Pendidikan Seni Budaya

Apa Pengertian Karya Seni Rupa Tiga Dimensi dan Jenis-Jenisnya

Penulis: Maria Ulfa - 24 Mei 2022 09:29 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berdasarkan fungsi dan tujuannya, Karya seni rupa tiga dimensi dibedakan menjadi dua, yaitu seni rupa terapan dan seni rupa murni.
tirto.id - Seni rupa tiga dimensi, atau biasa disebut dengan seni rupa 3D, merupakan seni rupa yang secara fisik bentuknya dibatasi dengan tiga sisi yaitu sisi panjang, sisi lebar dan tinggi.

Dalam pengertiannya, karya seni tiga dmensi merupakan karya seni yang memilki volume dan ada di dalam sebuah ruang.

Sedangkan seni rupa dua dimensi hanya memiliki dua batas pada setiap sisinya, yaitu sisi panjang dan sisi lebar, yang menjadi pembeda antara seni rupa tiga dimensi dan dua dimensi ada di unsur ruang tersebut.

Selain perbedaan dari bentuk fisik di atas, unsur ruang menjadi salah satu unsur pembeda antara karya seni rupa dua dimensi dengan karya seni rupa tiga dimensi.

Karya seni rupa dua dimensi hanya dapat dilihat dari satu sisi saja, sedangkan karya seni tiga dimensi dapat dilihat lebih dari dua sisi.

Mengutip modul Seni Budaya SMA Kelas X (2020), secara lebih spesifik, unsur-unsur yang ada di dalam seni rupa tiga dimensi adalah sebagai berikut ini:

a. Mempunyai panjang, lebar, tinggi.
b. Menempati ruang.
c. Bisa dilihat dari segala sudut pandang.

Jenis-Jenis Seni Rupa Tiga Dimensi


Seperti karya seni rupa dua dimensi, berdasarkan fungsinya, karya seni rupa tiga dimensi juga dibedakan menjadi karya yang memiliki fungsi pakai (seni rupa terapan - applied art) dan karya seni rupa yang hanya memiliki fungsi ekspresi saja (seni rupa murni - pure art).

Mengutip modul Seni Budaya SMA Kelas XII (2018), berdasarkan fungsi dan tujuannya, Karya seni rupa tiga dimensi dibedakan menjadi dua yaitu :

a. Seni rupa murni tiga dimensi

Seni rupa murni merupakan karya seni yang tercipta bebas dengan fungsi yang lebih mengutamakan ekspresi dan keindahan dari pada fungsi, sebagai kepuasan pandangan mata saja dan biasanya sering digunakan hanya sebagai pajangan.

b. Seni rupa terapan tiga dimensi

Seni rupa terapan merupakan karya seni yang tidak hanya sebagai pajangan rumah saja, tapi juga berfungsi untuk membantu kehidupan manusia. Seni rupa terapan lebih mengutamakan kegunaan dibandingkan keindahannya.

Adapun, perbedaan fungsi pada sebuah karya seni rupa ditentukan oleh tujuan pembuatannya. Karya seni rupa sebagai benda pakai yang memiliki fungsi praktis dibuat dengan pertimbangan kegunaanya.

Dengan demikian, bentuk benda atau karya seni rupa tersebut akan semakin indah dilihat dan semakin nyaman digunakan.

Oleh karena fungsi terapan atau fungsi praktis (pakai) sebuah karya seni rupa adalah aspek utama yang harus diperhatikan.

Maka dalam pembuatan karya seni rupa ini seorang perupa (desainer) akan mempertimbangkan aspek tersebut sebelum menambahkan unsur lainnya.


Baca juga artikel terkait SENI RUPA TIGA DIMENSI atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Addi M Idhom

DarkLight