Xiaomi Umumkan Tanggal Peluncuran Mi 9, Usung 3 Kamera Belakang

Oleh: Ibnu Azis - 13 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Peluncuran Xiaomi Mi 9 bersamaan dengan flagship barunya Samsung, Galaxy S10 pada 20 Februari 2019.
tirto.id - Setelah didahului beragam rumor yang mengalir deras, Xiaomi akhirnya mengumumkan tanggal peluncuran flahship barunya, Mi 9.

Melalui media sosial Weibo, Rabu (13/2/2019), CEO Xiaomi Lei Jun mengungkap, Mi 9 bakal diluncurkan pada 20 Februari 2019 di Cina.

Di lain pihak, Global Spokesperson Xiaomi Donovan Sung juga mengabarkan hal serupa di Twitter pada hari yang sama.

"Kami baru saja mengumumkan hari ini [Rabu] bahwa akan meluncurkan flagship terbaru #Mi9 pada 20 Februari di Cina," tulisnya melalui akun @donovansung.

Masih dari teaser di media sosial, akun Xiaomi di Weibo bahkan mengunggah foto wujud fisik Mi 9, yang tampak tersemat tiga kamera di bagian belakang.

Adapun rumor terkait Mi 9 berhembus kencang sejak Januari lalu dengan kode nama "Cepheus" usai muncul di situs Geekbench.

Menurut GSM Arena, Xiaomi "Cepheus" saat itu diduga kuat disokong chipset Snapdragron 855 berdasarkan hasil pengujian situs benchmark tersebut.

Satu bulan setelahnya, sebuah perangkat yang diduga Mi 9 tertangkap kamera ketika sedang digunakan oleh salah satu eksekutif Xiaomi. Laman Phonearena melaporkan, ponsel itu juga dibekali tiga kamera belakang.


Meluncur Bersama Galaxy S10

Seperti diketahui bahwa tanggal 20 Februari 2019 juga merupakan waktu peluncuran flagship barunya Samsung, Galaxy S10. Bahkan, kabar terakhir, smartphone layar lipat pertamanya, Galaxy Fold juga akan dirilis pada hari dan tempat yang sama.

Hal tersebut terungkap usai pabrikan ponsel asal Korea Selatan itu mengunggah teaser di Twitter, Senin (11/2).

Menurut GSM Arena, teaser tersebut berupa video bertuliskan aksara Hangul yang diikuti teks "The Future Unfolds."

"Ponsel masa depan akan dibuka pada 20 Februari 2019," bunyi caption di video teaser itu yang diunggah akun @SamsungMobile di Twitter.

Kendati teaser tersebut tidak mengungkap wujud fisik Galaxy Fold, Samsung telah merilis video promosi lebih detail pada pekan lalu.

Spesifikasi Xiaomi Mi 9

Selain tiga kamera belakang, belum dapat dipastikan spesifikasi Mi 9. Meski begitu, lantaran ini seri flagship, Xiaomi pastinya akan membekalinya dengan spesifikasi tinggi.

Pada dapur pacu misalnya, bila Mi 8 bertenaga Snapdragron 845, penerusnya diyakini mengusung seri 855 seturut informasi dari Geekbench.

Selain itu, seri 855 juga sudah mendukung jaringan 5G yang diyakini bakal jadi tren tahun ini. Sebelumnya, Qualcomm sempat menyatakan bahwa lebih dari 30 perangkat 5G akan hadir pada sepanjang 2019.

Spesifikasi lainnya, kendati masih perkiraan, MI 9 mengusung layar Super AMOLED, sensor sidik jari di dalam layar, serta RAM, ROM, dan kapasitas baterai lebih besar dari pendahulunya.


Baca juga artikel terkait XIAOMI atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis