Menuju konten utama

60 Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 dan Jawaban

Contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 dapat digunakan oleh siswa sebagai bahan belajar dan latihan. Berikut akan disajikan kumpulan soalnya.

60 Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 dan Jawaban
Ilustrasi UTS SMA kelas 11 (ANTARA/ARI BOWO SUCIPTO)

tirto.id - Kumpulan soal PTS Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 dapat digunakan oleh siswa sebagai bahan belajar dan latihan sebelum menghadapi ujian. Penilaian Tengah Semester atau disebut juga Ujian Tengah Semester (UTS) umumnya dijadwalkan pada September-Oktober.

Saat UTS, siswa akan dihadapkan pada berbagai soal lintas mata pelajaran, termasuk Bahasa Indonesia. Inti dari mata pelajaran ini adalah membaca dan memahami teks.

Oleh karena itu, selain mempelajari materi PTS Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1, siswa perlu banyak membaca dan mencermati latihan soal. Dengan begitu, peserta didik dapat mengukur pemahamannya terkait materi.

Daftar Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1

Berdasarkan buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia SMA/SMK Kelas XI (2021), terdapat 6 bab yang dipelajari siswa kelas 11 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sementara itu, materi Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 mencakup bab 1-3, sisanya dipelajari di semester 2.

Karena jumlah bab yang dipelajari di setiap semester ada 3 alias ganjil, materi PTS-nya pun cenderung berbeda-beda masing-masing sekolah. Ada yang materi PTS-nya mencakup bab 1 saja, tetapi terdapat pula yang memuat materi bab 1 dan 2.

Sebagai upaya antisipasi, berikut akan disajikan daftar materi PTS Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 yang terdiri atas bab 1 dan 2.

Bab 1 Mengenalkan dan Mempromosikan Produk Pangan Lokal Indonesia

  1. Membaca Kritis Teks Argumentasi
  2. Menemukan Ide Pokok dan Ide-Ide Pendukung dalam Teks Argumentasi
  3. Menemukan Kalimat Fakta dan Kalimat Opini yang Digunakan dalam Teks Argumentasi
  4. Menulis Teks Argumentasi dengan Tema Ketahanan Pangan Lokal
  5. Memahami Poster sebagai Jenis Teks Persuasi
  6. Proyek Membuat Poster untuk Mempromosikan Produk Pangan Lokal Indonesia

Bab 2 Menyajikan Berita Inovasi yang Menghibur

  1. Menemukan Informasi Aktual dan Akurat pada Teks Berita
  2. Mengenali Struktur dan Unsur Teks Berita
  3. Memahami Penyajian Teks Berita dalam Bentuk Vlog
  4. Proyek Membuat Vlog

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 dan Jawaban Kategori Pilihan Ganda

Di bawah ini akan disajikan kumpulan soal Bahasa Indonesia kelas 11 yang bisa dijadikan bahan belajar jelang PTS. Kumpulan soal PTS B. Indo kelas 11 semester 1 kategori pilihan ganda di bawah ini sudah disertai dengan kunci jawabannya.

Selain soal yang didasarkan pada Kurikulum Merdeka, berikut juga terdapat soal-soal dari Kurikulum 2013 kelas 11 SMA.

1. Apa tujuan utama dari teks argumentasi?

a. Memberikan informasi

b. Meyakinkan pembaca

c. Menghibur pembaca

d. Menjelaskan suatu proses

e. Menceritakan pengalaman pribadi

Jawaban: B

2. Manakah dari pernyataan berikut yang merupakan fakta?

a. Produk pangan lokal adalah yang terbaik di dunia.

b. Penjualan produk lokal meningkat 20% tahun ini.

c. Setiap orang seharusnya membeli produk lokal.

d. Produk lokal lebih sehat daripada produk impor.

e. Semua orang suka pangan lokal.

Jawaban: B

3. Dalam sebuah teks argumentasi, ide pokok biasanya ditemukan di...

a. Paragraf pertama

b. Paragraf terakhir

c. Setiap paragraf

d. Judul

e. Kata penutup

Jawaban: A

4. Teks yang berisi ajakan untuk membeli produk tertentu merupakan contoh dari...

a. Teks narasi

b. Teks deskripsi

c. Teks persuasif

d. Teks eksposisi

e. Teks laporan

Jawaban: C

5. Kalimat mana yang merupakan opini?

a. Produk lokal berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

b. Produk lokal lebih segar daripada produk impor.

c. Harga pangan lokal beragam, tergantung jenisnya.

d. Pemerintah menetapkan kebijakan harga pangan.

e. Data menunjukkan peningkatan konsumsi produk lokal.

Jawaban: B

6. Dalam teks argumentasi, kalimat fakta berfungsi untuk...

a. Menyajikan bukti konkret

b. Mengungkapkan pendapat penulis

c. Menyajikan data tidak valid

d. Memperlemah argumen lawan

e. Menarik perhatian pembaca

Jawaban: A

7. Apa yang dimaksud dengan poster?

a. Teks naratif yang menghibur

b. Media visual untuk memberikan informasi atau persuasi

c. Bentuk karya seni

d. Media sosial untuk promosi

e. Tulisan yang mendeskripsikan suatu produk

Jawaban: B

8. Dalam teks berita, informasi yang disajikan harus...

a. Fiksi

b. Aktual dan akurat

c. Dipenuhi dengan opini

d. Hanya memuat cerita menarik

e. Bersifat humor

Jawaban: B

9. Apa tujuan dari inovasi dalam teks berita?

a. Mengembangkan imajinasi pembaca

b. Memberikan hiburan

c. Memperkenalkan sesuatu yang baru kepada pembaca

d. Mengajak pembaca untuk bersantai

e. Menciptakan ketegangan

Jawaban: C

10. Struktur teks berita terdiri dari...

a. Pendahuluan, isi, dan kesimpulan

b. Orientasi, komplikasi, resolusi

c. Judul, teras berita, dan tubuh berita

d. Fakta, opini, dan simpulan

e. Abstraksi, reorientasi, dan pernyataan umum

Jawaban: C

11. Manakah dari berikut ini yang merupakan unsur utama dalam sebuah vlog berita?

a. Narasi yang panjang

b. Penggunaan efek visual yang berlebihan

c. Penyajian informasi dengan suara dan gambar

d. Penggunaan aktor terkenal

e. Menghindari informasi faktual

Jawaban: C

12. Bagian penting dalam pembuatan poster adalah...

a. Gaya penulisan cerita

b. Pilihan warna dan gambar yang menarik

c. Panjang teks

d. Durasi

e. Penggunaan narasi yang kuat

Jawaban: B

13. Kalimat berikut yang merupakan kalimat persuasif adalah...

a. Indonesia memiliki beragam produk pangan lokal.

b. Mari dukung produk pangan lokal untuk kesejahteraan bersama.

c. Harga pangan lokal lebih terjangkau dibanding impor.

d. Setiap wilayah memiliki produk pangan khas.

e. Produk lokal berasal dari petani Indonesia.

Jawaban: B

14. Apa yang harus dipertimbangkan saat membuat vlog berita?

a. Cerita yang panjang dan rumit

b. Penggunaan bahasa ilmiah

c. Informasi yang menarik dan penyampaian yang jelas

d. Penggunaan efek visual yang rumit

e. Menghindari fakta penting

Jawaban: C

15. Proyek membuat poster untuk mempromosikan produk pangan lokal bertujuan untuk...

a. Menjual produk secara langsung

b. Mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap produk lokal

c. Mempromosikan produk impor

d. Memberikan hiburan

e. Menjual jasa desain poster

Jawaban: B

16. Kalimat dalam teks prosedur tidak membingungkan dan mudah diikuti berarti kalimat tersebut ….

a. logis

b. jelas

c. baku

d. singkat

e. ejektif

Jawaban: A

17. Berikut yang bukan merupakan contoh dari konjungsi temporal adalah ….

a. mengapa

b. selanjutnya

c. kemudian

d. apabila

e. setelah

Jawaban: A

18. “Jangan serahkan kendaraan atau STNK begitu saja” merupakan kalimat ….

a. interogatif

b. imperatif

c. deklaratif

d. primitif

e. baku

Jawaban: B

19. jika, seandainya, dan apabila merupakan bagian dari ….

a. konjungsi temporal

b. verba tingkah laku

c. verba material

d. pembukaan

e. konjungsi syarat

Jawaban: E

20. “Pastikan tuduhan pelanggaran” merupakan contoh dari …

a. deklaratif

b. interogatif

c. imperatif

d. persuasive

e. deklaratif

Jawaban: C

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal PTS Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 nomor 21!

