Apa yang Dimaksud dengan Wirausahawan dan Apa Saja Ciri-cirinya?

Oleh: Maria Ulfa - 14 Oktober 2021
Dibaca Normal 2 menit
Wirausahawan adalah orang yang berjiwa berani mengambil risiko melaksanakan pekerjaannya mencapai hasil yang lebih baik dan tidak melanggar aturan.
tirto.id - Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (creative), dan sesuatu yang berbeda (inovative) yang bermanfaat dan memberi nilai lebih.

Kewirausahaan juga diartikan sebagai usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber melalui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan.

Karena Kewirausahaan mempelajari tentang nilai, kemampuan, dan perilaku seseorang dalam berkreasi dan berinovasi, maka objek studi kewirausahaan adalah kemampuan.

Sedangkan, wirausahawan (entrepreneur) adalah orang yang berjiwa berani mengambil risiko untuk melaksanakan pekerjaannya mencapai hasil yang lebih baik dengan tidak melanggar aturan yang berlaku terutama bagi pegawai yang bekerja di instansi pemerintah atau swasta.

Pengertian Wirausahawan dari Berbagai Sudut Pandang


Seperti dikutip dalam Modul Praktikum Kewirausahaan (2017), aeorang wirausahawan dapat didefinisikan dari beberapa sudut pandang dan konteks seperti berikut:

1. Pandangan Ahli Ekonmoni

Wirausahawan adalah orang yang mengombinasikan faktor-faktor produksi seperti, sumber daya alam, tenaga kerja/SDM, material dan peralatan lainnya untuk meningkatkan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya.

2. Pandagan Ahli Manajemen

Wirausahawan adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan dan mengombinasikan sumber daya seperti keuangan, bahan mentah, tenang kerja, keterampilan dan informasi, untuk menghasilkan produk baru, proses produksi baru dan organisasi baru.

3. Pandangan Pelaku Bisnis

Wirausahawan adalah seseorang yang menciptakan suatu bisnis baru dalam menghadapi risiko dan ketidakpastian untuk maksud memperoleh keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang dan mengombinasikan sumber-sumber daya yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang tersebut.

4. Pandangan Psikologi

Wirausahawan adalah orang yang memiliki dorongan kekuatan dari dalam dirinya untuk memperoleh satu tujuan, suka menguji coba atau bereksperimen untuk menampilkan kebebasan di luar kekuasaan orang lain.

5. Pandangan Pemodal

Wirausahawan adalah orang yang menciptakan kesejahteraan untuk orang lain, menemukan cara-cara untuk mengemukakan sumber daya, mengurangi pemborosan, dan membuka lapangan kerja yang disenangi masyarakat.

Karakteristik Kewirausahaan


Berikut ini adalah ciri-ciri dan karakteristik kewirausahaan, seperti dikutip dalam modul Prakarya dan Kewirausahaan (2020).

1. Percaya diri

  • Bekerja dengan penuh keyakinan
  • Tidak berketergantungan dalam melakukan pekerjaan

2. Berorientasi pada tugas dan hasil

  • Memenuhi kebutuhan akan prestasi
  • Orientasi pekerjaan berupa laba, tekun dan tabah, tekad kerja keras
  • Berinisiatif

3. Pengambil risiko

  • Berani dan mampu mengambil resiko kerja
  • Menyukai pekerjaan yang menantang

4. Kepemimpinan

  • Bertingkah laku sebagai pemimpin yang terbuka terhadap saran dan kritik
  • Mudah bergaul dan bekerjasama dengan orang lain

5. Berfikir ke arah hasil (manfaat)

  • Kreatif dan inovatif
  • Luwes dalam melaksanakan pekerjaan
  • Mempunyai banyak sumber daya
  • Serba bisa dan berpengetahuan luas

6. Keorsinilan

  • Berpikir menatap ke depan
  • Perspektif

Ciri-Ciri Umum Wirausahawan


Wirausahawan yang berhasil atau sukses pada umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut, seperti kembali dikutip dalam Modul Praktikum Kewirausahaan (2017):

1. Motif Berprestasi Tinggi

Seorang Wirausaha selalu berprinsip bahwa apa yang dilakukan merupakan usaha optimal untuk menghasilkan nilai maksimal. Artinya, wirausaha melakukan sesuatu hal secara tidak asal-asalan, sekalipun hal tersebut dapat dilakukan oleh orang lain.

2. Perspektif ke Depan

Sukses adalah perjalanan, bukan tujuan. Setiap saat mencapai target, sasaran atau impian, maka segeralah membuat impian-impian baru yang dapat memacu serta memberi semangat dan antusiasme untuk mencapainya.

3. Kreativitas Tinggi

Seorang wirausaha umumnya memiliki daya kreasi dan inovasi yang lebih dari non wirausaha.

4. Sifat Inovasi Tinggi

Seorang wirausaha harus segera menerjemahkan mimpi-mimpinya menjadi inovasi untuk mengembangkan bisnisnya. Inovasi diibaratkan sebagai pilar-pilar yang menunjang kekukuhan hidup dan bisnis.

6. Komitmen terhadap Pekerjaan

Menurut Sony Sugema, terdapat tiga hal yang harus dimiliki seorang wirausaha yang sukses, yaitu mimpi, kerja keras, dan ilmu.

7. Memiliki Tanggung Jawab

Seorang wirausaha harus memiliki komitmen sehingga melahirkan suatu tanggung jawab terhadap apa yang dikerjakannya.

8. Memiliki Kemandirian

Orang yang mandiri adalah orang yang tidak suka mengandalkan orang lain namun justru mengoptimalkan segala daya dan upaya yang dimiliki sendiri.

9. Keberanian Menghadapi Risiko

Seorang wirausaha harus berani menghadapi risiko. Semakin besar risiko yang dihadapinya, semakin besar keuntungan yang diperolehnya.

10. Selalu Mencari Peluang

Seorang wirausaha sejati mampu melihat sesuatu dalam persepektif atau dimensi yang berlainan pada satu waktu. Bahkan, ia juga harus mampu melakukan beberapa hal dalam satu waktu.

Kemampuan inilah yang membuatnya piawai dalam menangani berbagai persoalan yang dihadapi oleh perusahaan.

11. Jiwa Kepemimpinan

Untuk dapat mampu menggunakan waktu dan tenaga orang lain mengelola dan mengembangkan bisnisnya, seorang wirausaha harus memiliki kemampuan dan semangat untuk mengembangkan orang-orang di sekelilingnya.

12. Kemampuan Manajerial

Kemampuan manajerial seseorang dapat dilihat dari tiga kemampuan, yaitu kemampuan teknik, kemampuan pribadi (personal), dan Kemampuan emosional.

13. Kemampuan Personal

Seseorang yang berkeinginan untuk menjadi seorang wirausaha harus memperkaya diri sendiri dengan berbagai keterampilan personal.



Baca juga artikel terkait WIRAUSAHAWAN atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Maria Ulfa
Penyelia: Addi M Idhom
DarkLight