuan di titik-titik ekstrem daerah penyelesaian

(2) ubah masalah verbal menjadi model matematika

(3) tentukan nilai optimum fungsi tujuan.

(4) tentukan daerah penyelesaian

Urutan langkah penyelesaian masalah program linear yang benar adalah.....

A. 2-4-1-3

B. 4-1-2-3

C. 1-3-2-4

D. 2-3-4-1

E. 2-3-1-4

Jawaban: A

Baca juga artikel terkait PPPK 2023 atau tulisan lainnya dari Ririn Margiyanti

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Addi M Idhom