Teks tersebut terdiri dari pendahuluan dan rincian-rincian tentang sebab terjadinya gempa bumi. Bagian pendahuluan terdiri atas tiga paragraf yang berisi pengertian gempa bumi dan jenis-jenisnya. Bagian perincian terdiri atas lima paragraf. Paragraf pertama membahas …

21. Teks diatas adalah penilaian hasil analisis teks eksplanasi bagian ….

a. kaidah

b. bahasa

c. struktur

d. kesimpulan

e. isi

Jawaban: C

22. Hal yang tidak diungkap dalam penilaian laporan hasil analisis teks eksplanasi di atas adalah ….

a. Rincian sebab terjadinya gempa bumi

b. Jumlah paragraf

c. Pengertian gempa bumi

d. Proses terjadinya gempa bumi

e. Jenis-jenis gempa bumi

Jawaban: D

Untuk mengerjakan contoh soal UTS Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 nomor 23, bacalah teks berikut!

Bahasa Indonesia yang digunakan sekarang berasal dari bahasa Melayu. Bahasa tersebut sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau bahasa pergaulan. Tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia tenggara. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu.

23. Teks eksplanasi di atas menuangkan tentang pengetahuan tentang masalah/fenomena ….

a. alam

b. sosial

c. agama

d. ekonomi

e. budaya

Jawaban: E

24. Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah …

a. Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu

b. Bahasa Indonesia sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (Lingua franca) atau bahasa pergaulan

c. Bahasa Indonesia tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara

d. Ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu

e. Di Melayu telah ditemukan prasasti-prasasti kuno

Jawaban: D

25. Obyek teks eksplanasi di atas adalah ….

a. Asal usul bahasa Melayu

b. Asal usul bahasa Lingua France

c. Asal usul bahasa Indonesia

d. Asal usul bahasa prasasti kuno

e. Asal usul suka Melayu

Jawaban: C

26. Paragraf ketiga dalam teks prosedur berisi ….

a. tujuan

b. interpretasi

c. langkah-langkah

d. tesis

e. argumentasi

Jawaban: C

27. Langkah-langkah dalam struktur teks prosedur artinya ….

a. hasil akhir yang akan dicapai

b. cara-caranya

c. pengertian

d. penjelasan

e. penafsiran

Jawaban: B

28. Syarat-syarat dan pilihan kata yang tepat dalam teks prosedur adalah ….

a. siapa, dimana, kapan

b. jika, apabila, dan seandainya

c.sedang, dengan, dan apa

d. dan, dengan

e. kapan, dimana

Jawaban: B

29. Contoh konjungsi tujuan yang benar adalah …

a. tetapi

b. dengan

c. dan

d. kapan

e. agar

Jawaban: E

30. pertama, kedua, selanjutnya termasuk kata ….

a. prosedur

b. tujuan

c. struktur

d. verba

e. konjungsi

Jawaban: E

31. Tujuan ceramah adalah ….

a. memberikan nasehat

b. mendeskripsikan sesuatu

c. menjelaskan fenomena

d. mengembangkan paragraf

e. mengumumkan iklan

Jawaban: A

32. Berikut ini bukan ciri ceramah adalah ….

a. tujuannya jelas

b. mengandung opini saja

c. isinya mengandung kebenaran

d. cara penyampaian sesuai dengan pendengar

e. menciptakan suasana yang efektif

Jawaban: B

33. Ceramah dilakukan oleh ….

a. pendengar

b. audiens

c. pendakwah

d. pidato

e. pembicara

Jawaban: E

34. Penyampaian nasihat yang tidak dibatasi oleh waktu adalah ….

a. ceramah

b. pidato

c. dakwah

d. seminar

e. presentasi

Jawaban: A

35. Ceramah bersifat menyeluruh tidak ada batasan-batasan apapun baik baik dari audiens yang tua maupun muda, hal tersebut disebut ceramah ….

