Menuju konten utama
Kurikulum Merdeka

Materi Pecahan Kelas 4 Semester 1, Contoh Soal, dan Jawaban

Pecahan adalah bagian dari keseluruhan atau bagian dari sekelompok benda atau objek. Berikut materi Pecahan untuk siswa kelas 4 SD.

Materi Pecahan Kelas 4 Semester 1, Contoh Soal, dan Jawaban
Ilustrasi Matematika foto/istockphoto

tirto.id - Siswa kelas 4 SD bakal mempelajari tentang materi Pecahan pada semester pertama. Pecahan adalah bagian dari keseluruhan atau bagian dari sekelompok benda atau objek.

Materi pecahan ini bakal disajikan atau disampaikan dalam bentuk penjelasan materi, kegiatan dan contoh soal. Dengan konsep pembelajaran ini, diharapkan siswa dapat menguasai materi Matematika yang didasarkan pada Kurikulum Merdeka.

Beberapa tujuan yang diharapan dari proses belajar ini yaitu siswa dapat membandingkan dua pecahan dengan pembilang satu, mengurutkan beberapa pecahan dengan pembilang satu, membandingkan dua pecahan dengan penyebut sama hingga mengubah pecahan desimal perseratusan menjadi persen.

Rangkuman Materi Pecahan Kelas 4

Di dalam buku Matematika untuk SD/MI Kelas IV (Hobri dkk., 2022), materi pecahan diajarkan pada bagian Bab 2. Untuk melihat contoh konkret pecahan, Anda dapat memantau pizza yang biasanya dipotong menjadi beberapa bagian.

Lembaran pizza yang sudah terpotong tersebut dapat disebut bagian, sementara keseluruhannya diwakili dari total keseluruhan potongan. Misalnya total potongan pada pizza berjumlah 6, lalu ada 2 potong yang dimakan.

Jika dilihat berdasarkan tulisan Matematika, jadi 2/6.

2: pembilang

6: penyebut

Setelah mengetahui contoh pecahan dan penulisannya, materi pecahan dibagi subbabnya menjadi lima bahasan. Berikut ini penjelasan masing-masing subbab tersebut.

1. Pecahan pembilang satu

Bentuk pecahan dengan pembilang satu dapat dilihat dari simbol-simbol berikut:

1/2

1/4

1/2 dapat dikatakan lebih besar dibanding 1/4 jika mengacu pada objek yang sama. Anda dapat melihat dari sebuah pizza yang dipotong menjadi 2 dan 4 potong. Jika masing-masing orang memakan 1, maka hasilnya 1/2 dan 1/4. Dari keterangan di atas, pizza yang dipotong hanya menjadi 2 jelas lebih besar dibanding yang dipotong menjadi 4.

2. Pecahan penyebut sama

Bentuk pecahan dengan penyebut sama dapat dilihat melalui simbol-simbol berikut.

3/4

1/4

Dengan porsi potongan yang sama (disebutkan penyebut), maka pembilang berfungsi sebagai pembeda besarnya bagian. Sebut misalnya ada pizza yang dipotong menjadi 3, ada orang yang mendapatkan 2 potong dan satunya lagi 1 potong. Dengan begitu, orang yang memperoleh 2 potong mendapatkan bagian lebih besar. Jadi, 2/3 lebih besar dari 1/3.

3. Pecahan senilai

Bentuk pecahan ini menunjukkan adanya pecahan yang berbeda namun nilainya tetap serupa. Anda bisa melihat dari contoh 1/2 dan 2/4. Untuk melihat bahwa pecahan di atas senilai, Anda dapat melakukan pembagian atau pengalian dengan angka yang sama.

1x2/2x2=2/4

4. Pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan

Angka desimal didefinisikan sebagai angka yang ada di belakang koma, di mana menunjukan angka yang tak utuh/mengandung pecahan.

Untuk memahaminya secara lebih rinci, mari Anda lihat pecahan beserta bentuk pecahan desimalnya.

1/10= 0,1

1/100=0,01

Berdasarkan dua pecahan di atas, pecahan desimal dari 1/10 adalah 0,1. Sementara, 1/100 jika diubah ke bentuk desimal menjadi 0,01.

5. Menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen

Konsep persen kerap ditemukan dalam kehidupan, misalnya terkait diskon barang di swalayan. Untuk menghitung persentase tersebut, hal yang perlu dilakukan pertama adalah mengubah pecahan desimal ke bentuk pecahan biasa.

Sebut saja 0,01 yang diubah menjadi 1/100. Karena konsep persen menggunakan angka seratus sebagai harga utuh, maka persen dari pecahan tersebut adalah 1%.

Contoh Soal Pecahan Kelas 4

Berikut ini contoh latihan soal pecahan kelas 4 semester 1.

1. Pecahan 2/6 dibaca...

A. Dua per enam

B. Enam per dua

C. Per enam dua

D. Per dua enam

Jawaban: A

2. Pecahan lima per sembilan ditulis...

A. 1⁄59

B. 9⁄5

C. 5⁄9

D. 59⁄1

Jawaban: C

3. Andi membelah semangka menjadi 8 bagian. Andi kemudian memakan dua bagian semangka. Maka nilai semangka yang dimakan bagas jika ditulis dalam bentuk pecahan adalah ….

A. 1⁄2

B. 8⁄2

C. 2⁄8

D. 2⁄3

Jawaban: C

4. Pecahan 10⁄12 + 4⁄12 + 1⁄12 = …..

Hasil dari penjumlahan pecahan di atas adalah ….

A. 15⁄12

B. 15⁄36

C. 36⁄15

D. 12⁄15

Jawaban: A

3⁄8 + 2⁄3 = ….

5. Hasil dari penjumlahan pecahan di atas adalah ….

A. 5⁄24

B. 5⁄11

C. 25⁄24

D. 6⁄24

Jawaban: C

Baca juga artikel terkait KURIKULUM MERDEKA atau tulisan lainnya dari Yuda Prinada

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yantina Debora