a. khusus

b. umum

c. illegal

d. luar

e. dalam

Jawaban: B

36. Isi teks ceramah mengandung ….

a. kalimat ambigu

b. kebenaran

c. tujuannya tidak jelas

d. kebohongan

e. opini

Jawaban: B

37. pengucapan kata melalui mulut agar terdengar dengan baik dan benar serta jelas

disebut ….

a. artikulasi

b. intonasi

c. volume

d. nada

e. irama

Jawaban: A

38. Hal yang harus dipersiapkan dalam melakukan ceramah, kecuali ….

a. wawasan pembicara

b. mengetahui lama waktu

c. menyusun kata-kata

d. mengetahui jenis ceramah

e. tidak menyiapkan bahan

Jawaban: E

39. Suatu metode dalam ceramah yang serta merta tanpa persiapan terlebih dahulu disebut ….

a. impromptu

b. memoriter

c. naskah

d. ekstemporan

e. imporan

Jawaban: A

40. Metode berpidato yang dengan menghafalkan naskah teks pidato terlebih dahulu disebut ….

a. impromptu

b. memoriter

c. naskah

d. ekstemporan

e. imporan

Jawaban: B

Untuk menjawab soal PTS B. Indo kelas 11 semester 1 nomor 41, baca teks berikut!

Keberhasilan kita hari ini dan hari kemarin merupakan keberhasilan guru dan kedua orang tua kita yang dengan susah payah telah membesarkan dan membimbing kita, sehingga kita bisa meraih apa yang kita miliki hari ini. Pendidikan yang mereka ajarkan kepada kita, sungguh sangat berarti. Darah mereka yang mengalir di tubuh kita. Menjadi penguat dan penyegar hidup kita. Kasih sayang yang mereka tumpahkan, telah menjadi butiran-butiran mutiara yang tak ternilai harganya. Kepadamu ya tuhan, beri kami kesempatan untuk berbakti kepada orang tua dan guru-guru kami. Berikan kami keberanian untuk bersimpuh di pangkuannya, untuk meminta maaf dan do’a ibu dan Bapak. Bapak ibu guru dan hadirin yang saya cintai inilah yang saya bisa ungkapan, semoga bermanfaat bagi kita sekalian. Mohon maaf bila ada kesalahan.

41. Teks tersebut termasuk teks ….

a. pidato

b. ceramah

c. eksplanasi

d. cerpen

e. eksposisi

Jawaban: B

42. Inti dari kutipan teks di atas adalah ….

a. Berbakti kepada orang tua

b. mengenang jasa orang tua

c. mengenal perjuangan orang tua

d. kebaikan orang tua

e. orang tua dan anak

Jawaban: A

43. Struktur bagian isi terdapat pada kalimat ….

a. pertama

b. empat

c. lima

d. enam

e. tujuh

Jawaban: A

44. Kalimat yang menyatakan penutup adalah ….

a. Mohon maaf

b. dan ini

c. tetapi

d. inilah

e. sekalipun

Jawaban: D

45. Prosedur yang dapat ditempuh dengan banyak langkah, lebih dari lima, disebut....

a. Teks prosedur sederhana

b. Teks prosedur menengah

c. Teks prosedur sulit

d. Teks prosedur rumit

e. Teks prosedur kompleks

Jawaban: E

Kumpulan Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1

Selain kategori pilihan ganda, siswa juga perlu memahami pola contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 kategori essay. Kumpulan soal di bawah ini terdiri atas soal yang didasarkan pada materi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013.

46. Jelaskan perbedaan antara kalimat fakta dan opini dalam teks argumentasi!

Jawaban:

Kalimat fakta adalah pernyataan yang dapat dibuktikan kebenarannya dengan data atau bukti konkret, sementara kalimat opini adalah pandangan atau pendapat seseorang yang tidak dapat dibuktikan secara langsung.

47. Mengapa penting untuk mempromosikan produk pangan lokal Indonesia?

Jawaban:

Mempromosikan produk pangan lokal penting untuk mendukung ekonomi lokal, meningkatkan kesejahteraan petani, mengurangi ketergantungan pada produk impor, dan menjaga keberlanjutan pangan.

48. Apa peran poster dalam mempromosikan produk lokal?

Jawaban:

Poster berperan sebagai media visual yang efektif untuk menarik perhatian masyarakat dan menyampaikan pesan singkat namun kuat mengenai pentingnya membeli produk lokal.

49. Bagaimana cara menemukan ide pokok dalam teks argumentasi?

Jawaban:

Ide pokok biasanya ditemukan di paragraf pertama atau kalimat utama dari setiap paragraf. Membaca secara kritis dan mencari pernyataan yang merangkum seluruh isi teks akan membantu menemukan ide pokok.

50. Buatlah contoh kalimat persuasif untuk mempromosikan produk pangan lokal!

Jawaban:

“Ayo beli produk pangan lokal, dukung petani kita dan wujudkan kedaulatan pangan Indonesia!”

51. Mengapa struktur teks berita harus mengikuti aturan tertentu?

Jawaban:

Struktur teks berita harus mengikuti aturan tertentu agar informasi dapat disampaikan dengan jelas, faktual, dan mudah dipahami oleh pembaca.

527. Apa manfaat membuat vlog berita dibandingkan dengan teks berita?

Jawaban:

Vlog berita memberikan penyampaian informasi yang lebih dinamis melalui kombinasi suara, gambar, dan gerak, sehingga lebih menarik perhatian audiens dan mudah dipahami.

53. Bagaimana cara membedakan kalimat fakta dan opini dalam sebuah berita?

Jawaban:

Kalimat fakta dapat dibuktikan melalui data atau peristiwa nyata, sementara opini adalah interpretasi atau pandangan subjektif penulis atau narasumber.

54. Apa keuntungan utama dari mempromosikan produk pangan lokal melalui media digital seperti vlog atau poster?

Jawaban:

Media digital dapat menjangkau audiens yang lebih luas, cepat viral, interaktif, dan memungkinkan penggunaan visual yang menarik untuk mempromosikan produk secara efektif.

55. Jelaskan bagaimana teks argumentasi dapat membantu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap ketahanan pangan lokal!

Jawaban:

Teks argumentasi membantu meningkatkan kesadaran masyarakat dengan memberikan informasi yang meyakinkan, didukung oleh fakta dan data, tentang pentingnya ketahanan pangan lokal dan manfaatnya bagi kesejahteraan nasional.

56. Mengapa aktualitas dan akurasi sangat penting dalam teks berita?

Jawaban:

Aktualitas dan akurasi penting untuk menjaga kredibilitas berita, memastikan bahwa informasi yang diberikan relevan dan benar, serta menghindari penyebaran informasi yang salah.

57. Apa yang dimaksud dengan inovasi dalam teks berita dan berikan contohnya?

Jawaban:

Inovasi dalam teks berita adalah penyajian informasi dengan cara yang baru dan kreatif untuk menarik perhatian pembaca, misalnya dengan menyajikan berita dalam bentuk video interaktif atau infografik.

58. Kalimat yang memiliki fungsi untuk meminta informasi tentang sesuatu disebut kalimat ….

Jawaban: interogatif

59. Langkah pertama dalam mengidentifikasi informasi teks prosedur adalah ….

Jawaban: membaca teks prosedur

60. Tujuan dalam struktur teks prosedur dapat berupa ….

Jawaban: judul

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL PTS atau tulisan lainnya dari Muhammad Iqbal Iskandar

tirto.id - Edusains
Kontributor: Muhammad Iqbal Iskandar
Penulis: Muhammad Iqbal Iskandar
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Fadli Nasrudin